SISTEM PENGUKURAN MEKANIK (SPEEDOMETER DAN BOURDON TUBE

)
OLEH : RINI SUSANTI YENI KARTIKA WATI

Sistem pengukuran terdiri dari tahap-tahap berikut : 1. penyaringan atau cara-cara lain agar didapatkan keluaran yang dikehendaki. yaitu tahap yang fungsinya menunjukkan.Tahap akhir atau penutup.Tahap detektor-transduser. merekam dan mengendalikan variabel yang diukur. 3. yaitu tahap yang mendeteksi besaran fisika dan melakukan transformasi secara mekanik atau listrik untuk mengubah sinyal menjadi bentuk lebih berguna. 2. yaitu mengubah sinyal langsung dengan penguatan.Tahap antara. .

1.SPEEDOMETER Alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan Satuan yang biasa digunakan : km/h atau dalam SI adalah m/s Biasa digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan(motor/mobil) Jenis speedometer : Mekanis dan Elektronik/digital Pembahasan pada presentasi khusus untuk speedometer mekanis .

PRINSIP KERJA SPEEDOMETER MEKANIK a. Keadaan Speedometer saat kendaraan diam/tidak bergerak .

Keadaan Speedometer pada saat kendaraan melaju .b.

hukum lain elektromagnetisme mengatakan arus akan membuat gerakan. ‡ Magnet yang berputar menciptakan medan magnet di dalam speed cup dan oleh hukum elektromagnetisme itu berarti terdapat arus listrik arus di dalam speed cup. ‡ Akibatnya. kecepatan pada speed cup berubah menjadi semacam generator listrik. Arus listrik bergerak dalam sebuah konduktor listrik di dalam medan magnet.Cara Kerja Speedometer : ‡ Pada saat roda kendaraan berputar kabel speedometer yang dihubungkan pada roda depan kendaraan bermotor membuat magnet yang berada pada speed cup berputar. .

semakin besar arus eddy yang dihasilkannya. ‡Semakin cepat mobil berjalan. dan semakin kuat pula untuk mengubah kedudukan jarum pointer. ‡Pegas membuat speed cup memberhentikan putarannya. semakin cepat magnet berputar. gerakan pada pegas membuat jarum pointer bergerak. .‡Arus membuat speed cup berputar sedemikian rupa sehingga mencoba untuk mengejar ketinggalan berputar dengan magnet . kabel semakin cepat berubah. semakin besar gaya pada speed cup.

980 bar 1 kg/cm2 = 14. Bourdon Tube ‡ Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan fluida dalam pipa ‡Biasa digunakan pada industri-industri kimia/teknik pendingin ‡Satuan yang biasa digunakan pada alat Kpa.221 psi 1 bar = 105 Pa . Bar dan Psi Konversi satuan tekanan : 1 kg/cm2 = 0.2.

Bagian-bagian Bourdon Tube .

‡ Perubahan yang dihasilkannya akan sebanding dengan besarnya tekanan yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari indikator dial yang tertera pada alat Bourdon Tube.Cara Kerja Bourdon Tube : ‡Bourdon Tube ini terbuat dari Pipa pendek lengkung yang mana salah satu ujungnya tertutup. maka ia akan ³menegang´. ‡Perubahan tekanan yang dideteksi oleh Bourdon tube akan menyebabkan pipa bergerak ‡Kemudian gerakan pipa tersebut ditransmisikan untuk menggerakkan jarum meter . Saat bourdon tube diberikan tekanan.

TIPE BOURDON TUBE ‡ TIPE C ‡ TIPE SPIRAL ‡TIPE HELIX .

KONSEP FISIKA YANG DIGUNAKAN ‡ Gerakan pada speedometer disebabkan karena adanya gerak rotasi dan kecepatan (kinematika) ‡ Gerakan pada Bourdon tube disebabkan karena adanya tekanan yang disebabkan oleh gaya ( dinamika) .

MATUR NUWUNu .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful