P. 1
depresi

depresi

|Views: 133|Likes:
Published by kakarahman

More info:

Published by: kakarahman on May 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

Dr. Harnold Harun.

SPKJ

€ Depresi

: - Gangguan alam perasaan (mood) yang ditandai dengan kemurungan dan kesedihan yang mendalam dan berkelanjutan, sehingga hilangnya kegairahan hidup, tak mengalami gangguan menilai realitas (RTA-masih baik), kepribadian tetap utuh , perilaku dapat terganggu tapi dalam batas-batas normal.

€ Depresi merupakan masalah kesehatan jiwa yang utama pada saat ini. . € Karena orang depresi produktivitasnya akan menurun dan berakibat buruk bagi penderita € Depresi orang yang amat menderita € Depresi penyebab utama bunuh diri (menduduki urutan ke -6 dari penyebab kematian utama di AS).

€ Penelitian Kielholz dan Poldinger 1974 10 % pasien berobat ke dokter = depresi setengahnya depresi terselubung (masked depression ) gejala yg muncul keluhan fisik (somatik). € WHO 1974 17 % pasien berobat ke dokter adalah pasien depresi (prevalensi depresi pada populasi dunia adalah 3 %). . shg dokter tak cermat dan terpaku pada pengobatan somatik.

berbagai penyakit khronik makin bertambah d.€ Sartorius 1974 memperkirakan 100 juta penduduk dunia alami depresi. kehidupan beragama semakin ditinggalkan . semakin bertambah disebabkan beberapa hal : a. stresor psikososial semakin berat c. usia harapan hidup bertambah b.

.H 1998. dengan 5 ² 15 % dari pasien melakukan bunuh diri. € 70 % pasien depresi tidak terdiagnosa oleh dokter € Di Indonesia penelitian depresi belum ada. meneliti bahwa 1 dari 5 orang pernah mengalami depresi dalam hidupnya. dari pengamatan waktu kewaktu kasus depresi bertambah (bertambahnya kunjungan dan meningkatnya pemakaian obat anti depresan ) € Cass.

€ Seorang dgn gangguan depresi. mengalami gangguan dalam.sekolah.bidang fisik (somatik) dan psikis.€ Seorang sehat jiwa jatuh kedalam depresi bila orang ybs tak mampu menanggulangi stresor psikososial yang dialaminya. . € Orang beresiko tinggi depresi bila orang tsb mempunyai corak kepribadian depresif.. sehingga mengganggu fungsi hari-hari dirumah.pekerjaan dan pergaulan sosialnya.

kelesuan. putus asa dll. perasaan tak berguna.gangguan kejiwaan pada alam perasaan (afektif/mood disorders) ditandai dengan kemurungan.€ Gejala Klinis Depresi . . ketiadaan gairah hidup.

berdosa. afek disforik perasaan murung.€ Gejala klinis lengkap Depresi: A. konsentrasi . tak berdaya. . Perasaan bersalah. B. C. Berat badan menurun. tak semangat. gairah hidup menurun. penyesalan. D. Nafsu makan menurun. E. daya ingat menurun. sedih.

insomnia. . H. lemah .F. bunuh diri. J. I. Hilang rasa senang. mimpi orang meninggal G. tak suka lakukan hobi. Gangguan tidur. Pikiran tentang kematian.kreativitas dan produktivitas turun. semangat. minat. gelisah. Gangguan seksual (libido menurun). Agitasi atau retardasi psikomotor.

artinya sesuatu yg dimiliki dan dicintai kini telah tiada (loss of love object). wewenang dan kekuatan (power) Orang kehilangan jabatan berarti kehilangan kekuasaan dan kekuatan (powerless).Orang punya jabatan adalah yang punya kekuasaan.Bentuk-bentuk depresi : = DEPRESI PASCA KUASA . .

merasa diperlakukan tidak adil d. merasa diri benar b. Suka mengkritik. Suka mencela dan bersikap skeptis/sinis . Prasangka buruk dan curiga c. kecemasan dan depresi dan disertai perubahan sikap dan perilaku misal : a.€ Dampak dari loss of love object ini adalah terganggu keseimbangan mental emosional dengan muncul berbagai keluhan fisik (somatik).

Suka ngomel.ngedumel (menggerutu) h. Mengeluarkan kekesalan dan kekecewaan hati/uneg-uneg secara berulang-ulang . Perasaan tertekan.e. Kecewa dan bersikap oposan g. tak puas f.

Gejala depresi akibat lesi kerusakan susunan syaraf pusat otak dan bisa juga akibat gangguan penyesuaian(adjustment disorder) karena hendaya (impairment) fisik dan kognitif pasca stroke. Prevalensinya 40-60 % . selain gejala kelumpuhan/syaraf juga ditemukan gejala mental emosional spt. .apati.€ DEPRESI PASCA STROKE Dijumpai pada pasien stroke. euforia sampai mania. Depresi.

waham/halusinasi organik . BB turun/ sebaliknya. demensia. . menyalahkan diri. letih.Gangguan afek/mood -tak terdapat delirium (menurun kesadaran). hilang semangat.€ Gejala : .gelisah.hilang minat /rasa senang.terdapat faktor organik spesifik (kelainan otak akibat stroke) ada hubungan etiologik dengan gangguan itu. gairak seks turun. perasaan tak berguna. sukar tidur.kurang nafsu makan. .

. .fikiran berulang tentang kematian. .rasa berdosa berlebihan tak pd tempatnya -berkurang kemampuan berfikir. gagasan bunuh diri/usaha bunuh diri.konsentrasi.gangguan alam perasaan ini bisa berubah dari bentuk depresi ke bentuk sebaliknya yaitu manik.. Atau perlambatan berfikir. tak mampu ambil keputusan.

Insomnia atau banyak tidur . kadang kala bisa tak ada gejala seperti normal.efektivitas dan [produktivitas berkurang .Suatu gangguan afek/mood yang menahun dan mencakup gambaran afek depresi atau hilang minat / rasa senang dalam aktivitas sehari-hari dan waktu senggang.o DEPRESI NEUROTIK .perasaan kurang mampu/rendah diri . Seorang depresi akan terlihat 3 gejala dari 13 gejala : .lesu /keluhan menahun .

gelisah pesimistis.ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ berfikir. perhatian berkurang menarik diri dari pergaulan sosial hilang minat dan aktivitas menyenangkan Iritabilitas/mudah tersinggung/marah tak mampu menanggapi pujian/penghargaan kurang aktif. berlinang air mata/menangis fikiran berulang tentang kematian/bunuh diri .lamban.menyesali peristiwa masa lalu mudah haru. kurang bicara.konsentrasi.

mengalami gangguan alam perasaan/afek. diantara keduanya periode normal . dimana suatu saat dalam depresi saat lain dalam hipomanik.depresi bercorak siklotimik . .pada saat depresif dengan afek/mood depresif atau hilang minat/rasa senang dalam semua /hampir semua aktivitas dan dalam waktu senggang.€ DEPRESI SIKLOTIMIK .

sebagian lain naza untuk kesenangan semata. DEPRESI PASCA NAZA .ƒ pada saat hipomanik dengan alam perasaan yang meninggi dan ekspansif atau mudah tersinggung /iritabel.orang pengguna naza sering disebabkan ybs alami kecemasan dan atau depresi. o . Untuk mengatasi kecemasan dan atau depresinya itu ia menggunakan naza.

. HRS-D (Hamilton Rating Scale for Depresion .21 kelompok gejala yg dinilai. sedang atau berat atau berat sekali dis.Alat ukur depresi hanya untuk mengetahui derajat nya apa ringan .sehingga menyebabkan ketagihan dan kecanduan . seterusnya akan menggunakan naza dengan dosis bertambah dan banyak frekwensi pemakaiannya. bila dihentikan ia akan cemas dan atau depresi. melalui wawancara) .

perbanyak tali silaturahmi.keluarga) untuk memulihkan rasa percaya dan harga diri dengan memperkuat egonya-ego strenght .Psikoterapi (suportif.Psikososial (cari kegiatan/kesibukan.€ MANAJEMEN DEPRESI : .Terapi psikofarmaka anti cemas dan anti depresi serta terapi somatik yaitu obat-obat untuk keluhan fisik (somatik) . psikodinamik.hindari menyendiri dan melamun . .Terapi keagamaan motto Berobat dan Bertobat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->