Gajah Mada diantara Sunda dan Jawa Published: 12 Juli 2010 Hubungan antara suku Sunda dan Jawa

sungguh tidak seperti hubungan dengan suku-suku lain di tanah Indonesia ini. Di antara suku Sunda dan Jawa ada semacam benang merah pengikat sekaligus pemutus yang membuat hubungan kedua suku ini "panas dingin". Sebagai orang yang punya garis keturunan Sunda dan Jawa, saya merasakan sendiri "batasan-batasan" yang diberlakukan bagi orang Sunda terhadap orang Jawa dan sebaliknya. Misal, lelaki Jawa tidak disarankan menikah dengan perempuan Sunda karena posisi dia sebagai suami akan kalah dari si perempuan ketika berumah tangga nanti. Dan sebisa mungkin perempuan Sunda pun disarankan tidak memilih suami dari suku Jawa.

Banyak yang menyebut, di tanah Sunda, tidak ada jalan bernama Majapahit, Gajah Mada, atau Hayam Wuruk. Pun demikian di Jawa tidak ada nama jalan

seharusnya pihak lelaki yang mendatangi mereka untuk meminang. adalah Gajah Mada yang menjabat mahapatih. maka dibuatlah agar Sunda Galuh datang ke Majapahit. bukan orang Jawa. Gajah Mada memang orang Majapahit yang sedari awal merintis karir di keprajuritan Majapahit. Kematian keluarga raja menorehkan luka teramat dalam dan kebencian rakyat Sunda Galuh terhadap Majapahit. Gajah Mada dikisahkan keturunan Sunda yang mengadu nasib ke Majapahit. Sunda Galuh. sebuah tempat di Kerajaan Majapahit. Pelukis itulah yang membuat lukisan wajah Dyah Pitaloka yang disampaikan pada Hayam Wuruk sehingga Hayam Wuruk terpikat pada Dyah Pitaloka. Kebalikan dengan kisah Perang Bubat karya Langit Kresna Hariadi. Melihat hal itu mungkin ada hubungannya dengan Perang Bubat. Raja Linggabuana. beberapa sumber sejarah menyebutkan Gajah Mada adalah orang Melayu. Langit mengisahkan Dyah Pitaloka justru menjalin asmara dengan seorang pelukis sebelum dipinang oleh Raja Majapahit Hayam Wuruk. orang nomor dua tertinggi di kerajaan. mahapatih kala itu. Benar tidaknya. yang pada zaman sekarang mungkin sama dengan perdana menteri. Tapi karena Gajah Mada. Bisa jadi sakit hati akibat Perang Bubat itu mendarah daging sampai berabad-abad antara Sunda dan Jawa. semua sepertinya sepakat. Dialah yang . entahlah. Permaisuri Dewi Lara Linsing. menginginkan Sunda Galuh menjadi bagian dari Majapahit. Dalam buku serial Gajah Mada yang berjudul Perang Bubat. maka perang tak seimbangpun tak terhindarkan di Lapangan Bubat itu. jadi tidak ada yang bisa ditanyakan dengan pasti. Perang Bubat. Ia terbunuh dalam pelarian dikejar tentara Majapahit karena menjalin cinta dengan Dyah Pitaloka. Menurut cerita. Tapi soal siapa sebenarnya Gajah Mada sampai sekarang masih buram. Sosok yang jadi tokoh utama dalam Perang Bubat. atau Parahyangan. Pada buku Langit. orang Sunda Galuh merasa keberatan mereka mendatangi Majapahit karena menurut adat yang berlaku. karena negara ini belum baik dalam mengelola datanya. Namun pada buku karya Aan Merdeka Permana dengan judul sama. Akibat ketersinggungan luar biasa yang dialami Sunda Galuh oleh perlakuan Majapahit. Perang yang terjadi tahun 1357 itu membuat terbunuhnya keluarga kerajaan Sunda Galuh. Buku Perang Bubat karya Aan Merdeka Permana mengisahkan perang itu terjadi dilatarbelakangi oleh kisah asmara Gajah Mada dengan Dyah Pitaloka. Diluar buku Langit dan Aan. dan anak raja Dyah Pitaloka beserta segenap prajuritnya tewas di Lapangan Bubat.Pajajaran.

toh ia memang membuat kisah fiksi. melainkan karena perang saudara yang memperebutkan tahta. Keluarga Majapahit minta Gajah Mada memperlakukan Sunda Galuh tidak sebagai negara bawahan. antara Majapahit dengan Sunda Galuh sebenarnya masih ada hubungan kekerabatan. Sementara. Tapi Gajah Mada berkehendak jangan sampai ada warna lain di tanah Jawa sementara semua warna sudah sewarna di Nusantara. . Kembali ke hubungan Sunda dan Jawa. Sosok Gajah Mada pada waktu itu dianggap punya jasa demikian besar. Yang jelas. melainkan saudara. Jika ingin mengetahui bagaimana hubungan Sunda dan Jawa pada tempo lalu untuk kemudian dihubungkan dengan masa sekarang. ada baiknya kita baca buku karangan Langit Kresna Hariadi dan Aan Merdeka Permana yang menyuguhkan kisah menarik yang berlatar sejarah itu. karena dialah yang membuat semua kerajaan-kerajaan di Nusantara ada di bawah Majapahit sehingga Majapahit menjadi negara besar yang disegani di Asia. bukan sinopsis sejarah. Inilah yang saya katakan benang merah perekat dan pemutus itu.menentukan perlakuan kepada Sunda Galuh sebagai negara bawahan Majapahit. masih keturunan Sunda dari garis Lembu Tal. Tapi tentu dulu kerajaankerajaan di luar Pulau Jawapun hebat-hebat. kisah karangan Langit Kresna Hariadi lebih otentik karena ia melakukan riset sejarah sebelum membuat tulisan itu. pendiri Majapahit. bila ingin dapat gambaran hubungan dua suku ini pada masa lalu berkenaan dengan Perang Bubat. Banyak orang diluar suku Jawa yang ³sebal´ dengan orang Jawa karena sering menguasai pemerintahan selama ini. Tentu masih banyak kisah sejarah lain yang perlu kita pelajari karena terkait dengan apa pola pikir masa kini. Raden Wijaya. Mempelajari sejarah bisa membuat kita belajar dan mengambil keputusan yang tidak gegabah karena pernah punya pengalaman sebelumnya. Ini kemungkinan besar terkait dengan masa lalu dimana kerajaankerajaan di Jawalah yang sering berhubungan dengan politik dunia luar dan mampu membuat pemerintahannya di segani. Majapahit runtuh bukan karena serangan atau intervensi negara asing. Tapi tak mengapa. Maka Perang Bubat pun terjadi. Aan Merdeka Permana menulis kisah Perang Bubat lebih banyak berdasarkan cerita turun temurun masyarakat Sunda.

Lembu Tal dikisahkan sebagai seorang perwira yuda yang gagah berani. Berita dalam Nagarakretagama diperkuat oleh prasasti Balawi yang diterbitkan langsung oleh Raden Wijaya sendiri tahun 1305. Sementara itu. Soal R. Kalau berdasar seperti tulisan anda artinya Dyah Pitaloka seumuran atau ga beda jauh umurnya dengan Gajah Mada. Ayah Raden Wijaya bernama Lembu Tal. SANGAT TIDAK MASUK AKAL.=========================== Berikut adalah komentar soal tulisan ini yang ada di blog lama Yana. Dari sumber tersebut disebutkan bahwa R.wordpress. karena naskah ini ditulis tahun 1365. edit this on 19/05/2009 at 20:16 | Reply Mas Pur PERANG BUBAT tulisan AAN merdeka Permana sangat tidak masuk akal dimana Gajah Mada menjalin cinta dengan Dyah Pitaloka dan tidak direstui sang raja Lingga Buana akhirnya mencari kerajaan lain yang lebih kuat dan ditemukanlah Majapahit. Wijaya keturunan Sunda itu belum ada sumber jelas (sumber tersebut hanya versi Sunda). hanya berselang 56 tahun setelah kematian Raden Wijaya. putra Narasinghamurti. Wijaya anak Dyah Lembu Tal yang bersuami Rakeyan Jayadarma. Dalam . Di antara naskah-naskah di atas. Pararaton yang juga berkisah tentang sejarah Majapahit menyebut Raden Wijaya sebagai putra Narasinghamurti. putra Prabu Guru Darmasiksa raja Kerajaan Sunda-Galuh yang memerintah tahun 1175-1297.com : 23 Responses 1. sedangkan Gajah Mada sendiri menjadi Patih di Daha dan diteruskan ke Majapahit setelah dia berjasa menumpas pemberontakan Kuti pada masa Jayanegara dan setelah Jayanegara Mati digantikan oleh adiknya (Ibunya Hayam Wuruk). Dyah Lembu Tal bukan seorang perempuan. Disebutkan bahwa. Menurut naskah ini. kiranya Nagarakretagama yang paling dapat dipercaya. melainkan seorang laki-laki. Jadi Gajah Mada menjadi Patih semasa ibu Hayam Wuruk belum menikah apakah mungkin Hayam wuruk mau menikahi Dyah Pitaloka yang seumuran Gajah Mada yang lebih tua dari ibunya. rayakawula. Lain halnya dengan Nagarakretagama.

