Alat Ekskresi Pada Manusia

1. Ginjal

Ginjal itu bentuknya kayak kacang berwarna merah tua gitu deh . Ginjal itu letaknya di dalam rongga perut sebelah kiri sedangkan yang kanan adalah ruas-ruas tulang pinggang. Letak ginjal berada di sebelah kiri dan lebih tinggi daripada ginjal sebelah kanan. Dan Ginjal ini berfungsi untuk menyaring darah serta untuk mengeluarkan zat yang tidak berguna dalam tubuh dengan melalui urine. Bagian-bagian ginjal itu terdiri dari: a Kulit ginjal (korteks), yaitu lapisan bagian luar berwarna merah tua, serta banyak mengandung badan Malphigi (sel neuron) yang terdiri atas glomerulus dan simpai Bowman b. Sumsum ginjal (medula),yang terdiri atas badan berbentuk kerucut. c. Rongga ginjal (pelvis), yakni tempat penampungan urine, (tahapan pembentukan urine, yaitu reaksi filtrasi, reaksi rearsorbsi, dan reaksi ekskresi sugmentasi). Berikut ini adalah bagan proses pembentukan urine. Darah difiltrasi menjadi filtrat glomerulus (urine primer) -> reabsorbsi di tubulus kontortus proksimal men]ad\ filtrattubulus (urine sekunder) -> augmentasi di tubulu-kontortus distal -> urine. Di dalam Urine mengandung zat-zat, sebagai berikut. a. b. c. d. e. Air. Urea, asam urea, amonia yang merupakan sisa-sisa pembongkaran protein Garam mineral, terutama garam dapur. Zat warna empedu yang memberi warna kuning pada tinja dan urine. Zat-zat yang berlebihan dalam darah, misalnya obat-obatan, vitamin, enzirn.

dan hormon.

dan tugas paru-paru adalah untuk membuang karbon dioksida serta uap air yang tidak berguna bagi tubuh.2. Paru-Paru Paru-paru juga berguna sebagai alat ekskresi. .

di bawah diafragma. Letaknya itu di dalam rongga perut sebelah kanan. Hati pun mempunyai fungsi yang lain. Hati Hati adalah suatu bentuk kelenjar terbesar pada tubuh manusia. . Hati ini berfungsi mengeluarkan empedu yang disalurkan ke dalam usus dua belas jari untuk mencerna lemak. d. mengatur kadar gula dalam darah. e. menawarkan racun. membentuk protromboin dan fibrinogen membentuk urea. c. yaitu: a. f.3. b. mengubah gula menjadi gula otot atau glikogen dan tempat mengubah provitamin A menjadi vitamin A.serta berwarna merah kecokelatan. penyimpanannya.

. sedangkan Kulit jangat (dermis). kelenjar yang terdiri atas lapisan tanduk dan lapisan Malpighi. b. kelenjar minyak. dan ujung saraf. keringat. pembuluh getah bening. Kulit tersusun dari dua lapisan utama. terdapat pembuluh darah.4. kulit mengeluarkan zat sisa metabolisme berupa keringat. a. yaitu kulit ari (epidermis) dan lapisan kulit jangat (dermis). Di dalam lapisan kulit jangat. Kulit Sebagai alat ekskresi. Kulit ari {epidermis) merupakan lapisan terluar kulit yang sangat tipis. Keringat mengandung air. garam. dan urea.

.Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi 1. 2. Diabetes insipidus. yakni ditemukannya albumin dari protein di dalam urine yang disebabkan proses filtrasi yang tidak sempurna. yakni kondisi ginjal dengan kandungan gula pada urine karena gangguan hormon insulin. 3. yakni kondisi ginjal dengan produksi urine berlimpah karena ginjal kekurangan hormon antidiuretic Diabetes mellitus. Albuminuria.

ataupun kandung Gagal ginjal. Sirosis. yakni radang/pembengkakan hati. yakni adanyasuatuendapan dari garam kalsium pada rongga ginjal. dapat menyebabkan Hepatitis. 9. 6. . B. yakni penyakit hati kronis dan menyebabkan guratan pada hati sehingga hati tidak berfungsi lagi. penimbunan urea yang bersifat racun bagi tubuh. Hepatitis disebabkan oleh virus. 8. yakni gangguan ginjal karena infeksi bakteri sehingga urine masuk ke dalam darah. 5. D. Hepatitis yang umumnya menyerang kemih. Penyakit Wilson. C. Nefritis. saluran ginjal. Endapan batu ginjal mengakibatkan urine sulit keluar dan timbul rasa nyeri. yakni suatu keadaan dengan satu atau kedua ginjal yang tidak berfungsi. yakni penyakit keturunan dengan tingginya kadar tembaga dalam darah. manusia adalah hepatitis A. Kencingbatu. 7.4.