P. 1
Soal Etika Dan Jawaban

Soal Etika Dan Jawaban

|Views: 1,154|Likes:
Published by Reza S Fajri

More info:

Published by: Reza S Fajri on May 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

1. Jelaskan pengertian profesi, profesional, profesionalisme dan ciri-ciri profesi ! 2.

Sebutkan dan jelaskan secara singkat 5 prinsip-prinsip Etika profesi ! 3. Sebutkan 6 faktor penyebab timbulnya kemiskinan di Indonesia ! 4. Sebutkan 5 solusi pemecahan masalah kemiskinan di Indonesia ! 5. Agar fungsi leading efektif, manajer harus mengetahui dan memperhatikan : Human being factor, motivation, leadership dan communication. jelaskan secara singkat keempat faktor tersebut ! 6. Sebutkan dan jelaskan secara singkat 7 unsur dalam marketing MIX dalam pemasaran jasa ! 7. Jelaskan 5 tujuan perlindungan kekayaan intelektual di Indonesia ! 8. Sebutkan 7 macam hak kekayaan intelektual dan jelaskan secara singkat pengertian dari masing-masing HKI tersebut ! 9. Sebutkan filosofi sumber daya manusia ! 10.Pada saat pelamaran kerja ada beberapa tes atau ujian yang harus dihadapi, yaitu : a. tes teknik, sesuai bidang masing-masing b. psikotes c. tes kesehatan d. wawancara e. training pada saat tes wawancara (d), anda ditanya beberapa hal yaitu : 1. bidang / background anda ? 2. latar belakang keluarga anda ? 3. alasan apa sehingga anda melamar di perusahaan / tempat kerja ini ? 4. tempat kerja apa yang anda inginkan ? 5. jelaskan beberapa sifat positif dan negatif dari diri anda ! 6. target anda beberapa (2-3) tahun setelah anda kerja ? jelaskan secara singkat 6 komponen tersebut, jawab secara jujur, adil, rasional, dan wajar !

Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Ciri-ciri Profesi : 1. suatu tujuan atau suatu rangkaian kwalitas yang menandai atau melukiskan coraknya suatu “profesi”. 3. kelangsungan hidup dan sebagainya. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Mengabdi pada kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi. . maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus. Profesionalisme mengandung pula pengertian menjalankan suatu profesi untuk keuntungan atau sebagai sumber penghidupan. 4. Profesi : Pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian. dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan.JAWABAN!!! 1. Profesionalisme : merupakan suatu tingkah laku. Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan. keamanan. 2. Adanya pengetahuan khusus. pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun. Profesional : orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi.

Faktor penyebab kemiskinan di Indonesia : • • • • • • Tingkat pendidikan yang rendah Produktivitas tenaga kerja rendah Tingkat upah yang rencah Penggunaan teknologi masih kurang Kesempatan kerja yang kurang Kualitas sumberdaya alam masih rendah 4. Kredit Usaha Tani. memenuhi kebutuhan konsumen.. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa. Program Inpres Desa Tertinggal. Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya. Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi. • Price . Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen. Otonomi. UPPKS dan Gerdu Taskin. Tanggung Jawab • • Terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasilnya Terhadap dampak dari profesi itu untuk kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya.. 3. . 6. Prinsip ini menuntut agar setiap kaum profesional memiliki dan diberi kebebasan dalam menjalankan profesinya.. dan dapat memuaskan konsumen. 2. serta Program Kredit-kredit Mikro dari BRI. baik barang atau jasa maupun kombinasinya. tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Keadilan.5.. 7 unsur : • Product (The Service) Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat. 5.

serta persaingan. dibawah pengendalian penjual/produsen. sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. • Promotion Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik. akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing. terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen. bauran ragam produk. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. dan pelayanan. • People People merupakan aset utama dalam industri jasa.Penetapan harga merupakan suatu hal penting . Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain : •Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru •Mengkomunikasikan produk baru •Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas •Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk •Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk •Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk. Attitude sangat . Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran. • Place Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen.

maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance). seperti penampilan karyawan. termasuk lightning system. wilayah kerja pemanfaatannya dan yang menerima akibat pemanfaatan HKI untuk jangka waktu tertentu memberikan penghargaan atas suatu keberhasilan dari usaha atau upaya menciptakan suatu karya intelektual mempromosikan publikasi invensi atau ciptaan dalam bentuk dokumen HKI yang terbuka bagi masyarakat merangsang terciptanya upaya alih informasi melalui kekayaan intelektual serta alih teknologi melalui paten memberikan perlindungan terhadap kemungkinan ditiru karena karya intelektual karena adanya jaminan dari negara bahwa pelaksanaan karya intelektual hanya diberikan kepada yang berhak • • • • . perantara yang menggunakannya. desainer. khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus. • Physical Evidence Building merupakan bagian dari bukti fisik. pencipta.penting. dan tutur kata. • Process Process. Perhatian terhadap interior. dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk. dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan. Adapun tujuan perlindungan kekayaan intelektual melalui HKI secara umum meliputi: • memberi kejelasan hukum mengenai hubungan antara kekayaan dengan inventor. pemilik. ekspresi wajah. karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. berkomitmen. 7. suara dalam bicara. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung. dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. perlengkapan bangunan. pemakai. seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri. body language.

atau kerajinan tangan. • Rahasia Dagang : Adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum dibidang teknologi dan/atau bisnis. . • Paten : adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi. atau garis dan warna. yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. atau gabungan dari padanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberi kesan estetis dan dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk barang komuditas industri. angka-angka. Macam macam HAKI : • Merk : adalah tanda yang berupa gambar. • Hak Cipta : Adalah hak eksklusif bagi pencita atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya dalam bidang ilmu pengetahuan.8. atau komposisi garis atau warna. • Disain Industri : adalah suatu kreasi tentang bentuk. seni dan sastra. konfigurasi. nama huruf-huruf. mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha dan dijaga kerahasiannya oleh pemilik Rahasia Dagang. pertumbuhan tanaman. • Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu : Adalah kreasi berupa rancangan tata letak tiga dimensi dari suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi yang didalam terdapat berbagai elemen sekurang-kurangnya satu elemen adalah elemen aktif yang saling berkaitan dibentuk terpadu dalam bahan semikonduktor . atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dlm kegiatan perdagangan barang dan jasa. susunan warna. • Perlindungan Varietas Tanaman : Adalah hak khusus yang diberikan negara pada pemulia varietas tanaman dari sekelompok tanaman dari suatu jenis atau spesies yang ditandai oleh bentuk tanaman. daun.

sekurang-kurangnya satu sifat menentukan dan apabila diperbanyak tak mengalami perubahan (didaftar di (DEP. sumber daya manusia yaitu tingkat kemampuan penduduk dalam mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk meningkatkan kesejahteraannya.. .buah biji. PERTANIAN)) 9...

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->