yaitu dinasti yang menurut Pararaton didirikan oleh Ken Arok. kalo dibaca lbh teliti lagi. edit this on 03/06/2009 at 18:53 | Reply Kombor Mas Pur kurang cermat membaca kiriman Mbak Yana. bila ingin dapat gambaran hubungan dua suku ini pada masa lalu berkenaan dengan Perang Bubat. aku justru lbh prefer dan mendukung buku Gajah Mada Perang Bubat karya Langit Kresna Hariadi karena bukti sejarahnya lbh otentik mengambil kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca. kisah karangan Langit Kresna Hariadi lebih otentik karena ia melakukan riset sejarah sebelum membuat tulisan itu. Jadi saya lebih menyarankan membaca buku karya Langit Kresna Hariadi dibanding Aan Merdeka Permana Makasih sekali lagi ya! 3. 2. makasih komennya di blog ini ya! Yana Haudy Gini. penguasa pertama Kerajaan Singhasari.prasasti itu Raden Wijaya mengaku sebagai anggota asli Wangsa Rajasa. edit this on 19/05/2009 at 21:39 | Reply Hehee. Kembali ke hubungan Sunda dan Jawa. Sampean ini keturunan Jawa Sunda tapi hanya memasukkan versi Sunda tanpa menelaah sumber lain dan mana yang lebih bisa diterima nalar. .. Langit Kresna Hariadi juga melakukan dialog dng tokoh Sunda sebelum menulis Perang Bubat utk menemukan objektivitas.

edit this on 26/06/2009 at 22:29 | Reply Yana Haudy Haturnuhun komentarnya.4. bersikaplah adil walaupun dirasa berat dalam hati kalau leluhur sendiri itu bejat. orang Sulawesi dan tentu saja orang Sunda sangat membencinya. edit this on 26/06/2009 at 15:59 | Reply Sutisna Terserah mau bapaknya Wijaya itu orang Sunda atau orang Jawa. Hati nurani saya berkata betapa jahatnya Gajah Mada (apakah anda punya hati nurani?). Kalau tersiratnya memihak mohon maaf. Saya sebenarnya ga ingin memihak. hanya meresensi dua buku. Luruskan sejarah seluruslurusnya jangan seenaknya memangkat ³pahlawan´ kalau nantinya menyakiti etnis lain. orang Banjar. kita bersatu karena kesetaraan dan kesejajaran bukan taklukan juga bukan untuk diperlakukan seperti taklukan 5. orang Padang. dia megalomaniak sejati menggunakan segala cara untuk mencapai tujuan (apakah mental korup dan ga tau malu para pejabat RI. Indonesia didirikan berdasarkan Sumpah Pemuda bukan Sumpah Palapa. Makasih sekali lagi ya! o edit this on 30/03/2010 at 14:27 | Reply aan . Hentikanlah bersikap egois dan mau menang sendiri. itu juga diwarisi dari Gajah Mada). hal ini mgkn dikarenakan saya lbh dulu membaca buku karya LKH baru Aan Permana. Apakah si Gajah Mada ini akan tetap diagung-agungkan orang Jawa sebagai ³pahlawan´ padahal orang Aceh.

yg tertawan utk orang2 manca (malysia. Thailand) mereka jelous karena kebesaran gadjah mada akan membangkitkan bangsa Indonesia menapaki kejayaannya. maka dia memiliki hak wilayah Pasundan. mereka menjadi jelous. edit this on 29/07/2009 at 12:15 | Reply Arya Sakti Blambangan Terlalu naif jika tidak mengakui gadjah Mada sebagai orang besar. kenaifan itu muncul karena jelous terhadap orang Indonesia yg ingin meniru keprajuritan gadjah mada. salah satunya di tumasik (sekarang Singapura). Pada waktu gadjah mada. Wijaya tapi belum terambil. karena tanah sunda telah menjadi hak R. seperti Malaysia. Itu Fitnah besar. peninggalan singasari. karenanya gadjah mada menginginkan hak itu dikembalikan kepada keturunana majapahit (hayam Wuruk). Mengenai persoalan Bubat dimana ketertundukan Sunda kepada majapahit adalah wajar. salam. Gadjah mada menggunakan orang Mongol memperbaiki armada laut. Sedangkan mereka tdk memiliki. orang sensi itu menunjukkan kelemahannya loh 6. melalui mitos dan peneliti. singapura. Wijaya adalah anak Dyah lembu Tal. Majapahit memiliki pangkalan angkatan 7 pangkalan angkatan laut. Jika menurut versi Sunda. sutisna sensi banget seh. wijaya masih berjuang membalas mertuanya yg di bunuh oleh Jaya Katwanng (Kediri). memelintir sejarah yg katanya gadjah mada tak ubahnya seperti prompak di wilayah selat malaka.iya neh. karena R. arya sakti Blambangan . mislnya. R. gadjah Mada adalah pelopor kekuatan laut di asia tenggara.

edit this on 29/07/2009 at 13:17 | Reply Tambahan : Yana Menurut pengamatan saya. di dunia ini. orang2 diluar suku Jawa sepertinya memang bnyk yg tidak menyukai Gajah Mada. ksukuan memang ada dan harus dirawat. edit this on 26/08/2009 at 00:50 | Reply DADANG PANGGAYANA DR. 8.7. betapa nasionalisme yg satu diadukan dengan nasionalisme yg lainnya dgn berbagai macam fitnah gerakan ZIONISME. sudahlah wahai sodaraku bahaya itu sudah mendekat pada kita. maka sudah dapat dipastikan akan beradu dgn fanatisme suku yg lain. di tanah nusantara ini tidak hanya hidup satu suku saja. karena di alam semesta ini. membela ato mempertahankan satu negara.«.Sedangkan diluar sana ada satu gerakan yg mendunia yaitu ZIONISME. satu negara saja tidak lebih dari itu karena cakupannya hanya disitu dan segitu saja... fanatisme kesukuan itu hanya akan menimbulkn prpecahan antar suku. juga akan menjadikan perpecahan antar suku.MOSCOV R sodara sodaraku fanatisme kesukuan mungkin akan mebangkitkan suku itu sendiri. salah satunya adalah krn mrk menganggap penyatuan nusantara oleh Majapahit berwatak kolonial alias penjajahan. edit this on 05/08/2009 at 20:51 | Reply sunda vs persatuan dan kesatuan lebih penting ruddy torres jawa««««« 9. tapi ingat. sehingga tak rela nama kerajaan dan pahlawan mereka tenggelam hanya krn oleh seorang Gajah Mada. Ditambah lg mereka memiliki pahlawan masing2 dari kerajaan2 yg tersebar di seluruh Indonesia. kalo orang sunda . kemudian NASIONALISME akan membangkitkan.

Bersatulah!!!!!!Rawatlah dengan landasan keyakinan Kepada Tuhan yang maha satu benar benar maha esa. kalau kini semua orang mengaku sebagai reformis). edit this on 08/09/2009 at 15:22 | Reply april Aku etnis jawa yang bersuamikan orang sunda . (ini seperti semua orang merasa dirinya golkar agar selamat dan diakui jaman orde baru.bilang lamun suku teu dirawat maka bakal rorombeheun heheheh. thanks buat resensinya yah« jadi pengen beli bukunya Yang penting ³Jalin Persatuan dan Kesatuan Gan. edit this on 07/10/2009 at 14:35 | Reply yuri sejarah memang hanya mencatat orang besar.p´ 11.yg artinya jika suku (kaki) tidak dirawat maka akan pecah pecah ( timbul perpecahan suku) so Jika kita fanatis pada suku = tidak merawat kebaikan antar suku. luka hati siapa sih yang mau mencatat dalam prasasti? sebelum ada majapahit. kenapa banyak orang yang percaya dengan mitos bahwa orang jawa sebaiknya tidak menikah dengan orang sunda dan sebagainya. bukan dua ato tiga 10. Ternyata menyangkut masalah ini. Btw. edit this on 08/09/2009 at 21:35 | Reply Yana Iya sama2. Mbak 12.. hal ini diperlukan .p Tadinya pengen cari tau. . semua orang di wilayah nusantara akan mengaku sebagai keturunan kerajaan sriwijaya.. moga makin harmonis sm suaminya ya.

modus inilah yang dipakai saat tumbuhnya kerajaan-kerajaan di Jawa setelah majapahit (demak. inilah keistimewaan kita di banding bangsa lain. dalam situasi perang manapun hanya dua hal yang mesti dipilih. pernikahan antara putri pajajaran dengan raja majapahit adalah perang itu sendiri.nusantara ada karena banyak suku dan bangsa.ini adalah bukti rahmad ³ayat NYA´. berjuang atau nyawa. masalahnya adalah mungkin waktu itu pihak pajajaran tidak bersedia mohon ampun agar nyawanya selamat. sentimen anda semua tidak berdasar sama tidak berdasarnya kisah turun temurun versi sunda ato versi jawa. artinya bahwa gambar si putri dari pajajaran bisa sampai ke majapahit itu juga ada siasatnya. note: saya jawa-bugis. setelah muncul majapahit dan hegemoni kekuasaan nusantara ada di tangan majapahit. hati nurani pada situasi kekuasaan. edit this on 30/10/2009 at 23:49 | Reply lukman alhakim dijadikan manusia bersuku suku. makanya orang jawa jadi seperti orang majapahit bagi orang sunda yg pajajaran (ingat orang sunda juga ada yang berseberangan dg pajajaran) dalam konteks politik. dg pernikahan itu masing-masing bersiasat untuk memperebutkan kekuasaan.bukan untuk alat untuk berdebat«HIDUP . maka semua orang yang tidak berkonflik dg mereka cenderung mengaku sebagai turunan dan memiliki hak untuk melanjutkan kebesaran majapahit. pembantaian adalah wajar pada perebutan kekuasaan. terimalah dengan fair.sebagai semacam password/id dalam mendapatkan pengakuan dan kekuasaan. tidak tepat menggunakan kata licik.berbagai bangsa untuk saling mengenal satu sama lain bukan untuk saling bertempur satu sama lain. seandainya waktu itu fesbuk sudah ada tentu hayam wuruk jatuh cintanya sama putri dari perancis. 13. mataram islam). atau anda siap menyerahkan posisi anda dan tunduk dengan bayaran nyawa anda tetap di tempat. berjuang artinya anda siap sampai mati mempertahankan posisi anda. pajang. jadi itulah sejarah.

tp intinya sama.WONG JOWO ASLI 100% Pangapunten kang agung pramilo seratan meniko ngantos ndadosaken mboten saenipun manah 14.?«.. Di atas di posting tentang hubungan sunda&jawa-yang setahu saya. atau maksimal mendekati lah tentang peristiwa yang sebenarnya. yaitu. apakah menceritakan semua peristiwa bubat secara detail ? 15. bangsa yang tidak mengenal sejarahnya adalah bangsa yang tidak mengenal jatidirinya. saya suka baca2 sejarah.posting ini sangat menarik sebetulnya.AKU. Jl.. edit this on 22/01/2010 at 19:23 | Reply assalamualaikum«anak kecil minta izin bicara« reno sekilas. sy membaca comment2 d atas. tentu dalam konsep yang dapat saya serap dengan mudah. yg lmyan bnyak. Apa ada hubungannya dengan nama salah satu jalan di bandung. langsung dari mata kepala sendiri.NUSANTARAKU. Buah Batu alias Bubat ?? Saya rasa semua orang hanya mereka-reka.. .INDONESIAKU.BANGSAKU. karena tidak ada seorang saksi pun yang mengetahui hal ini (maksud saya.NEGERIKU. sebuah tempat di Kerajaan Majapahit´. edit this on 04/12/2009 at 02:34 | Reply Fulan ³segenap prajuritnya tewas di Lapangan Bubat. apakah ada orang yg langsung mencatat semuanya-oleh kedua belah fihak ?) Kalaupun ada kitab Negarakertagama. begitu peristiwa ini terjadi. memang benar adanya seperti itu-.egosentris human race«sudut pandang yang jelas sekali terlihat ironis dengan smangat ³100 national awakening´ bagsa kita ini« sejarah itu penting adanya.PANCASILAKU« «ISTERIKU TERCINTA yg ASLI MANDAR.

dan membangun majapahit sebagai penerus singasari yg agung-itu anak keturunan sunda atau bukan.kita semua tidak tahu versi yang paling benar. betul?! *tanah parahyangan boleh diminta haknya sama orang keturunan datri bukan putra mahkota??? klo boleh.R. inti¶a« wajar klo orang jawa tersinngung saat dikatakan klo gajah mada dibenci orang jawa. Hal yang sama juga kemungkinan besar dirasakan oleh orang2 luar jawa ketika majapahit dengan gencar2nya ingin menyatukan nusantara dibawah naungan Majapahit. Bagi orang2 jawa. jika orang luar jawa membenci gajahmada. Jadi. tapi diluar itu. tapi ada pula versi yang menyebutkan bahwa ayah sanggrama wijaya bukanlah orang sundagaluh.wijaya kan menantu raja terakhir singasari tuh* juga membenci orang2 mongol ketika utusan2 mongol datang untuk memerintahkan singasari tunduk kepada mongol. hehe. tentang Gajahmada.. janganlah di bilang naif«. ada versi yang menyebutkan bahwa sanggaramawijaya merupakan anak dari pasangan Rakeyan Jayadarma(sunda) dan dyah lembu tal. Ada yang menyebutkan gajahmada itu pahlawan besar(jawa)..Terkait postingan di atas. yang manapun. wajarkalau Gajahmada disebut ³pahlawan besar´ bagi orang jawa.. mengingat cita2nya untuk menyatukan Nusantara. dulu orang2 singasari *nenek moyang Majapahit. . saya reno. Benar adanya.kan semua orang punya hak untuk komentar. tapi.. Majapahit memang Agung koq. tapi saya saya 19 suka tahun. sejarah. Dua2nya benar ko«tergantung dari sudut pandang mana kita melihat. Selain itu. wajar pula kalau gajahmada mereka benci. adapula yang menyebutkan bahwa gajahmada dibenci oleh orang2 luar jawa.* *perkenalkan.wijaya)-yang merebut tahta singasari dari kediri.. jangan lah kita menyalahkan µsiapa¶ yang mengungkapkan µsesuatu¶ tanpa sumber yang paling benar. tapi bagi orang2 luar jawa.. yang tau yang paling benar hanya Tuhan . memang kerajaan hebat. orangnya kan banyak«bukan hanya sanggrama wijawa.umur saya mahasiswa teknik. janganlah dilihat dengan sudut pandang egosentris ke¶sukuan¶.-mungkin analoginya bisa ³bangsa kita juga membenci penjajah kan?!´ kurang lebih itulah alasannyaoh iya. perihal apakah sanggrama wijaya (R..

P. maaf ya semerawut. Yang penting persatuan kesatuan saat ini ketika Indonesia sudah jd republik dan bukan lg cuma berkutat di masa lalu. praktis tak ada gangguan ataupun serangan dari luar kepulauan Nusantara.. . cuma expose maupun sudut pandangnya berbeda. maka semua wilayah Nusantara jadi aman dari serangan bangsa luar. Karena selama kurun waktu puluhan tahun selama kekuasaan Hayam Wuruk dengan mahapatih Gajah Mada. edit this on 11/02/2010 at 00:00 | Reply Wied 2 buku baik karya LKH maupun AMP banyak kesamaannya. LKH berkali-kali mengungkapkan bahwa dengan terkuasainya seluruh kepulauan Nusantara. tp saya juga mengagumi majapahit maupun sundagaluh. Juga gaya bahasa masing-masing pengarang bisa mempengaruhi kesan/alur cerita itu sendiri. Beaya pengamanan oleh para armada laut yg jumlahnya sangat besar tsb dibebankan kepada para negeri µjajahan¶ berupa upeti.sya orang sunda. saya masih dalam taraf pembelajaran.S saya suka bagian ini-dari salah satu comment-: ³ndonesia didirikan berdasarkan Sumpah Pemuda bukan Sumpah Palapa.. Trims 16. kita bersatu karena kesetaraan dan kesejajaran bukan taklukan juga bukan untuk diperlakukan seperti taklukan´ o edit this on 11/02/2010 at 17:01 | Reply Yana Ya. masih butuh bimbingan. AMP terkesan menonjolkan cerita kebesaran kerajaan Sunda Galuh namun kerajaan ini cinta damai sehingga tidak berniat expansi.* ngena¶ gak yah comment nya? mudah2an si dapet«amin.

. Disini saya tidak menyebutkan sunda-jawa. bila ada pembuktian baru maka perbincangan bahkan penulisan sejarah akan direvisi kembali« begitulah sejarah. baik itu versi dari Jawa maupun sunda bahkan hingga sekarang. Menyangkut Perang Bubat dan Gajah Mada saya cuma ingin tahu. Kira-kira kalau dulu yang berangkat dari tanah pasundan ke Bubat itu dengan tujuuan mau perang bukan mau kekondangan kira-kira yang akan menang yang mana ya ? Soalna kelihatan kekuatannya agak timpang baik dari segi jumlah pasukan.17.. menarik sekali apa yang dibahaskan diatas tentang ³perang bubat ³. (kedua belah pihak tentang klaim kebenarannya) dan semua peneliti sejarah akan memegang pada bukti yang telah mereka temukan. Walaupun menurut buku AMP disana disebutkan bahwa ilmu perang Majapahit waktu itu sumbernya dari kitab perang orang sunda yang disempurnakan oleh orang majapahit«. sehingga saya sendiri sulit mencari mana yang benar mana yang salah. Yang penting Viking ± Bonek bersaudara« Pisss ah !! 18. tentunya dalam penulisan sejarah tidak terlepas dari kepentingan kekuasaan waktu itu. edit this on 04/03/2010 at 02:25 | Reply bambang Salam persatuan dan kesatuan untuk negeri kita tercinta INDONESIA. termasuk semua kelebihan dan kebobrokan didalamnya«. tapi sunda-majapahit. tentunya tidak terkecuali dengan kisah perang bubat __ dalam logika saya kata ³perang´ dalam kisah perang bubat cukup membingungkan dikarenakan kedatangan sunda galuh hanya dengan 100 orang pergi ke majapahit berikut membawa pasukan sekecil itu . maupun persiapan. edit this on 28/02/2010 at 07:47 | Reply Santana Ngalalana Aku cinta negeri ini.

persenjataan seadanya.maksud kedatangan ke majapahit ´ untuk pernikahan´.bawaan orang-orang sunda galuh mungkin saja setengahnya adalah bawaan untuk pernikahan dll. terimakasih atas kesalahan dan kekhilafan penulis untuk dimaafkan.. fakta sejarah berarti sunda-galuh masih bukan sebuah negara jajahan.sulit dikatakan sebuah perang. . tidak ingin memberikan kesedihan dan keaiban untuk ke dua kalinya kepada rakyat negeri Sunda´. walaupun sangat tragis pada akhirnya.penantian di lapangan bubat hingga beberapa hari.. secara pribadi kisah bubat ini melebihi kisah romantisme Romie dan juliet ataupun kisah romantisme percintaan yang lainnya.melihat dari jumlah pasukan kecil dan mereka datang dari tempat yang jauh yakni tatar sunda-galuh. «bila kita baca setelah perang bubat berakhir tantang bhre wilwatikta yang mengutus duta ke kerajaan sunda« setidaknya akan lebih terasa tentang konflik bathin antara dua kerajaan besar pada waktu itu hingga ³wilwatikta berjanji. apalagi dengan membawa putri kerajaan. tampaknya kejadian di bubat ini lebih mirip dengan pembantaian dengan alasan : . dan yang lebih dahsyat lagi diceritakan dalam pupuh (bali) ³bagaimana perasaan duka sang raja majapahit kala itu sangat menyesal dengan kejadian di bubat . « ´ kejadian ini tentunya memupuskan sumpah sang maha patih gajah mada yang terkenal itu untuk mempersatukan nusantara« yang akhirnya dia tidak sempat untuk menyerang kerajaan sunda-galuh. amin 19. . . edit this on 22/06/2010 at 13:21 | Reply mang betok . . semoga perbincangan ini dapat memperluas pengetahuan kita tentang sejarah besar bangsa kita sendiri .

kemudian muncul ide mempersatukan HAYAM wuruk dengan DYAH PITALOKA«««. bahkan jauh sebelum masa majapahit«« merebut kekuasaan dengan cara menikahi putri raja adalah sesuatu yang lumrah terjadi«« jd kalo pernikahan itu terjadi. dan pada masa itu. ada pula yang mengatakan bahwa majapahit belum (berani) menyerang kerajaan sunda galuh karena masih adanya hubungan kekerabatan para leluhur««.. yang hampir semuanya menyalahkan posisi GAJAH MADA ( para sejarawan sunda) «« saya berpikiran. tentang gajah mada dan perang bubat saya berpendapat bahwa GAJAH MADA tidak lebih hanya sebagai boneka dari sebuah konspirasi besar di kalangan keluarga majapahit (khusus tentang perang bubat aza loh ya )««. itu sebuah kado manis dari GAJAH MADA. dia bisa mendapatkan kerajaan sunda tanpa ³keluar keringat´«««. kenapa ? saya penah baca artikel seperti ini (lupa penulisnya. karena ucapan hayam wuruk yang mengatakan dia tidak akan mengambil isteri lagi setelah menikahi DYAH PITALOKA«««« inilah penyebab utamanya (dlm artikel tersebut)«««karena sejak hayam wuruk masih kecil dia sudah diJODOH kan dengan putri pamannya. buat apa gajah mada capek-capek memerangi utusan kerajaan sunda ???««. dia bercita-cita ingin mempersatukan seluruh nusantara di bawah kekuasaan (naungan) majapahit ««suatu cita-cita yang GILA !!!!!! «« tp beliau berhasil«« hanya ada satu kerajaan yang belum ³GABUNG´ ke wilayah majapahit yaitu kerajaan sunda galuh««« ada yang ber pandangan bahwa pasukan majapahit pernah menyerang namun gagal. lalu mengapa mesti terjadi cerita ³BUBAT´«« dalam artikel itu di jelaskan bahwa tidak lebih hanya ketakutan dari kalangan keluarga istana majapahit tentang penerus HAYAM WURUK kedepan. (ga tau nama putrinya siapa)««. dimana utusan sunda semuanya di tumpas oleh pasukan gajah mada. hehehe«.perbedaan pandangan dalam menangkap dan menyikapi ilmu sejarah memang beragam dan sangat menarik«««.) gajah mada sosok yang ambisius namun berhasil.seandainya pernikahan itu terjadi maka HAYAM WURUK akan mewarisi kerajaan sunda galuh (dyah pitaloka putri raja)««..dan terjadilah perang BUBAT.. kalo hayam wuruk jadi .

. karena berhasil menggabungkan sunda dalam wilayah majapahit««. harusnya penganten pria yang datang melamar)«.dan DORRRRR««entah siapa duluan yang mulai terjadilah perang bubat yang menewaskan seluruh utusan sunda««««lalu dmn posisi gajah mada ???? dia berada dalam satu dilema besar.. beliau tidak akan mengambil isteri lagi««maka keluarga istana (yang pengen kekuasaan) mengatur siasat yang membuat pihak galuh marah besar dan terjadilah perang bubat««. dengan menyerang utusan sunda (berharap agar sunda takluk juga) jelas bukan sikap SATRIA ( sedang dia seorang jendral perang. tp harus datang pula mengantar mempelai wanita ke istana majapahit (jelas sangat merendahkan harkat seorang RAJA)«««tp aneh ko kerajaan sunda mau saja (entah karena takut di serang. tp berhadapan dengan keluarga istana yang ingin kekuasaan««.menikah dengan putri pamannya maka keberlangsungan keturunan RADEN WIJAYA akan selalu eksis «««. di situ tercertak gaja mada sosok yang manut terhadap para sesepuh kerajaan)««. galuh di paksa memalukan diri dengan cara mengirimkan putri mereka (sedangkan secara adat. tentu menjaga etika perang)««««. jd pihak yang takut kekuasaan nya terambil oleh putri sunda. satu sisi gajah mada berada dalam gerbang kemenangan cita-cita dia (andai kata pernikahan terjadi. maka sunda bergabung)««. gajah mada berhasil dengan sumpah palapanya.karena kalo di nalar gajah mada jelas berada dalam suatu kemenangan (andai pernikahan itu terjadi). seandainya pernikahan itu berjalan dengan NORMAL. tp karena hayam wuruk bertekad bahwa setelah menikahi dyah pitaloka. tp kemudian gajahmada mengambil sikap ³MANUT´ terhadap titah ISTANA(yang ingin kekuasaan) dan menyerang para utusan sunda dan BOM««« perang bubat«««... bayangkan.dan ini lebih parah lagi dalam konteks sebuah negara (kerajaan)«« setelah sampe di hujung galuh pun tidak di jemput (sesuai janji).hmmmm) rentetan inilah yang membuat ³harga diri´ para utusan sunda terusik«««... atau karena ingin juga menjalin kekeluargaan dengan sebuah keraan besar««. kepatuhan terhadap keluarga istana (kalo kita membaca buku LKH.intrik keluarga istana majapahit inilah yang belum terungkapkan secara jelas««««.posisi dia sebagai seorang jendral perang berada dalam posisi DILEMA pada saat itu««. antara ambisinya.maka kiranya wajar setelah insiden itu gajah mada MOKSA tanpa jejak sampai saat .. mereka menjebak gajah mada dalam posisi itu««.

analisa kritis sejarah sah2 aja tp please. tentu gajah mada ingin menikmati jerih payahnya mempersatukan nusantara dengan duduk nyantai di teras rumahnya sambil kipaskipas«««. gesekan tak kentara dan kebencian yang tersirat terutama dari pihak yang tua tua tentang ketegangan sunda dan jawa ini. sejarah selain bicara masa lalu. kalao kata ipin & upin mah :«««kasihan«« kasihan«. edit this on 10/07/2010 at 17:10 | Reply ganes coba lihat.. edit this on 30/06/2010 at 17:31 | Reply anggie Aku orang sunda tapi besar di jawa.. 21. dan sudah merasakan selama puluhan tahun ada memang sindiran.ini««««. di puncak ke emasan kariernya gajah mada harus berada di persimpangan (ambisi.hehehehe«««««. keluarga)««.kasihan««««. kekuasaan.ego kedaerahan jgn dibawa2. jg pnting melihat saat ini dan yg lbh penting faedahnya buat kehidupan yang lebih baik dimasa depan.... andai kata tidak terjadi perang BUBAT. dan entahlah.. 20. mungkin dia berada dalam suatu dilema besar sehingga memutuskan MOKSA««««. pendukung persebaya (bonek) sama persib (bobotoh) aja skrg sdh akur. ...... kesimpulannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful