P. 1
Donor Darah

Donor Darah

|Views: 184|Likes:
Published by GiovanniAnggasta

More info:

Published by: GiovanniAnggasta on May 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/07/2015

pdf

text

original

DONOR DARAH

Nicky Andrean

LO Mengetahui tujuan dari donor darah Mengetahui manfaat bagi pendonor dan penerima donor darah Mengetahui syarat-syarat bisa menjadi pendonor Mengetahui faktor-faktor penghambat menjadi pendonor darah Mencari solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghambat Mengetahui peran-peran PMI dalam kegiatan donor darah .

. Memperbaiki fungsi Hemostatis.TUJUAN DARI TRANSFUSI DARAH ITU SENDIRI ADALAH Memelihara dan mempertahankan kesehatan donor. Mengganti kekurangan komponen seluler atau kimia darah. Memelihara keadaan biologis darah atau komponen ² komponennya agar tetap bermanfaat. Tindakan terapi kasus tertentu. Memelihara dan mempertahankan volume darah yang normal pada peredaran darah (stabilitas peredaran darah). Meningkatkan oksigenasi jaringan.

hemoglobine. 4.MANFAAT MELAKUKAN DONOR DARAH BAGI SI PENDONOR : 1. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh Pendonor yang secara teratur mendonorkan darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung terutama pada laki-laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Nafsu makan bertambah bisa jadi gemuk Menanamkan jiwa social . 2. 5. nadi. berat badan. Penyakit HIV/AIDS. Mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya Secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menjadi donor/tiap 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah. tinggi badan. penyakit hepatitis A dan C. Badan merasa sehat. suhu. 3. 6. penyakit dalam.

tidak diperkenankan donor darah. Tidak diperkenankan dalam waktu 12 bulan setelah mendapat transfusi darah. hati. menyusui. 3 bulan setelah berhenti menyusui. kecuali diperbolehkan oleh dokter yang merawat. paru-paru. boleh donor setelah 6 bulan melahirkan.3 bulan ( maksimal 5 kali /tahun ) Kulit lengan donor didaerah tempat penyadapan harus sehat tanpa kelainan. tidak menderita penyakit jantung. epilepsi.5 /dl Selama haid. gangguan pembekuan darah.180 mmHg ( sistolik ) 60 . BB minimal 45 kg Nadi di 60 . ginjal.60 tahun dapat menyumbangkan darah sampai umur 65 tahun. hamil.100 /menit Tekanan darah : 100 . kanker. . penyakit kulit kronis. kencing manis. penyakit darah.SYARAT-SYARAT PENDONOR DARAH Keadaan Umum : bukan pecandu alkohol atau narkoba. Umur : 17 . Jarak penyumbangan darah : 2 1/2 .100 mmHg ( diastolik ) Hb : lebih dari 12.

6 bulan setelah operasi kecil. Dapat donor setelah 6 bulan sembuh dari penyakit typhus. Dapat donor 12 bulan setelah di tatto. anti Hcv. Dapat donor setelah 3 tahun setelah bebas dari gejala malaria yang terakhir. Yellow fever. Dapat donor : 3 hari setelah minum obat mengandung aspirin. anti HIV hasilnya positif maka tidak diperkenankan donor darah. Varisella. MUMPS. ditindik. GO Dapat donor 3 hari setelah pencabutan gigi. Bila dengan pemeriksaan laboratorium terhadap VDRL. Tidur malam sebelum donor darah harus cukup minimal 5 jam. . Dapat donor : 12 bulan setelah mendapat vaksinasi Rabies dan Hepatitis B. di tusuk jarum. HbsAg. 12 bulan setelah operasi besar. 2 minggu setelah Immmunisasi polio. Sudah sarapan / makan. 4 minggu setelah imunisasi Rubella. 12 bulan setelah pengobatan siphylis.

FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT Kurangnya pengetahuan seseorang tentang sisi baik dari donor darah Sulit untuk mencari dimana tempat untuk mendonorkan darah Kurangnya rasa tolong menolong antar sesama manusia Takut akan berdampak negatif setelah melakukan donor darah .

SOLUSI DARI FAKTOR PENGHAMBAT Kita harus memiliki rasa tolong menolong kepada sesama Kita harus bisa mencari tahu segala sesuatu tentang donor darah Ikut serta dalam kegiatan donor darah Kita harus mempunyai prinsip donor darah itu baik bagi diri sendiri dan orang lain .

Di Indonesia. PMI satu-satunya organisasi yang melakukan pengelolaan transfusi darah selain sejumlah tugas-tugas lainnya sebagaimana prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.PERAN PMI PMI merupakan suatu organisasi kemanusiaan yang didirikan berdasarkan pengesahan pemerintah negara yang bersangkutan. .

kesadaran masyarakat untuk menunjang keberadaan PMI dengan melakukandonor darah pun masih kurang. Tetapi masih ada Kendala utama yang dihadapi PMI masih klasik. . seperti mal-mal ataupun di pusat keramaian lainnya. Salah satu rencana untuk ke depan nya adalah menggalakkan budaya donor darah di kalangan masyarakat Indonesia. yakni dana terbatas. Tugas nya adalah memberikan pertolongan pertama saat terjadi bencana dan menangani masalah konflik termasuk juga kegiatan donor darah. Selain itu. yakni dengan mendekatkan tempat donor darah ke pusat-pusat keramaian.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->