P. 1
Soal Latihan Olimpiade Fisika

Soal Latihan Olimpiade Fisika

|Views: 69|Likes:
Published by Farizal Hakiki
Created by Farizal Hakiki
Created by Farizal Hakiki

More info:

Published by: Farizal Hakiki on May 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2012

pdf

text

original

SOAL LATIHAN MENUJU OSK 2011

SMA NEGERI 1 DEPOK AHAD, 8 MEI 2011 DURASI: 41 MENIT

Perhatikan gambar berikut!
m

H H

R

M

SOAL : Sebuah bola bermassa m dilepaskan tanpa paksaan pada sebuah track dengan ketinggian H dari puncaknya (titik A). Track tersebut memiliki bagian berbentuk loop lingkaran dengan radius R (Anggap H > R). Track mendatar berwarna merah adalah track licin sedangkan yang berwarna biru muda adalah yang memberikan gesekan yang sangat besar sekali sehingga balok M tidak pernah beranjak dari tempatnya.

licin yang yang track akan

PERTANYAAN: 1. Tuliskan persamaan energi di titik A (awal) dan di titik B yaitu titik tempat bola m lepas kontak terhadap track!

2. Gambarkan gaya-gaya yang bekerja di titik B! 3. Apa syarat untuk bola m bisa lepas kontak dengan lintasan? 4. Tentukan besar sudut Ɵ terhadap sumbu vertikal yang melalui pusat loop lingkaran (nyatakan sebagai fungsi H dan R)! 5. Berapakah nilai H minimum agar setidak-tidaknya bola m bisa melingkari loop tanpa lepas kontak? 6. Untuk H=Hmin , berapa kelajuan sesaat bola sebelum menumbuk pegas (pegas mempunyai panjang relaks L dan berkonstanta pegas k)? 7. Untuk H=Hmin , berapakan jarak tekan maksimum pegas oleh bola? 8. Berdasarkan kasus no. 7, apakah bola m mampu kembali dan mencapai titik A? Jelaskan! 9. Jika ujung kiri pegas diberikan lem super rekat sehingga menjadi satu sistem bola-balok-pegas setelah bertumbuk dengan bola, maka bola akan berosilasi. Berapakah periode osilasinya? 10. Nyatakan persamaan posisi osilasi bola terhadap bagian sisi kiri balok M! Ingat: jarak sisi kiri balok M ke ujung kiri pegas saat relaks adalah L. 11. Gambarkan arah gaya gesek yang menahan balok M saat: a. jarak m dengan M minimum, b. jarak m dengan M maksimum, c. jarak m dengan M adalah L. 12. Jika koefisien gesekan antara M dengan lantai biru-muda adalah μ, tentukan besar μ! 13. Dari soal-soal di atas, soal mana yang paling susah menurutmu? Saat kau menyelesaikan soal ini yakinkan bahwa dirimu patut dan bisa untuk tembus ke seleksi Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat 2011! Tetap berusaha dan berdoa!

----- GO GET GOLD -----

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->