Fotosintesis

Tujuan Membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum.

Disusun oleh:Jemmico David

SILAKAN DIBUKA

8.Tujuan Membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum. 6. Daun yang masih berada di pohon Kertas karbon atau aluminium foil Air Alcohol Larutan iodium Tungku kaki tiga Penjepit kertas Gelas breaker kecil Lampu spritus dan korek api kecil Pinset Cawan petri Gelas breaker ukuran sedang BERIKUTNYA . 7. Alat dan Bahan 1. 12. 10. 9. 2. 5. 4. 11. 3.

7. Hari berikutnya. Hati-hati saat memanaskan. 8.ambillah daun dan lepaskanlah kertas penutupnya. Perhatikan. 6. 4. 2. 3. Panaskan air untuk memanaskan alcohol. 5. Masukkan alcohol ke dalam gelas breaker kecil. Ingat selalu berhati-hati. Rebuslah daun itu hingga layu kemudian tiriskan. .kemudian jepitlah dengan penjepit kertas lakukan kegiatan ini satu hari sebelum pengamatan dilakukan. Letakkan daunmu di atas cawan petri.Petunjuk Kerja 1. Rebus sehingga daun berubah warnah kemudian tiriskan. Tutuplah permukaan tengah daun dengan kertas karbon atau aluminium foil. Panaskan air untuk merebus daun itu. Masukkan daun yang telah direbus sebelumnya.tetesilah dengan larutan iodium. Amtilah perubahan yang terjadi kemudian catatlah.alcohol adalah zat yang mudah terbakar sehingga diperlukan teknik khusus untuk memanaskannya. Rebuslah alcohol tersebut dalam air panas.

5. Mengapa sebelum dilakukan percobaan daun harus ditutup? 2.Pertanyaan 1. Bagaimana warna daunmu setelah ditetesi yodium? Mengapa hal itu dapat terjadi. 3. Mengapa daun harus direbus dengan air? Jelaskan dengan pendekatan sel. Hasil fotosintesis yang berupa apakah yang teridentifikasi pada kegiatan ini? BERIKUTNYA . Apakah kegunaan alcohol dalam prose itu? 4.

5. Hasil fotosintesis yang berupa apakah yang teridentifikasi pada kegiatan ini? Daun yang ditutpi dengan aluminium foil tidak terdapat bintik hitam. Mengapa sebelum dilakukan percobaan daun harus ditutup? Karena ini bertujuan agar sinar matahari masuk ke dalam daun. 4.Jawaban 1. Apakah kegunaan alcohol dalam prose itu? Fungsinya sebagai pelarut. Sebagai indicator adanya karbohidrat.sehingga mengganggu proses fotosintesis 2. Bagaimana warna daunmu setelah ditetesi yodium? Mengapa hal itu dapat terjadi.agar melarutkan dan meluruhkan krolofil daun. Hal ini menunjukan bahwa bagian yang tertutup tidak menghasilkan amilum karna tidak mengalami proses fotosintesis dan bagian yang tidak tertutup menghasilkan amilum dan mengalami proses fotosintesis. Mengapa daun harus direbus dengan air? Jelaskan dengan pendekatan sel. TERIMAH KASIH . 3. Bertujuan untuk mematikan sel-sel tanaman dan melunakan jaringan daun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful