MAZHAB-MAZHAB MANEJEMEN MENURUT G.R. TERY G.R.

Terry dalam bukunya Priciples of Management (edidsi ke6) yang terkenal mengajukan delapan buah mashab (School of Management Though), yaitu 1. Mazhab Menejemen berdasarkan kebiasaan. 2. Mazhab Manejemen ilmiah 3. Mazhab Kelakuan manusia 4. Mazhab Sistem sosial 5. Mazhab Manejemen sistem 6. Mazhab manejemen berdasarkan keputusan 7. Mazhab pengkuran kuantitatif 8. Mazhab proses manajemen

1. Mazhab manajemen berdasarkan kebiasaan, tugas-tugas manejerial berlangsung pada dasarnya harus dianggap sesuatu yang harus dilaksanakan dengan cara serupa seperti halnya dilakukan pada masa yang baru saja lampau artinya manajemen dipimpin oleh kebiasaan ataupun tradisi.

2. Mazhab manajemen ilmiah, ciri utama mazhab ini penggunaan metode ilmiah untuk manajemen. Metode ini dapat juga dikatakan metode eksperimen yang dikendalikan. Langka-langka pada metode: a. Identifikasikan b. Observasi c. Pemecahan Kuantitatif d. Selidikilah preposisi dengan teliti e. Klasifikasi data f. Kemukakan jawaban tentative g. Sesuaikanlah dan kemukakanlsh jawaban preposisi tersebut

Mazhab sistem sosial. Mazhab ini menekankan ada tindakan manajerial adalah kelakuan manusia apa yang dicapai. 7. Mazhad manejemen sistem. Masalah ini menekankan system-sistem. pengambilan keputusan-keputusan merupakan tugas utama seorang manager. Ada dua hal mencirikan mazhab ini : 1. Mazhab ini berorientasi pada sosiologi dan mengidentifikasi kelompok-kelompok sosial. Mahab Manajemen yang menekankan keputusan. dimana tindkan dapat dinyatakan didalam bentuk symbol matematis hubungan dengan data yang dapat diukur. tetapi juga bagimana dan bilamana harus melakukannya . Sistem ini dianggap sebagai suatu keseluruhan yang terorganisasi. Mengoptimalisasikan input-onput 2. Mazhab ini merupakan pengembangan dari pada penerapan ilmu tentang kelakuan (behavioral sciences) terutama ilmu jiwa. 6. 5. Pemakaian model-model matetmatis (Penggunaan model matematis mempermuda pekerjaan optimalisasi) . Mazhab kelakuan manusia. Mazhab Pengukuran kuantitatif Mazhab ini menganggap manajemen sebagai sebuah antitas logis. yang terdiri dari bagianbagian yang berhubungan suatu sama lain. Suatu keputusan manajerial bukan saja merupakan apa yang harus dilakukan . Menurut mashab ini.3. 4. bagaimana hajl tersebut dicapai. Pendekatan ini memandang manajemen sebagai sebuah system social atau secara lebih spesifik sebagai sebuah : sistem antara hubungan kulturil .

Mazhab sistim Mazhab ini mulai dikenal 1911 manajemen ilmiah 1930 kemudian mazhab hubungan manusia 1960 sewaktu mazhab system-sistem mulai diintroduksi. .8. Mazhab hubungan manusia 3. Penganut mazhab ini proses manajemen menganggap manajemen sebagai tindakan peleksaan aktivitas manajemen dasar yang merupakan sebuah proses. Mazhab manajemen ilmiah 2. Menekankan tiga buah mazhab yang berkaitan dengan kelakuan organisatoris yaitu : 1. Mazhab Proses manajemen.

The social system school 5. ataupun kesalahan-kesalahan yang dibuat dalam bidang manajemen. c. The empirical school 3. kadang-kadang dengan intense untuk menarik generalisasi-generalisasi berdasarkannya. menemukan prinsip-prinsip yang mendasarinya dan membentuk sebuah teori manajemen berdasarkannya. The human behavior school. 191. The Sosial Sistem Manajement Mazhab ini mencakup orang-orang yang menganggap manajemen sebuah system social. The empirical school.Mazhab menurut Harold Koontz Membagi Mazhab teori manajemen dalam 6 buah kelompok antara lain : 1. The manajemen process school 2. menyusun sebuah kerangka konseptuil bgnya. The human behavior school 4. Pusat perhatian mereka adalah individu sebagai makhluk sosio-psikologis dan apa saja yang memotivasinya. Approach ini agaknya didasarkan atas premis bahwa. The mathematical school a. adalah typis bagi mashab ini bahwa penganutnya menganggap management atau ³ policy ³ sebagai studi dan analisa kasus-kasus dan kelompok yang mengikuti ³COMPERATIVE APPROACH´ dari ERNI DALE. . agar kita dapat belajar untuk menerapkan jenis teknik-teknik manajemen yang paling efektif. mashab ini memusatkan perhatian pada ³manusia´ dan menggunakan prinsip bahwa ³apabila manusia bekerja sama sebagai kelompok-kelompok untuk mencapai sasaran-sasaran maka ³MANUSIA HARUS MENGERTI MANUSIA´ Para ilmuan yang sangat berorientasi pada ilmu jiwa dan ilmu social. b. dalam mashab ini termasuk para ilmuan yang menganggap bahwa management merupakan studi pengalaman. maksudnya sebagai system antara kehidupan cultural. apabila kita mempelajari pengalaman manajer yantg berhasil. The Management Proses School Aprroach ini terhadap teori manajemen menganggap manajemen sebuah proses melaksanakan hal-hal tertentu. d. The decision theory school 6. Tujuannya adalah untuk menganalisis proses mengenainya. melalui dan dengan orang-orang yang bekerja dengan kelompok yang terorganisasi.

Harus diakui bahwa metode matematics dapat dipergunakan oleh setiap mazhab teori manajemen. e. tetapi sekalipun demikian ada baiknya pula untuk memisahkannya sebagai mazhab tersendiri. The Matematic school . Pendekatan ini tidak membedakan organisasi formil tetapi mencakup setiap jenis system hubungan manusia.Kelompok penganut mazhab ini memusatkan perhatian atas approach rasional terhadap keputusan yakni pilihan antara macam-macam alternatif untuk mencapai suatu kumpulan tidakan atau sebuah ide. f.Adakalanya pengertian system dibatasi hingga organisasi-organisasi formil dengan menggunaan istilah ³Organisasi´. . Bernard. Pendekatan ini sangat menekankan ilmu sosiologi mungkin sebagai ³Bapak sprituil´ mazhab dapat disebut Chester I. The Decision thery school .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful