P. 1
Silabus Mata Kuliah Hukum Paja1

Silabus Mata Kuliah Hukum Paja1

|Views: 104|Likes:

More info:

Published by: Yoh Romando Sipayung on May 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2011

pdf

text

original

Silabus

Mata

Kuliah

Hukum

Pajak

(Khususnya

Pajak

Penghasilan)

Berdasarkan Kurikulum 2008 di Falkutas Hukum Universitas Diponegoro Semarang Mata kuliah Hukum Pajak dengan kode mata kuliah HKP 453 diberikan di Falkutas Hukum Universitas Diponegoro Semarang dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah Hukum Pajak dapat ditempuh oleh mahasiswa Falkutas Hukum Universitas Diponegoro Semarang minimal telah menempuh semester 2 dan mata kuliah tersebut ditawarkan setiap semester. Matakuliah Hukum Pajak di Falkutas Hukum Universitas Diponegoro Semarang diberikan dengan 16-19 kali pertemuan, termasuk Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Mata kuliah Hukum Pajak memiliki 7 sub bahasan, yaitu : 1. Sub pokok bahasan pertama tentang Tax Reform; 2. Sub pokok bahasan kedua tentang Pajak Penghasilan; 3. Sub pokok bahasan ketiga tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjumlahan Atas Barang Mewah; 4. Sub pokok bahasan keempat tentang Bea Materai;

5. Sub pokok bahasan kelima tentang Pajak Bumi dan Bangunan; 6. Sub pokok bahasan keenam tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan; 7. Sub pokok bahasan ketujuh tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

Khusus mengenai sub pokok bahasan Pajak Penghasilan diberikan minimal 3 kali pertemuan (mulai pertemuan keempat sampai dengan pertemuan keenam). -PTKP / PKP dan tariff pajak. Adapun topic pembahasan pada sub pokok bahasan Pajak Penghasilan adalah sebagaimana tergambar dalam tabel berikut : No. Pertemuan ke-5 penghasilan. Berdasarkan silabus tersebut di atas. maka dapat disusun Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan Tujuan Instruksional Khusus (TIK) dari pokok bahasan pajak penghasilan adalah sebagaimana tergambar pada bagan berikut : . Pertemuan Ke- Topik Bahasan -Dasar hukum pajak penghasilan. Menghitung pajak penghasilan subjek pajak 3 Pertemuan ke-6 pribadi dalam negeri. 1. Pertemuan ke-4 -Subjek dan objek pajak penghasilan -Biaya-biaya yang boleh dikurangkan dalam pajak 2.

Mahasiswa akan mampu menganalisis kebijakan dan regulasi pemerintah ------------------------------------------------------------------------------------------------------- .

3. 2. Analisis Kebijaksanaan. (Bandung: PT. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008. 6 Desember 1997). . 1990). Rochmat Soemitro. (Bandung: PT. Asas dan Dasar Perpajakan III. Sistem Perpajakan Nasional Dalam Era Ekonomi Global. Rochmat Soemitro. 1997). 1998). (Jakarta: Bumi Aksara. Abdul Solikhin. (Semarang: Badan Penerbit Undip. 4. Asas dan Dasar Perpajakan I. Tentang Pajak Penghasilan. Eresco.Adapun beberapa buku yang menjadi acuan di dalam mempelajari materi Pajak Penghasilan. Miyasto. 5. Pidato Pengukuhan Diucapkan Pada Peresmian Jabatan Guru Besar Madya Dalam Ilmu Ekonomi pada Falkutas Ekonomi Universitas Diponegoro. Refika Aditama. antara lain : 1. tentang Perubahan Keempat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->