BAB I PENDAHULUAN Pilihan Kata dalam kaidah makna Kata menunjukkan hal yang ada di dunia ini (termasuk

orang-orang) yang sedang dibicarakan. Kata adalah lambang objek pengertian, atau konsep. Kata adalah apa yang diucapkan atau didengar. Kalau kita membaca atau mendengar sebuah kata, dalam benak kita akan timbul gambaran terhadap kata tersebut. Hubungan kata dan gambaran dapat dilihat pada bagan berikut. (Rahayu,2007:68)
Gambaran yang ditimbulkan oleh kata (referensi): sebuah kurva tertutup yang jarak antara titik pusat ke setiap titik pada sisi sama besar. Benda/konsep yang didukung (referen) Benda: Kata kongkret Konsep : Kata abstrak Lingkaran Kata

BAB II PEMBAHASAN

SENSE (MAKNA) DAN REFERENCE (PENGACUAN) A) Sense - Sense adalah bagian dari bahasa - Sebuah ungkapan yang maknanya masih ada di dalam benak dan abstrak ³ The SENSE of an expression is its place in a system of semantic relationship in other expression in the language.´ (Hurford:28) Yang di maksud disini adalah letak atau fungsi dari sense berkaitan dengan sistem semantik dan ungkapan yang terdapat dalam sebuah bahasa. B) Reference Sebuah kata atau leksem disebut bermakna refernsial kalau ada refernsnya, atau acuannya. Kata-kata seperti kuda, merah, dan gambar adalah termasuk kata-kata yang bermakna referensial karena ada acuannya dalam dunia nyata. Sebaliknya kata-kata seperti dan, atau, dan

1

³Saya sudah lama tidak berjumpa dengan beliau´. kata Ani kepada Ali 2. Tapi. (Riemer.2010:16) Kata referensial adalah objek yang digunakan dalam situasi tertentu. Maksud dari contoh diatas adalah kata queen jika diucapkan pada tahun 2009 di kerajaan Buckingham merujuk pada ratu Elizabeth II. A word¶s referent. karena kata-kata itu tidak mempunyai referns. 1.´ 3. but Margrethe and the Danish one. ³Di mana kalian bertemu beliau?´ Tanya Amin. pada kalimat 1) kata saya mengacu pada Ani. the words queen and table have different referents: Not Elizabeth II and the english piece of furniture. ya?´ sahut Ali. dan pada kalimat 3) mengacu pada Amin. Which an expression stands for on a particular occasion of use. in talking of referent we deal with the relationship between language and the world´ (Hurford:25) Referent also define as the object which it stand for on a specific occation of use. and the referent of the word table is a particular piece of english royal furniture. ³Tadi pagi saya bertemu dengan Pak Ahmad´. ³O. maka kata queen tersebut merujuk pada ratu Margareth. For example: The queen has fallen off the table If I am talking about a rowdy evening at buckingham palace in 2009. ³Saya juga bertemu beliau tadi pagi. But if I am talking not about Elizabeth II but about queen Margrethe of Denmark. person. Elizabeth II. (Abdul Chaer. Jelas.karena adalah termasuk kata-kata yang tiadak bermakna referensial. and it changes each time the word is applied to a different object or situation in the world. On each of the occasions is uttered. we deal with relationship inside the language. the referent of the word queen is Her Majesty. place. jika kata queen diucapkan di kerajaan Denmark. 2007: 291). Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang membahas tentang sense and reference Contoh 1 : Dua ungkapan yang berbeda dengan sense yang sama Bachelors prefer red hair Girls with red hair are preferred by unmarried man Contoh 2: Satu ungkapan yang memiliki kemungkinan dua makna (Ambigu) 2 . dan kata table merujuk pada furnitur kerajaan. then. Dan kata table merujuk pada Danish (sejenis makanan khas denmark). ³In talking of sense. there is one and only one referent of each word. is the particulat things. etc. pada kalimat 2) mengacu pada Ali.

Ini berarti pada kalimat tersebut. karena bahasa tidak dibuat dari potongan kertas. DAFTAR PUSTAKA Riemer. New york: Cambridge University Press. Nick.y The chicken is ready to eat Ungkapan di atas bisa bermakna ³The chicken is ready to be eaten´ or ³The chicken is ready to eat something´. Abdul. sesuatu yang bisa dibawa dengan jari dan ibu jari. merupakan bagian kecil dari dunia nyata ini. Semantics a coursebook. Jakarta: Rineka Cipta y 3 . (Hurford: 26). ada dua hal: this page merupakan ungkapan dalam bahasa inggris (bagian dari bahasa) dan sesuatu yang bisa dibawa dengan jari dan ibu jari (bagian dari dunia). Jadi. James. dan ini disebut reference. 2010. New york: Cambridge University Press. 2007. Chaer. Linguistik Umum. this page merupakan bagian dari bahasa Inggris. Page yang sesungguhnya adalah lembar dari kertas. this page merujuk pada wujud lembar dari kertas tersebut.This page Dalam frase this page. Hurford . sebenarnya mengidentifikasi sebuah lembaran khusus dari kertas. Introducing Semantics. Contoh 3: Ungkapan yang memiliki satu sense dan reference .R. Frase ini ketika dipakai dalam sebuah kalimat. bukan merupakan bagian dari bahasa Inggris.