P. 1
Penatalaksanaan Filaria

Penatalaksanaan Filaria

|Views: 285|Likes:
Published by wulscribd

More info:

Published by: wulscribd on May 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2014

pdf

text

original

Penatalaksanaan

‡ Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Dietilcarbamazine (DEC) sebagai satu-satunya obat yang efektif, aman, dan relatif murah. Pengobatan dilakukan dengan pemberian DEC 6 mg/kgBB/hari selama 12 hari. Pengobatan ini dapat diulang 1 hingga 6 bulan kemudian bila perlu, atau DEC selama 2 hari per bulan (6-8 mg/kgBB/hari).

dari penelitian dikatakan obat ini masih belum optimal. Jadi untuk mengobati individu. Meski Ivermektin sangat efektif menurunkan kadar mikrofilaremia. bancrofti dengan pemberian setiap hari selama 2-3 minggu. Albendazol bersifat makrofilarisidal untuk W.‡ Obat lain yang dapat digunakan adalah Ivermektin. tampaknya tidak dapat membunuh cacing dewasa (nonmakrofilarisidal). Namun. . DEC masih digunakan.

.2-0.‡ Pada pengobatan masal DEC diberikan dengan dosis lebih rendah (6 mg/kgBB). atau dosis tunggal setiap 6 bulan atau 1 tahun.4% selama 9-12 bulan. Atau pemberian obat dilakukan seminggu sekali. dengan jangka waktu pemberian yang lebih lama untuk mencapai dosis total yang sama misalnya dalam bentuk garam DEC 0.

bancrofti.4% selama 9-12 bulan. Yang dianjurkan adalah pemberian dosis rendah jangka panjang (100 mg/minggu selama 40 minggu) atau garam DEC 0.‡ Prinsip pengobatan pada filariasis malayi hampir sama dengan pengobatan pada W. Pada filariasis malayi diberikan DEC dengan dosis 6 mg/KgBB/hari selama 6 hari. pemberian dosis standar dan dosis tunggal tidak dianjurkan. . malayi. ‡ Pengobatan filariasis timori menyerupai B. Ada kepustakaan lain yang menyebutkan bahwa DEC diberikan dengan dosis 5 mg/KgBB/hari selama 10 hari.2-0. Untuk pengobatan masal.

Hidrokel yang dirasakan terlalu berat dan mengganggu pasien dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Indikasi kosmetik. kadang kala dapat menimbulkan penyulit berupa infeksi.‡ Non farmakologi : ‡ Aspirasi cairan hidrokel tidak dianjurkan karena selain angka kekambuhannya tinggi. ‡ Beberapa indikasi untuk melakukan operasi pada hidrokel adalah: Hidrokel yang besar sehingga dapat menekan pembuluh darah. .

dilakukan: ‡ Pencucian dengan sabun dan air dua kali per hari ‡ Menaikkan tungkai yang terkena pada malam hari ‡ Ekstremitas digerakkan teratur untuk melancarkan aliran menjaga kebersihan kuku ‡ Memakai alas kaki ‡ Mengobati luka kecil dengan krim antiseptik atau antibiotik ‡ Untuk kiluria. tinggi protein.Pada ekstremitas yang terkena. diberikan terapi nutrisi rendah lemak. dengan asupan cairan tinggi dan dapat diberikan suplemen tambahan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->