Ekonomi

dan selera konsumen y Marginal Prosperity to Consumer (MPC).Konsumsi y Bagian pendapatan masyarakat yang digunakan membeli barang/jasa dalam memnuhi kebutuhan y Faktor-faktor : pendapatan. tingkat sosial ekonomi. tingkat harga yang berlaku. kecenderungan masyarakat untuk berkonsumsi y MPC + MPS = 1 .

Tabungan (Saving) y Bagian pendapatan masyarakat yang tidak digunakan untuk berkonsumsi y Perubahan tabungan dipengaruhi oleh pendapatan dan pola hidup y Marginal Prosperity to Save (MPS). kecenderungan masyarakat untuk menabung y MPC + MPS = 1 .

Fungsi Konsumsi dan Fungsi Tabungan Fungsi Konsumsi Fungsi Tabungan y Fungsi yang menunjukkan y Fungsi yang menunjukkan y y y y hubungan antara konsumsi dan pendapatan C = a + bY MPC = b = APC = C/Y Average Prosperity to Consume (APC). rata-rata konsumsi terhadap pendapatan Y = pendapatan hubungan antara tabungan dan pendapatan y S = a + (1 b) Y y MPS = (1 . rata-rata menabung terhadap pendapatan .b) = S/Y = APS y Average Prosperity to Save (APS).

Latihan Soal 1 Cari nilai APC. APS dan MPS ? Pendapatan Konsumsi Tabungan 0 100 -200 200 200 0 400 300 100 . MPC.

8 Y.Latihan Soal 2 y Diketahui fungsi konsumsi C = 15 + 0. tentukan fungsi tabungan dan gambarkan kurvanya ? y Konsumsi masyarakat suatu negara ditunjukkan oleh persamaan C = 25 + 0.75 Y. tentukan besarnya fungsi tabungan dan berapa besarnya konsumsi jika pendapatan nasionalnya 100 ? .

Investasi y Pengeluaran atau pembelanjaan penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang modal dan perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang/jasa yang tersedia dalam perekonomian .

peralatan produksi.mesin. gedung baru dll y Investasi persediaan : investasi bahan baku atau barang jadi yang digunakan sebagai cadangan y Investasi residensial : dalam bentuk tempat tinggal y Investasi finansial : investasi surat-surat berharga seperti pembelian saham. obligasi atau sertifikat BI .Jenis-Jenis Investasi y Investasi Riil : investasi terhadap pembelian pabrik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Investasi y Inovasi dan teknologi y Perekonomian suatu negara y Ramalan atau harapan di masa datang y Tingkat keuntungan perusahaan y Situasi politik negara y Tingkat bunga y Jumlah Pendapatan nasional suatu negara .

Investasi Finansial y Obligasi : surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan (termasuk perusahaan Pemerintah dikenal BUMN) atau pemerintah yang melalui proses go public yang diatur Bapepam. Kupon tersebut dikelompok menjadi tiga kelompok yaitu kupon tetap (Fixed rate). kupon mengambang (Floating rate) dank upon nol (zero-coupon) . Obligasi tersebut membayar kupon secara berkala.

Misalkan.Investasi Finansial y Saham merupakan salah satu aset finansial senagai bukti kepemilikan investor terhadap perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Saham yang diperdagangkan di Bursa harus melalui proses go public (lihat menu Go Publik). Saham dikelompokkan dalam dua jensi yaitu saham biasa dan saham preferen. (TLKM) sebanyak 1 lot ( 500 saham). Penundaan pembayaran dilakukan bila perusahaan mengalami kerugian. Investor memiliki saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. . Perbedaan utamanya terletak pada dividen yang dibayarkan perusahaan kepada pemegang saham preferen selalu dibayarkan dengan jumlah tertentu walaupun mengalami kerugian. sedangkansaham biasa tergantung kepada keputusan RUPS dengan usulan dewan direksi.

Saham y Saham Biasa adalah suatu sertifikat atau piagam yang memiliki fungsi sebagai bukti pemilikan suatu perusahaan dengan berbagai aspekaspek penting bagi perusahaan. Orang yang memiliki saham suatu perusahaan memiliki hak untuk ambil bagian dalam mengelola perusahaan sesuai dengan hak suara yang dimilikinya berdasarkan besar kecil saham yang dipunyai. Pemilik saham akan mendapatkan hak untuk menerima sebagaian pendapatan tetap / deviden dari perusahaan serta kewajiban menanggung resiko kerugian yang diderita perusahaan. Pemegang saham preferen akan mendapat dividen lebih dulu dan juga memiliki hak suara lebih dibanding pemegang saham biasa seperti hak suara dalam pemilihan direksi sehingga jajaran manajemen akan berusahan sekuat tenaga untuk membayar ketepatan pembayaran dividen preferen agar tidak lengser. Semakin banyak prosentase saham yang dimiliki maka semakin besar hak suara yang dimiliki untuk mengontrol operasional perusahaan. . Saham Preferen Saham preferen adalah saham yang pemiliknya akan memiliki hak lebih dibanding hak pemilik saham biasa. y B.

Bank Indonesia dapat menyerap kelebihan uang primer yang beredar. Dengan menjual SBI. y SBI merupakan salah satu mekanisme yang digunakan Bank Indonesia untuk mengontrol kestabilan nilai Rupiah. BI rate ini kemudian yang digunakan sebagai acuan para pelaku pasar dalam mengikuti pelelangan . Sejak awal Juli 2005.Investasi Finansial y Sertifikat Bank Indonesia (SBI) adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek (1-3 bulan) dengan sistem diskonto/bunga. yaitu BI mengumumkan target suku bunga SBI yang diinginkan BI untuk pelelangan pada masa periode tertentu. y Tingkat suku bunga yang berlaku pada setiap penjualan SBI ditentukan oleh mekanisme pasar berdasarkan sistem lelang. BI menggunakan mekanisme "BI rate" (suku bunga BI).

75 Y dan fungsi tabungan S = -20 + 0. Berapa besar konsumsi dan pendapatannya y Bagaimana hubungan antara pendapatan. Gambarkanlah kurva fungsi konsumsi dan fungsi tabungan y Diketahui C = 60 + 0.20 Y. konsumsi dan investasi y Bagaimana tingkat suku bunga dan pendapatan dapat berpengaruh besar dalam investasi y Sebutkan dan Jelaskan tentang komponen-komponen dalam investasi finansial . jika tabungan yang diinginkan sebesar 100.Soal latihan y Diketahui fungsi konsumsi C = 20 + 0.25 Y.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful