P. 1
5. Persatuan Dan Kesatuan 3a

5. Persatuan Dan Kesatuan 3a

|Views: 6,252|Likes:
Published by aen162

More info:

Published by: aen162 on May 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2012

pdf

text

original

JARINGAN KD/INDIKATOR

BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. Membaca: - Menceritakan isi dongeng yang dibaca. - Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif - Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat Berbicara: - Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Menulis: Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memeperhatikan penggunaan ejaan. • Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.

AGAMA
Yang sifatnya tata krama , akhlak mulia, dan budi pekerti luhur.

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

• • •

Menceritakan pengaruh peristiwa yang terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan). Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri


• • • • •

Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. Membuat ringkasan cerita secara lisan dan tertulis. Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar. Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh. Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks. Menyebutkan tokoh sesuai dengan teks cerita.

SENI-BUDAYA DAN KETERAMPILAN

ORJASKES
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah. Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan. aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.

PERSATUAN DAN KESATUAN

Rupa: Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan. Musik: - Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana. - Menjelaskan simbol tempo dalam lagu. Tari: Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan.

Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.

Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Mengenal pentingnya memiliki harga diri. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

ILMU PENGETAHUAN ALAM
MATEMATIKA
Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam). Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.

• •

Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.

• •

Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai seperempat jam pada jarum jam.

Membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital (12 jam) misalnya pukul 12.30. • Memecahkan soal kontekstual dengan

Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan. Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. • Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan. • Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan. • Menceritakan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.

Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat.

Tematik 3A

1

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI KELAS 3 TEMA: PERSATUAN DAN KESATUAN
KOMPETENSI DASAR 1 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN  Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.  Mengamalkan nilainilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan seharihari.  Mengenal pentingnya memiliki harga diri.  Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. INDIKATOR 3 KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS WAKTU 5 SARANA DAN SUMBER 6 PENILAIAN 7

    

Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa. Menyebutkan teks sumpah pemuda. Menjelaskan makna teks sumpah pemuda. Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

 Mengamati gambar-gambar orang yang
sedang melakukan kegiatan bersamasama yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.

     

Bertanya jawab membahas makna persatuan dan kesatuan. Membaca teks sumpah pemuda. Berdiskusi untuk mengidentifikasi makna sumpah pemuda. Menjelaskan intisari makna sumpah pemuda dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Menceritakan sikap perilaku yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan. Melaksanakan nilai-nilai persatuan dan kesatuan sebagai dampak dari pemahaman nilai sumpah pemuda.

Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.

      

Penilaian tingkah laku Penilaian tetulis obyektif Penilaian tertulis subyektif Penilaian lisan Penilaian unjuk kerja Penilaian portofolio Penilaian produk

Bahan ajar/buku siswa pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas III.

Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika, SeniBudaya dan

Tematik 3A

2

MATEMATIKA

 Memilih alat ukur

dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam). ukur dalam pemecahan masalah.

 Menggunakan alat

 Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai seperempat jam pada jarum jam.  Membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital (12 jam) misalnya pukul 12.30.  Melakukan pengamatan dan pengukuran dengan menggunakan alat.  Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara.

 Mengamati gambar-gambar
alat ukur.

tentang alat ukuran waktu, panjang, tinggi dsb.

Keterampilan dan Orjaskes.

 Bertanya jawab tentang penggunaan  Mempraktekkan cara mengukur dengan
menggunakan berbagai alat. angka digital.

 Membaca tanda waktu dalam bentuk  Membaca tanda waktu jam, setengah  Menerapkan pengukuran dalam
kehidupan sehari-hari dengan taat asas. jam sampai seperempat jam pada jarum jam.

 Melakukan pengamatan dan pengukuran
dengan menggunakan alat.

 Menuliskan hasil pengukuran.
SENI-BUDAYA DAN KETERAMPILAN Rupa: Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan. Musik:  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

 Menyanyikan lagu anak-anak
dengan syair yang benar.

 Menyanyikan lagu anak-anak dengan
syair yang benar.

 Menyanyikan lagu dengan gaya
yang sesuai dengan syair.

 Menyanyikan lagu dengan gaya yang
sesuai dengan syair.  Melakukan tarian pendek secara berkelompok.

 Menyanyikan lagu wajib dengan
syair yang benar.

 Menyiapkan tarian pendek
bertema.  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan.

Menjelaskan simbol tempo dalam lagu. Tari: Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan. KOMPETENSI DASAR 1 INDIKATOR 3 KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS WAKTU 5 SARANA DAN SUMBER 6 PENILAIAN 7

Tematik 3A

3

BAHASA INDONESIA Mendengarkan: Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. Membaca:  Menceritakan isi dongeng yang dibaca.  Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif  Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat Berbicara:

 Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut.

 Mengamati gambar dalam teks.  Bertanya jawab tentang makna
gambar, menurut persepsi siswa.

 Memberi tanggapan dengan
mengemukakan pendapat.  Membuat ringkasan cerita secara lisan dan tertulis.  Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar.  Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh.  Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks.  Menyebutkan tokoh sesuai dengan teks cerita.  Menceritakan kembali isi dongeng yang dibaca dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.  Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.  Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis.

 Menugaskan beberapa siswa secara
bergantian membaca teks dengan suara yang nyaring serta dengan lafal dan intonasi yang benar.

Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.

      

Penilaian tingkah laku Penilaian tetulis obyektif Penilaian tertulis subyektif Penilaian lisan Penilaian unjuk kerja Penilaian portofolio Penilaian produk

 Membaca dongeng ”Lomba Lari Siput
dan Kancil” dengan intensif.

 Bertanya jawab tentang pemahaman
teks(memahami isi teks/dongeng).

Bahan ajar/buku siswa pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas III.

Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Menulis: Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memeperhatikan penggunaan ejaan.

Menceritakan kembali cerita Lomba Lari Siput dengan Kancil dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Menyebutkan tokoh sesuai dengan teks cerita Menyimak isi tulisan dalam wacana. Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks. Menulis ringkasan teks dalam beberapa kalimat menggunakan katakata sendiri.

   

Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika, SeniBudaya dan Keterampilan dan Orjaskes.

Tematik 3A

4

KOMPETENSI DASAR 1

INDIKATOR 3

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALKS WAKTU 5

SARANA DAN SUMBER 6

PENILAIAN 7

Tematik 3A

5

ILMU PENGETAHUAN ALAM  Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.

 Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan.  Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.  Menceritakan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.  Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat.  Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan sumber.  Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.  Mencari kemungkinan pemecahan masalah.

 Mengamati gambar-gambar dalam
buku/papan tulis.

 Bertanya jawab tentang gambar.  Mengidentifikasi kegiatan sehari-hari.  Mendiskusikan sesuatu yang didengar
atau dilihat.  Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan.  Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan.  Menceritakan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.

Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orjaskes, IPA, Matematika , PKn, Seni-Budaya dan Keterampilan.

      

Penilaian tingkah laku Penilaian tetulis obyektif Penilaian tertulis subyektif Penilaian lisan Penilaian unjuk kerja Penilaian portofolio Penilaian produk

Bahan ajar/buku siswa pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas III.

 Menyusun informasi sains dengan  Mengidentifikasi

menggunakan sarana dan sumber. masalah yang ditemukan dalam kehidupan seharihari.

Buku bahan ajar lain yang relevan untuk mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika, SeniBudaya dan Keterampilan dan Orjaskes.

Tematik 3A

6

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.  Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan). Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga. Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan. Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat. Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan persatuan.

   

Mengamati gambar lingkungan sekitar. Memberikan makna dikaitkan dengan nilai persatuan dan kesatuan. Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan). Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Mendiskusikan nilai persatuan dan kesatuan. Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga. Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan. Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat. Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan persatuan.

  

     

 

Tematik 3A

7

KOMPETENSI DASAR 1 ORJASKES

INDIKATOR 3

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALKS WAKTU 5

SARANA DAN SUMBER 6  Standar Isi 2006 SD mata pelajaran Agama, IPS, Bahasa Indonesia, Orkes, IPA, Matematika , PKn,SeniBudaya dan Keterampilan  Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan Pende katan Tematik Kelas III.  Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama, IPS, Bhs Indonesia, IPA, PKn Matematika, Seni Budaya dan Orjaskes

PENILAIAN 7  Penilaian Tingkah Laku  Penilaian Tetulis Obyektif  Penilaian Tertulis Subyektif  Penilaian Lisan  Penilaian Unjuk kerja  Penilaian Portofolio  Penilaian Produk

Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah. Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.

 Menjaga keselamatan

diri sendiri dan orang lain dalam melakukan aktivitas. lokomotor dengan tepat. bermain.

 Melakukan berbagai gerak lokomotor
dengan tepat.

 Melakukan berbagai gerak  Mengendalikan emosi selama

 Mengendalikan emosi selama bermain.

Tematik 3A

8

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : PERSATUAN DAN KESATUAN : 3 (Tiga)/2 (dua) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.


 

Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. (PKn) Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam). (Matematika) Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah


  

Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik) Menjelaskan simbol tempo dalam lagu. Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan)  Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif.  Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Bahasa Indonesia: Berbicara)  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

 

Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis) Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.


Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS) Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah. (Orjaskes)

II. INDIKATOR

 

Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn) Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa. Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)

 
     

Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair. Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut. (Bahasa Indonesia) Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. Membuat ringkasan cerita secara lisan dan tertulis. Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar. Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh. Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis. Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA) Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mencari kemungkinan pemecahan masalah.


 


Menceritakan pengaruh peristiwa yang terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. (IPS)  Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia.  Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan. Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga. Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam melakukan aktivitas. (Orjaskes) Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat. Mengendalikan emosi selama bermain.


 

III. LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a.Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Tematik 3A

9

b.Bertanya jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi di rumah dikaitkan dengan Persatuan dan Kesatuan. c. Mengajak siswa menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud) d.Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dikaitkan dengan Persatuan dan Kesatuan yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn) e.Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan dan Kesatuan).

2.

Kegiatan Inti
a. Menayangkan gambar peperangan di buku halaman 98. b. Bertanya jawab tentang makna gambar, menurut persepsi siswa. c. Menugaskan beberapa siswa secara bergantian membaca teks ”Bersatu Kita Teguh” dengan suara yang nyaring serta dengan lafal dan intonasi yang benar. d. Bertanya jawab tentang pemahaman teks dan membahas pentingnya persatuan dan kesatuan. e. Mengajak siswa mendemontrasikan kuatnya sebuah persatuan dengan ”lidi”. f. Memanggil seorang 4 siswa ke depan kelas dan secara bergantian memperagakan mematahkan lidi.

   

Seorang siswa pertama diminta mematahkan sebuah lidi (pastilah dengan mudah akan menjadi patah). Siswa kedua diminta mematahkan 4 batang lidi (agak sulit, meskipun kalau dengan kekuatan yang besar akan dapat patah juga). Siswa ketiga diminta mematahkan 10 batang lidi (lebih sulit lagi, dan tidak bisa dipatahkan). Siswa keempat diminta mematahkan 40 batang lidi (tidak bisa dipatahkan meskipun dengan tenaga yang sedemikian kuatnya dan dilakukan 4 anak secara bersamaan). g. Demontrasi itu merupakan satu bukti bahwa jika hanya sendirian pasti akan lemah untuk melawa musuh. Tetapi jika banyak orang bersatu pasti akan menjadi sangat kuat. Apalagi jika seluruh Indonesia bersatu. h. Guru menerangkan bagaimana cara memenggal kata dalam bahasa Indonesia.  Pemenggalan kata dasar  Pemenggalan kata berawalan  Pemenggalan kata berakhiran i. Semua siswa ditugaskan untuk menulis secara individu bagaimana cara memenggal kata (halaman 99):


zaman terwujud tutuplah kesatuan

  

membacakan j. Memberikan tugas PR untuk menulis ulang kata-kata: satu, bersatu, persatuan, kesatuan. Dan bertanya arti dari kata-kata tersebut kepada ayah atau ibu dan cara pemenggalan kata. k. Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:

    

Kedamaian akan membuat hidup menjadi lebih indah. Kerukunan akan dapat menciptakan kedamaian. Pertengkaran akan meninbulkan perpecahan. Janganlah bertengkar. Rukunlah dengan semua orang.

3. Kegiatan Akhir/Penutup

a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1.

Gambar-gambar tentang pertempuran melawan musuh (atau gambar lain yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan). 2. Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, SeniBudaya dan Keterampilan, IPS dan Agama) 3. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama) V. PENILAIAN

1. 2. 3. 4.

Penilaian lisan Penilaian tingkah laku (pengamatan) Penilaian produk Penilaian portofolio

Tematik 3A

10

5. 6. 7.

Penilaian tertulis obyektif Penilaian tertulis subyektif Penilaian unjuk kerja

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 3 dan 4 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : PERSATUAN DAN KESATUAN : 3 (Tiga)/2 (dua) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.


 

Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. (PKn) Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam). (Matematika) Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.

    
 

Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menjelaskan symbol tempo dalam lagu. Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan) Menceritakan isi dongeng yang dibaca. (Bahasa Indonesia: Membaca) Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif. Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Bahasa Indonesia: Berbicara)  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

 

Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis) Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.

Tematik 3A

11


Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS) Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)  Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.  Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.

II. INDIKATOR


 

Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn) Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa. Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)

Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.  Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.


        

Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut. (Bahasa Indonesia) Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. Membuat ringkasan cerita secara lisan dan tertulis. Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar. Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh. Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks. Menyebutkan tokoh sesuai dengan teks cerita. Menceritakan kembali isi dongeng yang dibaca dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat. Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis. Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA) Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mencari kemungkinan pemecahan masalah.


 

Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. (IPS)  Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan).  Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia.  Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga.  Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan.


Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat. (Orjaskes) Mengendalikan emosi selama bermain.

III.

LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. b. Mengajak siswa berdinamika “bertepuk tangan kompak” sambil menggerakkan tangan yang sesuai. (Orjaskes, Se-Bud) c. Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan dan Kesatuan). a. Bertanya jawab tentang PR yang ditugaskan pada hari kemarin. b. Mengajak semua siswa menyanyikan lagu ”Dari Sabang sampai Merauke” sambil sekaligus membentuk kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 8 siswa. c. Setiap kelompok membuat lingkaran kecil (8 siswa) dan setiap kelompok menetapkan lagu (boleh daerah bisa juga lagu wajib yang mudah bagi kelompoknya, diusahakan setiap kelompok lagunya tidak sama). d. Setelah memiliki lagu, setiap kelompok dan menyanyikan lagunya sendiri, dan kelompok lainnya juga menyanyikan lagunya sendiri bersama-sama. Apabila rasa persatuannya kuat dan kompak, maka pasti akan dapat menyanyikan lagu dengan baik. Tetapi jika persatuan dan kekuatannya tidak kuat, pastilah tidak akan dapat menyanyikan lagu dengan baik. Oleh karena itu kelompok harus tetap kompak dan bersatu. e. Setelah selesai menyanyikan lagu, kembali menyanyi lagu Dari Sabang sampai Merauke sambil kembali ke tempat duduk masing-masing. f. Bertanya jawab membahas makna permainan yang baru saja dilakukan. Dan apa hubungannya dengan persatuan dan kesatuan. g. Semua siswa menuliskan makna persatuan dan kesatuan dan dikumpulkan kepada guru. h. Setelah semua mengumpulkan, dilanjutkan dengan menugaskan semua siswa untuk membaca teks ”Lomba Lari Siput dan Kancil” dengan intensif (halaman 100). i. Bertanya jawab tentang pemahaman siswa terhadap isi pokok cerita dalam teks

2. Kegiatan Inti

Tematik 3A

12

j. Memanggil siswa untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan kembali cerita Lomba Lari Siput dengan Kancil dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Dengan menggunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai dengan isi cerita/dongeng. k. Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal dibawah ini:

  
3.

Sebagai siswa yang baik tidak boleh bertengkar. Dimanapun kita berada harus mencari teman sebanyak-banyaknya. Tidak boleh bermusuhan dengan siapapun dan harus saling memaafkan.

Kegiatan Akhir/Penutup

a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar) c. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1.
2.

Gambar tentang Kancil lomba dengan siput. Lagu-lagu wajib dan lagu daerah. 3. Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, BudayaKeterampilan, IPS dan agama). 4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, BuKeterampilan, IPS dan agama).

V. PENILAIAN
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan tingkah laku (pengamatan) produk portofolio tertulis obyektif tertulis subyektif unjuk kerja

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 5 dan 6 TEMA KELAS /SEMESTER : PERSATUAN DAN KESATUAN : 3 (Tiga)/2 (dua)

Tematik 3A

13

WAKTU

: 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.


Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. (PKn) Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Mengenal pentingnya memiliki harga diri. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah. (Matematika)

          

Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik) Menjelaskan simbol tempo dalam lagu. Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Tari) Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan) Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Bahasa Indonesia: Berbicara) Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memeperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis) Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan. (IPA)  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS) Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)  Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.  Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.

II. INDIKATOR


   

Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn) Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa. Menyebutkan teks sumpah pemuda. Menjelaskan makna teks sumpah pemuda. Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)

 

Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair.  Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.

 
  

Menyiapkan tarian pendek bertema. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Tari)

Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. (Bahasa Indonesia) Membuat ringkasan cerita secara lisan dan tertulis. Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar. Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh. Menuliskan pokok-pokok pikiran dalam teks.. Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis. Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA) Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mencari kemungkinan pemecahan masalah.


 


 

Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. (IPS)  Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan).  Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia.  Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga.  Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan.


 

Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam melakukan aktivitas. (Orjaskes) Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat. Mengendalikan emosi selama bermain.

III.

LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

Tematik 3A

14

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masingmasing. b. Mengajak siswa menyanyikan lagu “Hari Merdeka” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud) c. Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan dengan perastuan dan kesatuan. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn) d. Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan dan Kesatuan).

2.

Kegiatan Inti

a. Brain storming tentang makna persatuan dan kesatuan, manfaat dan tujuannya. b. Siswa dikelompokkan dengan menghitung 1 sampai 5 sampai seluruh siswa sekelas mempunyai nomor. c. Siswa dengan nomor satu berkumpul dengan yang nomor sama, yang nomor dua dengan nomor dua, demikian seterusnya sampai yang nomor lima dengan yang nomor lima. d. Setelah berkumpul, apabila jumlah siswa di dalam kelas ada 40, maka akan terbentuk 5 kelompok yang jumlah anggotanya ada 8 anak. e. Setelah semua kelompok sudah berkumpul, guru menugaskan untuk bermain “Menari Kompak” (hal 115). f. Setelah itu berdiskusi tentang makna permainan tersebut. g. Setelah selesai bermain, setiap kelompok bergantian maju ke depan kelas untuk membacakan teks “Sumpah Pemuda”. h. Dilanjutkan dengan menulis makna sumpah pemuda, dan satu siswa menulis di papan tulis. i. Setelah selesai membaca Sumpah Pemuda, siswa ditugaskan untuk membaca wacana di halaman 103. j. Semua kembali ke tempat duduknya, lalu menulis makna teks sumpah pemuda dan inti wacana di halaman 103, kemudian dikumpulkan kepada guru. k. Ayo Berbudi Pekerti! Lakukanlah hal-hal di bawah ini:

    
3.

Kedamaian akan membuat hidup menjadi lebih indah. Kerukunan akan dapat menciptakan kedamaian. Pertengkaran akan meninbulkan perpecahan. Janganlah bertengkar. Rukunlah dengan semua orang.

Kegiatan Akhir/Penutup

a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. Teks Sumpah Pemuda. 2. Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama). 3. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Bu-Keterampilan, IPS dan agama).

V. PENILAIAN
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan tingkah laku (pengamatan) produk portofolio tertulis obyektif tertulis subyektif unjuk kerja

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

Tematik 3A

15

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 7 dan 8 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : PERSATUAN DAN KESATUAN : 3 (Tiga)/2 (dua) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.


  

Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. (PKn) Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Mengenal pentingnya memiliki harga diri. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam). (Matematika) Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah


   

Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik) Menjelaskan simbol tempo dalam lagu. Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan) Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Bahasa Indonesia: Berbicara)  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

 

Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis) Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.


Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS) Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)  Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.  Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.

II. INDIKATOR

Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn)

Tematik 3A

16

    

Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa. Menyebutkan teks sumpah pemuda. Menjelaskan makna teks sumpah pemuda. Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)

 
 

Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair. Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut. (Bahasa Indonesia) Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh. Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. (IPA) Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan sumber. Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mencari kemungkinan pemecahan masalah.


  

Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. (IPS)  Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan).  Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia.  Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga.  Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan.  Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat. Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan persatuan. Mengendalikan emosi selama bermain. (Orjaskes) Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat.


III.

LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masingmasing. b. Mengajak siswa menyanyikan lagu ”Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud) c. Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan dan Kesatuan). a. Teks Sumpah Pemuda ditulis di papan tulis atau di kertas manila dan ditempel terus di dinding tembok kelas. b. Semua siswa diajak mengamati gambar pulau-pulau di Indonesia dan bersama-sama mengidentifikasi keadaan kekayaan Negara Indonesia sebagai Negara Kepulauan.  kekayaannya  keindahannya  kesuburannya  kemakmurannya semua itu membuat negara-negara lain pada jaman dulu bahkan sampai sekarang ingin menjajah Indonesia. c. Bagaimana caranya supaya kita tidak dijajah lagi oleh bangsa lain. d. Guru menceritakan sekilas kekejaman para penjajah (Portugis, Belanda, Jepang) yang sangat kejam dan menghabiskan kekayaan negara Indonesia untuk di bawa ke negaranya. e. Guru memotivasi siswa untuk bangga terhadap bangsa Indonesia yang kaya serta dapat berjuang untuk mengusir penjajah dengan persatuan dan kesatuannya. f. Siswa dikelompokkan dengan anggota 4 – 5 anak membahas Ajang Pendapat di halaman 104. g. Setiap kelompok membuat perencanaan kegiatan (ada 4 contoh kegiatan yang dapat dilakukan dan dipilih). h. Perencanaan kelompok dapat berupa hal-hal di bawah ini (untuk bahan diskusi).

2.

Kegiatan Inti

Tematik 3A

17

No. Kegiatan Perencanaan Penanggung jawab/petugas Contoh : Rekreasi ke Kebun Apel dilaksanakan tanggal: ............................... 1. Rute • . Perjalanan • . 2. Dokumentasi • . • . 3. Konsumsi • . • . 4. Transportasi • . • . 5. Kesehatan • . • . 6. Konsumsi • . • . 7. Peralatan • . lain • . 8. Penyusunan laporan dsb i. Setelah semua perencanaan sudah jadi, dikumpulkan kepada guru untuk dikoordinasikan dengan sekolah bahwa ada perencanaan siswa sebagaimana tersebut dalam hasil diskusi . j. Siswa masih dalam kelompoknya kegiatan dilanjutkan dengan mengamati 3 gambar di halaman 105 (dibuat salinannya, kemudian diperbesar dan ditempel di papan tulis). k. Semua kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan gambar-gambar itu, mana yang mencerminkan nilai luhur Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari dengan bahan diskusi:

  

Mengapa perlu meresapi nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan kita sehari-hari? Apa yang terjadi apabila kita hidup tanpa orang lain (menyendiri) bisakah kita sendiri? Apa yang dapat kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa? Bagaimana cara kita untuk menunjukan bahwa kita bangga menjadi anak Indonesia? l. Hasil diskusi kelompok ditulis dan dilaporkan kepada guru. m. PR (dikerjakan di luar kelas/di rumah) buatlah puisi yang menggambarkan kekayaan/kesuburan/keindahan bangga Indonesia dan sikap persatuan. n. Mengajak semua siswa untuk berbudi pekerti. Lakukanlah hal-hal berikut:

  
3.
a.

Kita harus memperlakukan teman sebagai saudara sendiri. Rukun dengan siapa saja. Tidak hobi bertengkar.

Kegiatan Akhir/Penutup

b. c.

Sebelum diakhiri, mengajak semua siswa berdinamika: siap di tempat duduk, tangan di paha, komando jalan di tempat, tidak pakai kaki, tetapi menggunakan kedua telapak tangan yang ditepukkan ke paha seperti orang sedang berjalan, bergantian kiri dan kanan. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). d. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhir pelajaran.

IV.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. 2.

Gambar-gambar tentang kegiatan yang menggambarkan persatuan.

Lingkungan sekitar. 3. Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, BudayaKeterampilan, IPS dan agama). 4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, BuKeterampilan, IPS dan agama).

V. PENILAIAN
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan tingkah laku (pengamatan) produk portofolio tertulis obyektif tertulis subyektif unjuk kerja

Tematik 3A

18

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

Tematik 3A

19

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 9 dan 10 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : PERSATUAN DAN KESATUAN : 3 (Tiga)/2 (dua) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.


  

Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. (PKn) Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Mengenal pentingnya memiliki harga diri. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam). (Matematika) Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah


   

Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik) Menjelaskan simbol tempo dalam lagu. Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan) Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Bahasa Indonesia: Berbicara)  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

 

Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. (IPA) Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS) Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)  Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.

II. INDIKATOR


    

Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn) Menjelaskan makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa. Menyebutkan teks sumpah pemuda. Menjelaskan makna teks sumpah pemuda. Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan perbuatan yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai seperempat jam pada jarum jam. (Matematika) Membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital (12 jam) misalnya pukul 12.30. Melakukan pengamatan dan pengukuran dengan menggunakan alat. Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara.


  

  
   

Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair. Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa) Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut. (Bahasa Indonesia) Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar. Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh. Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis. Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan. (IPA) Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan. Menceritakan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan sumber. Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mencari kemungkinan pemecahan masalah.


     

Tematik 3A

20


Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga. (IPS)  Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan.  Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat. Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan persatuan. Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. dalam melakukan aktivitas. (Orjaskes)


III.

LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masingmasing. b. Mengajak siswa menyanyikan lagu “Hari Merdeka” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud) c. Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan dengan Persatuan dan Kesatuan yang ada di lingkungan sekitar. (Orkes dan BI, IPS, PKn) d. Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan dan Kesatuan). a. Brain storming membahas tentang sifat dan kebutuhan manusia yang dapat menyebabkan pecahnya persatuan kesatuan atau bisa juga sebagai pemersatu karena orang tidak akan dapat hidup tanpa orang lain (manusia sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial). b. Guru menerangkan bahwa kebutuhan manusia itu tidak terbatas. Hal ini yang bisa menjadi penyebab tidak bersatunya manusia. Salah dalam mengukur sesuatu bisa menyebabkan pertengkaran. c. Semua siswa diajak mengamati gambar alat ukur (halaman 106 dan 107). d. Siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan mendiskusikan halhal berikut:

2.

Kegiatan Inti

h.

Harganya dsb. e. Setelah selesai, dilaporkan di depan kelas, siswa lain menanggapinya. f. Dilanjutkan dengan menugaskan semua kelompok untuk gambar di halaman 108 dan 109 dan berdiskusi lagi membahas cara membaca jam, menulis manfaatnya. g. Guru mengadakan klarifikasi untuk menyamakan persepsi tentang alat-alat ukur yang dipakai. Dilanjutkan lagi tugas berikutnya secara individu siswa ditugaskan untuk mengukur bendabenda yang ada di sekitarnya (pensil, penghapus, buku, tas dsb.) ditulis dan dilaporkan kepada guru. Tugas membuat puisi hari kemarin dibaca di depan kelas. Mengajak semua siswa untuk berbudi pekerti. Lakukanlah hal-hal berikut:

   

Nama benda/alat Kegunaan Cara menggunakan

   
3.

Kita harus memperlakukan teman sebagai saudara sendiri. Rukun dengan siapa saja. Jangan memilih-milih teman karena semua adalah saudara. Tidak hobi bertengkar.

Kegiatan Akhir/Penutup

a. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi. b. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar). c. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

IV.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. 2. 3.

Gambar-gambar tentang alat-alat ukur (timbangan, meteran, dsb). Lingkungan alam Indonesia. Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama). 4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V. PENILAIAN
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan tingkah laku (pengamatan) produk portofolio tertulis obyektif tertulis subyektif unjuk kerja

Tematik 3A

21

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 11 dan 12 TEMA KELAS /SEMESTER WAKTU : PERSATUAN DAN KESATUAN : 3 (Tiga)/2 (dua) : 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I. KOMPETENSI DASAR

Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.


 

Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. (PKn) Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Mengenal pentingnya memiliki harga diri. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Memilih alat ukur dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam). (Matematika) Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.

        

Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa) Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menjelaskan symbol tempo dalam lagu. Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Tari) Mengomentari sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. (Bahasa Indonesia: Mendengarkan) Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif. (Bahasa Indonesia: Membaca)  Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. Memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Bahasa Indonesia: Berbicara)  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. (IPA)

Tematik 3A

22

 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.


Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.(IPS) Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan keluarahan/desa.

Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin. (Orjaskes)  Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah.  Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan.

II. INDIKATOR


Menyebutkan contoh perilaku mengutamakan persatuan. (PKn) Menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara. (Matematika)

  
 

Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)  Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair. Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai rasa persatuan dan kesatuan. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Rupa) Menceritakan pengalaman tertentu menggunakan pilihan kata yang tepat dan disampaikan dengan kalimat yang runtut. (Bahasa Indonesia) Memberi tanggapan dengan mengemukakan pendapat. Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu sesuai yang didengar. Menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh-sungguh. Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis. Mengidentifikasi lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui pengamatan. (IPA) Mengemukakan pendapat tentang permasalahan topik lingkungan. Menceritakan cara memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. Mendiskusikan sesuatu yang didengar atau dilihat. Menyusun informasi sains dengan menggunakan sarana dan sumber. Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mencari kemungkinan pemecahan masalah.


 


     

Menceritakan pengaruh peristiwa yg terjadi pada masa lalu terhadap masa kini. (IPS)  Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga (misalnya bergotong royong membuat rumah, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan).  Menjelaskan kerjasama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia.  Menyimpulkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan tetangga.  Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam membina persatuan.  Menjelaskan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat. Memberi contoh pelaksanaan hak dan kewajiban individu sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengutamakan persatuan. Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. dalam melakukan aktivitas. (Orjaskes) Melakukan berbagai gerak lokomotor dengan tepat. Mengendalikan emosi selama bermain.


 

III.

LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal/Pendahuluan

a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masingmasing. b. Mengajak siswa menyanyikan lagu “Padamu Negeri” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud) c. Setelah selesai siswa diajak bertanya jawab tentang syair lagu, dan dikaitkan dengan Persatuan dan Kesatuan yang ada di keluarga. (Orjaskes, BI, IPS dan PKn) d. Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Persatuan dan Kesatuan).

2.

Kegiatan Inti

a.

Menayangkan gambar tentang kegiatan manusia yang mencerminkan persatuan (di halaman 110, 111, 112 dan bertanya jawab tentang makna gambar. b. Siswa bergantian membaca teks “Menjaga Lingkungan” siswa lain menyimak dan memperhatikan c. Bertanya jawab dan berdiskusi kelas (untuk mengukur pemahaman/kompetensi) terhadap inti bacaan:

  

Kegiatan apa yang sedang dilakukan? Siapa saja yang melakukan kegiatan itu? Siapa yang membawa makanan?

Tematik 3A

23

Bagaimana cara menjaga lingkungan sekitarmu? Semua siswa mencatat pokok-pokok pembicaraan. d. Setelah selesai berdiskusi kelas, semua siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 111 dan 112 serta menuliskan alasannya. e. Apabila sudah selesai siswa ditugaskan untuk menggambar yang maknanya persatuan dan kesatuan serta menceritakan isi gambarnya. f. Untuk menghilangkan kejenuhan siswa diajak berdinamika ”gelombang angka” (siswa yang duduk setiap deret akan berdiri kalau dikomando) misalnya:

  

Untuk apa kegiatan itu dilakukan? Bagaimana jika dilakukan tanpa orang lain (sendirian)?

  

Deretan kursi ada 5 (setiap deret ada 8 anak), maka hitungan angka adalah 1 sampai 5. Komando guru menyebut ”satu”, maka yang duduk di deretan 1 akan berdiri Komando guru menyebut ”dua”, maka yang duduk di deretan 2 akan berdiri Komando guru menyebut ”tiga”, maka yang duduk di deretan 3 akan berdiri semua. semua.

 

semua. Komando guru menyebut ”empat”, maka yang duduk di deretan 4 akan berdiri semua. g. Siswa yang berdiri sambil menirukan kata guru satu, dua, tiga dan empat sesuai dengan deret ke berapa siswa duduk. h. Setelah selesai berdinamika siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal di halaman 117. i. Mengajak semua siswa untuk berbudi pekerti. Lakukanlah hal-hal berikut:

    
3.

Kita harus memperlakukan teman sebagai saudara sendiri. Menghargai sesama. Rukun dengan siapa saja. Jangan memilih-milih teman karena semua adalah saudara. Tidak hobi bertengkar.

Kegiatan Akhir/Penutup

a. b. c. 1. 2.

Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar) Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar cara menjaga lingkungan. Lingkungan alam. 3. Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, BudayaKeterampilan, IPS dan agama). 4. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, BuKeterampilan, IPS dan agama).

V. PENILAIAN
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian Penilaian

lisan tingkah laku (pengamatan) produk portofolio tertulis obyektif tertulis subyektif unjuk kerja

Cibunar, Mengetahui, Kepala Sekolah

Juli 2011

Guru Kelas III

Tematik 3A

24

H.SYAMSURI S.Pd.I

FATAHILLAH S.Pd.I

Tematik 3A

25

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->