Jenis surat.

Jenis surat dibagi menjadi : š Jenis surat dilihat dari sisi,bentuk,isi dan bahasanya,antara lain : 1. Surat resmi / Dinas 2. Surat tidak resmi / Pribadi 3. Surat setengah Resmi Jenis surat menurut isinya,antara lain :š 1. Surat Keluarga / Pribadi 2. Surat Sosial 3. Surat Dinas 4. Surat setengah resmi 5. Surat niaga Jenis surat menurutš tujuannya,antara lain : 1. Surat perintah 2. Surat permohonan 3. Surat pemberitahuan 4. Surat penawaran 5. Surat keterangan 6. Surat keputusan Bentuk Surat. Bentuk surat adalah Pola surat menurut susunan letak dan bagian bagian surat. Menurut pola umumš dalam surat menyurat dikenal 6 macam bentuk surat,yaitu : 1. Bentuk lurus penuh. 2. Bentuk lurus. 3. Bentuk setengah lurus. 4. Bentuk surat bertekuk. 5. Bentuk resmi Indonesia lama. 6. Bentuk resmi Indonesia Baru. Bagian bagian surat resmi :š 1. Kepala surat / Kop surat. 2. Tanggal surat. 3. Nomor. Lampiran. Hal. Sifat / Derajat surat. 4. Alamat yang dituju. 5. Salam Pembuka. 6. Isi,terdiri dari : Pembuka Isi Penutup 7. Salam penutup. 8. Indentitas pengirim,TTD,stempel. 9. Tembusan. Perbedaan suratš resmi dan surat tidak resmi dari sisi bahasa : 1. Diksi dalam surat tidak resmi cenderung bebas dan mudah dipahami,sedangkan dalam surat resmi tidak.

Berdasar kepentingan isi surat: . Ciri ciri ragam bahasaš tulis : 1. Nama dan jenis barang b. Bagian bagiannya berkoherensi 5. Logis Surat Niaga Surat niaga adalah surat yang berhubungan dengan masalah perniagaan / perdagangan. faksimili. dan tidak baku. sedangkan dalam surat resmi tidak. surat pengiriman pesanan. b. surat pesanan dan balasannya. Beraksentrasi 7. surat klaim. . Berisi ide yang merupakan satu kesatuan 4. Bervariasi 6. e-mail.Surat niaga: surat perkenalan.2. Dalam surat tidak resmi kalimat yang digunakan tidak harus baku. Berdasar wujud fisik surat: surat bersampul. surat tanpa sampul. Bentuk-bentuk surat yang lain merupakan variasi dari bentuk surat tersebut.Surat dinas: surat keterangan. surat izin. . 1. Surat Penawaran ( Offerte ). Kedua bentuk surat tersebut adalah bentuk lurus atau bentuk balok (block style) dan bentuk lekuk (indented style). surat permintaan penawaran. Sesuai dengan kaidah ejaan 2. MATERI 3: BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN SURAT Pada dasarnya bentuk surat dibedakan dua bentuk saja. akrab.Surat pribadi: formal dan non formal . Secara umum bahasa dalam surat tidak resmi cenderung ringan. surat tagihan. Penggolongan dan Pembagian Surat a. sesuai dengan kaidah katatabahasaan ( berpola ) 3. kartu pos. dan sebagainya. Surat niaga adalah jenis surat yang isinya berhubungan dengan kepentingan niaga atau perdagangan. dan sebagainya. surat kelakuan baik.terkesan akrab dan tidak taat pada kaidah. 3. Banyak barang yang ditawar Penetapan tata urutan isi surat Menyelesaikan setiap bagian isi surat satu persatu Hindari penggunaan singkatan Jenis surat niaga : 1. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat niaga : Menetapkan tujuan Menetapkan isi surat seperti : a. Merk dan kualitas barang c. 2. surat jalan. surat-surat ketatausahaan. Surat Permintaan Penawaran.

c. f. e. Bentuk lekuk (indented style) 5. Bentuk Setengah Lurus (Semi Block Style) d. b. Berdasarkan tingkat penyelesaiannya : sangat penting. lurus. Bentuk Surat Resmi Gaya Baru FORMAT SURAT Bentuk penulisan surat atau format surat yang lazim dipergunakan ada 5 bentuk. Berdasar cara pengiriman: surat kilat khusus. alinea menggantung. Bentuk setengah lurus (semi block style) 4. Bentuk Lurus Penuh (Full Block Style) Bentuk surat seperti ini adalah bentuk surat yang paling mudah. pengiriman biasa. Berdasar tingkat kerahasiaan: sangat rahasia. rahasia. biasa. Bentuk Resmi (Official Style) Bentuk semacam ini biasanya banyak digunakan oleh instansi pemerintah.c. yaitu : 1. lekuk. Bentuk lurus penuh (full block style) 2. setengah lurus. d. biasa. Bentuk Lekuk (Indented Style) Bentuk semacam ini cocok untuk surat yang alamat tujuannya singkat. edaran dan pengumuman f. kilat. resmi. Berdasar jumlah sasaran: biasa. penting. e. Bentuk-bentuk surat dalam bahasa Indonesia secara garis besar dikelompokkan sebagai berikut: a. surat-surat elektronik. Bentuk Lurus (Block Style) Pada umumnya bentuk semacam ini banyak digunakan di perusahaan. 2. konfidensial (terbatas). Bentuk lurus (black style) 3. Bentuk Tataletak Surat Bentuk tataletaknya: lurus penuh. Bentuk Alinea Menggantung (Hanging Paragraph Style) g. Bentuk paragraf menggantung (hanging paragraph) .

.

.

.

.

.

.

.

.Bentuk surat yang berlaku untuk saat ini adalah bentuk surat resmi gaya baru.