P. 1
KREDIT DALAM PERTANIAN

KREDIT DALAM PERTANIAN

|Views: 441|Likes:
Published by miraes26

More info:

Published by: miraes26 on May 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2014

pdf

text

original

KREDIT DALAM PERTANIAN Pada umumnya, bila seseorang ingin mendapatkan kredit, maka ia harus menjaminkan salah satu

harta yang ia miliki kepada bank sehingga apabila ia tidak mampu mengembalikan pinjaman tersebut, bank akan menyita harta yang ia jaminkan tersebut. Tentunya nilai Barang Jaminan itu harus lebih besar atau minimal harus sama dengan nilai uang yang ia pinjam. Tapi pada produk Kredit Tanpa Agunan, ia tidak harus menyerahkan Barang Jaminan kepada bank. Ia hanya disyaratkan untuk

memiliki jumlah penghasilan tertentu setiap bulannya dan menyerahkan sejumlah bukti yang bisa menunjukkan bahwa ia memang betul berpenghasilan sebesar jumlah yang disyaratkan. Macam kredit yang pernah diberikan pemerintah : a. Bimas Bimbingan missal adalah suatu kegiatan penyuluhan secara missal dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian dengan cara menetapkan panca usaha tani, yaitu penggunaan bibit unggul, ketetapan penggunaan pupuk, cara bercocok tanam yang baik, penggunaan obat pemberantasan hama dan perbaikan system pengairan. Penyuluhan tersebut merupakan bimbingan bersama dari berbagai instansi dan lembaga pemerintah atau swasta kearah swadaya masyarakat petani yang sekaligus ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya. b. KIK (Kredit investrasi kecil) kredit investasi kecil adalah kredit jangka menengah atau jangka panjang yang diberikan kepada pengusaha atau perusahaan kecil pribumi dengan persyaratan dan prosedur khusus, guna pembiayaan barang-barang modal serta jasa yang diperlukan untuk rehabilitasi modernisasi , perluasan proyek dan pendirian proyek baru.

c. KMKP (Kredit Modal Kerja Permanen) KMKP adalah kredit yang diberikan kepada pengusaha atau perusahaan kecil pribumi dengan persyaratan dan prosedur khusus, guna pembiayaan modal yang hanya dipergunakan secara terus-menerus untuk kelancaran usaha. Macam-macam kredit yang lain: 1. Kredit Usaha 2. Kredit Konsumsi 3. Kredit Serba Guna Kredit Usaha adalah kredit yang digunakan untuk membiayai perputaran usaha atau bisnis sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang produktif, seperti usaha perdagangan, usaha industri rumah tangga, usaha jasa konsultasi, dan lainlain. Bila Anda memiliki usaha yang prospeknya kelihatan cukup cerah, Anda bisa datang kepada bank dan mengajukan permohonan untuk bisa mendapatkan pinjaman dana untuk usaha Anda. Sedangkan Kredit Konsumsi adalah kredit yang digunakan untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif, seperti membeli rumah atau kendaraan pribadi. Dua kredit konsumsi yang biasanya cukup laris adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan. Tentunya, karena uang itu oleh nasabah akan digunakan untuk tujuan konsumtif, maka risiko bagi bank bahwa nasabahnya tidak mampu membayar pinjamannya akan menjadi lebih besar sehingga pada umumnya suku bunga yang dibebankan kepada nasabah untuk Kredit Konsumsi akan lebih besar ketimbang bunga kredit untuk tujuan usaha. Selain dua jenis kredit tadi, ada pula Kredit Serba Guna. Seperti tertulis di namanya, Kredit Serba Guna adalah kredit yang bisa digunakan untuk tujuan apa saja, bisa untuk konsumsi maupun untuk usaha. Nah, salah satu produk kredit serba guna yang sering dipasarkan adalah Kredit Tanpa Agunan. Agunan adalah nama lain dari jaminan.

Kredit Usaha Kecil (KUK) Adalah Kredit atau pembiayaan dari Bank untk investasi dan atau modal kerja, yang diberikan dalam Rupiah dan atau Valuta asing kepada nasabah usaha kecil dengan plafond kredit keseluruhan maksimal Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) untuk membiayai usaha yang produktif.

KUK-Kredit Investasi Adalah kredit jangka menengah/panjang yang diberikan kepada (calon) debitur untuk membiayai barang-barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan ataupun pendirian proyek baru, dengan jangka waktu maksimal 10 tahun.

KUK-Kredit Modal Kerja Adalah kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha.

KUK-Kredit Modal Kerja Kontraktor Adalah kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja khusus bagi usaha jasa kontraktor yang habis dalam satu siklus usaha.

KUK-Channeling Adalah Kredit Modal Kerja atau Kredit Investasi yang diberikan melalui kerjasama dengan Lembaga pembiayaan atau Bank Umum lainnya.

Daftar pustaka

http://zonaekis.com/search/pengertian-dan-macam-macam-kredit http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:ieHBn3w-BGsJ:www.unikkediri.ac.id/unik/images/Ditat_Agribisnis/ekonomipertanian.pdf http://kamissore.blogspot.com/2009/12/macam-macam-kredit-usaha-kecil.html http://www.wealthindonesia.com/commercial-bank/macam-macam-produk-kredit.html

TUGAS EKONOMI PERTANIAN
MACAM-MACAM KREDIT

D i s u s u n

Oleh :

Mutiara Simbar 100314082

Universitas Sam Ratulangi Fakultas Pertanian Sosial Ekonomi Agribisnis 2010

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->