MODEL RANCANGAN PROGRAM FEATURE A. PENDAHULUAN Televisi adalah media pandang-dengar.

Artinya televisi adalah media yang menyiarkan gambar dan suara sekaligus. Gambar bisa dipandang dengan enak dan suara bisa didengar dengan enak pula. Dalam kaidah berita televisi dikenal adanya pepaduan antara tiga hal utama yang harus singkron yakni antara gambar (video), narasi (naskah) dan suara (suara dubbing) dan atau atmosfir yang terekam bersama dengan video. Dalam berita televisi juga dikenal jenis-jenis berita televisi yang dapat dilihat dari segi waktu penayangan, sehingga muncul berita harian atau daily news dan berita berkala yang sifatnya mingguan sehingga muncul majalah udara atau news magazine. Dari isi atau content beritanya, muncul pembagian kategori berita mendalam (indepht news) yang terdiri dari berita investigative, berita komprehensif dan berita interpretative. Sedangkan dari sisi gaya penulisan penyajian, maka dapat dibagi menjadi gaya penulisan langsung atau straight news dan gaya penulisan feature yang memang penulisannya tidak langsung pada pokok persoalan. Pada dasarnya pola berita televisi bisa dibilang banyak mangacu kepada pola berita media cetak. Bisa jadi itu terjadi karena apa yang dikenal sebagai berita di pesawat televisi sekarang ini, muncul setelah berita media cetak lebih akrab dikenal masyarakat. Di Indonesia, dan bahkan di negara lain, pengelola berita televisi umumnya punya latar belakang sebagai wartawan media cetak. Jadi tak aneh, pendekatannya banyak memakai pendekatan media cetak. Straight News dan Feature News juga lebih dulu dikenal di media cetak. Seperti halnya di media cetak, apa yang disebut dengan straight news tak lain dari berita-berita aktual yang disajikan secara cepat. Sedangkan feature news lebih menekankan aspek pendalaman materi berita, human interest, dan bahkan sekarang ini yang sedang populer di media tanah air, feature yang mengandung aspek investigasi. Dengan posisinya sebagai media yang tidak mengenal waktu jam terbit seperti halnya media cetak, straight news di televisi pasti dapat disajikan lebih cepat dan menarik (tentu ada unsur visualnya), serta akurat (orang bisa melihat langsung faktanya)

Berita tentang bencana tsunami di Aceh tidak melulu diisi update peristiwanya. Harus pula ada sesuatu yang ekslusif disajikan. televisi tidak perlu mau tampil sebagai pahlawan dengan menyajikan data yang dikira-kira. . Akibatnya muncul prinsip. bahkan dikira-kira. juga menuntut pengelola berita televisi kreatif. korban. Bila semua stasiun sudah memiliki semuanya dalam mengelola program berita (memperoleh gambar tkp. dengan bantuan teknologi satelit. Kehadiran lebih dari 10 media televisi dengan bahan berita yang sama. Tapi dalam kenyataannya itu sering kurang disadari. Sesuatu yang pasti tidak bisa dilakukan oleh media cetak manapun. nasib anak-anak dipengungsian.dibandingkan media cetak. tetapi juga mengandung unsur feature juga. Maka jadilah sesungguhnya sebuah program berita itu tidak melulu menjadi sebuah sajian straight news. yang penting menjadi televisi pertama yang menayangkan berita besar teraktual. Toh dengan menyajikan gambar secara langsung dari lokasi kejadian penonotn sudah paham dahsyatnya sebuah peristiwa. Sebenarnya. maka berita seperti straight news pun harus dibuat secara kreatif. datangnya data dan fakta yang terpotong-potong dan kurangnya background berita yang dimiliki reporter atau bahkan produser. mau tak mau mendorong setiap stasiun televisi untuk menjadi yang lebih dulu menyajikan suatu berita. hingga ulasan pakar mengapa tsunami yang terjadi di Aceh lebih parah. Bahkan. memuaskan penontonnya dan merebut jumlah penonton sebanyak-banyaknya. proses penyajian berita televisi harus dibuat dalam kondisi di bawah tekanan. tak peduli akurasi datanya diragukan. dan kadang juga jumlah korbannya. Sekarang inipun hampir semua program di televisi Indonesia sudah mencampurkan unsur straight (hard) news dengan feature. sering mengakibatkan berita yang disajikan kurang akurat. dan tentu saja teknologi satelit atau SNG). tetapi juga kesedihan keluarga korban yang ditinggalkan setengah anggota keluarganya. sebuah serangan bom yang dampaknya demikian nyata sangat dahsyat menjadi kurang menarik karena reporter atau presenter mereka-reka siapa pelakunya. Semuanya itu hanya dengan satu tujuan. Tak ayal. Tapi di balik segala kelebihan teknologinya itu. penonton di rumah dapat menyaksikan langsung apa yang terjadi di tempat kejadian saat itu juga. Kecepatan. Harus ada aspek human interest yang diangkat. Persaingan.

satu tema. reporter atau produserpun dituntut untuk dapat mengemas kesemua unsur tadi dalam sebuah program. misalnya berita tentang penyayang binatang. Ada juga yang sifat laporannya investigative. Disini lagi-lagi paduan menyajikan berita yang keras (hard news).3 Format yang dimaksud adalah ada narasi. Durasinya antara 2 hingga 3 menit. dan ekslusfitas tamu menjadi hal yang harus digarap bersama. diungkapkan lewat berbagai pandangan yang saling melengkapi. Perusahaan televisi sudah diketahui tidak hanya mengagungkan idealisme. B. saat ini cenderung diulas lebih lengkap dalam program berdurasi 30 sampai 60 menit. dan disajikan dengan berbagai format. Sekali lagi tujuannya satu. human interest. Pernah berita televisi begitu didominasi berita kriminal. format program bahkan sampai ke pemilihan topik sangat tergantung pada kebijakan tersebut. program beritapun mengikuti trendnya. maka feature yang demikian disebut pula jenis liputan mendalam. feature. mengrai. ada wawancara. BERITA DENGAN FORMAT FEATURE Berita-berita yang sifatnya soft news seperti keberhasilan. kemajuan dan perkembangan serta hiburan. pernah pula banyak menyajikan politik. menyoroti secara kritis. Berita jenis ini biasanya tidak terkait dengan peristiwa tetapi karena lebih mementingkan unsur human interest. memuaskan penontonnya. pembahasan mendalam sebuah peristiwa atau topik tertentu. tetapi juga kepentingan bisnis. Bahasanya bercerita atau bertutur. dan sebagainya. dan kini berita hiburan menyangkut kegiatan para selebritis. Berita semacam ini biasanya ditulis dengan gaya feature. juga menjadi bagian dari berita harian yang penempatannya biasanya dibagian akhir. bias 20 – 30 menit . Dengan kata lain. ada puisi ada sandiwara pendek atau fragmen. Kreatifitas awak berita televisi sekarang ini juga sangat tergantung kepada kebijakan perusahaan. Jadilah seperti halnya program hiburan. ada vox pop. Atau dengan kata lain mengikuti selera pasar. Akibat dari itu. ada musik. nasib orang-orang tergusur.Tidak hanya itu. Penyajiannya lebih ringan dalam arti tidak langsung pada pokok persoalan(straight news). 4Dengan pengertian ini berarti durasinya panjang. Feature juga dapat diartikan sebagai salah satu jenis berita yang membahas satu pokok bahasan.

----------------------------------voice over-----------------------------------------------Kebakaran yang menghanguskan sekitar 100 rumah di Tanah Merah Jakarta Utara terjadi kemarin. mungkin seminggu sekali. Ada pula yang bertahan di tendatenda darurat yang didirikan Pemda setempat. sekolah. Para korban kebakaran. namun kurang bernilai factual. dan menjadi program khusus yang ditayangkan secara berkala. Mobil . opini dan ekspresi. Data-data tersebut jika dibuat berita langsung menjadi: Seratus rumah hangus terbakar dalam peristiwa kebakaran di Tanah Merah Jakarta Utara kemarin.yang dibagi menjadi beberap bagian dan tiap bagian terdapat link atau telangkai yang menghubungkan cerita sebelumnya dengan cerita berikutnya. Arya musik puisi. vox pop atau wawancara dapat merupakan sajian yang diharapkan saling memperkaya pandangan dan mempertajam pokok bahasan yang disajikan. kejadian dan fakta-fakta merupakan unsur documenter yang memberikan bukti dan memperkuat argumentasi mengenai pokok bahasan itu. dan masjid. ketika sedang ditinggalkan penghuninya bekerja. Dua mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi dua jam setelah kejadian tak banyak berfungsi. Lokasi bekas kebakaran akan didirikan tempat penampungan BBM oleh Pertamina. Walikota setempat meminta korban kebakaran pindah atau pulang kampong. adalah mereka yang pecan lalu digusur oleh pemerintah kota setempat. Saat ini mereka mengungsi di tenda-tenda darurat dan kantor kelurahan setempat. Sebaliknya. Feature adalah gabungan antara unsur documenter. Saat ini mereka mengungsi di kelurahan. karena mereka menempati jalur hijau. musik dan nyanyian merupakan ungkapan ekspressi dari pokok bahasan yang disajikan. sehingga tidak ada upaya pemadaman dari para penghuninya. Sementara opini dalam bentuk uraian. Contoh berita langsung dalam peristiwa kebakaran di pemukiman padat penduduk di Tanah Merah Jakarta Utara kemarin dengan korban 100 rumah habis terbakar. dan memporakporandakan pemukiman mereka. Unsur ekspressi biasanya lebih dipakai untuk menciptakan suasana.

Data dan fakta tersebut. Ia tinggal di perkampungan nun jauh di Bekasi sana. kalimat leadnya dapat menjadi sbb: Sudah jatuh tertimpah tangga. Seorang tukang pungut paku bernama Pak Arwah.. maka penulisan tidak harus langsung pada pokok persoalan. atau ada kebijakan relokasi yang manusiawi? Data-data tersebut jika dibuat feature. membangun konflik. Gaya penulisan lebih santai dan ringan. apakah tidak ada keempat untuk berbenah.. Itulah gambaran yang mewakili sebagian besar korban kebakaran di Tanah Merah Jakarta Utara.. menyimpan suspense atau kejutan. kemudian dijual kepada seorang pengumpul. dan sebagainya. Ini adalah musibah yang kedua kalinya. dan akan dijadikan perluasan penimbunan BBM oleh Pertamina. mereka tetap bersikukuh untuk mendirikan rumah kembali lokasi kebaran. setelah sebelumnya rumah-rumah warga mendapat serangan buldoser.. mengenal karakter tokoh yang akan terlibat dalam ceritanya. tinggal di Bekasi Jawa Barat. . Banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari yang kelihatannya biasa-biasa saja. tetapi setelah ditelusuri. meski pemerintah setempat mengancam akan menggusurnya kembali. Tampak sekali bahwa bentuk ditulis dengan sastra sehingga seorang reporter dalam menulis berita berbentuk feature harus memiliki kemampuan literer (sastra) yang memadai. Di Jakarta mereka melakukan pekerjaan pengumpulan paku bekas itu .. ternyata mengandung nilai berita dan aspek kemanusiaan yang menarik. misalnya memahami alur cerita. Setiap pagi jam lima subuh Pak Arwah (60 tahun) keluar dari rumah dengan bersepeda... untuk dibuat feature masih memerlukan gambar rekaman penggusuran yang telah dilakukan. Jika dibuat liputan feature. dan wawancara dengan pejabat setempat mengenai sikapnya yang ngotot untuk menggusur. Setiap pagi ia menelusuri bongkaran sampah dan bekas bangunan untuk mencari pakupaku bekas. wawancara dengan korban mengenai sikapnya yang nekat mendirikan rumah di tanah negara. Yang dapat dilakukan adalah menarik slang sepanjang dua ratus meter. Pemda setempat menganggap rumah-rumah yang terbakar ini didirikan di atas tanah negara.pemadam tidak bias masuk ke lokasi lantaran jalan sempit.. Di tengah derita yang menimpa itulah.

Pokok pikiran utama tidak harus di awal berita. Karena itu kesimpulan boleh jadi tercapai sebelum cerita itu berakhir.untuk menghidupi tiga anaknya yang masih kecil-kecil dan seorang istrinya. Gambar yang hidup memiliki pengaruh yang sangat dalam bagi pemirsa karena dapat terlihat secara fisik. Misalnya dalam sebuah feature anak jalanan di Jakarta. tetapi juga dari sisi gambarnya yang menampilkan sosok manusia secara dramatis. tetapi ia dapat menyiasati hidup di tengah kehidupan yang keras dengan caranya sendiri. maupun suara. Kemudian seorang produser menyimpulkan bahwa anak-anak jalanan tidak dapat dihapuskan sehingga mereka tidak harus ditangkapi dan dilarang (seperti dalam jaman Menko Polkan Sudomo). Untuk membuat seorang produser harus menentukan hipotesis. isi berita dan ending. Seperti juga pada feature radio. Feature ini tidak hanya memiliki kekuatan pada ceritanya yang mengungkap semangat hidup seseorang tua di tengah kerasnya kehidupan. Pukul 9 malam Pak Arwah sudah kembali di rumah. strukturnya terdiri dari lead. Feature juga dapat menampilkan pandangan tertentu. Ia pun mampu menyekolahkan anaknya. feature televisi memiliki kelebihan karena tidak hanya mengisahkan dengan narasi. kisah seorang tukang pungut paku bekas ini mampu menggugah perasaan kemanusiaan. misalnya. Tanpa narasi yang panjang. tetapi biasa juga di tengah atau bahkan dibagian akhir. Hipotesis dibangun dengan teori yang ada di buku-buku sesiologi misalnya. tetapi bukan opini wartawan melainkan pandangan pihak-pihak yang relevan. tetapi juga dengan gambar. Dibanding dengan media cetak maupun radio. disamping mengarahkan mereka untuk tetap sekolah meski sekolah di bawah kolong jembatan. sehingga pemirsa televisi memintanya untuk ditayangkan ulang. Penghasilannya dari mengumpulkan dan menjual paku bekas tak pernah cukup. Langkah yang terbaik adalah dengan memerikan mereka ruang gerak. . Pak Arwah dan keluarganya dapat hidup rukun dan tidur nyenyak meski rumah seadanya. Di tangan reporter yang piawai. maka dalam feature tidak terikat struktur yang demikian. feature televisi memiliki cirri: pendekatannya lebih luas dibandingkan dengan berita biasa. Atau berdasarkan pendapat para pakar. Kalau dalam berita biasa. gambar dan atmosfir yang terekam dalam kamera lebih memberikan gambaran yang sesungguhnya.

KAIDAH GAMBAR FEATURE Yang membedakan berita straight news dan feature adalah pada gambarnya yang disajikan. konsep gambar berita televisi baik straight news maupun feature sama saja. Apalagi dalam feature ada musik yang biasanya akan mengiringi naskah yang didubbing. maka gambar yang lembut dan soft makin enak dilihat. baik dari sudut pandang. komposisi maupun warna. yakni gambar harus singkron dengan berita yang diinformasikan Simbolis. bukan rekayasa imajiner atau khayalan Estetis. Feature problematic C. artinya gambar harus baru. Gambar-gambar dalam feature karena kebanyakan bercerita keindahan atau ingin memotert sesuatu. yakni gambar harus menyimbolkan informasi yang disampaikan Ilustrasi. atmosfir lebih menonjol untuk menggambarkan kenyataan yang sesungguhnya. yakni gambar ilustrasi yang direkayasa berdasarkan peristiwa yang sesungguhnya. Feature profil 3. Ini berbeda dengan feature yang justru kebalikannya.Jenis-jenis feature 1. karena akan memakan durasi dan mengurangi ragam gambar yang dibutuhkan. Yakni Aktualitas. maka gambar pan baik kekanan maupun ke kiri akan lebih menjelaskan objek yang sedang dibicarakan. Misalnya sebuah feature kisah tukang sapu jalanan. Hindari gambar-gambar yang banyak panning dan tilt up maupun tilt down. Hanya saja dari sisi suara. Juga dengan gambar-gambar zoom in maupun zoom out akan memiliki pesan dan kesan khusus pada objek yang dibicarakan. Secara umum. Feature documenter sejarah 2. Dalam penyajian straight news. Suara tikang sapu yang alami akan sangat bagus jika diperdengarkan dalam kemasan feature . yakni gambar harus enak dilihat. maka gambar lebih baik diambil cut to cut dan dinamis sifatnya. actual dan bukan rekayasa Singkronis. Feature potert situasi 4.

.ini. dan sebagainya. Misalnya feature tentang klenteng tua. maka back soundnya menggunakan lagu-lagu cina. Demikian juga pada nyanyian pengamen jalanan. Adakalanya back sound digunakan suara musik atau lagu-lagu tertentu yang sesuai. Bahkan pada bait-bait tertentu suara mereka dilepas agar lebih berkesan.

Artinya televisi adalah media yang menyiarkan gambar dan suara sekaligus. Gambar bisa dipandang dengan enak dan suara bisa didengar dengan enak pula. apa yang disebut dengan straight news tak lain dari berita-berita aktual yang disajikan secara cepat. maka dapat dibagi menjadi gaya penulisan langsung atau straight news dan gaya penulisan feature yang memang penulisannya tidak langsung pada pokok persoalan. Jadi tak aneh. pendekatannya banyak memakai pendekatan media cetak. Bisa jadi itu terjadi karena apa yang dikenal sebagai berita di pesawat televisi sekarang ini.MODEL RANCANGAN PROGRAM STRAIGHT NEWS C. Dari isi atau content beritanya. narasi (naskah) dan suara (suara dubbing) dan atau atmosfir yang terekam bersama dengan video. Sedangkan dari sisi gaya penulisan penyajian. pengelola berita televisi umumnya punya latar belakang sebagai wartawan media cetak. Dalam kaidah berita televisi dikenal adanya pepaduan antara tiga hal utama yang harus singkron yakni antara gambar (video). berita komprehensif dan berita interpretative. Pada dasarnya pola berita televisi bisa dibilang banyak mangacu kepada pola berita media cetak. muncul setelah berita media cetak lebih akrab dikenal masyarakat. PENDAHULUAN Televisi adalah media pandang-dengar. human interest. dan bahkan sekarang ini yang sedang populer di media tanah air. sehingga muncul berita harian atau daily news dan berita berkala yang sifatnya mingguan sehingga muncul majalah udara atau news magazine. Sedangkan feature news lebih menekankan aspek pendalaman materi berita. straight news di televisi pasti dapat disajikan lebih cepat dan menarik (tentu ada unsur visualnya). feature yang mengandung aspek investigasi. serta akurat (orang bisa melihat langsung faktanya) . muncul pembagian kategori berita mendalam (indepht news) yang terdiri dari berita investigative. Dengan posisinya sebagai media yang tidak mengenal waktu jam terbit seperti halnya media cetak. Di Indonesia. Dalam berita televisi juga dikenal jenis-jenis berita televisi yang dapat dilihat dari segi waktu penayangan. dan bahkan di negara lain. Straight News dan Feature News juga lebih dulu dikenal di media cetak. Seperti halnya di media cetak.

datangnya data dan fakta yang terpotong-potong dan kurangnya background berita yang dimiliki reporter atau bahkan produser. televisi tidak perlu mau tampil sebagai pahlawan dengan menyajikan data yang dikira-kira. Kehadiran lebih dari 10 media televisi dengan bahan berita yang sama. dan kadang juga jumlah korbannya. Kecepatan. penonton di rumah dapat menyaksikan langsung apa yang terjadi di tempat kejadian saat itu juga. dan tentu saja teknologi satelit atau SNG). tak peduli akurasi datanya diragukan. Tapi di balik segala kelebihan teknologinya itu. sebuah serangan bom yang dampaknya demikian nyata sangat dahsyat menjadi kurang menarik karena reporter atau presenter mereka-reka siapa pelakunya. proses penyajian berita televisi harus dibuat dalam kondisi di bawah tekanan. Toh dengan menyajikan gambar secara langsung dari lokasi kejadian penonotn sudah paham dahsyatnya sebuah peristiwa. maka berita seperti straight news pun harus dibuat secara kreatif. Sekarang inipun hampir semua program di televisi Indonesia sudah mencampurkan unsur straight (hard) news dengan feature. sering mengakibatkan berita yang disajikan kurang akurat.dibandingkan media cetak. tetapi juga kesedihan keluarga korban yang ditinggalkan setengah anggota keluarganya. yang penting menjadi televisi pertama yang menayangkan berita besar teraktual. Semuanya itu hanya dengan satu tujuan. hingga ulasan pakar mengapa tsunami yang terjadi di Aceh lebih parah. memuaskan penontonnya dan merebut jumlah penonton sebanyak-banyaknya. Bahkan. nasib anak-anak dipengungsian. Tapi dalam kenyataannya itu sering kurang disadari. Persaingan. bahkan dikira-kira. Berita tentang bencana tsunami di Aceh tidak melulu diisi update peristiwanya. mau tak mau mendorong setiap stasiun televisi untuk menjadi yang lebih dulu menyajikan suatu berita. Harus ada aspek human interest yang diangkat. . Bila semua stasiun sudah memiliki semuanya dalam mengelola program berita (memperoleh gambar tkp. dengan bantuan teknologi satelit. tetapi juga mengandung unsur feature juga. Sesuatu yang pasti tidak bisa dilakukan oleh media cetak manapun. juga menuntut pengelola berita televisi kreatif. Harus pula ada sesuatu yang ekslusif disajikan. Tak ayal. Sebenarnya. Maka jadilah sesungguhnya sebuah program berita itu tidak melulu menjadi sebuah sajian straight news. korban. Akibatnya muncul prinsip.

Dengan kata lain. Di metro tv ada headline news. langsung pada persoalan. reporter atau produserpun dituntut untuk dapat mengemas kesemua unsur tadi dalam sebuah program. Disini lagi-lagi paduan menyajikan berita yang keras (hard news). memuaskan penontonnya. pembahasan mendalam sebuah peristiwa atau topik tertentu. tetapi juga kepentingan bisnis. dan di antv ada Aktualita. B. Who. Jenis berita yang ditulis dengan gaya langsung pada persoalan adalah berita-berita hard news yakni berita-berita yang keras. ekonomi. bencana dan sebagainya. Maka tidak heran jika gaya straight news juga disampaikan pada berita harian hingga berita yang ditayangkan setiap jam sekali. kesengsaraan. Isi beritanya hanya pokok-pokoknya saja. Perusahaan televisi sudah diketahui tidak hanya mengagungkan idealisme. feature. maka model penulisan berita straight news adalah yang paling tepat dipakai. singkat) . Kreatifitas awak berita televisi sekarang ini juga sangat tergantung kepada kebijakan perusahaan. Pernah berita televisi begitu didominasi berita kriminal. Dari semua jenis berita. konflik. seperti kekerasan. namun tetap lengkap memenuhi unsur 5W + 1H. Where.Tidak hanya itu. saat ini cenderung diulas lebih lengkap dalam program berdurasi 30 sampai 60 menit. program beritapun mengikuti trendnya. di RCTI ada Sekilas Info. dan kini berita hiburan menyangkut kegiatan para selebritis. teliti. dan ekslusfitas tamu menjadi hal yang harus digarap bersama. akurat) Briefity (ringkas. Jadilah seperti halnya program hiburan. human interest. Sekali lagi tujuannya satu. Atau dengan kata lain mengikuti selera pasar. yakni What. kejahatan. kemiskinan. benar. Pemirsa ingin segera tahu apa sebenarnya yang terjadi. format program bahkan sampai ke pemilihan topik sangat tergantung pada kebijakan tersebut. Why. Berita-berita politik. dan How. penderitaan. pernah pula banyak menyajikan politik. KAIDAH PROGRAM STRAIGH NEWS Dalam konteks dimana informasi harus segera sampai kepada pemirsa. penulisannya harus memperhatikan: Accuracy (cermat. When. dan keamanan juga disampaikan dengan gaya straight news. Akibat dari itu..

menggunakan kalimat aktif positif... MAHASISWA PUTUS KULIAH/ DI UNIVERSITAS INDONESIA JUMLAH YANG PUTUS KULIAH SEBANYAK 15 .. Contoh berita straight news: RIBUAN MAHASISWA SEJABOTABEK HARI INI BERUNJUK RASA DI GEDUNG DPR RI JAKARTA// MEREKA ATAU MENUNTUT SUMBANGAN PEMERINTAH MENGHAPUSKAN SPP PERBAIKAN PENDIDIKAN// ---------------VTR----------------PARA MAHASISWA YANG BERUNJUK RASA ITU ANTARA LAIN TERDIRI DARI UNIVERSITAS INDONESIA / UNIVERSITAS TRISAKTI DAN IKIP JAKARTA// DALAM ORASINYA MEREKA MENDESAK PEMERINTAH MENGHAPUSKAN SPP KARENA DIRASA MEMBERATKAN// MENURUT PENGUNJUK RASA/ DALAM SITUASI KRISIS YANG BERKEPANJANGAN/ BANYAK MAHASISWA TAK DAPAT MELANJUTKAN KULIAH KARENA TIDAK MEMILIKI BIAYA// DI IKIP JAKARTA TERDAPAT 10 PERSEN PERSEN// DSB . Bahasa jurnalisme televisi harus pendek.. apalagi membuka kamus untuk mencari artinya. jadi tidak ada kesempatan untuk merenungkan. hilangkan kata yang mubazir dan kata asing yang sukar dimengerti.- Clarity (jelas) Simplicity (sederhana) Sincerity (dapat dipercaya) Bahasa yang digunakan juga benar.. tepat dan tidak mengundang berbagai penafsiran. Ingatlah bahwa bahasa televisi adalah bahasa yang langsung didenar dan dilihat..

Hindari gambar-gambar yang banyak panning dan tilt up maupun tilt down.. Gambar-gambar dalam feature karena kebanyakan bercerita keindahan atau ingin memotert sesuatu.CONTOH LAIN: PULUHAN WARIA MALAM TADI MENDEKAM DI TAHANAN POLSEK SETIABUDI SETELAH TERTANGKAP POLISI KETIKA MENJALANKAN AKSI BUGIL/ DI KAWASAN TAMAN LAWANG JAKARTA PUSAT// MEREKA HARI INI AKAN MENJALANI SIDANG KILAT DENGAN TUDUHAN MENGGANGGU KETERTIBAN UMUM// -----------------------VTR--------------------------SEBANYAK 50 WARIA INI DITANGKAP PETUGAS POLSEK SETIABUDI DALAM SEBUAH OPERASI TERPADU ANTARA POLISI DAN POLISI PAMONG PRAJA JAKARTA PUSAT// MENURUT POLISI TINDAKAN INI JUGA SEBAGAI BENTUK TANGGAPAN POLISI YANG MENERIMA KELUHAN MASYARAKAT BAHWA GERAKGERIK MEREKA SANGAT MENGGANGGU KETERTIBAN DI JALAN// BAHKAN ACAPKALI DI ANTARA MEREKA MELAKUKAN KEJAHATAN TERHADAP PENGENDARA MOTOR DAN MOBIL YANG MENGHAMPIRI MEREKA// DARI TANGAN PARA WARIA/ POLISI MENEMUKAN SEJUMLAH SENJATA TAJAM SEPERTI PISAU LIPAT/ PISTOL MAINAN DAN PALU// DAN SETERUSNYA . Dalam penyajian straight news. KAIDAH GAMBAR STRAIGH NEWS Yang membedakan berita straight news dan feature adalah pada gambarnya yang disajikan. maka gambar pan baik kekanan maupun ke kiri akan lebih . C.. Ini berbeda dengan feature yang justru kebalikannya. karena akan memakan durasi dan mengurangi ragam gambar yang dibutuhkan. maka gambar lebih baik diambil cut to cut dan dinamis sifatnya...

Secara umum. baik dari sudut pandang. yakni gambar ilustrasi yang direkayasa berdasarkan peristiwa yang sesungguhnya. Adakalanya back sound digunakan suara musik atau lagu-lagu tertentu yang sesuai. maka gambar yang lembut dan soft makin enak dilihat. Misalnya sebuah feature kisah tukang sapu jalanan. konsep gambar berita televisi baik straight news maupun feature sama saja. Bahkan pada bait-bait tertentu suara mereka dilepas agar lebih berkesan. atmosfir lebih menonjol untuk menggambarkan kenyataan yang sesungguhnya. Juga dengan gambar-gambar zoom in maupun zoom out akan memiliki pesan dan kesan khusus pada objek yang dibicarakan. actual dan bukan rekayasa Singkronis. yakni gambar harus singkron dengan berita yang diinformasikan Simbolis. Apalagi dalam feature ada musik yang biasanya akan mengiringi naskah yang didubbing. Suara tikang sapu yang alami akan sangat bagus jika diperdengarkan dalam kemasan feature ini.menjelaskan objek yang sedang dibicarakan. yakni gambar harus enak dilihat. Demikian juga pada nyanyian pengamen jalanan. maka back soundnya menggunakan lagu-lagu cina. Yakni Aktualitas. komposisi maupun warna. bukan rekayasa imajiner atau khayalan Estetis. dan sebagainya. Hanya saja dari sisi suara. artinya gambar harus baru. Misalnya feature tentang klenteng tua. yakni gambar harus menyimbolkan informasi yang disampaikan Ilustrasi. .