LINGUISTIK

1.

a.pengertian lingustik

Linguistik adalah ilmu tentang bahasa, penyelidikan bahasa secara ilmiah.Linguistic berasal dari bahasa latin lingua yg bermakna bahasa,dalam prancis berpadanan dengan kata langue, dalam bahasa italia berpadanan dengan kata lengua. b. Objek Linguistik Suatu pengetahuan dapat dianggap sebagai ilmu apabila memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Pengetahuan yang sistematis (teratur) sehingga merupakan sesuatu yang disiplin. 2. Pengetahuan itu harus bersifat progresif, yang berart terus menerus berusaha pada tingkat lebih tinggi. 3. Mempunyai otonomi artinya bebas dalam kalangan sendiri. c. Tujuan Mempelajari Linguistik: Tujuan praktis, yaitu dapat dipakai sebagai titik tolak dalam menerangkan bahasa kepada orang lain. Tujuan teoritis, yaitu bidang penelitian bahasa yang dilakukan untuk mendapatkan kaidah kaidah yang berlaku dalam bahasa manusia pada umumnya. d.Linguistik Dilihat Dari Segi Pendekatan Objek Telah diketahui bahwa objek linguistik adalah bahasa. Bagaimanakah menganalisis bahasa? Dengan demikian bahasa dapat kita lihat secara - Deskriptif - Historis Komparatif - Kontrasif

bahasa ketika peneliti sedang mengadakan kegiatan peneliti dan analisis.. Kalau linguistik historis komparatif membandingkan bahasa atau bahasa-bahasa dari periode ke periode. Denpasar. Perlu juga anda mengetahui perbedaan linguistik historis (Historical Linguistiks).Sinkronis . Bali 19-24 Januari 1981). Untuk mengetahui serba sedikit tentang Glotto Chornology bacalah misalnya kertas kerja yang berjudul Bases for New Methods in Glotto Chronology oleh Jacques B. jadi hal yang berhubungan dengan sejarah bahasa itu. Apakah titik-titik persamaan dan perbedaannya? Dengan linguistik historis komparatif. Linguistik Historis dan Komparatif Linguistik historis dan komparatif membandingkan dua bahasa atau lebih pada periode yang berbeda. sejarah linguistik (History of Linguistik). dan Suwawa pada tahun 1950 dan tahun 1980. Linguistik Deskriptif Linguistik deskriptif melihat bahasa apa adanya. bahasa yang dipergunakan. membicarakan perkembangan bahasa atau bahasabahasa sejak mula adanya sampai sekarang. dan linguistik historis komparatif (Comparative Historical Linguistiks). sedangkan linguistik historis komparatif memperbandingkan bahasa-bahasa dari periode ke periode yang lain. Atinggola. Metode yang dipergunakan yakni glotto chronology dan leksikostatistik. maka linguistik . 3.M Guy yang disampaikan pada Konfrensi Internasional Linguistik Austronesia ketiga (the Third Conference on Austronesia Linguistik. Misalnya meneliti bahasa gorontalo pada tahun ini. 2. orang dapat menentukan kekeluargaan dan dapat menemukan bahasa induk. Bahasa yang hidup sekarang.Diakronis 1. linguistik historis. Misalnnya kita mengadakan perbandingan antara bahasa Gorontalo. Linguistik Kontrastif Bapak linguistik kontrastif yakni Robert Lado.

Kita tidak membandingkan dengan bahasa lain. De Saussure. sifatnya vertikal. Jadi bersifat mendatar. 4. Linguistik Diakronis Linguistik Diakronis ingin mempersoalkan. jawa. Linguistik diakronis dapat disamakan dengan linguistik historis. Linguitik Sinkronis Istilah sinkronis dan akronis di populerkan oleh F. dan sunda pada masa kerajaan majapahit. Misalnya kita menyelidiki bahas. Linguistik.kontrastif membatasi membatasi diri pada perbandingan bahasa-bahasa pada periode tertentu atau sezaman. Jadi. sinkronis mempersoalkan bahasa pada masa tertentu. 5. menguraikan. Gorontalo pada masa pendudukan Jepang. atau menyelidiki perkembangan bahasa dari masa ke masa. Misalnya kita membandingkan bahasa Madura. dan tidak juga membandingkan dengan periode lain. bagaimana perkembangan bahasa Gorontalo sejak mula adanya sampai sekarang. . Misalnya. horizontal.