P. 1
3. KERJA SAMA 3A

3. KERJA SAMA 3A

|Views: 1,893|Likes:
Published by aen162

More info:

Published by: aen162 on May 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2013

pdf

text

original

JARINGAN KD/INDIKATOR

. ILMU PENGETAHUAN ALAM

Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka.

AGAMA
Yang bersifat tata krama, akhlak mulia, dan budi pekerti luhur.

SENI-BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Rupa: Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenal diri sendiri Musik: - Memainkan alat musik ritmis sederhana. - Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai kerja bakti.

 

Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran. Mendeskripsikan

.

BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. Berbicara: - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. . - Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. Membaca: - Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. - Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif. Menulis: Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.  Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau didengarkan. .  Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang dibaca.  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memberikan tanggapan/saran menggunakan

Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa.

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 KERJASAMA 

Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. Melakukan kerjasama di rumah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat. Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat.

  

MATEMATIKA
Melakukan operasi hitung campuran. . Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

 Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10.  Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan
berulang.

Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.

ORJASKES

Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

 Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita.

Mempraktekan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama.

 Mengenal aturan kerjasama di lingkungan
masyarakat.

 Mengidentifikasi bentuk kerjasama di

Tematik 3A

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3 TEMA : KERJASAMA
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS WAKT U 4
2 Minggu .

SARANA DAN SUMBER 5

PENILAIAN

1 PKn

2

3

6

  

Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

  

Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar. Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.

     

Mengamati gambar tentang kerjasama (hal 58, 59, 60, 62, 63, 66, 74). Menceritakan makna kerjasama. Memberikan contoh sikap kerjasama. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama dalam keluarga, sekolah dan masyarakat. Menjelaskan makna kerjasama. Melaksanakan perilaku kerjasama.

Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,SeniBudaya dan Keterampilan.

      

Penilaian tingkah laku. Penilaian tertulis obyektif. Penilaian tertulis subyektif. Penilaian lisan. Penilaian unjuk kerja. Penilaian portofolio. Penilaian produk.

MATEMATIKA
  Melakukan operasi hitung campuran. Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

 Menghitung dengan perkalian angka  1 sampai 10.   Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan berulang.   Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita.   Menghitung dengan pembagian.  Melakukan operasi hitung campuran.   Menghitung perkalian dengan cara
bersusun pendek dan panjang.

Melakukan perhitungan dengan perkalian. Menyimak cara menghitung perkalian sebagai penjumlahan berulang. Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek. Menghitung perkalian dengan cara bersusun panjang. Menyimak permasalahan dengan melalui perhitungan.

Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.

Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika,

Tematik 3A

Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes.

BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. Berbicara: Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. 

Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. Membaca: Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif. Menulis: Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau didengarkan. Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang dibaca. Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca intensif. Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman. Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menuliskan kalimat sesuai dengan cerita dalam wacana.

 

Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menjelaskan isi teks panjang. Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca atau didengar. Menyusun kalimat sesuai dengan makna kerjasama. Membaca dan memaknai teks kerjasama. Menjelaskan isi teks. Membaca nyaring teks tentang kerjasama. Membaca dan memahami soal kerjasama. Menulis semua hasil diskusi tentang kerjasama. Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku kerjasama.

      

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALKS WAKT U 4

SARANA DAN SUMBER 5

PENILAIAN

1 ILMU PENGETAHUAN ALAM

2

3

6  Penilaian tingkah laku.

Mendeskripsik

Standar Isi

Tematik 3A

Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka.

an perubahan sifat benda akibat pembakaran.

 Melalukan pengamatan tentang

Mendeskripsik an perubahan sifat benda akibat pemanasan.

perubahan benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari.  Melakukan praktek atau mengamati demonstrasi bermacam perubahan benda akibat pemanasan dan pembakaran.  Mengidentifikasi benda-benda yang dapat mengalami perubahan (akibat pemanasan, pembakaran atau dibiarkan di udara terbuka).

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa.

 

Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. Melakukan kerjasama di rumah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat. Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. Melakukan kerjasama di sekolah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah. Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai kerja bakti. Menyanyikan lagu wajib. Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan musik sederhana. Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.

        

Mengamati gambar kegiatan kerjasama. Mengidentifikasi macam-macam bentuk kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di sekolah. Mengidentifikasi bentuk kerjasama di masyarakat. Mendeskripsikan tujuan kerjasama. Menjelaskan pengertian kerjasama. Mendeskripsikan manfaat kerjasama dalam segala kehidupan. Menceritakan akibatnya jika tidak ada kerjasama. Melaksanakan kerjasama dalam segala aspek kehidupan (di rumah, di sekolah dan di masyarakat).

      
SENI-BUDSYS DSN KETERAMPILAN
 

2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn,SeniBudaya dan Keterampilan.  Bahan ajar/buku siswa pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas III.

 Penilaian tetulis obyektif.  Penilaian tertulis subyektif.  Penilaian lisan.  Penilaian unjuk kerja.  Penilaian portofolio.  Penilaian produk.

Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika, Seni-Budaya dan Keterampilan dan Orjaskes.

Rupa: Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenal diri sendiri. Musik:


 Menyanyikan lagu daerah.  Menyanyikan lagu wajib.  Mengiringi lagu dengan alat musik

 Memainkan alat musik ritmis
sederhana.  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anakanak dengan atau tanpa

sederhana.  Menggambar ekspresif mengenai diri sendiri saat kerja bakti.

Tematik 3A

iringan sederhana.

ORJASKES

Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.

Mempraktekan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama.

 Melakukan gerak dasar, berjalan,
berlari, sesuai dengan komando. sesuai dengan aturan.

 Melakukan gerak berpindah tempat

Tematik 3A

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : KERJASAMA : 3 (Tiga) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

 Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.  Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat. (PKn)  Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)

 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara) kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.

 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa
Indonesia: Membaca)

 Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif.  Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
(Bahasa Indonesia: Menulis)

 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)  Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya. (Orjaskes)

II. INDIKATOR
Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.

  

Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat. (PKn)

Menyanyikan lagu wajib. (Seni-Budaya dan Keterampilan)  Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan musik sederhana.  Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.

Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau didengarkan. (Bahasa Indonesia)  Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang dibaca.  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca intensif.  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.  Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.  Menuliskan kalimat sesuai dengan cerita dalam wacana.

      
III.

Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS) Melakukan kerjasama di rumah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat. Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat.

Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)

LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a.Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. b.Bertanya jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi dikaitkan dengan kerjasama antara anggota keluarga. c. Mengajak siswa menyanyikan lagu “Holopis Kuntul Baris” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud) d.Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan

Tematik 3A

siswa seperti syair lagu, dan dikaitkan dengan kerjasama. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn) e.Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Kerjasama).

2. Kegiatan Inti a. Menayangkan gambar alam Negara Indonesia dengan kekayaan alamnya yang indah (gambar hutan, sungai dll.). b. Mengajak semua siswa mengamati gambar keindahan alam Negara Indonesia yang bersih dan enak dipandang mata. c. Bertanya jawab tentang makna gambar dan dilanjutkan dengan mengidentifikasi pengaruh keindahan, kebersihan lingkungan dengan perasaan kita (manusia). d. Guru menceritakan cara untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta memberikan pemahaman bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan sendirian, tetapi harus dilakukan bersama-sama. e. Siswa diajak mendemontrasikan manfaat kerjasama. • Disiapkan sebuah meja di depan kelas. • Memanggil satu anak untuk maju kedepan dan mencoba mengangkat meja (tidak kuat/berat). • Memanggil 2 anak untuk bersama-sama mengangkat sebuah meja (agak ringan). • Memanggil 3 anak untuk mengangkat meja yang sama (lebih ringan). • Memanggil 4 anak untuk mengangakat meja tersebut (sangat ringan). f. Keempat anak diminta menceritakan bagaimana perasaannya ketika mengangkat bersama jika dibandingkan dengan mengangkat sendirian. g. Siswa diajak mendefinisikan arti kerjasama. h. Mengajak semua siswa untuk membedakan mana kegiatan yang dilakukan dengan kerjasama dan mana yang dilakukan sendirian (tidak perlu kerjasama). i. Menugaskan siswa secara bergantian membaca teks ”Kerjasama di Lingkungan Rumah” (halaman 58). j. Bertanya jawab tentang inti dari wacana. • Siapa yang mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kerja bakti? • Tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh warga? • Apakah ada ibu-ibu yang juga ikut bekerjasama? k. Menugaskan semua siswa menulis pengertian dan manfaat kerjasama di rumah. l. Menugaskan siswa untuk menuliskan contoh lain yang dilakukan dengan kerjasama dalam kehidupan sehari-hari di rumah. m. Lakukanlah hal-hal di bawah ini: • Utamakanlah sikap saling membantu. • Semua pekerjaan sebaiknya dilakukan dengan kerjasama. • Saling tolong menolong. • Bekerja tanpa pamrih. 3. Kegiatan Akhir/Penutup
a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah. d. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. 2. 3. 4.

Gambar lingkungan alam Indonesia yang bersih. Gambar-gambar tentang kerja bakti di lingkungan. Kerja bakti di lingkungan keluarga.

Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, SeniBudaya dan Keterampilan, IPS dan Agama). 5. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN

1. 2. 3. 4. 5.

Penilaian lisan. Penilaian tingkah laku (pengamatan). Penilaian produk. Penilaian portofolio. Penilaian tertulis obyektif.

Tematik 3A

6. 7.

Penilaian tertulis subyektif. Penilaian unjuk kerja.

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : KERJASAMA : 3 (Tiga) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.  Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat. (PKn)
 Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

 Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)

 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara) kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.

 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa
Indonesia: Membaca)  Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif. (Bahasa Indonesia: Menulis)

 Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.  Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)  Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya. (Orjaskes)

II. INDIKATOR

Tematik 3A

Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat. (PKn)  Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.

 

Menyanyikan lagu wajib. (Seni-Budaya dan Keterampilan)  Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan musik sederhana.  Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.

Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau didengarkan. (Bahasa Indonesia)  Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang dibaca.  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca intensif.  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.  Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.  Menuliskan kalimat sesuai dengan cerita dalam wacana.


       

Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS) Melakukan kerjasama di rumah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat. Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. Melakukan kerjasama di sekolah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.

Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)

III. LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. b. Mengajak siswa berdinamika menirukan semua gerakan guru (terlampir) sambil menggerakkan anggota badan sesuai perintah guru. (Orjaskes, SeBud) c. Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab apa makna dari dinamika. (Orjaskes, BI, IPS, dan PKn) d. Menginformasikan tema yang akan dipejari bersama. (Kerjasama) a. Mengajak siswa bertanya jawab (Brainstorming) untuk mengidentifikasi macam-macam, perilaku kerjasama dalam segala aspek kehidupan. b. Bertanya jawab tentang akibat jika tidak ada kerjasama. c. Menugaskan semua siswa membaca teks ”Kerjasama di Lingkungan Sekolah” (belajar membaca dalam hati ± 20 menit). d. Setelah selesai membaca, semua siswa diminta menjawab pertanyaan pemahaman wacana: • Mengapa Adi berangkat ke sekolah lebih pagi? • Berapa siswa yang piket pada hari selasa? • Tugas apa yang dikerjakan ketika piket? Mengapa kelas harus dibersihkan setiap hari? Siapa yang bertanggung jawab terhadap kebersihan kelas? e. Setelah selesai mengerjakan tugas dilanjutkan dengan menugaskan semua siswa untuk berkelompok dengan anggota 4 siswa. f. Menyiapkan kartu tugas yang terdiri dari: •

2. Kegiatan Inti

• Kartu 1 bentuk kerjasama di rumah dan mengapa perlu ada kerjasama di rumah. • Kartu 2 bentuk kerjasama di sekolah dan mengapa perlu ada kerjasama di sekolah. • Kartu 3 bentuk kerjasama di masyarakat dan mengapa perlu ada kerjasama di
masyarakat.

• Kartu 4 bentuk kerjasama di dalam tim sepak bola mengapa perlu ada kerjasama.

g. Setiap kelompok mendapat 4 kartu dan dibagikan kepada setiap anggota (satu siswa satu tugas) yang berbeda. h. Masing-masing siswa yang telah mendapat kartu, memikirkan jawabannya dan menulis di kertas/bukunya sendiri. i. Setelah masing-masing punya jawaban, semua yang memegang kartu nomor 1 berkumpul menjadi satu kelompok besar, yang nomor dua berkumpul dengan sesama nomor 2, nomor 3 berkumpul dengan yang nomor 3 dan demikian juga dengan yang nomor 4 berkumpul dengan yang nomor 4. j. Kelompok ini dinamakan ”kelompok ahli” yaitu kelompok yang berkumpul dengan materi yang sama.

Tematik 3A

k. Setelah kelompok ahli selesai berdiskusi, semua siswa kembali ke kelompok semula dan menyampaikan hasil diskusi dari kelompok ahli. l. Semua siswa mencatat hasil presentasi teman yang lain, sehingga dalam waktu yang bersamaan semua siswa akan memiliki catatan dari permasalahan ke empat kartu 1, kartu 2, kartu 3 dan kartu 4. m. Setelah semua selesai guru memanggil salah satu siswa untuk menyampaikan atau membacakan hasil presentasi di depan kelas. n. Guru memberikan klarifikasi dan penguatan serta pelurusan. o. Menugaskan semua siswa untuk melakukan hal-hal di bawah ini:

• •

Hargailah pendapat temanmu. Bekerjalah bersama kelompok, maka tugas akan menjadi ringan.

3. Kegiatan Akhir/Penutup

a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Mengajak siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. 2. 3.

Gambar-gambar tentang Kerjasama di sekolah. Lingkungan sekolah.

Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, SeniBudaya dan Keterampilan, IPS dan Agama). 4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1. 3. 4. 5. 6. 7.

2.

Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan. tingkah laku (pengamatan). produk. portofolio. tertulis obyektif. tertulis subyektif. unjuk kerja.

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

Tematik 3A

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : KERJASAMA : 3 (Tiga) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

 Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.  Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat. (PKn)
 Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

 Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)

 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara) kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.

 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan  Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
(Bahasa Indonesia: Menulis)

 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati
akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka. (IPA)

 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)  Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya. (Orjaskes)

II. INDIKATOR
Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat. (PKn)  Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.

  

Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan)

Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau didengarkan. (Bahasa Indonesia)  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.


Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran. (IPA) Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pemanasan. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS) Melakukan kerjasama di rumah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat. Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. Melakukan kerjasama di sekolah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.


       

Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)

III. LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. b. Mengajak siswa berdinamika dengan berbaris di lorong sela-sela deretan meja dan kursi di kelas. Guru memberi komando ”siap grak” setelah semua siswa berbaris guru menyebut dan memerintahkan supaya baris berdasarkan urutan tinggi badan dengan cepat. (Orjaskes, Se-Bud) c. Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab makna berdinamika dikaitkan dengan sikap kerjasama diantara anggota yang berbaris. (Orjaskes dan BI, IPS, PKn) d. Yang dapat menerapkan sikap kerjasama, pasti akan dapat segera mengatur barisan sesuai dengan urutan mulai dari yang tinggi di depan disusul

Tematik 3A

yang paling rendah di barisan paling belakang. e. Menginformasikan tema (Kerjasama).

yang

akan

dipelajari

bersama

2. Kegiatan Inti

a.
63).

Menayangkan 2 gambar tentang suasana kerjasama di rumah (halaman 62 dan

b.

Semua siswa diminta mengamati 2 gambar tentang kerjasama di dalam lingkungan keluarga Adi. c. Bertanya jawab tentang: Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan oleh keluarga Adi? dan bagaimana pembagian tugas dalam keluarga Adi tersebut?

d. Apa saja kegiatan/kesibukan yang nampak ketika membakar ikan? e. Mengajak semua siswa mengamati perbedaan ikan sebelum dibakar dengan sesudah

• • • •

Apa yang dilakukan oleh Ayah? Apa yang dilakukan oleh Ibu? Apa yang dilakukan oleh Adi? Apa yang dilakukan oleh Sinta?

dibakar. f. Apa yang digunakan untuk membakar ikan? Bisakah ikan dibakar dengan menggunakan gas?. g. Menugaskan semua siswa untuk berkelompok.

h. • • • •

Mengajak semua siswa (kelompok) mengamati perubahan warna. Korek api dibakar warnanya berubah menjadi hitam. Gambar wajan dengan mentega, jika mentega dipanaskan akan meleleh Lilin dibakar juga akan meleleh. Cokelat dipanaskan juga akan meleleh.

i. Semua kelompok mengamati, mencatat hasil pengamatannya serta mencari 3 contoh
lain perubahan benda. j. Semua catatan dikumpulkan kepada guru. k. Ayo Berbudi pekerti, lakukanlah hal-hal di bawah ini:

• •

Segala yang terjadi di dunia ini pasti akan ada perubahan. Biasakanlah mengamati perubahan-perubahan.

3. Kegiatan Akhir/Penutup

a.Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b.Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi benda-benda apa saja yang akan/bisa berubah. d.Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. 2. 3.

Gambar-gambar benda-benda yang bisa berubah (lilin, coklat, mentega, kayu, pensil, Lingkungan sekolah dengan suasana yang bersih.

dll). Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, SeniBudaya dan Keterampilan, IPS dan Agama). 4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1. 3. 4. 5. 6. 7.

2.

Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan. tingkah laku (pengamatan). produk. portofolio. tertulis obyektif. tertulis subyektif. unjuk kerja.

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

Tematik 3A

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : KERJASAMA : 3 (Tiga) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

 Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.  Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat. (PKn)
 Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

 Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

 Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)

 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)

 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Bahasa Indonesia: Menulis)

 Menyusun paragraf dengan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.  Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati
akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka. (IPA)

 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)  Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya. (Orjaskes)

II. INDIKATOR

Tematik 3A

Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat. (PKn)  Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.

 Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10. (Matematika)
     Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan berulang. Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita. Menghitung dengan pembagian. Melakukan operasi hitung campuran. Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan panjang.

 

Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan) Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau didengarkan. (Bahasa Indonesia)  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.


 

Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran. (IPA) Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pemanasan. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. (IPS) Melakukan kerjasama di sekolah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.


 

Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)

III. LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a.Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. b.Mengajak siswa berdinamika seperti yang dilakukan sebelumnya, berbaris kebelakang. Guru memberikan komando agar siswa berbaris sesuai dengan tinggi badan. Setelah itu dilanjutkan dengan komando guru memerintahkan semua barisan diawali dari yang gemuk sampai yang paling kurus. Dengan cepat, siapa yang paling cepat adalah yang menang. (Orjaskes, Se-Bud) c. Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab makna dinamika. Apakah dalam kegiatan ini diperlukan kerjasama? (Orjaskes, BI, IPS dan PKn) d.Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Kerjasama). a.Semua siswa disiapkan untuk melakukan kegiatan praktek benda yang dapat berubah. Seperti:

2.

Kegiatan Inti

Coklat dipanaskan. Semua siswa mencatat hasil pengamatan tentang perubahan warnanya. b.Kemudian mengerjakan latihan di halaman 64. c. Semua siswa diminta mengamati tabel di halaman 65 dan guru memberikan penjelasan cara mengisi kotak-kotak dalam tabel . d.Semua siswa ditugaskan untuk belajar perkalian. e.Dilanjutkan dengan cara perkalian sebagai penjumlahan berulang dan cara perkalian dengan cara bersusun pendek dan cara bersusun panjang). f. Semua siswa secara mandiri ditugaskan mengerjakan soal nomor 1 sampai dengan 10 di halaman 68. g.Semua hasil pekerjaan siswa dikumpulkan untuk dikoreksi. h.Menugaskan semua siswa untuk melakukan hal-hal berikut:

• • • •

Kertas dibakar. Lilin dibakar. Mentega dipanaskan.

 

Bekerjalah bersama temanmu tanpa pamrih. Setiap manusia wajib saling membantu.

3. Kegiatan Akhir/Penutup

a.Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b.Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1.

Gambar-gambar tentang benda yang dapat mengalami perubahan (lilin, coklat, mentega, dsb). 2. Benda-benda yang dapat mengalami perubahan (lilin, coklat, mentega, kertas , kayu dsb.). 3. Lingkungan sekolah.

Tematik 3A

4.

Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, SeniBudaya dan Keterampilan, IPS dan Agama). 5. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1. 3. 4. 5. 6. 7.

2.

Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan. tingkah laku (pengamatan). produk. portofolio. tertulis obyektif. tertulis subyektif. unjuk kerja.

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : KERJASAMA : 3 (Tiga) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

Tematik 3A

I. KOMPETENSI DASAR

 Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.  Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat. (PKn)
 Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

 Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

 Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)

 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)

 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.

 Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif. (Bahasa Indonesia: Membaca)  Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)  Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya. (Orjaskes)

II. INDIKATOR
Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat. (PKn)  Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.

 Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10. (Matematika)
     Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan berulang. Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita. Menghitung dengan pembagian. Melakukan operasi hitung campuran. Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan panjang.

 

Memainkan lagu dengan alat musik sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan)

Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibaca atau didengarkan. (Bahasa Indonesia)  Mengungkapkan pikiran dan perasaan berdasarkan teks yang dibaca.  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.  Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca intensif.


 

Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. (IPS) Melakukan kerjasama di sekolah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.

Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)

III. LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. b. Mengajak siswa berdinamika “Tepuk Serempak” sambil menggerakkan anggota badan sesuai perintah (jika terdapat kerjasama yang baik, maka tepuk tangan akan dapat menjadi satu orkestra seperti musik, tetapi jika tidak ada kerjasama yang baik dalam bertepuk tangan, pastilah hanya sekedar tepuk tangan, dan menjadi suatu musik yang indah dengan irama). (Orjaskes, Se-Bud) c. Setelah selesai berdinamika dengan bertepuk tangan, semua siswa diajak bertanya jawab tentang makna tepukan (intinya adalah jika ada kerjasama yang kompak dan serempak dalam bertepuk tangan, maka akan melahirkan suatu suasana yang indah, seperti sebuah musik dengan seorang dirigen yang menjadi pimpinan. (Orjaskes, BI, IPS, dan PKn) d. Menginformasikan tema yang akan dipejari bersama (Kerjasama). a. Semua siswa ditugaskan untuk membaca teks soal di halaman 69 dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang makna setiap soal. b. Setelah siswa memahami makna soal dilanjutkan dengan mengerjakan soal tersebut secara mandiri. Setelah selesai mengerjakan soal tersebut semua hasil pekerjaan dikumpulkan. c. Dilanjutkan dengan membagikan semua hasil pekerjaan mandiri tersebut secara silang untuk kemudian diperiksa bersama-sama dengan komando guru.

2.

Kegiatan Inti

Tematik 3A

d. Dan ditugaskan untuk e. f. g. jawaban yang benar. h.

Berikutnya siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya. mengerjakan soal di halaman 70 dan 71. Setiap kelompok mempresentasikan jawabannya. Semua siswa mencatat jawaban yang benar. Guru memberikan penjelasan bagaimana cara mengerjakan dan Lakukanlah Budi Pekerti berikut:

• •

Hargailah pendapat teman, karena dengan demikian kalian akan dihargai juga dan kamu akan dapat bekerjasama dengan orang itu. Jangan membiasakan diri mencela pekerjaan orang lain.

3. Kegiatan Akhir/Penutup

a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. 2. 3.

Gambar tentang ibu memasukan kue dalam kotak. Gambar lingkungan sekolah yang sedang mengadakan peringatan.

Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, SeniBudaya dan Keterampilan, IPS dan Agama) 4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama)

V. PENILAIAN
1. 3. 4. 5. 6. 7.

2.

Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan. tingkah laku (pengamatan). produk. portofolio. tertulis obyektif. tertulis subyektif. unjuk kerja.

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

Tematik 3A

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : KERJASAMA : 3 (Tiga) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

 Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.  Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat. (PKn)
 Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

 Melakukan operasi hitung campuran. (Matematika)
 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

 Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenal diri sendiri. (Seni-Budaya dan
Keterampilan: Rupa)

 Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia:
Mendengarkan)

 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)

 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.

 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati
akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka. (IPA)

 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. (IPS)  Mempraktekan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya. (Orjaskes)

II. INDIKATOR
Mengenal aturan kerjasama di lingkungan masyarakat. (PKn)  Mengidentifikasi bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.  Melaksanakan kerjasama di lingkungan masyarakat sekitar.

 Menghitung dengan perkalian angka 1 sampai 10. (Matematika)
     Menghitung dengan perkalian sebagai penjumlahan berulang. Memecahkan masalah hitungan melalui soal cerita. Menghitung dengan pembagian. Melakukan operasi hitung campuran. Menghitung perkalian dengan cara bersusun pendek dan panjang.

Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai kerja bakti. (Seni-Budaya dan Keterampilan)  Menyanyikan lagu wajib.  Memainkan lagu dengan alat musik sederhana.


runtut   

Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia) Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Memahami teks dengan membaca nyaring dan membaca intensif. Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman.

Tematik 3A

Membaca nyaring isi teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pembakaran. (IPA) Mendeskripsikan perubahan sifat benda akibat pemanasan. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di rumah. (IPS) Melakukan kerjasama di rumah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di rumah. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat. Melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat. Mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama di sekolah. Melakukan kerjasama di sekolah. Mendeskripsikan tujuan melakukan kerjasama di sekolah.



       

Mempraktekkan kombinasi berbagai gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)

III. LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. b. Mengajak siswa menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu dan sesuai dengan not yang ada. (Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan) c. Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab syair lagu, dan dikaitkan dengan sikap kerjasama. (Orjaskes, BI, IPS, dan PKn) d. Menginformasikan tema yang akan dipejari bersama (Kerjasama).

2. Kegiatan Inti

a. Membagi kelompok menjadi 4. b. Setelah terbagi dalam kelompok, semua kelompok diminta untuk berkumpul menjadi satu lingkaran kecil (di dalam kelas). c. Semua kelompok akan menyanyikan lagu “Halo-Halo Bandung” lagi dengan penuh semangat. Setelah satu kali menyanyi, berhenti. d. Guru memberi komando kapan mulai menyanyi untuk kelompoknya sendiri. Dengan lagu yang sama, tetapi saat mulai menyanyi tidak sama. Kelompok 1 memulai menyanyi. Setelah masuk pada baris kedua, kelompok 2 mulai menyanyi, setelah kelompok 2 masuk pada baris kedua, lanjut kelompok 3 mulai menyanyi dan terakhir kelompok 4 akan menyanyi juga setelah kelompok 3 sudah masuk pada baris kedua. Untuk lebih semarak dalam menyanyikan lagu, dapat menunjuk beberapa siswa menggunakan alat musik sederhana. e. Jika masing-masing kelompok dapat bekerjasama dengan baik, konsentrasi, tidak terganggu oleh suara dari kelompok yang lain, maka akan dapat mempertahankan syair dan lagu dengan baik dan benar. f. Permainan berhenti setelah beberapa menit dan siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. g. Bertanya jawab tentang makna kegiatan tersebut. h. Guru memberikan penjelasan bagaimana seharusnya bersikap dalam kelompok. i. Siswa diajak keluar kelas untuk mendemontrasikan sikap kerjasama yang baik dengan bermain ”Ayo Bermain Bakiak” langkah-langkah:

• Siapkan bakiak panjang. Satu bakiak dapat dipakai untuk 3 anak. • Membagi kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 anak (dua kelompok kecil). • Semua siswa siap berada di atas bakiaknya. • Juri memberikan aba-aba ”Mulai”. • Dengan memakai bakiak, siswa akan berlomba berjalan cepat menuju finish. Siapa yang

dapat mencapai finish terlebih dulu akan menjadi pemenangnya. j. Setelah selesai bermain, semua kembali ke dalam kelas dan berdiskusi makna permainan bakiak. k. Setelah semua selesai dan lelahnya hilang, dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya, semua siswa masing-masing duduk di kursinya sendiri-sendiri. l. Semua siswa secara mandiri ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 75 dan 76. m. PR menugaskan semua siswa untuk menggambar suasana kerja bakti (boleh mencontoh gambar yang ada), dan beri warna serta dimana posisimu dalam kegiatan itu (halaman 73).

3. Kegiatan Akhir/Penutup

  

Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan

hasil klarifikasi. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

Tematik 3A

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.

2. 3. 4. 5.

Alat musik sederhana (suling, pianika, gendang dsb.) Bakiak. Suasana kerja bakti. Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, SeniBudaya dan Keterampilan, IPS dan Agama). Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama). Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian lisan. tingkah laku (pengamatan). produk. portofolio. tertulis obyektif. tertulis subyektif. unjuk kerja.

V. PENILAIAN
1. 3. 4. 5. 6. 7.

2.

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

Tematik 3A

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->