SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 1 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester

Standar Kompetensi

: Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2
: Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi berbagai wacana lisan berupa lagu kawih/tembang dan carita wayang.

Kompetensi Dasar
11.1.2 Mendengarkan cerita wayang secara langsung atau melalui media kaset/ radio/ televisi

Indikator

Lingkup Materi

Integrasi Nilai Imtaq
y Rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu
2

Penilaian

Sumber/ Bahan/ Alat
- Majalah - Koran - Buku Teks - Kaset/ Radio/ TV - Disesuaikan -Kamus Umum Sunda

y Dapat menyimak cerita wayang dengan penuh konsentrasi. y Dapat mengamati bagian-bagian cerita wayang (kakawen, murwa, nyandra, anta-wacana) y Dapat menceritakan isi lakon wayang. y Dapat menjelaskan unsur-unsur cerita (tema, latar, penokohan, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam cerita wayang yang disimak. y Dapat menceritakan unsur-unsur seni pergelaran wayang. y Dapat menceritakan perwatakan tokoh wayang dengan penampilannya.

Carita wayang

Tatap Muka
y Murid menyimak cerita wayang dengan penuh konsentrasi. y Murid mengamati bagian-bagian cerita wayang (kakawen, murwa, nyandra, anta-wacana) y Murid menceritakan isi lakon wayang. y Murid menjelaskan unsur-unsur cerita (tema, latar, penokohan, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam cerita wayang yang disimak. y Murid menceritakan unsur-unsur seni pergelaran wayang. y Murid menceritakan perwatakan tokoh wayang dengan penampilannya.

- Responsi - Pertanyaan lisan - Ulangan harian

Basa

Pertanyaan lisan . y Murid menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal.Ensiklopedi Sunda . resensi buku. cerita pendek. .Kamus Umum Basa Sunda y Dapat menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.Responsi .2. dan teks drama. perasaan. y Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah Alokasi Waktu 2 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . intonasi. intonasi. y Dapat menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal. y Dapat menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun. laporan kegiatan. dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato.Pesan/ Pengumuman . y Murid menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun. nada/ tekanan yang tepat.3 Menyampaikan pengumuman (bewara) atau pesan (talatah) Indikator Lingkup Materi Integrasi Niali Imtaq y Hormat terhadap Guru Pengalaman Belajar Tatap Muka y Murid menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.Majalah/ koran .Ulangan harian .SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 2 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran.Buku Teks . Kompetensi Dasar 11. nada/ tekanan yang tepat.

Ulangan harian .Pertanyaan lisan/tulis . Murid menyimpulkan tema dan amanat novel. dan menanggapi berbagai wacana tulis yang berupa sejarah lokal/babad.Kamus Umum Basa Sunda Murid mengidentifikasi ciri-ciri novel Murid memahami isi novel Murid mendiskusikan nilai-nilai yang ada dalam novel Murid menceritakan ringkasan novel dengan alur yang tepat. Kompetensi Dasar Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq Pengalaman Belajar Alokasi Waktu Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat 11.Ensiklopedi Sunda . Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah . Novel y Bergaul dengan orang shaleh Tatap Muka y y y y y y y 2 .Majalah/ koran . dan prosa fiksi.2 Membaca apresiasi novel. puisi. Dapat menyimpulkan tema dan amanat novel.Buku-buku novel Sunda . y y y y y y Dapat mengidentifikasi ciri-ciri novel Dapat memahami isi novel Dapat mendiskusikan nilai-nilai yang ada dalam novel Dapat menceritakan ringkasan novel dengan alur yang tepat. Murid menanggapi segi-segi isi dan bahasa novel.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 3 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu membaca. Dapat menanggapi segi-segi isi dan bahasa novel. memahami.Buku Teks .3.

Buku Teks . isi yang penting/ menarik. y Murid memeriksa kelengkapan unsur-unsur resensi yang ditulis teman. y Murid mencatat keunggulan dan kekurangan isi buku. isi yang penting/ menarik. cerita pendek. penerbit. kelemahan. pengarang. keunggulan. Pengalaman Belajar Tatap Muka y Murid mencatat judul buku. resensi buku. kelemahan.Majalah/ koran . dan simpulan). antara lain (identitas buku. penerbit. dan simpulan). y Dapat mencatat keunggulan isi buku. kota tempat terbit y Dapat mendaftar pokok-pokok isi buku.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 4 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran. pengarang. Resensi buku (pilihan siswa) .Pertanyaan lisan/tulis .Ensiklopedi Sunda .Ulangan harian . y Murid menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsurunsur resensi. y Dapat memeriksa kelengkapan unsur-unsur resensi yang ditulis teman. tahun terbit.3 Menulis resensi buku. y Dapat mencatat kekurangan isi buku. y Dapat menyunting resensi buku yang ditulis teman. kota tempat terbit y Murid mendaftar pokok-pokok isi buku. antara lain (identitas buku. Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq y Kesabaran dalam menuntut ilmu Kompetensi Dasar 11. dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato. dan teks drama. tahun terbit. bahasa pengarang. y Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah Alokasi Waktu 4 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . perasaan. laporan kegiatan.4. keunggulan. y Murid menyunting resensi buku yang ditulis teman.Kamus Umum Basa Sunda y Dapat mencatat judul buku. bahasa pengarang. y Dapat menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi.

4 Mewawancarai tokoh Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq y Rasul tauladan yang baik Pengalaman Belajar Alokasi Waktu Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . perasaan. laporan kegiatan.Buku Teks .SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 5 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran. dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato.Kamus Umum Basa Sunda y Dapat mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara. y Murid menyampaikan pertanyaan berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun. dan teks drama. cerita pendek. Wawanc ara dengan tokoh budaya Sunda Tatap Muka y Murid mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara.2. y Murid mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru.Ensiklopedi Sunda .Pertanyaan lisan . y Dapat menyampaikan pertanyaan berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun.Ulangan harian . y Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah 4 . y Dapat mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru. Kompetensi Dasar 11.Responsi . resensi buku.

Murid menyebutkan isi laporan.Kamus Umum Basa Sunda Dapat membaca teks bahasan dalam hati (ngilo) dengan baik. Dapat menyebutkan isi laporan. puisi. dan menanggapi berbagai wacana tulis yang berupa sejarah lokal/babad.Buku Teks . Murid menyimpulkan tema laporan perjalanan. bahasa.3Membaca laporan jurnalistik perjalanan (lalampahan) y y y y y Indikator Lingkup Materi Laporan Jurnalisti k perjalana n Integrasi Nilai Imtaq y Cinta terhadap alam semesta Pengalaman Belajar Tatap Muka y y y y y Alokasi Waktu 4 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . Dapat menanggapi berbagai aspek laporan (isi.3. Murid menanggapi berbagai aspek laporan (isi.Ulangan harian y Murid membaca teks bahasan dalam hati (ngilo) dengan baik. bahasa.Ensiklopedi Sunda .Responsi . dan prosa fiksi. dan mekanisme penulisan). dan mekanisme penulisan). . Dapat memahami isi dan bahasa dalam laporan.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 6 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu membaca. Murid memahami isi dan bahasa dalam laporan. Kompetensi Dasar 11. memahami.Pertanyaan lisan . Murid Mencatat tugas untuk di kerjakan di rumah . Dapat menyimpulkan tema laporan perjalanan.

Buku Teks . gerakgerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita. dan teks drama. Dapat memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal. Murid mengomentari bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman. Drama y . Murid menghayati watak tokoh yang diperankan.Ulangan harian y y y Murid membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan.Pertanyaan lisan . Dapat memberikan komentar terhadap bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman.Kamus Umum Basa Sunda y y y Dapat membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan. mimik. laporan kegiatan. mimik.Ensiklopedi Sunda . dan keinginan dalam berbagai ragam tulisan yang berbentuk teks pidato. perasaan.5 Bermain peran (Ngaragakeun) y Indikator Lingkup Materi Integrasi Nilai Imtaq Ilmu sebagai bekal beribadah Pengalaman Belajar Tatap Muka y y y Alokasi Waktu 4 Penilaian Sumber/ Bahan/ Alat . Tugas Tidak terstruktur mandiri Memebuat naskah drama untuk dipentaskan di akhir semester .Responsi . resensi buku.SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 7 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : Bahasa dan Sastra Sunda : SMA : XI/2 : Mampu mengungkapkan pikiran. cerita pendek.2. Kompetensi Dasar 11. Dapat menghayati watak tokoh yang akan diperankan. gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita. Murid memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal.

Tugas kelompok 10 : Akhdi nurhadi (0906071) Arif taufik R ( 0906290) Ikin sodikin (09 ) Silabus SMA Kelas XI Semester 2 .