P. 1
Pengertian Menstruasi

Pengertian Menstruasi

5.0

|Views: 5,321|Likes:
Published by A Hamidzz Tyaa

More info:

Published by: A Hamidzz Tyaa on May 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

Pengertian Menstruasi Menstruasi adalah perdarahan periodik pada uterus yang dimulai sekitar 14 hari setelah ovulasi Menstruasi

adalah perdarahan vagina secara berkala akibat terlepasnya lapisan endometrium uterus. Fungsi menstruasi normal merupakan hasil interaksi antara hipotalamus, hipofisis, dan ovarium dengan perubahan-perubahan terkait pada jaringan sasaran pada saluran reproduksi normal, ovarium memainkan peranan penting dalam proses ini, karena tampaknya bertanggung jawab dalam pengaturan perubahan-perubahan siklik maupun lama siklus menstruasi Siklus Menstruasi 1) Gambaran klinis menstruasi Sebagian besar wanita pertengahan usia reproduktif, perdarahan menstruasi terjadi setiap 25-35 hari dengan median panjang siklus adalah 28 hari. Wanita dengan siklus ovulatorik, selang waktu antara awal menstruasi hingga ovulasi ± fase folikular ± bervariasi lamanya. Siklus yang diamati terjadi pada wanita yang mengalami ovulasi. Selang waktu antara awal perdarahan menstruasi ± fase luteal ± relatif konstan dengan rata-rata 14 ± 2 hari pada kebanyakan wanita \(Grenspan, 1998). Pengeluaran darah menstruasi terdiri dari fragmen-fragmen kelupasan endrometrium yang bercampur dengan darah yang banyaknya tidak tentu. Biasanya darahnya cair, tetapi apabila kecepatan aliran darahnya terlalu besar, bekuan dengan berbagai ukuran sangat mungkin ditemukan. Ketidakbekuan darah menstruasi yang biasa ini disebabkan oleh suatu sistem fibrinolitik lokal yang aktif di dalam endometrium. Rata-rata banyaknya darah yang hilang pada wanita normal selama satu periode menstruasi telah ditentukan oleh beberapa kelompok peneliti, yaitu 25-60 ml. Konsentrasi Hb normal 14 gr per dl dan kandungan besi Hb 3,4 mg per g, volume darah ini mengandung 12-29 mg besi dan menggambarkan kehilangan darah yang sama dengan 0,4 sampai 1,0 mg besi untuk setiap hari siklus tersebut atau 150 sampai 400 mg per tahun (Cunningham, 1995). 2) Aspek hormonal selama siklus menstruasi Mamalia, khususnya manusia, siklus reproduksinya melibatkan berbagai organ, yaitu uterus, ovarium, vagina, dan mammae yang berlangsung dalam waktu tertentu atau adanya sinkronisasi, maka hal ini dimungkinkan adanya pengaturan, koordinasi yang disebut hormon. Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin, yang langsung dialirkan dalam peredaran darah dan mempengaruhi organ tertentu yang disebut organ target. Hormon-hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi ialah ; a) Hormon-hormon yang dihasilkan gonadotropin hipofisis : o Luteinizing Hormon (LH)

Fase ini dapat dikenali dari permukaan yang tidak rata dan dijumpai banyaknya mitosis. konsekuensinya. Fase ini merupakan bentuk transisi dan dapat dikenali dari epitel permukaan yang berbentuk torak yang tinggi. c) Fase intermenstum atau fase proliferasi Setelah luka sembuh. Fase ini endometrium kira-kira tetap tebalnya. Banyak dari steroid yang dihasilkan ini juga disekresi oleh kelenjar adrenal atau dapat dibentuk di jaringan perifer melalui pengubahan prekursor-prekursor steroid lain. terjadi pada hari ke-8 sampai hari ke-10.5 mm. terjadi penyembuhan luka akibat lepasnya endometrium. Fase proliferasi dibagi menjadi 3 tahap. dan estrogen.o Folikel Stimulating Hormon (FSH) o Prolaktin Releasing Hormon (PRH) b) Steroid ovarium Ovarium menghasilkan progestrin. Fase ini dapat dikenali dari epitel permukaan yang tipis dan adanya regenerasi epitel. akan terjadi penebalan pada endometrium dari hari ke-5 sampai hari ke-14 dari siklus menstruasi. kadar plasma dari hormonhormon ini tidak dapat langsung mencerminkan aktivitas steroidogenik dari ovarium. endometrium terlepas dari dinding uterus dengan disertai pendarahan dan lapisan yang masih utuh hanya stratum basale. Fase ini berlangsung . b) Fase pasca menstruasi atau fase regenerasie Fase ini. Fase ini berlangsung selama 3-4 hari. terjadi pada hari ke-4 sampai hari ke-7. androgen. Kondisi ini mulai sejak fase menstruasi terjadi dan berlangsung selama 4 hari. d) Fase pramenstruasi atau fase sekresi Fase ini berlangsung dari hari ke-14 sampai ke-28. o Fase proliferasi madya. yaitu : o Fase proliferasi dini. tetapi bentuk kelenjar berubah menjadi panjang berkelok-kelok dan mengeluarkan 3. o Fase proliferasi akhir. berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-14. 3) Fase-fase dalam siklus menstruasi Setiap satu siklus menstruasi terdapat 4 fase perubahan yang terjadi dalam uterus a) Fase menstruasi atau deskuamasi Fase ini.

Dua hari sebelum ovulasi. Kadar maksimal LH berkisar antara 8 dan 35 ng/ml atau setara dengan 30-40 mUI/ml. Peningkatan serum yang terus-menerus pada akhir fase folikuler akan menekan FSH dari hipofisis. Produksi estradiol dan progesteron maksimal dijumpai antara hari ke-20 dan 23 (Jacoeb. Bersamaan dengan ini dimulailah pembentukan dan pematangan korpus luteum yang disertai dengan meningkatnya kadar progesteron. Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulannya kecuali pada saat kehamilan. Kadar tersebut melebihi nilai ambang rangsang untuk pengeluaran gonadotropin pra-ovulasi. stroma endometrium berubah kearah sel-sel. menstruasi berlangsung selama 3 ± 7 hari . Saat yang sama pula. 1994). sedangkan gonadotropin mulai turun kembali. folikel yang berkembang ini menghasilkan estradiol dalam jumlah yang banyak. desidua. Menstruasi yang terjadi terus menerus setiap bulannya disebut sebagai siklus menstruasi. dibawah pengaruh sinergis kedua gonadotropin. Keadaan ini memudahkan terjadinya nidasi (Hanafiah. karena pada beberapa wanita yang tidak terjadi ovulasi tetap dijumpai suhu basal badan dan endometrium sesuai dengan fase luteal. Estradiol yang dikeluarkan terutama dari folikel yang besar yang tidak mengalami atresia. 4) Mekanisme siklus menstruasi Selama haid. Akibatnya FSH dan LH dalam serum akan meningkat dan mencapai puncaknya satu hari sebelum ovulasi. Bagian dalam sel endometrium terdapat glikogen dan kapur yang diperlukan sebagai bahan makanan untuk telur yang dibuahi. Akhir masa ini. pada fase ini endometrium lebih tipis dari fase sebelumnya karena kehilangan cairan. Terjadinya puncak LH dan FSH pada hari ke-14. terutama yang ada di seputar pembuluh-pembuluh arterial. menstruasi biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan berlangsung hingga anda menopause (biasanya terjadi sekitar usia 45 ± 55 tahun). Awal fase luteal. dan FSH antara 4-10 ng/ ml atau setara dengan 15-45 mUI/ml. pada fase ini kelenjar dalam endometrium berkembang dan menjadi lebih berkelok-kelok dan sekresi mulai mengeluarkan getah yang mengandung glikogen dan lemak. yaitu : o Fase sekresi dini. 1997). kadar estradiol mencapai 150-400 pg/ml. Normalnya. Fase sekresi dibagi dalam 2 tahap. kadar estradiol akan kembali menurun. seiring dengan pematangan korpus luteum. Sekresi progesteron terus menerus meningkat dan mencapai kadar antara 6 dan 20 ng/ml.getah yang makin lama makin nyata. maka pada saat ini folikel akan mulai pecah dan satu hari kemudian akan timbul ovulasi. juga tampak pada fase luteal dengan konsentrasi yang lebih tinggi daripada selama permulaan atau pertengahan fase folikuler. o Fase sekresi lanjut. Akan terjadi lagi peningkatan dari FSH sampai mencapai kadar 5 ng/ml (atau setara dengan 10 mUI/ml). pada hari bermulanya diambil sebagai hari pertama dari siklus yang baru. Peningkatan progesteron tersebut tidak selalu memberi arti. bahwa ovulasi telah terjadi dengan baik.

.

tindakan pembedahan atau radiologis dapat . sebuah kelenjar didalam otak melepaskan hormon yang disebut Follicle Stimulating Hormone (FSH) kedalam aliran darah sehingga membuat sel-sel telur tersebut tumbuh didalam ovarium. mencapai rahim dan pada akhirnya ³menanamkan diri´ didalam rahim. Faktor-faktor berikut dapat mempengaruhi perdarahan menstruasi Posted on March 25. Berakhirnya menstruasi. Jika pada saat ini. Hormone ini dilepas dalam jumlah banyak dan memicu terjadinya pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam ovarium menuju tuba falopi. biasanya terjadi pada usia 8-13 tahun. Hormone estrogen bekerjasama dengan hormone FSH membantu sel telur yang dominan tersebut tumbuh dan kemudian memberi signal kepada rahim agar mempersiapkan diri untuk menerima sel telur tersebut. maka endometrium akan meluruh dan terjadinya proses menstruasi berikutnya. Normalnya. disebut menarke. Ketika sel telur telah matang. Proses pelepasan ini disebut dengan ³OVULASI´. Pada permulaan siklus. sel telur tersebut akan membelah diri dan memproduksi hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) yang dapat dideteksi dengan GEATEL ®. ketika sel telur tersebut telah matang maka sel telur tersebut akan dilepaskan dari ovarium dan kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk kemudian dibuahi. sebuah hormon dilepaskan dari dalam otak yang disebut dengan Luteinizing Hormone (LH). maka sel telur tersebut memiliki kesempatan yang besar untuk dibuahi.Seorang wanita memiliki 2 ovarium dimana masing-masing menyimpan sekitar 200. Sel telur yang telah dibuahi memerlukan beberapa hari untuk berjalan menuju tuba falopi. hanya satu atau beberapa sel telur yang tumbuh setiap periode menstruasi dan sekitar hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya. merupakan fungsi fisiologis yang hanya terjadi pada primata betina. Hormone tersebut membantu pertumbuhan embrio didalam rahim. Namun demikian. Hormone estrogen tersebut juga menghasilkan lendir yang lebih banyak di vagina untuk membantu kelangsungan hidup sperma setelah berhubungan intim. Pada dasarnya menstruasi merupakan proses katabolisme dan terjadi dibawah pengaruh hormon hipofisis dan ovarium.000 hingga 400. sperma yang sehat masuk kedalam tuba falopi tersebut. Menstruasi pertama. Jika sel telur yang telah dilepaskan tersebut tidak dibuahi. Kemudian.000 telur yang belum matang/folikel (follicles). Salah satu atau beberapa sel telur kemudian tumbuh lebih cepat daripada sel telur lainnya dan menjadi dominant hingga kemudian mulai memproduksi hormon yang disebut estrogen yang dilepaskan kedalam aliran darah. normalnya terjadi pada usia 49-50 tahun. menopause. atau perdarahan periodik normal uterus. 2011 by Artikel Kedokteran Menstruasi.

menurut Eguno-Knauss. dan bila sperma bagus. Nah. Saat mencapai maturitas.menyebabkan menopause artifisial pada usia yang lebih dini. lanjut Sugi. yang disebut dengan masa subur adalah masa dimana terjadinya ovulasi pada pertengahan siklus haid. siklus menstruasi mungkin tidak teratur dan tidak dapat diperkirakan. Interval antar periode menstruasi bervariasi sesuai usia. Bagaimana menghitung masa subur? Menurut Dr. serta lingkungan. ³Jadi. Jakarta. pada kasus tertentu sperma mampu bertahan hidup selama 30 hari di dalam vagina. yaitu catatan menstruasi wanita selama setahun.3 hari setelah diovulasi. prostaglandin dan kadar enzim. lendir serviks. ³Nanti akan diperoleh angka. Sel telur akan bertahan hidup selama 1 . sementara siklus terpendek dikurangi 18. sebaiknya harus mempunyai menogram. bila pada saat masa subur. range masa subur ada di antara itu. keadaan fisik dan emosi. kualitas sperma sangat baik dan suasana di dalam vagina sangat optimal bagi sperma sehingga ia bisa bertahan hidup dalam waktu lama. ´ Untuk mengetahui range masa subur. kecuali saat hamil. Namun demikian. ³Tapi penelitian juga menunjukkan. Ini yang sering menimbulkan pertanyaan. Sp. Hasil konsepsi inilah yang kemudian akan tumbuh menjadi janin. Siklus menstruasi normal umumnya tetap setiap 28 hari. seorang wanita melakukan hubungan seks dengan suaminya.´ Pada pasangan suami-istri yang melakukan KB kalender. Fibrinolisin ini mencegah menggumpalnya darah mcnstruasi kecuali terjadi perdarahan yang berlebihan. bagaimana cara mengukurnya? Salah satunya adalah dengan menghitung siklus haid. Kesuburan merupakan kunci memperoleh momongan. sel epitel vagina dan endometrium yang terkelupas. (4) faktor-faktor lain (misal. stres atau sakit. tak semua perempuan tahu cara tepat mengukur masa subur dirinya sendiri. siklus terpanjang 35 hari (dikurangi 11=24). nggak melakukan hubungan. Keadaan ini merupakan contoh alamiah perbedaan antara menstruasi ovulatoir dan anovulatoir. siklus terpanjang lalu dikurangi 11. Prostaglandin dapat ditcmukan pada darah menstruasi. Ovulasi mengeluarkan sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi oleh sperma. siklus terpendek . spasme-dilatasi). setelah ovulasi.3 hari. kok. Misalnya. kira-kira dua per tiga wanita tnempertahankan periodisitas yang kurang lebih teratur.OG dari RS Mitra Kemayoran. hamil.´ kata Sugi. maka bisa terjadi pertemuan antara sel telur dengan sel sperma sehingga terjadi konsepsi. bersama dengan enzim dan fibrinolisin dari endometrium. si istri tahu berapa siklus haid terpendek dan terpanjangnya. (2) variabilitas sistem sarafotonom. tetapi interval 24-32 hari masih dianggap normal kecuali siklusnya sangat tidak teratur. hipofisis. status nutrisi dan psikologis yang tidak biasa). Padahal. Pada awal dan akhir masa reproduksi. dan bakteri. (3) perubahan vaskularisasi (stasis. Cairan menstruasi mengandung darah. sebagai akibat kegagalan ovulasi. Faktor-faktor berikut dapat mempengaruhi perdarahan menstruasi: (1) fluktuasi kadar hormon ovarium. dapat terbentuk bekuan darah kecil yang rapuh dan kekurangan fibrin dalam vagina karena adanya mukoprotein dan glukosa dalam keadaan basa. sementara sel sperma umumnya mampu bertahan hidup juga selama 1 . ³Nah. Sugi Suhandi Iskandar.´ Bisa jadi. ³Jadi.

³Pada hari ke-12 haid (dihitung dari hari pertama haid). berarti wanita sedang dalam masa subur.´ Akan tetapi. sehat dan siklus haid normal. Misalnya. sehingga terjadi gangguan fungsi. diletakkan di bawah lidah. maka masa suburnya adalah pada pertengahannya. 3. ³Semua harus dalam keadaan optimal. folikel diukur. Yang juga penting adalah faktor sperma yang membuahi. pada kondisi normal. suhu basal badan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan seorang wanita antara lain: 1.´ Pada wanita normal. Range-nya memang sangat lebar. Lendir begitu kental. Jika pada hari ke-12 terdapat folikel yang ukurannya hampir mencapai 18 mm (mengindikasikan waktu untuk ovulasi). Tes ini seperti tes kehamilan. masa subur biasanya terjadi 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Mengecek suhu basal badan. dan kesehatan bagian anatomis lainnya. biasanya sedang dalam masa subur. berarti wanita sedang dalam masa subur. faktor kesuburan tak hanya ditentukan oleh faktor ovarium (sel telur). Menghitung masa subur dengan menghitung siklus haid agak susah dilakukan (kurang akurat) jika siklus haid tidak teratur atau sedang menggunakan obat-obat tertentu yang bisa memengaruhi siklus haid. tapi yang diukur adalah hormon beta HCG. perhitungan siklus haid. memindai masa subur dengan menghitung siklus haid cukup akurat (90 persen lebih). Jika terjadi penurunan dan kemudian meningkat tiba-tiba. yaitu 14 hari. Adanya rasa nyeri pada perut bagian bawah (mittelschmerz) karena pecahnya folikel (sel telur yang membesar. K ingin menunda kehamilan. sedang melakukan pengobatan hormon. kalau kita renggangkan bisa mencapai lebih dari 10 cm tanpa terputus. ³Wanita sedang mengalami stres berat/penyakit kronis yang bisa mengubah pola haid. wanita sedang dalam masa subur. siap untuk ber-ovulasi) . 5. suhu basal badan diukur setiap bangun tidur. Mengukur urine untuk mengukur hormon lutein (luteinizing hormone). dan sebagainya. Dari sekian indikator. range masa subur ada di antara hari ke-7 sampai hari ke24.´ Indikator apa saja yang bisa dipakai untuk menghitung masa subur? Selain siklus haid. atau terjadi trauma yang mengenai alat-alat kandungan (meski jarang). Jika seorang wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Dengan alat termometer khusus yang skalanya lebih kecil. masa subur juga bisa diindikasikan dari: 1. rahim. Cara yang lebih advanced adalah dengan USG.misalnya 25 hari (dikurangi 18=7). juga membuat perhitungan masa subur lewat siklus haid tidak akurat. sebaiknya tidak melakukan hubungan atau memakai kondom di antara range tersebut. tetapi juga faktor tuba (saluran telur). Faktor fisik . Bila hasilnya positif. Yang harus diketahui. Perubahan lendir mulut rahim (efek spin). memeriksa lendir serviks. tapi hormon lutein yang ada di air kencing. 4.´ 2. dan tes luteinizing hormone bisa dilakukan sendiri. Nah. artinya tidak ada gangguan mens dan tidak ada penyakit-penyakit bawaan. ³Kalau kita lihat ada lendir ini.

yang diperkuat dengan pemeriksaan USG. hasil tes urine menunjukkan positif. maka kesuburan pun akan optimal. dan lain-lain. Jika fisik lemah. tentu kesuburan dan siklus hormonal akan juga optimal. sih. yakni tanda subyektif dan tanda obyektif. misalnya menderita penyakit kronis atau kondisi tubuh sedang sangat kurang. kalau asupan makanan baik. Oleh karena itu. Antioksidan diketahui memperbaiki kinerja sel. bukan cuma sel yang menunjang kesuburan (selsel kelamin) . misalnya payudara jadi lebih kencang. ³Kekurangan zat-zat tadi bisa menurunkan kesuburan. juga akan memengaruhi masa subur seseorang. Selain faktor fisik dan psikis. tidak ada penyakit. aliran darah lancar. biasanya juga akan mengalami gangguan hormonal. Tapi. Siklus haid yang terlalu pendek (polimenorhae.´ Setelah sukses menghitung masa subur. tentu juga akan memengaruhi kesuburan. di bawah 21 hari) atau siklus haid yang terlalu panjang (oligomenorhae. tanda-tanda kehamilan? ³Yang jelas jika sudah terlambat haid. tapi juga seluruh sel-sel di seluruh tubuh. (Nova) . lebih dari 35 hari) biasanya tidak menghasilkan ovulasi (unovulasi). ³Siklus haid jadi kacau. di antaranya mulut rahim menjadi lebih ungu (livide). rahim sedikit membesar. maka kini saatnya menanti kehamilan yang Anda tunggu-tunggu. tidak ada ovulasi dan sebagainya. seperti stres hebat atau depresi.Jika fisik wanita optimal. sehingga memengaruhi kesuburan. dan terkadang disertai rasa mual dan muntah. puting susu menjadi lebuh hitam. Faktor psikis Wanita yang mengalami gangguan psikis berat. Apa. 2. ³Akibatnya. Sementara tanda-tanda obyektif diketahu lewat pemeriksaan. untuk memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh sehari-hari saja tidak cukup. Terlambat bulan pada wanita usia subur harus dipikirkan kemungkinan kehamilan. Adanya penyakit tertentu. yang juga memengaruhi kesuburan seorang wanita adalah gangguan siklus haid itu sendiri. Terlalu gemuk atau terlalu kurus juga bisa memengaruhi kesuburan. konsumsi antioksidan (makanan yang mengandung vitamin E dan vitamin C tinggi) bisa membantu memacu atau mengoptimalkan kesuburan.´ kata Sugi. boro-boro untuk ovulasi. Tanda subyektif biasanya menyangkut perasaan atau apa yang dialami oleh si wanita sendiri. misalnya policystic ovarii (PCO) yang mempersulit terjadinya sel matang.´ Tanda-tanda kehamilan ada dua.

.

dibutuhkan untuk menghentikan pendarahan. Bagian tidak berdampak dari siklus berlangsung dari hari keenam sampai han ke-28 atau hari ke 30. yang diproduksi ketika pembuahan tidak berlangsung. Dimulai pada masa pubertas. dan mulainya. Apabila fertilisasi tidak terjadi. istilah Latin yang berarti "bulan". di sana tidak dibutuhkan untuk kemasan yang disuburkan. yang biasanya berlangsung 28 sampai 30 hari. Pada perempuan normal. Siklus menstruasi. Dari mana istilah menstruasi diperoleh? Kata "menstruasi" dipungut dari mensis. proses pelepasan telur. Hormon yang dinamakan progesteron. Berbagai hormon dihasilkan melalui pemicu tubuh aliran menstruasi yang biasanya dimulai kurang-lebih dua minggu setelah ovulasi. satu menstruasi sampai menstruasi yang berikutnya. seorang perempuan muda harus memeriksakan diri ke dokter. sehingga awal periode menstruasi mereka mungkin lebih lama dan menjadi lebih berat daripada yang normal. Apakah ada perbedaan antara periode menstruasi dan siklus menstruasi? Ya Periode merujuk pada waktu ketika seorang perempuan mengalami menstruasi. Apabila aliran darah sangat hebat dan berlangsung lebih lama dari 10 hari. Hari pertama dari siklus menstruasi merupakan awal periode.Bangunan ini dapat memelihara telur yang dibuahi. dan kain pembalut atau tampon sebaiknya lebih sering diganti. maka ini secara otomatis meninggalkan tubuh. dengan hari ke-28 atau ke-30 menjadi siklus terakhir hanya sebelum pendarahan berikutnya. Pada beberapa remaja putri. disebut ovulasi. sebelum mulai terjadinya ovulasi.dihasilkan cukup hormon terutama sekali satu yang disebut estrogen untuk membentuk lapisan uterus dan menyebabkan pendarahan menstruasi. Berapa sering menstruasi terjadi? Siklus menstruasi dapat terjadi kira-kira setiap 26 sampai hari.bersama-sama dengan telur yang tidak dibuahi. Terdapat beberapa perempuan yang tidak . Hari kelima atau keenam merupakan akhir dari menstruasi. satu periode mungkin berlangsung kurang dari 10 hari (4-6 hari). dimulai ketika lapisan dalam uterus (rahim) mempersiapkan dirinya untuk kemungkinan kehamilan melalui penumpukan darah dan jaringan. Umpamanya. adalah rangkaian dari peristiwa. dalam bentuk aliran darah menstruasi. ketika seorang perempuan mulai memproduksi cukup hormone tertentu ('kurir' Nimiawi yang dibawa di dalam aliran darah) yang menyebabkan mulainya aliran darah ini. Perempuan muda yang tidak segera ovulasi tidak dapat memproduksi cukup progesteron. Kata Inggris "menses" berarti periode haid".Menstruasi Apakah menstruasi itu dan mengapa terjadi? Menstruasi adalah penumpahan lapisan uterus yang terjadi setiap bulan berupa darah dan jaringan.

Tidak mungkin mengatakan bahwa suatu saat siklus menstruasi dapat dikendalikan sehingga menjadi sangat teratur. Sebagian besar perempuan muda menyebutnya sebagai "periode" mereka. perempuan mengalami menstruasi pada usia antara dua belas dan tiga belas tahun. bahkan kadang-kadang meloncat satu bulan. mereka mungkin berakhir lebih panjang dan aliran darah mungkin sedikit lebih hebat. Periode yang normal. Apabila pendarahan terjadi sebelum seorang gadis berusia sepuluh tahun. lima hari termasuk periode menstruasi yang rata-rata. maka perempuan lain dalam keluarga itu umumnya juga mengalaminya secara teratur. Beberapa periode awal dapat berlangsung secara tidak teratur.tetapi sangat tidak umum. Perempuan yang menelan pil KB mungkin mengalami menstruasi berupa bercak merah muda dan kurang dari lima hari. Berapa lama periode normal berlangsung? Berlangsung empat sampai enam hari. Kita bayangkan siklus menstrusai itu seperti jam yang perlu disetel dengan benar bagi tubuh orang tertentu.tetapi selalu terdapat perempuan yang mengalaminya pada usia lebih awal. kira-kira sebelah tahun. umpamanya. Masih ada istilah lagi istilah yang kerap diucapkan. bagaimanapun. dan beberapa di antaranya bahkan lebih dini.. Mengapa beberapa orang menyebut periode menstruasi dengan "kutukan"? Istilah "kutukan" mungkin berasal dari kenyataan bahwa mengalami periode menstruasi dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Ini dapat terjadi. Bayangkan sebuah jam kamu di rumah: meskipun ia tidak pernah menunjukkan waktu dengan 'benar" mungkin agak terlambat atau agak cepat ia iya.00 sore setiap Selasa keempat.tetap normal ketika Kamu menggunakannya. Sebagaimana dikatakan. Di lain pihak beberapa perempuan mungkin belum mengalami menstruasi sampai usia 15 tahun atau 16 tahun. tidak lebih dari tujuh hari.Mungkin membutuhkan waktu satu atau dua tahun untuk menyentel "jam menstruasi" ini dalam jadwalnya.teratur: mengalami siklus 30 hari pada suatu saat dan seterusnya mungkin mengalami siklus 40 hari. Beberapa orang mengatakan bahwa istilah itu diperoleh dari dalam Kitab Injil bahwa periodse menstruasi "dibikin" untuk Hawa sebagai bagian dari hukuman atas dosanya. Pada usia berapa biasanya menstruasi mulai? Secara khusus. Ini semua bergantung pada produksi dan pelepasan hormon. bahwa dia akan memulai haid pukul 16. ibunya harus membawanya ke dokter untuk meyakinkan bahwa mengalami menstruasi . Merupakan pengecualian ada perempuan yang sangat teratur mengalami haid setiap bulan seseorang yang dapat meramalkan. Dapat dikatakan apabila seorang ibu atau saudara perempuan mengalami periode haid secara teratur.

pada usia dini merupakan bagian dari perkembangan yang normal. Seorang perempuan yang pada usia 15 tahun belum juga mengalami haid mungkin lebih baik kalau memeriksakan diri ke dokter. .

Menstruasi dapat tertunda karena beberapa sebab: aktivitas fisik yang berat. Gizi seorang perempuan mungkin tidak mencukupi apabila berat badan rendah dibandingkan dengan tingginya. Lebih baik jika ia membicarakannya sebelum menstruasi dimulai. Apa yang harus dilakukan oleh remaja putri ketika ia mengalami menstruasi untuk pertama kali? Pertama-tama ia harus mengatakan kepada ibunya atau saudara perempuan atau teman perempuan. Beberapa perempuan mengatakan. gangguan medis. untuk masa mendatang. Seorang ahli endokrinologi (dokter yang mengambil spesialisasi dalam masalah yang berkaitan dengan sistem hormon) atau ahli genetika (seorang ilmuwan yang mengambil keahlian dalam masalah unit keturunan dasar. Sebelum masa pubertas. Secara fisik apa tandanya akan dimulainya periode menstruasi untuk yang pertama kali? Agak sulit untuk menyebutkan tanda-tanda yang menunjukkan kapan masa menstruasi yang pertama kali menjelang. Tidak kalah pentingnya. mereka merasakan bahwa sesuatu akan terjadi. Sekalipun tanda-tanda yang lain menunjukkan bahwa pubertas telah mulai. sebelum menstruasi mereka mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah atau buah dada mereka mengeras. atau perawat membahas menstruasi denganya dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk dibaca. dokter keluarga. Apakah mungkin tidak pernah mengalami haid? Perempuan yang tidak pernah mengalami periode menstruasi hampir selalu lahir dengan gangguan genetik. Apakah berat badan dan lemak mengalami perubahan dengan dimulainya masa menstruasi? Semenjak berat badan minimum diperlukan untuk persiapan tubuh bagi kehamilan yang normal. dokter anak-anak. tetapi ini pun sulit dikatakan sebagai pemberhenti yang agak ekstra menjelang menstruasi pertama. Yang lainnya mengatakan. atau keduanya. Hal ini selalu menolong untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. khromosom dan gen) biasanya dapat menemukan mengapa seorang perempuan tidak pernah mengalami periode menstruasi.atau gangguan yang diperoleh sebagai hasil dari masalah keluarga atau kerusakan dalam gen mereka. abnormal. Kamu mungkin mengatakan bahwa tubuh melindungi dirinya sendiri dengan tidak menyediakan kesempatan menstruasi bagi perempuan yang kekurangan berat badan.ibunya dapat meluangkan waktu untuk membicarakan masalah menstruasi. permulaan menstruasi mungkin menjadi tertunda. semua perempuan akan mengalami beberapa pemberhentian lendir vagina seperti biasanya. atau karena factor keturunan. berat badan kurang. syarat pertama adalah kesehatan perempuan. Setidaktidaknya. Informasi sejenis tentang masalah kesehatan hampir selalu ada .

Tampon dapat diangkat dengan mudah dens menarik benang yang menjulur ke luar beberapa inci dari vagina. dimasukkan ke dalam vagina. dan dari pabrik-pabrik yang memproduksi barang-barang kesehatan. bisa menggunakan tampon dan kain pembalut. Untuk meminimalkan kemungkinan infeksi. ia akan mengemba seperti sepon. Apakah normal merasa takut saat mengalami menstruasi pertama kali? Tentu saja. Kadang-kadang. seorang remaja biasanya memutuskan untuk menggunakan tampon karena lebih nyaman dan enak. tampon jangan dikenakan lebih lama dari enam sampai delapan jam.di perpustakaan. Ada baiknya diingat kotoran yang ke luar dalam haid pertama mungkin tak sebanyak yang dibuang dalam periode-periode berikutnya. Namun. karena petunjuk penggunaan tampon secara sehat telah dikenal luas (bacalah petunjuk penggunaannya pada pembungkusan tampon) dan bahan-bahan yang berbahaya tidak lagi digunakan. Pada usia berapa seharusnya seorang perempuan mulai menggunakan tampon? Tergantung pada kapan seorang perempuan mulai mengalami siklus menstruasi. hormon yang menghentikan aliran yang diproduksi. Tampon dimasukn dengan menggunakan aplikator atau ditekan dengan jari tangan Tampon juga berguna menahan aliran darah. tube yang berisi kapas yang lembut paniangnya sampai tiga inci. Keduanya merupakan keputusan yang sah sebagai pilihan setiap perempuan untuk diri mereka sendiri. ketika seorang remaja wanita tahu apa yang diharapkan. Pembalut yang biasanya berisi kapas yang dibungkus dengan bahan yang steril itu dilekatkan di dalam celana dalam. Tampon memiliki berbagai daya hisap. Haruskah menggunakan kain pembalut atau tampon ketika menstruasi pertama kali? Sebagian besar remaja mungkin cenderung menggunakan kain pembalut. itu pun boleh-boleh saja. dan hanya terdapat sejumlah kecil progesteron. Apabila ia memilih tampon. Hal ini karena menstruasi tanpa ovulasi. Sebuah tampon sangat tipis. Toxic shock syndrom adalah infeksi serius yang dapat disebabkan apabila sebuah tampon dikenakan terlalu lama. Bisa saja ketika kurang dari . toxic shock syndrome dewasa ini jarang terjadi. ia biasanya percaya dan tidak cemas atau takut dibandingkan seseorang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan dan membaca atau mengikuti kursus pendidikan seks. Itulah sebabnya mendapatkan informasi yang benar bermanfaat untuk meredam kerisauan yang tidak perlu. apabila seorang perempuan muda mengalami aliran darah yang agak banyak. wajar sekali menjadi risau mengenai sesuatu yang tau baru. Setelah menggunakan kain pembalut beberapa lama. Kain pembalut memiliki berbagai ukuran dan ketebalan.

Seberapa sering seharusnya seorang perempuan mengganti kain pembalut? Tergantung pada sedikit banyaknya aliran darah yang dialami. yang dapat mengambilnya dengan hati-hati. Apabila cara itu gagal. Dapatkah tampon masuk ke dalam tubuh manakala benangnya lenyap? Ada kemungkinan tampon masuk ke dalam vagina karena benang yang digunakan untuk menarik ke luar "tertelan" ke dalam. Mengapa darah menstruasi kadang-kadang berwarna merah kecokelatan? Darah berubah warna dari merah tua sampai cokelat karena darah cenderung berubah warna setelah waktu tertentu tidak tetap berwarna merah terang. Seberapa sering tampon harus diganti? Tampon seharusnya diganti setiap empat sampai enam jam. Dengan darah yang banyak. lebih higienis. kain pembalut dapat diganti setiap enam atau delapan jam. Apakah tampon dengan obat penghilang bau memberikan kebersihan lebih? Tampon dengan deodoran fungsinya sama dengan tampon yang lain. Memutuskan untuk menggunakan yang mana sepenuhnya merupakan pilihan dan kenyamanan pribadi.ia dapat meminta bantuan dokter atau perawat. Ketika darah berkurang. sebuah pembalut atau kombinasi kainpembalut dan tampon dapat dikenakan. Mana yang lebih aman. sedikit risiko terkena infeksi. mungkin para remaja mengeluarkannya dengan jari tangannya disertai dengan memijat otot-otot panggulnya untuk membantu menekan ke luar. seorang perempuan dapat mengganti kain pembalut setiap satu atau dua jam. Tampon yang tidak layak pakai dapat mendatangkan masalah. Setelah kain pembalut diKenakan di luar tubuh. Bisakah seorang perawan menggunakan tampon? Pada sebagian besar kasus tak kecuali perawan penggunaan tampon tidak merusak selaput dara. dan lebih efektif tampon atau kain pembalut? Tampon ataupun kain pembalut sama-sama aman.Tambahan deodoran tidak berbahaya dan hampir tak ada perbedaan sejauh masalah kesehatan diperhatikan.sepuluh tahun atau sebelas tahun atau usia empat belas atau lima belas tahun. danefektif apabila digunakan sebagaimana mestinya. Apabila hal ini terjadi. Infeksi dalam vagina cenderung terjadi ketika tampon tidak diganti secara teratur. tetapi tampon dapat pula digunakan begitu mulai menstruasi. Sejauh tampon digunakan menurut petunjuk yang tertera di dalam kotak pembungkus terutama mengganti sesering yang disarankan maka pemakainyaakan terhindar dari bahaya infeksi. Apabila aliran darah haid ke luar dalam jumlah yang banyak. bersih. Beberapa perempuan memilih menggunakan kain pembalut saat mereka pertama kali haid. Ini terjadi karena perubahan kimiawi di .

Beberapa perempuan mengalami kejang yang hebat. buah dada itu segera melunak setelah menstruasi berakhir. Periode ringan biasanya tidak lebih dari kain pembalut. seorang dokter bisa dikunjungi. sedang-sedang. Cairan haid itu sendiri tidak menimbulkan aroma. dan mungkin melakukan tindakan pengobatan. Seorang perempuan dapat menilai apakah cairannya itu ringan. Beberapa perempuan yang mengalami menstruasi berat sesungguhnya mengalami keguguran.sedangkan menstruasi yang berat menggunakan kain pembalut lima atau lebih. mustahil untuk memperkirakan jumlah "rata-rata"dengan ukuran tertentu. Infeksi jamur vaginal atau beberapa jenis gangguan pada alat kelamin dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap. dan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. gumpalan tertentu mungkin akibat keguguran. Apa yang menyebabkan kejang akibat menstruasi? Kejang disebabkan perubahan fisik setiap bulan di dalam tubuh yang dihubungkan dengan siklus menstruasi.Aliran darah yang banyak mungkin menjadi merah gelap.Perempuan muda yang secara tetap mengalami sakit selama menstruasi sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. memberikan dukungan emosional. ia sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. tetapi sebagian perempuan tidak merasa sakit apa-apa sehingga tidak harus membatasi aktivitasnya sehari-hari. Apabila aroma itu sangat jelas/tajam dan berlangsung setelah menstruasi. dan mereka harus meminta pertolongan dokter dan menelan obat-obat penghilang rasa sakit. atau banyak melalui jumlah kain pembalut tampon yang ia gunakan per hari. dan luka menutup karena daya menggumpal tadi. Mengapa kadang-kadang tercium bau busuk selama menstruasi? Aroma tubuh yang tidak harum bukan masalah selama menstruasi. termasuk pengaruh hormon. Mengapa kejang perut terjadi hanya pada permulaan . Bagaimanapun. Ketika berdarah karena tersayat. Apa yang menentukan jumlah darah menstruasi setiap bulan? Banyaknya darah bergantung pada beberapa hal.Cairan menstruasi sama saja sejumlah darah ini akan terbentuk ke dalam gumpalan darah. Dinding-dinding otot uterus dengan perlahan akan mengkerut untuk membantu mengeluarkan lapisan. Mengapa payudara menjadi keras sebelum dan selama menstruasi? Payudara dapat mengeras akibat meningkarnya jumlah estrogen. Apabila tercium aroma yang tidak sedap.gangguan itu dapat disembuhkan. Darah manusia yang normal cenderung menggumpal karena terdapat zat kimiawi khusus di dalam darah yang bermanfaat untuk penyembuhan. ada atau tidaknya ovulasi. pendarahan akan mengalir secara perlahan-lahan. Apabila seorang perempuan melihat bahwa gumpalan itu menjadi semakin banyak dan berbeda dari yang pernah ia saksikan sebelumnya. dan gumpalan darah itu akan menjadi banyak dan pipih. yang dapat menjelaskan masalahnya. mungkin saja telah terjadi infeksi vagina. Kadang-kadang. periode tengah biasanya menggunakan tiga. kecuali kain pembalut dibuang di suatu tempat dalam waktu yang lama atau pakaian dalam yang tidak diganti sehingga menjadi kotor.terutama ketika kesehatan tubuh normal dengan mandi secara teratur akan bisa diatasi. Apakah normal terdapat gumpalan darah? Percayalah bahwa bukanlah abnormal jika terdapat gumpalan darah dalam cairan menstruasi. tanpa pernah tahu bahwa mereka sebenarnya tengah mengandung.dalam hemoglobin. kemudian berhenti sama sekali. Dapatkah menstruasi menyebabkan seorang perempuan merasa sakit secara fisik? Tentu saja beberapa individu merasa bengkak atau kejang selama mereka menstruasi.Melakukan gerakan tubuh secara hati-hati dan mengevaluasinya biasanya dapat dilakukan untuk membantu mengurangi atau menyembuhkan setiap gangguan yang berkaitan dengan menstruasi. dan pengaruh keturunan. Kejang menstruasi biasanya terjadi pada saat permulaan menstruasi. tetapi apabila berwarna merah Jangan dan berlanjut dengan merah gelap. Pada sebagian besar kasus. dibawa oksigen di dalam darah. Kejang barangkali menyerang setiap perempuan pada usia berapa saja.ini berpangkal dari kebersihan tubuh yang kurang dijaga.

kejang perut tidak dengan sendirinya timbul bersamaan dengan munculnya periode menstruasi. atau ketika mereka berada dalam situasi yang secara potensial menegangkan. Apakah benar menstruasi menyebabkan seorang perempuan menjadi lebih emosional? Meningkatnya hormon setiap bulan mungkin dihubungkan dengan gangguan jasmaniah. nyeri punggung.kekurangan vitamin. perubahan yang tetap dalam bichemicals di dalam otak yang mempengaruhi mood. Pada saat yang sama di indung-indung telur Anda kantung diisi cairan mulai tumbuh sekitar telur sementara itu matang. sembelit. Apakah normal tidak mengalami kejang perut? Tentu saja. Masalah itu mungkin termasuk perut kembung.dan depresi. lelah. Apa pengaruh stres yang dirasakan pada masa menstruasi? Stres disebabkan oleh keteganguan mental atau fisik. PMS) adalah peristiwa teratur dari gangguangangguan tertentu sebelum menstruasiatau pada hari-hari awal terjadinya menstruasi. dan dapat menyebabkan beberapa perempuan merasa lekas marah. pusing kepala. kejang perut berkurang dan menghilang. ingin makan makanan yang manis atau asin. Langkah 1: Kelenjar pituitari rilis yang disebut FSH hormon yang merangsang. apabila mereka cekcok dengan saudara atau teman. kadang-kadang menyebabkan kesulitan atau situasi yang menyakitkan. Langkah 2: Hal ini menyebabkan kantung untuk pecah dan di Belok telur dilepaskan ke dalam tabung saluran indung telur (ini adalah ovulasi). Beberapa remaja wanita tidak pernah mengalami kejang perut.cemas.Sektar lima persen dari perempuan yang mengalami PSM disarankan untuk mengurangi kegiatan sehari-hari mereka karena mereka sangat terganggu. perut kembung atau jerawat. seperti kejang perut. Manakala jumlah aktivitas progesteron menurun menjelang akhir masa menstruasi. dan ibuprofen biasanya efektif untuk menghilangkan rasa sakit. mudah marah. rendahnya kadar gula. PMS mungkin berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon setiap bulan. murung. galak. atau bahkan kadang-kadang mereka seperti ingin menangis. atau bukan salah satunya. jerawat. penambahan berat badan.beberapa remaja yang cenderung akan mengalami kejang perut menstruasi mungkin menemukan bahwa kejang perut menjadi lebih menyusahkan apabila menjelang ujian.buah dada sakit. asma. Estrogen diproduksi di indung telur yang menceritakan rahim menebal itu lapisan. 4 langkah proses yang Anda siklus menstruasi. ia sebaiknya memeriksakan diri dokter. obat penghilang rasa sakit yang umum. Beberapa perempuan mengatakan mereka merasa "di luar kontrol" sebelum atau selama menstruasi. Bagaimana seharusnya seorang perempuan mengatasi kejang perut? Untuk kejang perut yang menengah atau ringan.menstruasi? Kejang perut seringkali terjadi saat tubuh melepaskan hormon progesterone pada awal mulainya menstruasi. Apakah sindrom pramenstruasi itu? Sindrom pramenstruasi (premenstrual syndrome. seperti aspirin. Beberapa dokter percaya bahwa PMS dialami oleh separuh dari total perempuan yang berada pada masa reproduksi. sementara yang lain kadang-kadang mengalaminya atau mengalami setiap kali datang haid. Umpamanya. Meskipun penyebab terjadinya PMS tidak diketahui jumlah teori sedang diteliti. tegang. . acetaminophen. kombinasi dari faktor-faktor itu. Apabila obat penghilang rasa sakit tidak membantu mengatasi kejang setelah dua atau lebih masa menstruasi.lesu.

Ini sekarang akan melakukan perjalanan ke tabung saluran indung telur dan menemukan rumah yang bagus di dalam rahim. Jika ini gagal terjadi dinding rahim akan rusak dan siklus Anda akan mulai lagi. Yang dibutuhkan tubuh Anda sekitar 10-14 hari untuk dewasa telur dan melepaskan itu untuk ovulasi. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan wanita ovulasi kira-kira 2 minggu setelah periode mereka. . Langkah 4: Sisa-sisa kantung mulai memproduksi progesteron yang membantu embrio melampirkan atau implan lining of uterus.Langkah 3: Telur matang maka mudah-mudahan akan menemukan jalan ke sperma dan akan menciptakan embrio.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->