SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 1 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester

Standar Kompetensi

: Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2
: Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi berbagai wacana lisan berupa lagu kawih/tembang dan carita wayang.

Kompetensi Dasar
11.1.2 Mendengarkan cerita wayang secara langsung atau melalui media kaset/ radio/ televisi

Indikator

Lingkup Materi

Integrasi Nilai Imtaq
y Rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu
2

Penilaian

Sumber/ Bahan/ Alat
- Majalah - Koran - Buku Teks - Kaset/ Radio/ TV - Disesuaikan -Kamus Umum Sunda

y Dapat menyimak cerita wayang dengan penuh konsentrasi. y Dapat mengamati bagian-bagian cerita wayang (kakawen, murwa, nyandra, anta-wacana) y Dapat menceritakan isi lakon wayang. y Dapat menjelaskan unsur-unsur cerita (tema, latar, penokohan, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam cerita wayang yang disimak. y Dapat menceritakan unsur-unsur seni pergelaran wayang. y Dapat menceritakan perwatakan tokoh wayang dengan penampilannya.

Carita wayang

Tatap Muka
y Murid menyimak cerita wayang dengan penuh konsentrasi. y Murid mengamati bagian-bagian cerita wayang (kakawen, murwa, nyandra, anta-wacana) y Murid menceritakan isi lakon wayang. y Murid menjelaskan unsur-unsur cerita (tema, latar, penokohan, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam cerita wayang yang disimak. y Murid menceritakan unsur-unsur seni pergelaran wayang. y Murid menceritakan perwatakan tokoh wayang dengan penampilannya.

- Responsi - Pertanyaan lisan - Ulangan harian

Basa

2.Pesan/ Pengumuman . perasaan. dan teks drama. nada/ tekanan yang tepat.3 Menyampaikan pengumuman (bewara) atau pesan (talatah) Indikator Lingkup Materi Integrasi Niali Imtaq y Hormat terhadap Guru Pengalaman Belajar Tatap Muka y Murid menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.Ulangan harian .Majalah/ koran . laporan kegiatan. y Dapat menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal. y Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah Alokasi Waktu 2 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . intonasi.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 2 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran. resensi buku. intonasi. y Murid menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal. y Murid menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun. dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato. cerita pendek.Buku Teks . .Responsi . Kompetensi Dasar 11.Pertanyaan lisan .Ensiklopedi Sunda . nada/ tekanan yang tepat. y Dapat menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun.Kamus Umum Basa Sunda y Dapat menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.

2 Membaca apresiasi novel.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 3 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu membaca. Murid menanggapi segi-segi isi dan bahasa novel. Dapat menanggapi segi-segi isi dan bahasa novel.Pertanyaan lisan/tulis .Majalah/ koran . Kompetensi Dasar Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq Pengalaman Belajar Alokasi Waktu Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat 11. Novel y Bergaul dengan orang shaleh Tatap Muka y y y y y y y 2 . Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah . puisi. y y y y y y Dapat mengidentifikasi ciri-ciri novel Dapat memahami isi novel Dapat mendiskusikan nilai-nilai yang ada dalam novel Dapat menceritakan ringkasan novel dengan alur yang tepat. memahami.Ulangan harian .Ensiklopedi Sunda . Murid menyimpulkan tema dan amanat novel. dan menanggapi berbagai wacana tulis yang berupa sejarah lokal/babad.Buku-buku novel Sunda . Dapat menyimpulkan tema dan amanat novel.3. dan prosa fiksi.Buku Teks .Kamus Umum Basa Sunda Murid mengidentifikasi ciri-ciri novel Murid memahami isi novel Murid mendiskusikan nilai-nilai yang ada dalam novel Murid menceritakan ringkasan novel dengan alur yang tepat.

Pertanyaan lisan/tulis . y Murid memeriksa kelengkapan unsur-unsur resensi yang ditulis teman. isi yang penting/ menarik. laporan kegiatan. kota tempat terbit y Dapat mendaftar pokok-pokok isi buku. bahasa pengarang. pengarang. dan simpulan). keunggulan. y Dapat mencatat kekurangan isi buku. y Dapat menyunting resensi buku yang ditulis teman. Pengalaman Belajar Tatap Muka y Murid mencatat judul buku. y Dapat memeriksa kelengkapan unsur-unsur resensi yang ditulis teman. keunggulan. y Murid mencatat keunggulan dan kekurangan isi buku. y Murid menyunting resensi buku yang ditulis teman. isi yang penting/ menarik. kelemahan. dan teks drama. perasaan.4. dan simpulan). dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato. y Murid menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsurunsur resensi.Ulangan harian .Buku Teks . y Dapat menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi. resensi buku. Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq y Kesabaran dalam menuntut ilmu Kompetensi Dasar 11. pengarang. penerbit. y Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah Alokasi Waktu 4 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . tahun terbit.Kamus Umum Basa Sunda y Dapat mencatat judul buku.Ensiklopedi Sunda . Resensi buku (pilihan siswa) . y Dapat mencatat keunggulan isi buku. kelemahan.Majalah/ koran . antara lain (identitas buku. bahasa pengarang. cerita pendek. penerbit. antara lain (identitas buku. kota tempat terbit y Murid mendaftar pokok-pokok isi buku.3 Menulis resensi buku.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 4 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran. tahun terbit.

laporan kegiatan.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 5 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran.Responsi . Kompetensi Dasar 11. y Dapat mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru.2.Ensiklopedi Sunda .Pertanyaan lisan . dan teks drama. perasaan. cerita pendek. dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato.Kamus Umum Basa Sunda y Dapat mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara.Ulangan harian . y Murid menyampaikan pertanyaan berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun.4 Mewawancarai tokoh Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq y Rasul tauladan yang baik Pengalaman Belajar Alokasi Waktu Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . y Murid mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru. y Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah 4 . Wawanc ara dengan tokoh budaya Sunda Tatap Muka y Murid mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara. y Dapat menyampaikan pertanyaan berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun.Buku Teks . resensi buku.

memahami. Murid menanggapi berbagai aspek laporan (isi. dan mekanisme penulisan). bahasa. Dapat menyebutkan isi laporan.Ulangan harian y Murid membaca teks bahasan dalam hati (ngilo) dengan baik. Murid menyimpulkan tema laporan perjalanan.Pertanyaan lisan . . Dapat menanggapi berbagai aspek laporan (isi. dan menanggapi berbagai wacana tulis yang berupa sejarah lokal/babad.Responsi .3. Dapat memahami isi dan bahasa dalam laporan. Murid menyebutkan isi laporan. Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah . bahasa. dan prosa fiksi. Dapat menyimpulkan tema laporan perjalanan. puisi. dan mekanisme penulisan). Murid memahami isi dan bahasa dalam laporan.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 6 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu membaca. Kompetensi Dasar 11.3Membaca laporan jurnalistik perjalanan (lalampahan) y y y y y Indikator Lingkup Materi Laporan Jurnalisti k perjalana n Integrasi Nilai Imtaq y Cinta terhadap alam semesta Pengalaman Belajar Tatap Muka y y y y y Alokasi Waktu 4 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat .Ensiklopedi Sunda .Buku Teks .Kamus Umum Basa Sunda Dapat membaca teks bahasan dalam hati (ngilo) dengan baik.

Dapat menghayati watak tokoh yang akan diperankan.Buku Teks . mimik. dan teks drama. Murid memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal. gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita.Responsi .Pertanyaan lisan . Dapat memberikan komentar terhadap bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman. laporan kegiatan.Ensiklopedi Sunda . resensi buku. Murid mengomentari bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman. Kompetensi Dasar 11.5 Bermain peran (Ngaragakeun) y Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq Ilmu sebagai bekal beribadah Pengalaman Belajar Tatap Muka y y y Alokasi Waktu 4 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . mimik. Drama y . Tugas Tidak terstruktur mandiri Memebuat naskah drama untuk dipentaskan di akhir semester .2. perasaan. Murid menghayati watak tokoh yang diperankan.Ulangan harian y y y Murid membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan. gerakgerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita. Dapat memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 7 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran.Kamus Umum Basa Sunda y y y Dapat membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan. cerita pendek. dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato.

Tugas kelompok 10 : Akhdi nurhadi (0906071) Arif taufik R ( 0906290) Ikin sodikin (09 ) Silabus SMA Kelas XI Semester 2 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful