MakalahSistem Digital Aplikasi Progamable Logic Control Pengaturan Bel Otomatis di Industri Pabrik Susu Semester II Tahun Akademik

2010/2011

Disusun Oleh: Ahmad Fahmi 10/301057/TK/36785 Teknik Nuklir

JurusanTeknikFisika FakultasTeknik UniversitasGadjahMada 2011

Untuk itu pendigitalan dari suatu industri menjadi sangat penting. Karakter proses yang dikendalikanoleh PLC . Ketepatan waktu juga merupakan faktor kedisiplinan yang harus diperhatikan untuk mengikuti pengdigitalan alat sehingga proses pengefisienan produksi mampu berjalan baik B. Tapi tidak dapat dipungkiri perusahaan susu luar negeri yang kaliber multinasional mampu memberi mutu yang tinggi. Kita tau bahwa Indonesia termasuk penghasil susu yang besar. tapi perusahaan luar negeri pun akan masuk dan mengurangi lahan penjualan produk. Hal itu tidak lepas dari pengefisienan dari biaya produksi yang tergolong tinggi. Kita tidak hanya bersaing dengan sesama warga negara Indonesia. dengandasar data yang bisadiprogram dalam sistem berbasismikroprosesor integral. Sehingga perlu adanya managemen baru pengolahan susu agar kualitas tetap baik dan terkontrol. Latar Belakang Tidak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini takbisalagitolakkehadiran era digitalisasidalam hidup kita termasuk dalam dunia Industri. Serta pengolahan pasca panen yang dapat ditingkatkan. Dasar teori Pengertian PLC merupakansistem yang dapatmemanipulasi. sebelumdiolah oleh PLC. danataumemonitorkeadaan proses padalaju yang amatcepat. Salah satu perusahaan yang terus bersaing adalah perusahaan susu. Salah satu jenis pengolahan pasca panen dapet berupa pengolahan produk susu menjadi produk lain seperti susu bubuk. akandiubahmenjadisinyallistrikbaik analog maupundigital. dan saat susu kurang justru malah harganya tinggi. Faktor yang penting lainnya adalah faktor ketepatan waktu karyawan. sehingga mampu menekan harga produk dan mungkin akan menaikan angka penjualan dan keuntungan. mengeksekusi. dengan populasi sapi yang besar karena kondisi alam yang mendukung. PLC menerimamasukandanmenghasilkan keluaransinyalsinyallistrikuntukmengendalikansuatusistem. Terlebih dengan tingkat persaingan global yang makin ketat. Biasanya saat produksi susu melimpah.A. harga susu justru turun.yangmerupakan data dasarnya. Dengan demikianbesaran-besaranfisikadankimia yang dikendalikan..

2. 4. ModulCatudaya. Modul I/O Gambar 2. yang .Interaksiantarmoduldalam PLC Trisen TS3000. baik darisegi aplikasi (perangkat tambahan) maupunmodulutamasistemnya. dimanasubproses tertentu akanberjalansesudah subproses sebelumnya terjadi. Modul CPU. ModulPerangkatLunak. yakni proses ituberjalan urutuntukmencapaikondisiakhir yang diharapkan.sendiri merupakan proses yang sifatnyabertahap. ModulCatuDaya (Power Supply: PS) PS memberikantegangan DC keberbagaimodul PLC lainnya selainmodultambahandengankemampuanarus total sekitar 20A sampai 50A. Dengan kata lain proses ituterdiribeberapasubproses. Istilahumum yangdigunakan untuk proses yang berwatakdemikianialah proses sekuensial (sequential process). Meskipundemikianpadaumumnyasetiap PLC (sebagaimanakomputerpribadiAnda yang cenderungmengalamistandarisasidankompatibelsatusama lain) mengandungempatbagian (piranti) berikutini: 1. 3. PirantiPenyususnan PLC PLC yang diproduksiolehberbagaiperusahaan sistem kontrolterkemukasaatinibiasanyamempunyaiciri-cirisendiri yang menawarkankeunggulan sistemnya.

Contoh PLC jenisiniialahTrisen TS3000 mempunyaitigabuahprosesordengansistem yang disebut Tripple Redundancy Modular. Modul CPU Modul CPU yang disebutjugamodulkontroleratauprosesor terdiridariduabagian: 1. Simatic S5 buatan Siemens mempunyaimemori EPROM 16Kbyte dan RAM 8 Kbyte. 2. Memori. Prosesorberfungsi: o mengoperasikandanmengkomunikasikanmodul-modul PLC melalui bus-bus serial atauparalel yang ada.samadengan battery lithium integral (yang digunakan sebagai memory backup). yang merupakan program pengendali proses. yakniTrisen TS3000 bahkanmempunyai double power supply yang berartiapabilasatu PS-nyagagal. isimemoriakan tetapterjaga. yang ditujukanuntukmendukungkeandalansistem.Beberapaprosesortersebutbekerjasamadengansuat uprosedurtertentuuntukmeningkatkankinerjapengendalian. Prosesor 2. PLC FA-3S Series mempunyaimemori total sekitar 16 Kbyte. mempunyai memori 384 Kbyte (SRAM) untuk program pengguna dan 256 Kbyte (EPROM) untuk sistem operasinya. Seandainya PS inigagalatauteganganbolakbalikmasukannyaturundari nilaispesifiknya. Kapasitas memori pada PLC juga bervariasi. KapasitasmemoriinitergantungpenggunaannyadanseberapajauhAndasebagaimengoptimalisasik anruangmemoriPLC yang Andamiliki. PS keduaotomatisakan mengambilalihfungsicatudayasistem. PLC buatanTriconex. Trisen TS3000. USA. register citra. Memori 1. atau RLL (Relay Ladder Logic). Program . misalnya. o Mengeksekusi program kontrol. Pada PLC tertentukadangkitajumpai pula beberapaprosesorsekaligusdalamsatumodul. yang berarti pula tergantungseberapabanyaklokasi yang diperlukan program kontrol untukmengendalikan plant tertentu. yang berfungsi: o Menyimpaninformasi digital yang bisadiubahdan berbentuk tabel data.

Semua bahasa pemrograman tersebut dibuatberdasarkan proses sekuensial yang terjadidalam plant (sistem yang dikendalikan). Suatumodulmemoritambahan bisajugadiberikankesistemutamaapabila kebutuhanmemorimemangmeningkat. Sinyal-sinyal dari piranti periferal akan di-scan dan keadaannya akan dikomunikasikan melalui modul antarmuka dalam PLC. unit penggerak motor. Yang paling populerdigunakanialah RLL (Relay Ladder Logic). 1. terminasi. danbahkan C. 48.controluntukpengaliranbahanbakardalamturbin gas tentumembutuhkanlokasimemori yang lebihbanyakdibandingkan dengan program kontroluntukmenggerakkanputaran mekanik robot pemasang bodimobilpadaindustriotomotif. danpenulisan program itubisadilakukanpadakeadan on line maupun off line. Semuainstruksidalam program akandieksekusioleh modul CPU. 14. saklar-saklar. dan memberikan pengaturan sinyal. termasuk State Language. 220. SFC. o Beberapa jenis modul masukan di antaranya: Tegangan masukan DC (110. maupun indikator keadaan sinyal masukan. Jadi PLC dapat bisa ditulisi program kontrol pada saat iamengendalikan proses tanpa mengganggupengendalian yang sedangdilakukan. Modul Program PerangkatLunak PLC mengenal berbagai macam perangkat lunak. Eksekusi perangkat lunak tidak akan mempengaruhi operasi I/O yang tengah berlangsung.Masukan analog (12 bit). . 48V) atauarus AC (4-20mA).Masukan TTL (3-15V). Modul I/O Modul I/O merupakan modul masukan dan modul keluaran yang bertugas mengatur hubungan PLC dengan piranti eksternal atau periferal yang bisa berupa suatu komputer host. Tegangan AC ((110. 15-30V) atau arus C(4-20mA). . isolasi. Modul masukan Modul masukan berfungsi untuk menerima sinyal dari unit pengindera periferal. 24. . 240. 24. dan berbagai macam sumber sinyal yang terdapat dalam plant.

Masukan word (16-bit/paralel). . .Tegangan DC (24. 240V) atauarus AC (4-20mA). pneumatik. 2.Relay arusrendah. Beberapamodulkeluaran yang lazimsaatini di antaranya: .Masukantermokopel. Modulkeluaran Modulkeluaranmengaktivasiberbagaimacampirantiseperti aktuator hidrolik.Masukancerdas (mengandungmikroprosesor).Keluarancerdas. terminasidan jugapengisolasian sinyal-sinyal yang ada. . .Masukan latching (24VDC/110VAC). . .Port komunikasiganda.Pulsakecepatantinggi. starter motor. turunan. . 48. dan tampilan status titik-titikperiferal yang terhubungdalamsistem.Keluaran ASCII.Masukanterisolasi (24VDC/85-132VAC). dan integral). 110V) atauarus DC (4-20mA . .Keluaran word (16-bit/paralel) .. . . . . solenoid. .Tegangan AC (110. berdasarkanwatak PLC sendiri yang merupakanpiranti digital. Fungsimodul keluaranlainnyamencakup conditioning. . .Relay arustinggi.Keluaran analog (12-bit). Proses aktivasi itu tentusajadilakukandenganpengirimansinyal-sinyaldiskretdan analog yang relevan.Detektorsuhuresistansi (RTD).Dll.Masukanpemosisian (positioning). .Masukan PID (proporsional.

namun jika tidak diberikan solusi yang tepat.. makasistem yang kitamilikitentumemilikiperangkatpendukung yang mampumengolahsecara real time danbersifat multi tasking. Mungkin sepertinya sepele. Pihak manajemen mengeluhkan sikap karyawan yang dianggap kurang disiplin karena seringkali meninggalkan tempat kerja sebelum bel dibunyikan. Akan tetapi pihak karyawan pun tidak mau disalahkan karena mereka merasa meninggalkan tempat tepat pada waktunya dengan berpedoman pada jam-jam yang ada dilokasi produksi. PLC Andaharusbekerja 24 jam untukmengukursuhubuangdankecepatanturbin. Karena sering terjadi dalam manajemen perusahaan. Teknologi cabling.Denganberbagaimodul di atas PLC bekerjamengendalikanberbagai plant yang kitamiliki. pihak manajemenlah yang seringkali terlambat dalam mengeksekusi bel. dan fasilitas ekspansi yang memadai untuk jaringan komputer merupakan hal yang lazim dalam instalasi PLC saat ini. Pembahasan Bel pabrik otomatis berbasis Zelio dirancang untuk memenuhi permintaan manajemen perusahaan yang memiliki masalah yang terkait dengan kedisiplinan karyawan. Hal inilah yang sering terjadi pada perusahaan susu yang memiliki karyawan banyak dan sektor luas dan patokan jam yang banyak pula. bersitegang (baca=beda pendapat) dengan karyawankaryawannya. jam istirahat.Andabayangkanbahwapadasuatu unit pembangkittenagalistrikmisalnya. maka masalah seperti ini akan menjadi polemik yang berkepanjangan. Menurut mereka. pemanfaatan serat optik. sistem operasi berbasis real timedan multi tasking semacam Unix. dan jam pulang. Mengingatsinyal-sinyal yang ditanganinyabervariasidanmerupakaninformasi yang memerlukanpemrosesansaatitujuga.. Adapun alasannya adalah perbedaan referensi jam masuk. Oleh karenanya dibutuhkan suatu . C. agar didapatkanputaran generator yang diinginkan! Padasaat yang sama systempelumasanturbindansistem alarm harusbekerjabaikbaik di bawahpengendalian PLC! Suatu piranti sistem operasi dan komunikasi data yang andal tentu harus kita gunakan. dankemudianmengaturbukaankatup yang menentukanaliranbahanbakarberdasarkaninformasisuhubuangdankecepatan di atas.

Zelio tipe ini memiliki 8 buah clock yang masing-masing clock memiliki 4 channel yang dapat diprogram waktu ON/OFF-nya. Dengan demikian. dapat dibuat bel otomatis dengan Zelio Smart-Relay SR3B101FU. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perancangan bel pabrik otomatis ini. Dengan demikian. Salah solusi yang dapat diusulkan adalah membuat sebuah bel pabrik otomatis dan melepas semua jam dinding yang ada di area produksi. dan pihak karyawan pun akan lebih disiplin dalam meninggalkan tempat kerja karena satu-satunya patokan adalah suara bel/sirine dari sistem bel pabrik otomatis. Adapun tentang rancangan alatnya. untuk diaktifkan pada hari-hari yang diinginkan. maka berikut adalah tabel jadwal untuk membunyikan bel. kita bisa memprogram 32 waktu ON/OFF yang berbeda. pihak manajemen tidak akan disalahkan lagi karena terlambat mengeksekusi bel. .sistem yang dapat memaksa dan mengamankan posisi kedua belah pihak. Masing-masing channel dapat diprogram untuk hari Senin sampai dengan hari Minggu.

H1 dan H2 didedikasikan untuk konfigurasi bel masuk. bel istirahat. dan H3 didedikasikan untuk konfigurasi bel istirahat. Bel masuk berdurasi 10 detik.Untuk membedakan antara bel masuk. dan bel pulang. bel istirahat berdurasi 6 detik. Sedangkan H4 dan H5 didedikasikan untuk bel pulang. . maka durasi ON ketiganya dibedakan. Berikut adalah gambar rangkaian panel bel pabrik otomatis berbasis Zelio. dan bel pulang berdurasi 13 detik.Tabel tersebut merupakan konfigurasi CLOCK pada Zelio.

Dengan diterapkannya sistem ini dan meniadakan jam dinding di hangar produksi. dan waktu pulang dapat ditingkatkan. waktu istirahat. D. Kesimpulan KEUNGGULAN PLC y y y y y y Mudahdesainbarumaupunulang Mudahdalamperawatan dan maintenance mudahdalamsistempengkawatannya membutuhkan daya yang kecil desainkompak dan tahangangguan mudahdalammodifikasisystem APA YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH PLC y KONTROL SEKUENS . maka disiplin waktu masuk.

kontrol mesin auto. kontrol analog (presure. temperaturekontrol servo-motor. timer/Counter.Pengganti logika rele. steper motor y K0NTROL SUPERVISOR Monitoring dan alarm. pengganti kontrol PCB card. Networking otomatisasipabrik. LAN Sistematika Design PLC y y y y y y y Mempelajariurutankerja (sequence) Buat Flowchart MendatasemuaInput/Output MenyambungInput/Outputke PLC Membuat Program Ladder + Transfer Trial & Error Jikaberjalan. Antarmuka. manual y KONTROL KOMPLEK Operasi arirmatik. penangan informasi. buatdokumentasigambar . diagnosis dan monitoring kesalahan. semi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful