Konsep Dasar Ketahanan Nasional

Ketahanan Nasional (Tannas) adalah konsep bangsa Indonesia, Keselamatan Nasional (National Security) atau kelangsungan hindup bangsa (national survival). National security yang sering kita tejemahkan dengan keamanan nasional, lebih fokus pada kekuatan militer daripada kekuatan lain yang ada dalam kehidupan suatu bangsa. Tannas yang juga disebut sebagai comprehensive security, berpendapat bahwa kelangsungan hidup suatu bangsa atau masyarakat tergantung pada keserasian aspek kehidupan seperti Ideologi-Politik-Ekonomi-Sosial Budaya-Militer, dimana tiap aspek saling mempengaruhi. Stabilitas dari networking aspek-aspek tersebut akan menciptakan Tannas yang kuat. Tannas lahir di Seskoad (Sekolah Staf & Komanda Angkatan Darat) pada tahun 1969-1970, yang pada saat itu berusaha mengembangkan doktrin sendiri tentang national security, berdasarkan pengalaman sendiri dan bangsa lain. Hasilnya menyatakan bahwa kelangsungan hidup suatu masyarakat tidak hanya ditentukan oleh kekuatan militer saja, tetapi juga tergantung pada kemampuan aspek kehidupan yang lain. Keadaan ekonomi dan konflik antar kelompok karena alasan politik, agama dan sumberdaya dapat menghancurkan kemampuan negara untuk bertahan. Pada tahun 1966 kita menghentikan konfrontasi dengan Malaysia dan Singapore, dan Indonesia tidak ingin dianggap negara yang agresif. Strategi yang mendukung tercapainya Tannas dalam menghadapi ancaman, terutama ancaman militer atau kekerasan adalah strategi tidak langsung, konsep Andre Beaufre – jendral Prancis. Untuk pertahanan dikembangkan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta dan untuk kemanan dalam negeri dikembangkan Operasi Keamanan Dalam Negeri, strategi dari keduanya didasarkan pada strategi tidak langsung. Strategi tidak langsung barangkali dapat digambarkan yang dalam bahasa Jawa disebut: “nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake“, yang artinya kira-kira: berlaga tanpa pasukan, menang tanpa mengalahkan. Dalam permainan game/strategi ini disebut “non zero sum game“, dalam suatu penyelesaian sengketa kedua belah pihak mendapat manfaat. Awalnya konsep Tannas ini diberi nama Pembinaan Nusantara, yang terdiri dari pembinaan Wilayah (untuk menciptakan kesejahteraan) dan pembinaan Teritorial (untuk menciptakan keamanan). Keduanya saling berkaitan, tidak mutually eksklusif, kita tidak bisa meng-antagoniskan kedua pembinaan, karena dalam setiap pembinaan kedua unsur tersebut harus diperhatikan, hanya yang mana lebih diutamakan hanya masalah prioritas sesuai dengan kondisi pada saat itu. Teori lain yang dipakai adalah teori kelangsungan hidup suatu social system yang dikembangkan oleh Talcot Parson. Parson berpendapat jika suatu sistem sosial ingin mempertahankan hidupnya dia harus mampu mengembangkan kemampuan: 1. pattern maintainence

kebanyakan adalah untuk kepentingan penulis atau subyek yang ditulisnya. goal setting. lalu hasilnya ingin diterapkan di Indonesia. Maka Indonesia mengusulkan agar wilayah laut pedalaman. maka selebihnya menjadi wilayah internasional. Pelajari sejarah dan . Manfaat suatu konsep adalah jika dapat dipraktekan. supaya kita dapat menciptakan konsep yang cucuk dengan suasana dan lingkungan kita sendiri. Ibarat kita beli sepatu. Teknologi sekarang sudah memungkinkan terciptanya networking antar unsur untuk mencapai tujuan strategi. tidak cocok di kaki kita. integration 5. Tetapi masalahnya justru adanya Wawasan Nusantara orang berpendapat bahwa sebagai negara maritim kita harus mempunyai kekuatan maritim (baca: Angkatan Laut) yang kuat. adaptation 3. Apabila kita menggali ilmu di luar negeri. Jika didasarkan hukum yang berlaku pada saat itu. mau mempelajari sejarah secara teliti.2. goal attainment 4. kita ambil intisari ilmu untuk mengkaji keadaan kita berdasarkan ilmu tersebut. Sebelum konsep ini berkembang sampai mempunyai kerangka yang jelas. yang hanya menghasilkan orang pintar bicara. situasi demikian membahayakan keamanan nasional dan internasional. pada tahun 1972 presiden Suharto meminta agar konsep ini dikelola oleh Lemhannas (Lembaga Pertahanan Nasional yang kemudian menjadi Lembaga Ketahanan Nasional. Ini akan merugikan bangsa kita. Para pemuda harus menggeluti ilmu dari muda. Diharapkan generasi muda berusaha mendalami dan menggali pengalaman masa lalu. karena rawan konflik. karena proses berjalan lama. Tetapi juga harus disadari bahwa penulisan sejarah kita. karena sejarah adalah masa lalu kita. maka Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dikelilingi perairan teritorial sepanjang 12 mil. yang pengukurannya didasarkan berdasarkan pada prinsip-prinsip tertentu dapat menjadi wilayah nasional. Tidak social system mampu mengembangkan semua fungsi. jangan kakinya yang dirubah tetapi sepatunya. Hubungan Wawasan Nusantara dengan Ketahanan Nasional bahwa Wawasan Nusantara memperkuat dan mempermudah pengelolaan Ketahanan Nasional. hobi kita suatu konsep untuk terus menjadi wacana. sehingga sebetulnya tidak bermanfaat untuk kepentingan kita. Bukan kita tiru aplikasi ilmu itu dalam kondisi lain. Perkembangan konsep ini kemudian tidak sesuai dengan apa yang semula digagas di Seskoad. Wawasan Nusantara suatu konsep bagaimana bangsa ini melihat dirinya sendiri yang merupakan negara kepulauan. kerugian tidak segera nampak. Masa depan dibangun dari pengambilan hikmah masa lalu.

Universitas Ekonomi. CSC Praha. Kecenderungan dari keberhasilan proses ini id pembangunan masyarakat sipil yang teridentifikasi dengan wilayahnya. Churchilla 4 13067 Praha 3 Republik Ceko Tel: 00420/2/24930739 Fax: 00420/2/24934623 Email: kaderj@vse. Republik Ceko memiliki kesempatan untuk menjadi dalam waktu singkat historis merupakan bagian integral dari Uni Eropa. Pengalaman dari perubahan transformasi politik dan ekonomi di Republik Ceko setelah 1989 mungkin dihargai dalam demokratisasi dan proses transformasi ekonomi-sosial di negaranegara berkembang. Penciptaan konsepsi dan kebijakan dan mengembangkan bantuan kemanusiaan . dia sendiri selalu berlindung dalam kemunafikan.info/2010/06/makalah-kewarganegaraan.cz Abstrak: Pengalaman transformasi proses di republik Ceko telah menunjukkan bahwa pelaksanaan proyek pembangunan regional dan lokal dan program tergantung pada institusi latar belakang. jangan takut untuk dicap tidak patriotis.html Sosial-budaya aspek pembangunan lokal dan regional PhD Jaroslava Kaderabkova. karena pengalaman menunjukkan bahwa orang yang menyebut orang lain tidak patriotis. Republik Ceko Departemen Administrasi Umum dan Pembangunan Daerah Universitas Ekonomi Praha Nam. Sumber http://www. W.tugaskuliah. Keterlibatan dia habitants ke proses pengambilan keputusan determinates transparansi dan efektivitas redistribusi sumber keuangan serta realisasi proyek-proyek pembangunan.. keterampilan. kerjasama dan kualitas manajemen di semua tingkat administrasi publik.pengalaman secara sangat kritis.

Hal ini menciptakan berbagai hubungan antara semua subyek yang aktif dalam pengembangan kerjasama dalam pengembangan penelitian kebijakan. kementerian. Perubahan lingkungan negara-negara berkembang kebutuhan jenis baru dan bentuk bantuan di mana hidup kondisi dan perbaikan struktur pendidikan adalah salah satu yang paling penting. Republik Ceko memiliki beberapa pengalaman dari itu masa lalu yang disebutkan dalam baru Ceko konsepsi pengembangan bantuan. dan keuangan dukungan teknologi milik salah satu bentuk tradisional berkembang bantuan.juga salah satu tujuan utama dalam rangka proses integrasi. organisasi non-pemerintah Ceko adalah intensif berpartisipasi dalam berbagai bentuk bantuan berkembang dan mereka juga mendapatkan diintegrasikan ke dalam struktur internasional pengembangan kerjasama. Dalam keadaan Republik Ceko beradaptasi mengembangkan bantuan untuk standar internasional mengembangkan dan bantuan kemanusiaan. Banyak dari mereka bertujuan untuk dukungan teknis dalam membangun infrastruktur. Dalam kontribusi saya saya ingin menyajikan beberapa pengetahuan dan pengalaman . Teknis. analisis dan penelitian studi untuk proses ini. Dalam penentuan konsep-konsep baru dan strategi pengembangan bantuan dan copengoperasian sedang berlangsung dapat berkontribusi koordinasi para ahli dari negara maju dengan negara-timur wilayah pusat. Realisasi integrasi dan proses globalisasi pengaruh antara lain juga sosialekonomi dan politik kebutuhan negara-negara berkembang. LSM dan organisasi lainnya membangun dasar yang efektif dari bantuan pengembangan dan kerjasama. perencanaan kota. Ceko pemerintah dan badan-badan administrasi publik bekerja sama dengan lembaga-lembaga akademik dan universitas yang berkontribusi dengan keahliannya. Khusus penting dalam strategi dan konsepsi ditujukan pada berbagai bentuk dan cara mengembangkan bantuan. Keterkaitan antara penelitian ilmiah dan kebutuhan praktis lembaga-lembaga pemerintah. pendidikan ekologi dan bantuan sehat dan penciptaan administratif baru struktur dll Selain lembaga-lembaga negara ada yang kuat partisipasi LSM dalam kegiatan ini. dan pelatihan.

di bidang lingkungan yang ada di Nikaragua cukup menantang dan perbaikannya juga akan meningkatkan perlindungan terhadap kondisi higienis dan hidup standar populasi. Elaborasi dari proyek yang saya ikut dibagi dalam empat tahap: 1.North-West Proyek Selatan.dari proyek internasional BERITA . Pelaksanaan dan sukses realisasi proyek ini pendidikan didasarkan pada the-pengalaman jangka panjang Asosiasi Nederland kota yang mana ikut proyek serupa tidak hanya di Amerika Latin. Proyek internasional ini dibuat atas dasar koordinasi antara asosiasi Belanda kota (VNG Vereniging van Nederlande Gemeenten) dan asosiasi dari kota Ceko dan Slowakia. Aspek penting lainnya adalah bahwa pada periode realisasi dari proyek ini adalah yang terus menerus konsultasi dengan ahli-ahli lokal administrasi publik. Proyek di mana Saya telah berpartisipasi dipekatkan pada satu bagian dari administrasi publik . elaborasi dari manual untuk pendidikan dan pertumbuhan staf profesional administrasi publik di Nikaragua.INIFOM (Instituto de Fomento Nicaraguense Kota). elaborasi proyek di dasar evaluasi analisis dari fase 1 3. Proyek ini bertujuan pada pelatihan karyawan di berbagai tingkat administrasi publik di Nikaragua dan itu dimulai dari asosiasi Nikaragua dari kota . tetapi juga di Asia dan Afrika. Pada saat yang sama kita . Sebagai peserta saya anggap fase ini sebagai sangat penting. realisasi proyek di Nikaragua. Dari yang disebutkan di atas tahap persiapan yang paling penting adalah tahap pertama yang bersangkutan pada karakteristik sosial-budaya penduduk dan politiknya sikap. Proyek pendidikan ini bertujuan sebagian besar dari semua penciptaan struktur demokratis administrasi publik di tingkat kota dan daerah. Proyek ini diuraikan pada pengetahuan dasar ini. Hal ini berorientasi pada pertumbuhan keterampilan profesional ini administrasi dan penciptaan dasar yang efektif dan transparan penggunaan keuangan publik. dalam kerjasama dengan para ahli dari tiga Negara-negara Eropa dan ahli dari Nikaragua 4. rinci menganalisis fungsi dan keadaan administrasi publik dalam aksen pada sosiokarakteristik budaya dan politik situasi negara 2.

negaranegara yang berbeda dan juga lokal lembaga dan tenaga ahli lokal. Para ahli dari Eropa tengah dan timur bisa menerapkan dalam elaborasi mengembangkan proyek pengalaman dari rezim totaliter dan juga terusmenerus proses transformasi. Bentuk kerjasama internasional-dalam penyusunan dan realisasi proyek pembangunan termasuk para ahli dari berbagai bidang penelitian. Para ahli dari negara maju memiliki banyak pengalaman dari fungsi struktur demokrasi modern dan juga dari perluasan mengembangkan proyek-proyek bantuan.jatuhnya Tirai Besi-adalah dengan proses-proses ini berhubungan erat. Kerjasama ini dapat berkontribusi untuk bentuk-bentuk baru ini bantuan berkembang dan juga untuk nya realisasi. Kompleksitas tersebut di atas proses menciptakan kondisi dasar bagi stabilitas politik diperlukan untuk pengembangan wilayah. Dalam konteks ini kita melihat bahwa pembangunan sosial-ekonomi terkait erat dengan proses demokratisasi dan desentralisasi struktur nasional dan deregulasi. Sikap ini diaktifkan untuk membuat program pendidikan yang berkaitan dengan organisasi dan budaya negara setempat administrasi dan pengalaman penduduk dengan pengelolaan urusan publik. ekonomi dan kehidupan sosial politik. The-organisasi non pemerintah telah juga penting berbagi pada keberhasilan proyek ini. Analisis proses-proses ini telah menunjukkan bahwa perubahan ini terkait dengan tidak hanya reformasi ekonomi dan juga dengan perubahan sosial dan budaya.dilakukan penelitian lapangan dengan penduduk lokal dan regional Nikaragua. Banyak ahli dari negara-negara anggota Uni Eropa telah datang ke Republik Ceko untuk membantu memecahkan masalah terkait dengan transformasi masyarakat Ceko. Transformasi perubahan struktur ekonomi dan politik di Republik Ceko yang telah telah dibuat setelah 1989 . Mereka ahli teknis dan bantuan . Dalam hal ini kita bisa mempertimbangkan proyek-proyek internasional yang umum dan kerjasama di aspek integrasi Eropa. Its pengalaman bisa mengubah untuk kedua sisi hampir semua di lapangan mengelola proses perubahan.

Transformasi perubahan dan reformasi administrasi publik dipengaruhi oleh ekonomi. sosial-budaya dan politik perubahan. Pengalaman proses pembangunan masyarakat madani dan negara demokrasi modern mungkin dihargai selama persiapan dan realisasi proyek-proyek pembangunan. proyek nasional pengembangan negara. departemen mahasiswa Universitas kami. kerjasama dan kualitas manajemen di semua tingkatan dari administrasi publik. keterampilan. Ceko universitas dan lembaga pelatihan telah berpartisipasi pada elaborasi pembangunan strategi dan proyek-proyek pembangunan.sangat penting bagi proses transformasi di Eropa Tengah .Ph.D. Saya. sebagai universitas riset dan seseorang yang telah berpartisipasi dalam pelatihan internasional program.lebih jelasnya akan mendapatkan dalam kontribusi Zuzana Trhlínová . Dalam Republik Ceko perubahan ini telah menyentuh spesifik daerah yang lebih hidup: • Penciptaan ekonomi pasar bebas • Reformasi hukum • Lingkungan wilayah • Urban pengembangan dan pertumbuhan dan daerah otonomi daerah • Urbanisasi kecenderungan • . Pengalaman transformasi proses di republik Ceko menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembangunan regional dan lokal tergantung pada kelembagaan latar belakang. akan merekomendasikan untuk memberikan perhatian khusus untuk internasional dan juga nasional proyek dan program yang berorientasi pada pendidikan dan pelatihan strategi dan konsepsi. Pengakuan dan pengalaman perubahan ini harus menjadi titik awal untuk penyusunan dan pengembangan pembangunan proyek. Selama proses perubahan transformasi kita telah melihat bahwa sosiokarakteristik budaya sangat penting dalam dinamika pembangunan. Pengalaman dari ilmiah dan pekerjaan penelitian dapat digunakan juga dalam proyek-proyek internasional.

Praha 2001 (3 . 4. Bibliografi: 1. Budaya sebagai faktor ekonomi. Programma de Capacitacion . Euroregions dan proses demokratisasi di CR ini. Tanpa ini pengetahuan akan sulit untuk mendapatkan penerimaan dari proyek-proyek internasional serta masalah oleh masyarakat setempat. 2. Dalam: Pengantar Ilmu Daerah dan Administrasi Publik. Praha 1995. Keberhasilan realisasi proyek-proyek ini ditentukan oleh sempit-kerjasama dengan ahli lokal. 5. Praha (Bab tentang realisasi program yang dibiayai ERDF dan tentang publik administrasi di Portugal). ISSN 12128112. Dalam LiDE města 1 / 1999. Codex 1997. Ceko ahli dalam bidang ini bisa bekerja sama dengan para ahli lokal dari berkembang negara di proyek-proyek pembangunan atau berpartisipasi dalam proyek-proyek internasional yang umum. Managua 1995. organisasi yang baik dan kerja sama tim. 3. Sosial Budaya dan Lingkungan Kawasan Kota dan CR tersebut. Penyelesaian struktur. Brno 1997. Buku pelajaran untuk "Guru Administrasi Publik ". Proyecto piloto EsteOeste-Sur. 6. Dalam: Kultura Organizační v českém průmyslu. Para ahli lokal tahu terbaik dari lingkungan sosio-budaya semua. 1996. IFEC. Studi Dukungan dan Kebijakan Daerah Kota. Praha 1996. 7. Budaya Organisasi dan Pembangunan Daerah.Servicio de Limpieza publica. Praha.Sosial perubahan • Pengembangan budaya • Pembangunan masyarakat sipil • Pendidikan reformasi. Inifom. Dalam hal ini arti kerjasama ahli dari berbagai spesialisasi positif dapat menentukan dan mempercepat proses perubahan di negara-negara berkembang. Inggris Praha 8. Proses Demokratisasi dan-professinal Profil Sosial Administrasi Publik resmi. Dalam: správa Veřejná ve střední Evropě.

Masarykova univerzita Brno. Inggris Praha (dicetak) 10. 9. 2002 (adalah dicetak) 11. Sosial-budaya aspek pembangunan di negara-negara berkembang: Dalam: Pembangunan coOperasi Strategi Nasional dan Regional Aspek. LiDE města 2002. Universitas Ekonomi Praha 2002 (dicetak) . Komunikasi dalam dan agraria daerah perkotaan. Kegiatan pembangunan di-daerah tingkat mikro.nd edisi).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful