SEJARAH WEBLOG

“Buah Perkembangan Zaman”

Oleh : David Lukithodedi (102074056) Pedi Abdul Rokim (102074057) PB. 2010

S1 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

sehingga mereka nantinya akan saling share tentang suatu hal kepada yang lain. sampai transaksi jual beli barang atau jasa. Semuanya bisa terjadi melalui blog. diskusi. atau sebagai ladang gosip. Seperti pada perkembangan dewasa ini kita tahu bahwa ketika terdapat blog yang mulai diminati oleh orang artinya blog tersebut memiliki banyak penggemar atau pengikut maka dengan segera blog tersebut akan dibanjiri oleh sponsor untuk menawarkan produk .Pendahuluan Apa itu Weblog? Weblog atau blog sering diartikan sebagai sebuah halaman yang terdapat dalam dunia maya (internet) seperti website namun blog biasanya dimiliki oleh pribadi (perorangan). sebagai jurnal. kadang-kadang dengan tanpa mencantumkan namanya. sharing. dari sekedar berteman. banyak pula blog yang digunakan sebagai diary. sampai promosi produk dari yang biasa kita kenal sampai dengan produk yang aneh dan unik. Mereka juga bebas mengekpresikan dirinya melalui blog. Namun pada dasarnya arti sebenarnya Blog atau Weblog adalah suatu Website pribadi. Pada dasarnya tujuan blog ialah untuk menulis dan saling berbagi ilmu atau informasi kepada orang lain. namun juga tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan atau kelompok atau komunitas tertentu memilikinya sebagai ajang untuk promosi diri mereka. dalam wujud suatu buku harian yang paling terbaru ada di puncak halaman. Fasilitas dan pengaturan yang disediakan di dalam blog biasanya adalah suatu alat interaktip dengan desain yang spesial. yang kebanyakan berisi berita yang secara teratur diperbaharui. dengan kebanyakan dari yang diposkan akan diatur sesuai kategori.SEJARAH WEBLOG “Buah perkembangan zaman” A. pada umumnya diciptakan atau dibuat oleh perorangan (pribadi).

ia akhirnya dipromosikan oleh seorang mahasiswi pengguna blog. He open people’s eyes with His own closed. Sehingga seringkali ada orang yang hanya dudukduduk dikamar tiba-tiba jadi kaya raya dalam sekejap karena memang memiliki blog yang sangat bagus sehingga banyak yang ingin menjadi sponsor dalam blog tersebut. Sehingga melalui kisah-kisah tersebut pada dasarkan akan memacu kita untuk terus berkarya di dalam blog. in galaxi far far away. there is a blind jedi knight. Dan itupun bukan secara Cuma-Cuma. He named Himself.. He fight bravely for the sake of love.com) Ramaditya pernah diundang ke acara kickandy untuk diminta bercerita tentang pengalamannya membuat blog hingga ia terkenal dan banyak orang yang mengagungkan namanya. He brings light from his drakness..multiply. Kelemahannya itu tidak mampu membuatnya untuk tidak bisa menggunakan blog. akhirnya usahanya yang semula kecil berubah memiliki omset sekitar 10 jt per bulannya dan yang memesan sampai dari luar negeri. in a blue planet called earth. ..” (http://ramaditya.. Ada juga kisah menarik tentang Eko Ramaditya Adikara yakni seorang tunanetra yang namanya mencuat karena bisa membuat komponis lagu melalui alat tiup yang ia dokumentasikan lewat blog. in a green republic called Indonesia... and wisdom.mereka untuk disponsorkan dalam blog tersebut. karena dari pihak sponsor biasanya akan memberikan sejumlah uang sampai memberi gadget sebagai imbalannya. Banyak sekali kisah sukses para pengusaha kecil-kecilan yang pada mulanya mereka hsangat kecil sekali namun setelah mengenal blog usaha mereka menjadi meluas hingga ke mancanegara. Ramaditya Skywalker.. Seperti eberapa waktu yang lalu ada sebuah kisah menarik yang dapat kita simak bahwa seorang penjual nasi pecel kecil-kecilan menjadi sangat terkenal sampai ke mancanegara karena mengenal blog. Berikut adalah sepatah kata dari Ramaditya yang ada di halaman blognya : “along time ago.. karena pada dasarnya zaman sudah sangat canggih sehingga ia pun tidak kesulitan ketika menulis blognya... knowledge.. caurage.

sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet. Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Walaupun sebelum itu (Juli 1999)layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan. Edit this Page dan juga Velocinews. tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger. dan web hosting untuk membuat Blog. Blogger. HTML.com dan Pitas tentu tidak sendirian. Blogger. jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. System Administrator atau Web Designer yang kemudianpada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar . Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website. Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Hingga pada tahun 1998.Pembahasan SEJARAH PEMBUATAN BLOG Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.B. Kalau kita masih ingat.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup.

Random Thoughts. Dan ya. “Obscure Store”http://www. Dari sedemikian banyak Blog yang ada. Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya adalah Blog milik Jorn Barger. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa.obscurestore.Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifanpemilihan link-nya.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco.Tomalak’s Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business. Web Design dan New Media.Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana diasetiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya.dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori. Tak lupa . “Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut. desain-desain dan critical skillnya. di Blog-nya dia menulis bahwa Blognya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan. olahraga.” Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur. sex.com/ milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement. ide itu telah terpikirkan. hobi menonton film.kesehatan. buku komik dan macam-macam lagi. topik politik. tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Kottke. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?.Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri. Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog. Blog terkenal lainnya diantaranya. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari Blog. dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.

com berpendapat.Blogger Siapa sih para Blogger di Internet ini? Rebecca Blood pada Blog-nya Rebecca’s Pocket mengatakan bahwa para Blogger mulanya adalah mereka yang telah mengajarkan diri mereka sendiri HTML karena mereka menyenanginya. Blog bahkan dapat menjadi semacam terapi jiwa. Dalam kata lain mereka adalah generasi yang tidak takut berpendapat dan mengungkapkan pendapat mereka.” tulisnya.juga Blog milik Dave Winer. Evan Williams. Dengan terbiasa mengekspresikan pikirannya pada Blog-nya. Scripting News. Di luar sana ada banyak Blogger yang merasa perlu mendokumentasikan diri setiap kali ia bersin. pendiri Blogger. seorang Blogger dapat dengan lebih baik mengartikulasikan opininya. tapi seperti yang dikatakan Evan. “Mayoritas Blogger adalah anak-anak muda atau mahasiswa. Blogger saat ini kebanyakan terdiri dari para penulis diary muda yang dinamis. offbeat dan punya opini untuk segala hal. maka ia akan sering berkonfrontasi dengan pikiranpikiran dan opininya sendiri. ia mulai lebih menghargai cara pandangnya sendiri. Menulis Blog. Mereka adalah apa yang ia sebut orang-orang yang antusias pada web. setiap hari akan membuat Blogger menjadi penulis yang lebih percaya diri. Pertama ia menemukan kembali minatnya semenjak ia mulai membuat Blog. Ketika setiap harinya ia mengupdate Blog-nya ia mulai mempertimbangkan opini dan ideidenya dengan lebih hati-hati dan ia mulai merasakan bahwa perspektifnya adalah unik dan penting untuk disuarakan. Ketika seorang blogger menuliskan apa yang ada di pikirannya. “These were web enthusiast. atau mereka yang setelah seharian bekerja di kantor dot.Tentu saja tidak semua orang adalah seorang Natural-Born Blogger dan dapat memproduksi Blog yang menarik. Dan banyak diantara mereka yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. atau Blogging. dan kemudian menyisakan waktu luang beberapa jam setiap harinya untuk melakukan web surfing dan memasang hasilnya pada Blog mereka. Dan hal kedua yang lebih penting. salah satu Blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman.” Setiap orang tentu saja dapat membuat Blog-nya masingmasing. atau anak-anak muda yang menuliskan “Saya bosan” atau . Lalu apa gunanya membuat Blog? Apa yang mungkin didapatkan oleh seorang Blogger dalam usaha mengurus Blognya? Rabecca Blood menulis bahwa setelah ia membuat Blog-nya ada duaefek samping yang terjadi yang tidak ia perkirakan sebelumnya.com mereka.

antara lain : www. antara lain : www. Berikut adalah beberapa layanan blog gratis di internet. Blog professional. biasanya sudah disediakan dan kita tinggal memilih dan memakainya saja. Melatih kemampuan berpikir. Melatih kemampuan untuk menulis.multiply.com. maka kita hanya akan mengatur sedikit tentang tampilan atau widget dari blog tersebut. 2.blogspot. www. Media promosi dan bisnis. yaitu kemampuan untuk mengekspresikan diri. Kita hanya perlu mengunjungi web hosting yang memiliki layanan untuk pembuatan blog. CARA SINGKAT PEMBUATAN BLOG Peralatan utama yang dibutuhkan dalam membuat blog adalah sebuah PC dengan koneksi internet. dan lain-lain. 5. 4. Media komunikasi dan informasi. Amy Jo Kim seorang konsultan dan pengarang buku “Community Building on the Web: Secret Strategies for Succesful Online Communities”. Ada yang gratis. .blogger. ada juga yang membayar. Pembuatannya juga sangat mudah. keinginan untuk berkomunikasi dengan orang banyak dan minat pribadi pada “keterusterangan”. www.joomla. 3.com atau www. menulis bahwa diperlukan beberapa syarat dasar khusus untuk menjadi seorang Blogger.livejournal. hampir sama dengan mebuat atau mengisi e-mail. Setelah terbentuk suatu blog.com. dan lain-lain.com. www. MANFAAT MENULIS DAN MEMPUNYAI BLOG 1.com.wordpress.com.“School Sucks!”setiap tiga jam sekali. Sarana mengekpresikan ide dan pendapat.

sedang medianya yang lebih canggih bisa diakses lewat notebook saja.cc/ . sehingga akan memperkaya serta memperluas cakrawala pemikiran kita. Serta tidak ada salahnya kalau kita mulai degan menggunakan blog untuk mengekspresikan hidup kita. smartphone dengan kamera. Notebook. Sehingga dari pernyataan di atas. Dan jelas berbeda pula dengan zaman sekarang yang lebih canggih lagi sekarang hanya perlu Smart phone saja sudah bisa digunakan. Digital Camera. Zaman sudah berubah. Daftar Rujukan http://www. maka sebenarnya kita sebagai manusia yang berilmu hendaknya untuk terus memacu langkah kita untuk semakin mengembangkan ilmu yang kita miliki serta menambah sebanyak-banyaknya lagi. D.Kesimpulan Pada dasarnya zaman kita ini sudah sangat maju sekali sehingga sudah tidak bisa diragukan lagi bagaimana pesatnya perkembagan teknologi.C.co. jika kita tahu bahwa pada era sekitar 1970-1980 alat jurnalistik hanya berupa buku catatan dan bolpoin. maka berbeda dengan era 1990-2000an sudah berganti menjadi Digital voice recording.irfanzidny. 3G chard.

itcwatch.http://daryantodt. Internet Sehat : panduan berinternet aman. 2005. nyaman dan bertanggung jawab. http://www.rsf.internetsehat.org e-book : Saripudin.blogspot.org .com http://www. 2010. http://www.com/ http://www. Acep dkk.internetsehat. Creative common.org e-book : Reporter Without Borders. . Handbook for bloggers and cyber-dissidents.