P. 1
Yang Di Maksud Dengan

Yang Di Maksud Dengan

|Views: 1,694|Likes:
Published by Poenya Jannah

More info:

Published by: Poenya Jannah on May 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

1. Yang di maksud dengan a.

Collision adalah: Adalah suatu kondisi yang terjadi bila dua buah device mengirim data pada saat yang bersamaan. Akibat dari kejadian ini adalah hilangnya data.

Contoh: Collision bisa terjadi dari shared acces yang kita punya Terjadi nya Collision Jika computer A mengirim sebuah data ke komuter B dengan tujuan menyebarkan berita, dan masih didalam 1 jaringan, diwaktu yg sama computer B juga mengerim sebuah data ke computer A dengan tujuan yg sama

b. Congestion adalah: Kelebihan kapasitas dari sebuah path data communication atau sebuah telecommunication service. Kondisi yang terjadi akibat pemanggilan suatu layanan yang melebihi kapasitas yang dapat diterima sebuah jalur komunikasi data.
Congestion Terjadi ketika sejumlah paket yang ditransmisikan buntu

Contoh: suatu kondisi yang menunjukkan jumlah total paket yang hilang, dapat terjadi karena congestion

c. Broadcast adalah: Pengiriman data dari sebuah komuter akan disampaikan keseluruh tujuan dengan maksud penyeberan berita Cotoh: Instalasi billing server pada suatu jaringan computer

6 sampai dengan 192.255.2.168.1.168.168.d.4 disebut 1 Broudcast Domain dan PC B berada pada network 192.6 berada pada broadcast Domain yang lain.255.1.1.2. Broudcast Domain adalah : Suatu area dimana paket data akan dikirimkan dari sebuah computer ke seluruh computer yang terhubung dalam satu terminal (hub) yang mengakibatkan seluruh computer yang terhubung akan menerima paket data Contoh: PC A yang berada dalam 1 network dan 1 terminal dengan IP 192.168. .0 maka PC A yang berada pada network 192.70 dengan subnet 255.255.2.255.168.4 sampai dengan 192.0 dan PC B yang berada dalam 1 Network lain dan 1 terminal dengan IP 192.168.52 dengan subnet 255.

Konsep Borudcast domain dan collision domainnya adalah masih sama-sama 1 host karena masih dalam 1 transmisi yg sama (Hub) 4. Switch. IEEE 802. maka host tersebut berada dalam 1 Broudcast domain dan 1 Collision Domain. Layer 1 OSI Meliputi: a.3 CSMA/CD (Ethernet). Layer 3 OSI Meliputi: a. 802. Fungsinya adalah: Meliputi penyediaan interface layanan yg baik bagi network layer. Layer 2 OSI meliputi a. ISDN Router Inteligent Hub. b. Advances Cable Tester ± cara kerjanya melalui protocol degan komunikasi kad adapter. Multiplexer. penetuan cara pengelompokan bit dari physical layer ke dalam frame. ± Gambaran bentuk Enkapsulasinya adalah bahwa enkapsulasinya di tentukan oleh Protokol layer 2 yg di peroleh dari paket kedalam frame dan cara untuk mendapatkan paket enkapsulasi dan menonaktifkan setiap media b. lalu segmen dirubah menjadi paket lalu layer mebuat header . (ARCnet). data pada layar ini berbentuk paket. melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan swicht layer 3 dan kemudian menjaga antrian trafik jaringan.2 ( Ehternet Standard). 802.2.. menentukan rute yg terbaik yang akan di tempuh data. Perangkat yang bekerja adalah: Repeater. 3. TDR.gambaran bentuk enkapsulasinya adalah menambah alamat network untuk station yang merequest dan server tujuan yg direquest. Konsep Broudcast dan Collision doamainnya adalah: jika suatu host/ hos-host tertentu yang terkoneksi pada suatu HUB. 802.5 Token Ring. ISO 2110 dan ISDN c. Token Bus.4. Oscilloscope dan cara kerjanya adalah melalui transmisi protocol meliputi IEEE 802 (Ethernet standard). Perangkat yg bekrja adalah: Birge. Fungsinya adalah: Berfungsi untuk menentukan alamat jaringan (IP address) membuat haeder-header untuk paket. Fungsinya adalah: ini adalah layer paling seder hana berfungsi Mengatur tentang bentuk interface yang berbeda beda dari sebuah tranmisi. hal-hal yang berkaitan dengan error transmisi dan pengaturan aliran frame sehingga receiver yang lambat tidak terbanjiri oleh pengirian yang cepat. Hub. NIC. 802.12 Demand Priority c.

ATM Switch dan ACT. Frame Relay Device. Router. NetBEUI. Perangkat yg bekerja : Brouter. defenisi fuingi layar perlayar dan perbandingannya dalam bentuk bagan dan table perbandingan - Perbandingan OSI dan TCP/IP dalam bentuk Bagan .ICMp. Ll 5. DDP dan DECnet c. RARP.b. IPX. Protokol stak OSI dan TCP/IP secara terurut. Cara kerjanya bertranmisi melewati Procol: IP. ARP. IGMP.

- Perbandingan OSI dan TCP/IP dalam bentu table OSI TCP/IP .

vidio. Topologi star Semua computer terhubung kesuatu titik pusat (biasa disebut concentrator) Peralatan yang dipkai concentrator adalah hub atau swicht Jenis Topoli ini adalah Jenis yg paling Umum 2. karena hampir seluruh pengolahan data dilakukan di komputer pengguna. Jenis-jenin topologi jaringan computer 1. Sistem seperti ini membuat kecepatan aplikasi ditentukan oleh kecepatan komputer pengguna. sesuai dengan otoritas masing-masing pengguna. Topologi Ektended star Beberapa jaringan star di gabung menjadi star yg besar 5. Hal ini menyebabkan spesifikasi komputer yang digunakan tidaklah perlu terlalu . Topologi Ring Satu computer yg terhubung pada computer berikutnya sampai terakhir dan kembali lagi ke computer pertama 4. aplikasi diletakkan di komputer pengguna. Topologi Mesh Setiap Komputer Terkoneksi dengan semua computer yang ada 7. Pada aplikasi konvensional. sedangkan server hanya berfungsi untuk mensupport datanya saja. adalah suatu sistem aplikasi yang berbasis web. sedangkan database diletakkan secara terpusat. Ekstranet dan intranet Internet: Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. untuk menggunakan aplikasi-aplikasi intranet. definisi lain bahwa internet adalah jaringan komputer (interconnected network) di seluruh dunia. informasi ini dibuat oleh penyele nggara atau pemilik jaringan komputer tersebut atau dibuat oleh pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada pemilikjaringan komputer yang tersambung ke jarigan. melalui aplikasi client-nya diberi hak akses ke database. Dalam hal ini komputer yang sebelumnya stand alone kini dapat berhubungan langsung dengan host-host atau kompter-komputer yang lainnya. gambar. dan teks). Konsep Internet. Topologi Bus Menggunakan kabel tunggal dan semua computer terhubung dengannya 3. - Intranet: Sistem intranet ini secara teknis agak berbeda dengan aplikasi konvensional.6. di mana pengguna hanya cukup menggunakan browser pada komputernya masing-masing (yang terhubung dengan network). yang berisikan tentang informasi dan juga merupakan sarana komunikasi data (suara. Setiap pengguna.

- LAN: merupakan komunikasi sejumlah komputer ataupun perangkat komunikasi di dalam suatu area terbatas dengan menggunakan media komunikasi tertentu ( kabel. Konsep PAN. antara LAN yang satu dengan yang lainnya dipisahkan oleh jarak geografis yang cukup jauh. antariksa. kelistrikan. wireless. . System Area Network merupakan koneksi-koneksi berperforma hardware tinggi dan kecepatan koneksi tinggi dalam sebuah konfiurasi cluster. - Ekstranet: adalah sebuah computer 8. - MAN: merupakan jaringan dengan area operasi lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (disebuah kota). LAN.tinggi. 10. jaringan komputer. MAN. dengan kapasitas data dan performa hardware yang tinggi. Misalnya hubungan antara kantor pus at dengan cabang-cabang yang ada di daerah. yang mencakup telekomunikasi. dan lain-lain) - WAN: merupakan komunikasi antar LAN. IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering). - SAN: merupakan koneksi-koneksi perangkat penyimpanan melalui teknologi seperti Fibre chanel. WAN. SAN. 9. dan secara teknis. dan elektronika. lebih mempermudah pengembangan aplikasi (upgrade) dan dapat dikatakan irit bandwidth.

e. g. f. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->