P. 1
Bakteri Yang Menyerang Usus

Bakteri Yang Menyerang Usus

|Views: 459|Likes:
Published by Syamsuri Gmc

More info:

Published by: Syamsuri Gmc on May 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/13/2014

pdf

text

original

Bakteri yang menyerang usus Bakteri Eschereria coli hidup di kolon (usus besar) manusia, berfungsi membantu membusukkan

sisa pencernaan juga menghasilkan vitamin B12, dan vitamin K yang penting dalam proses pembekuan darah. Dalam organ pencernaan berbagai hewan ternak dan kuda, bakteri anaerobik membantu mencernakan selusosa rumput menjadi zat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh dinding usus.

Peran sebagai bahan bakar dan nutrisi
Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup. Monosakarida, khususnya glukosa, merupakan nutrien utama sel. Misalnya, pada vertebrata, glukosa mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi seluler untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil lainnya, termasuk asam amino dan asam lemak.[1] Sebagai nutrisi untuk manusia, 1 gram karbohidrat memiliki nilai energi 4 Kalori.[5] Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–80%. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia (gandum dan beras), umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), dan gula.[6] Namun demikian, daya cerna tubuh manusia terhadap karbohidrat bermacam-macam bergantung pada sumbernya, yaitu bervariasi antara 90%–98%. Serat menurunkan daya cerna karbohidrat menjadi 85%.[7] Manusia tidak dapat mencerna selulosa sehingga serat selulosa yang dikonsumsi manusia hanya lewat melalui saluran pencernaan dan keluar bersama feses. Serat-serat selulosa mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsangnya mengeluarkan lendir yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar sehingga selulosa disebut sebagai bagian penting dalam menu makanan yang sehat. Contoh makanan yang sangat kaya akan serat selulosa ialah buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan biji-bijian.[8] Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh[rujukan?], berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak Selain itu juga sebagai cadangan energi dan zat pembangun Untuk menurunkan demam :
Minumlah jus buah-buahan, air lainnya  Mandi dan basuhlah tubuh dengan hangat kuku (kira-kira 70 derajat  Jangan membungkus diri dengan pakaian tebal  dan cairan-cairan pelengkap busa dengan suhu air hangatF). berlapis-lapis selimut atau

jangan makan terburu-buru Mengunyah merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pencernaan. lambung dan usus halus untuk mulai melepaskan enzim-enzim pencernaan. Sebab tubuh kehilangan banyak air ketika demam. Kenakan pakaian yang nyaman dan ringan. atau ibuprofen. • Bagi anak-anak dengan suhu tubuh kurang dari 38. Beristirahatlah secukupnya. • Orang dewasa boleh mengonsumsi aspirin. Maka. lakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap setengah jam. tetapi juga memberi sinyal pada kelenjar saliva. kebiasaan makan tidak teratur akan menyebabkan sebagian makanan tidak dicerna dengan sempurna. Mencegah terjadinya gangguan pencernaan 1. Jangan menelan makanan dengan tergesa-gesa atau mengunyah makanan sambil berbicara untuk menghindari masuknya udara yang berlebihan ke dalam rongga mulut. Makanan yang tidak dicerna ini bisa membusuk atau mengalami fermentasi sehingga menyebabkan kembung. . kecuali atas petunjuk dokter. Hindari olah raga yang berlebihan MENGATASI DEMAM Misalnya saja ada kecenderungan untuk memberi selimut tebal kepada mereka yang mengalami suhu tinggi atau turun drastic ( kedinginan ). Kompreslah tubuh dengan air suam-suam kuku untuk menurunkan suhu. Meskipun jarang terjadi. • Minumlah banyak air putih untuk menghindari dehidrasi. itu adalah langkah yang kurang benar. hindari konsumsi obat-obatan. asetaminofen. Tutuplah tubuh dengan sehelai kain atau selimut tipis saja. Mengunyah tidak hanya membantu memecah makanan. Kunyah makanan dengan baik. • Bagi anak-anak dan orang dewasa dengan suhu lebih 40 derajat Celcius.9 derajat Celsius. aspirin bisa menimbulkan penyakit serius atau bahkan fatal yang dikenal dengan Sindrom Reye bila diberikan kepada mereka yang sedang mengalami infeksi virus. tapi seringkali dilupakan. perhatikanlah panduan dari buku Everything you need to know about Medical Treatment berikut berikut ini : • Jangan pernah memberi anak-anak atau orang muda aspirin sebagai obat demam. Melakukan pola makan yang sehat Makan dengan teratur Efektivitas lambung mencapai puncaknya setiap empat jam sekali. Padahal. Karena itu.

jus apel.Konsumsi makanan dengan kombinasi yang serasi Rata-rata orang tidak memperhatikan pengaturan kombinasi makanan. Padahal kombinasi makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan salah cerna. 2. Yang dimaksud asam di sini ialah kimia (acid). maka makanan tidak dapat dicerna dengan sempurna. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi selama puasa untuk mengatasi gangguan pencernaan adalah air dengan perasan lemon. dan protein. yaitu kondisi saat makanan yang sudah dalam keadaan asam kembali masuk kerongkongan sehingga menimbulkan rasa tidak enak atau terbakar dalam rongga mulut. salah cerna. Hindari makanan yang dapat mengakibatkan iritasi atau melemahkan kerja lambung Kurangi konsumsi makanan pembentuk asam (acid) Makanan pembentuk asam termasuk protein hewani (daging. dan menimbulkan gas. buah dengan sumber protein serta makanan sumber karbohidrat dengan sumber protein. dan susu) serta karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung. Jangan makan terlalu banyak Jika jumlah makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang diproduksi. nangka. Kurangi makan makanan yang pedas dan berbumbu terlalu kuat Makanan yang pedas dan dan berbumbu kuat dapat menyebabkan keasaman lambung meningkat sehingga terjadi iritasi pada dinding lambung. Sebaiknya. Lakukan puasa pada saat mengalami gangguan pencernaan Puasa di sini bukan berarti tidak makan dan minum sama sekali. jus wortel. dan kacang-kacangan dapat menimbulkan gas yang menyebabkan perut kembung. telur. Hindari berbaring setelah makan Berbaring setelah makan dapat menyebabkan gastroesophageal reflux. karbohidrat. aktivitas makan sudah berhenti minimal dua jam sebelum tidur. Hindari merokok dan minum kopi . tapi membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. buah (terutama jeruk) dengan makanan sumber karbohidrat. jus kol. Jangan menggabungkan buah dengan sayuran. Kurangi makanan yang menimbulkan gas Beberapa jenis makanan seperti ubi. tidak ada hubungannya dengan rasa atau bau asam makanan. Makanan yang tidak dicerna dengan sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi. Perhatikan komposisi seimbang antar lemak. dan jus lemon.

seperti yang dikutip situs askmen menemukan. kram perut.Getah tembakau yang tertelan dapat menimbulkan iritasi pada dinding lambung. terutama jika Anda memiliki masalah pencernaan karena bisa mengakibatkan keracunan logam berat. sedangkan kopi dan berbagai jenis minuman yang mengandung kafein akan menstimulasi produksi asam secara berlebihan dalam lambung. Makanan cair seperti air dan sup sebaiknya dikonsumsi 15 menit setelah menyantap makanan padat. 3. Hindari makanan yang dapat menimbulkan alergi Bagi orang-orang tertentu yang tidak mampu mencerna laktosa (gula susu). para peneliti menemukan hubungan antara obesitas. Melakukan pola hidup sehat Olahraga dengan teratur Sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan di jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology. makanan-makanan kaya lemak. Hindari peralatan masak yang bisa menyebabkan keracunan logam berat Hindari menggunakan peralatan masak aluminium. dan diare. Meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat . Dalam studi ini. diare. rasa sakit di perut. Batasi makanan atau minuman yang bisa memicu gangguan pencernaan Pastikan Anda membatasi makanan cepat saji. susu bisa menyebabkan lactose intolerance dengan gejala kembung. dan gejala-gejala gangguan usus. Hindari konsumsi cairan pada waktu makan makanan padat Setiap cairan yang dikonsumsi dengan makanan padat akan mengurangi aktivitas pencernaan yang akan membuat proses mencerna menjadi sulit dan tidak sempurna. lambung akan rusak dan pencernaan akan terganggu. daging merah. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng Makanan yang digoreng lebih sulit dicerna dan dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Jangan makan atau minum yang terlalu panas atau dingin Makanan yang terlalu panas atau dingin akan mengiritasi lapisan dinding lambung. minuman beralkohol dan bersoda atau berkarbonasi yang bisa memicu gangguan pencernaan. aktivitas fisik bisa mengurangi banyak gangguan pencernaan. kurang olahraga. Jika terjadi berulang kali.

Akibatnya. Banyak mengonsumsi air Air berfungsi untuk membasahi makanan dalam saluran pencernaan. dan miso. sistem pencernaan tidak berfungsi optimal. Akan tetapi. pada beberapa kasus. maka suplemen enzim ini bisa menjadi pilihan untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan. Anda bisa menambah asupan serat dengan menambah konsumsi sayur. FUNGSI SALIVA Saliva adalah suatu cairan oral yang kompleks dan tidak berwarna yang terdiri atas campuran sekresi dari kelenjar ludah besar dan kecil yang ada pada mukosa oral. ketiak dan pangkal paha terdapat pembuluh darah besar yang bila dikompres akan cepat menurunkan suhu. serta kacang-kacangan yang kaya akan serat. jantung. Hal ini tentunya akan melumpuhkan fungsi sistem pencernaan dan membuat Anda mudah terinfeksi. Akan tetapi. untuk menetralkan asam. jika digunakan berlebih. . mungkin yang terpikir oleh Anda adalah antacid yang dijual bebas di apotik. seperti: yogurt. antacid bisa menyebabkan lambung kehilangan keasamannya. Makanan probiotik mengandung bakteri menguntungkan yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Mengurangi kegiatan yang bisa menimbulkan stres dan istirahat yang cukup Dalam keadaan panik dan stres. tempe. paru-paru. membantu memecah mineral. Kurangi atau hilangkan penggunaan zat antiasam (antasid) Asam dalam lambung berfungsi membantu tubuh mencerna makanan. Konsumsi makanan atau suplemen probiotik Enzim-enzim pencernaan yang berasal dari tumbuhan bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menguatkan penyerapan nutrisi. kimchi. Saliva dapat disebut juga kelenjar ludah atau kelenjar air liur. vitamin. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 10-15 gram sehari. tubuh akan mengalirkan darah kembali dari lambung dan usus ke otak. Jika Anda kekurangan enzim-enzim pencernaan akibat diet dan kesehatan yang kurang baik. buah. Semua kelenjar ludah mempunyai fungsi untuk membantu mencerna makanan dengan mengeluarkan suatu sekret yang disebut “salivia” (ludah atau air liur). KENAPA BIASANYA ORANG MENGKOMPRES ITU DIBAGIAN KEPALA ATAU DAHI ? Karena kepala anak banyak anyaman pembuluh darah sehingga efektif menurunkan demam sedangkan leher. asam bisa naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan sensasi seperti terbakar. dan nutrisi sehingga mempermudah proses penyerapan dan menjaga kecukupan air agar terhindar dari masalah konstipasi. kefir. dan otot. sereal whole grain. Saat ini terjadi.Serat tidak hanya berfungsi mencegah gangguan pencernaan tetapi juga penting bagi kesehatan tubuh secara umum.

Sedagkan orang yang sudah tua. Berpartisipasi dalam proses pembekuan dan penyembuhan luka karena terdapat faktor pembekuan darah dan epidermal growth factor pada saliva 7. Hal ini dapat mencairkan rembesan di perut. makanan dikunyah hanya beberapa kali saja. Makan tidak teratur. Membantu proses pencernaan makanan melalui aktivitas enzim ptyalin (amilase ludah) dan lipase ludah 6. Kebiasaan makan yang terlalu cepat. Akibatnya proses pencernaan menjadi tidak sempurna. 2. Membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan dan kuman 4. seperti makan terlalu banyak (hingga kekenyangan) atau terlalu sering makan. 4. Sistem pencernaan yang terganggu biasanya ditandai dengan munculnya gejala-gejala antara lain : • • • • • Badan atau nafas berbau Lambat dalam mencerna makanan Rambut menjadi kering atau rusak Sering buang angin setelah makan Kurang selera makan atau kurang tenaga . Rasulullah mengajarkan agar mengisi perut dengan sepertiga makanan. Jumlah sekresi air ludah dapat dipakai sebagai ukuran tentang keseimbangan air dalam tubuh. Pada saat stress tubuh akan mengaluarkan hormon yang mengandung bahan kimia tertentu yang bersifat racun. membantu dalam berbicara (pelumasan pada pipi dan lidah) PENYEBAB GANGGUAN PENCERNAAN Gangguan pada sistem pencernaan umumnya disebabkan oleh kebiasaan cara makan yang salah. biasanya organ pencernaannya tidak lagi dapat berfungsi secara optimal. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan tersebut antara lain : 1. Makan sambil diselingi minum air. Melicinkan dan membasahi rongga mulut sehingga membantu proses mengunyah dan menelan makanan 2. Mempunyai aktivitas antibacterial dan sistem buffer 5. Tekanan perasaan dan faktor umur. Hormon ini akan mempengaruhi rekasi kimia tubuh sehingga proses pencernaan terganggu. sepertiga air dan sepertiga udara.Saliva memiliki beberapa fungsi. 3. Membasahi dan melembutkan makanan menjadi bahan setengah cair ataupun cair sehingga mudah ditelan dan dirasakan 3. Dengan cara seperti ini biasanya proses pengunyahan makanan kurang optimal. yaitu : 1. 8.

• • • • Kuku rusak dan mudah patah Buang air besar tidak lancar Mengalami gangguan dan kelainan masalah kulit Tulang dan gigi rawan lemah .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->