Ramgkaian Bel Sepeda

bila saudara atau adek kecil anda memiliki sepeda mini yang cantik tapi belum dilengkapi dengan bel, anda dapat membuatkannya sehingga adek atau saudara anda akan merasa senang di mana sepeda mininya menjadi menarik perhatian. ini merupakan contoh dari sebuah rangkaian elektronika yang sangat sederhana dan gampang di buat, rangkaian ini adalah rangkaian .

Keterangan komponen rangkaian diatas : Resistor : R1 ………………. 27 k R2 ………………. 68 k Kapasitor : C1 ……………….. 100 mikro F/12V C2 ……………….. 0,02 mikro F C3 ……………….. 50 mikro F/12V Transistro : TR1 ……………….. 2N 554 TR1 ……………….. 2N 554 Speaker …………………………… 2 inchi

. tidak usah khawatir dengan konsumsi listriknya karena daya listrik yang dibutuhkan cukup rendah........40 KHz.....D4 ...... cek sekali lagi dan pastikan semua komponen dan sambungan elektroniknya terpasang dengan benar..... Base Frequency lalu dimodulir dengan sinyal 50 Hz yang didapat dari frekuensi tegangan jala-jala PLN melalui kapasitor C4 (untuk menghindari tikus menjadi kebal terhadap alat ini) sehingga akan dihasilkan ayunan frekuensi antara 20 ..... dan mudah didapatkan di toko-toko elektronik...40 KHz secara periodik... Komponen Inti dari rangkaian ini adalah IC NE555 yang berfungsi sebagai timer dan dikombinasikan dengan dua resistor dan kapasitor yang akan menghasilkan frekuensi 50 KHz.. 1uF/16V C3 . Tikus-tikus akan pergi "bertamasya" ke tempat lain.......... 1N 4001 IC ........ Rangkaian ini akan mengganggu tikustikus dengan frekuensi 50 KHz yang ditimbulkannya sehingga tikus-tikus akan berlarian dan menjauhi tempat yang telah dipasangi rangkaian ini.. dapat dilihat hasilnya.. 555 Trafo .......... 1K R2 ... speaker tweeter bentuk corong Setelah selesai merakit........ 220nF C5 . Gelombang ultrasonic yang dihasilkannya tidak akan terdengar di telinga manusia. 1000uF/16V D1 . cukup murah............ lebih kecil dari .. Jika telah selesai semua.. Untuk memeriksa hasil keluaran rangkaian ini.... tetapi akan sangat mengganggu sekali bagi telinga tikus............. misalnya di pojok atas ruangan agar frekuensi noise-nya bisa menyebar ke seluruh ruangan tanpa halangan............. Dalam beberapa hari setelah pemasangan alat ini (secara terus menerus). Secara sederhana rangkaian pengusir tikus adalah sebuah oscilator yang mengeluarkan gelombang ultrasonic pada kisaran frekuensi 20 ..... maka suara yang dihasilkan akan masuk pada daerah ambang pendengaran manusia. 15K C1 .. bisa dengan mengganti kapasitor C1 dengan nilai yang lebih besar misalnya 10nF... Nyalakan secara terus menerus untuk menjaga agar tikus tidak datang lagi.Rangkaian Elektronika Pengusir Tikus merupakan sebuah rangkaian elektronika sederhana yang dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic dengan frekuensi 50 KHz.. 1nF C2 . Komponen pendukung yang dibutuhan tidak terlalu banyak.. setelah itu kembalikan lagi kapasitor seperti semula yaitu 1nF.... Pengusir tikus elektronik ini efektif untuk ruangan seluas maksimal 200 m2 asal penempatannya tepat.. 15K R3 .. 6V/200mA Sp .... Berikut ini gambar rangkaian Pengusir Tikus : Berikut ini daftar komponen elektronika yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian pengusir tikus : R1 .. rangkaian bisa ditaruh pada sebuah box menarik dengan daya kreatifitas Anda. 10nF C4 .

. 1000uF/16V D1 . 555 Trafo . tidak usah khawatir dengan konsumsi listriknya karena daya listrik yang dibutuhkan cukup rendah... misalnya di pojok atas ruangan agar frekuensi noise-nya bisa menyebar ke seluruh ruangan tanpa halangan......... speaker tweeter bentuk corong Setelah selesai merakit...... rangkaian bisa ditaruh pada sebuah box menarik dengan daya kreatifitas Anda.lampu bohlam 5 watt/220 volt............ 15K R3 ....... 220nF C5 .. cek sekali lagi dan pastikan semua komponen dan sambungan elektroniknya terpasang dengan benar......... 1uF/16V C3 .................................... Nyalakan secara terus menerus untuk menjaga agar tikus tidak datang lagi..D4 ........ Untuk memeriksa hasil keluaran rangkaian ini. 1K R2 ............ 15K C1 ........ Jika telah selesai semua.. maka suara yang dihasilkan akan masuk pada daerah ambang pendengaran manusia..... Pengusir tikus elektronik ini efektif untuk ruangan seluas maksimal 200 m2 asal penempatannya tepat... lebih kecil dari lampu bohlam 5 watt/220 volt... Berikut ini daftar komponen elektronika yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian pengusir tikus : R1 . .. 1N 4001 IC . setelah itu kembalikan lagi kapasitor seperti semula yaitu 1nF.. 10nF C4 . 1nF C2 . 6V/200mA Sp .......... bisa dengan mengganti kapasitor C1 dengan nilai yang lebih besar misalnya 10nF..

Gelombang ultrasonic yang dihasilkannya tidak akan terdengar di telinga manusia....... Base Frequency lalu dimodulir dengan sinyal 50 Hz yang didapat dari frekuensi tegangan jala-jala PLN melalui kapasitor C4 (untuk menghindari tikus menjadi kebal terhadap alat ini) sehingga akan dihasilkan ayunan frekuensi antara 20 40 KHz secara periodik.... 10nF .. 1K ........... Tikus-tikus akan pergi "bertamasya" ke tempat lain.. 15K ......... 15K .... dapat dilihat hasilnya....Rangkaian Elektronika Pengusir Tikus merupakan sebuah rangkaian elektronika sederhana yang dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic dengan frekuensi 50 KHz. 1nF .................. Komponen Inti dari rangkaian ini adalah IC NE555 yang berfungsi sebagai timer dan dikombinasikan dengan dua resistor dan kapasitor yang akan menghasilkan frekuensi 50 KHz. dan mudah didapatkan di toko-toko elektronik.... Dalam beberapa hari setelah pemasangan alat ini (secara terus menerus)...40 KHz..... Secara sederhana rangkaian pengusir tikus adalah sebuah oscilator yang mengeluarkan gelombang ultrasonic pada kisaran frekuensi 20 ... tetapi akan sangat mengganggu sekali bagi telinga tikus.. cukup murah. Berikut ini gambar rangkaian Pengusir Tikus : Berikut ini daftar komponen elektronika yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian pengusir tikus : • • • • • • R1 R2 R3 C1 C2 C3 .. 1uF/16V ...... Komponen pendukung yang dibutuhan tidak terlalu banyak.. Rangkaian ini akan mengganggu tikus-tikus dengan frekuensi 50 KHz yang ditimbulkannya sehingga tikus-tikus akan berlarian dan menjauhi tempat yang telah dipasangi rangkaian ini...

maka suara yang dihasilkan akan masuk pada daerah ambang pendengaran manusia......... Untuk memeriksa hasil keluaran rangkaian ini. speaker tweeter bentuk corong Setelah selesai merakit.. Pengusir tikus elektronik ini efektif untuk ruangan seluas maksimal 200 m2 asal penempatannya tepat...... 220nF C5 . cek sekali lagi dan pastikan semua komponen dan sambungan elektroniknya terpasang dengan benar... Jika telah selesai semua. 1000uF/16V D1 .... tidak usah khawatir dengan konsumsi listriknya karena daya listrik yang dibutuhkan cukup rendah.• • • • • • C4 .... 555 Trafo .... lebih kecil dari lampu bohlam 5 watt/220 volt. bisa dengan mengganti kapasitor C1 dengan nilai yang lebih besar misalnya 10nF...... setelah itu kembalikan lagi kapasitor seperti semula yaitu 1nF. Nyalakan secara terus menerus untuk menjaga agar tikus tidak datang lagi.... 6V/200mA Sp .. misalnya di pojok atas ruangan agar frekuensi noise-nya bisa menyebar ke seluruh ruangan tanpa halangan.... rangkaian bisa ditaruh pada sebuah box menarik dengan daya kreatifitas Anda....D4 ... 1N 4001 IC . ..........

3. 4.3 V. kata Ohm diambil dari nama ahli fifika Jerman “George Simon Ohm”. Pada umumnya kondensator memiliki fungsi sebagai by pass atau penghubung. Kondensator elektrolit (Elco) berbeda dengan kondensator mika. Elco 1 dan 2 (C) bernilai 330 uF/6. dan membangkitkan getaran listrik (Frekuensi). keramik. Elco Elco disebut juga Kondensator Elektrolit. Resistor Resistor disebut juga tahanan (R). Analisa Rangkaian Flip-Flop : 1. Lampu 1 dan 2 (L1 dan 2) 4.Skema rangkaian flip-flop atau lampu kedap-kedip : Daftar nama komponen dari skema diatas : 1. Dalam rangkaian flip-flop ini Elco yanng digunakan bernilai 330 uF/6. . 2. mylar. Resistor (R) 1 dan 2 bernilai 1 K Ohm. 2.5 V – 6 V. dan polyester. Transistor PNP 1 dan 2 (TR) 2sa733. sedangkan kondensator yang lainn tadi tidak punya kutub positif dan negatif.resistor berfungsi sebagai penghambat hantaran sumber listrik.3 Volt.Resistor mempunyai satuan Ohm. sebagai filter. 1 Mega Ohm = 106 Ohm 1 Kilo Ohm = 103 Ohm 1 mili Ohm = 10-3 Ohm Pada rangkaian Flip-flop tersebut Resistor yang dipakai bernilai 1 K Omh yang artinya sama dengan 1000 Ohm. Elco mempunyai kutub positif dan kutub negatif.

2) menuju kaki Kolektor Transistor 1 dan 2.3. kemudian menuju Vout. Lampu Lampu atau dapat juga LED. dari elco negatif akan menuju lampu 1 dan 2. C sebagai Kolector. dari Vout menuju Elco positif (C 1.2) dan kembali ke Vout. Transistor berasal dari kata transfer dan resistor yang artinya membuat menjadi (setengah gelombang). dan mempunyai type 2SA733.2). fungsinya adalah apabila Cut-Off maka lampu akan mati. Dalam keadaan Saturasi On maka lampu akan hidup. kemudian akan masuk kekaki Basis Transistor 1 dan2. PRINSIP KERJA RANGKAIAN FLIP-FLOP Vin atau Vcc akan masuk kekaki Emitor Transistor 1 dan 2. B sebagai basis. 4. dari kaki basis akan menuju ke Elco (Kondensator Elektrolit) positif (C 1.2) kemudian melewati Resistor (R 1.transistor memiliki 2 jenis yaitu PNP dan NPN. kemudian akan menuju ke Elco Negatif (C 1. Dalam rangkaian flip-flop ini menggunakan transistor jenis NPN. E sebagai Emitor. Pada rangkaian ini yang digunakan adalah lampu Dop 4 / 5-6 Volt. . Transistor Transistor adalah bahan semikonduktor yang merupakan hasil pengembangan dioda semikonduktor. sebaliknya dalam Cut-Off lampu tidak menyala. tetapi pada saat Saturasi Lampu akan hidup.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful