Sejarah pergerakan Nasional di Indonesia, diawali dengan munculnya berbagai organisasi amodern yang menetang pemerintahan kolonial Belanda

, diawali dengan munculnya organisasi Budi Utomo dan dilanjutkan dengan berbagai organisasi lainnya yang mulai bermunculan. Dimana secara singkat sejarah dari pergerakan nasional yang merupakan titik awal dari pengakuan kedaulatan Indonesia adalah sebagai berikut: 1. Berdirinya Budi Utomo Budi Utomo didirikan oleh mahasiswa STOVIA dengan pelopor pendiri Dr. Wahidin Sudirohusodo dan Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang bertujuan untuk memajukan Bangsa Indonesia, meningkatkan martabat bangsa dan membangkitkan Seabad Budi Utomo - Tepatkah 20 Mei Jadi Harkitnas ? erat dengan lahirnya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Hal ini terkait pada peristiwa Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli. Budi Utomo (ejaan Soewandi: Boedi Oetomo) adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat MAKNA diperingatinya suatu peristiwa menurut Mona Ozouf Saudara-saudara, marilah kita tindjau terbangunnja Budi Utomo itu dari sudut jang lain. Benar 20 Mei 1908 Terbentuknya Berdirinya organisasi Boedi Oetomo, 20 Mei 1908 dijadikan moment Hari Kebangkitan Nasional. Alasannya, pada masa itu rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia mulai tumbuh. Budi Utomo adalah organisasi pergerakan modern yang pertama di Indonesia dengan memiliki struktur organisasi pengurus tetap, anggota, tujuan dan juga rencana kerja dengan aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan. 2. Sarekat Islam Semula bernama SDI, yg didirikan di Surakarta 1909. Oleh KH. Samanhudi. Bergerak dalam Bidang agama dan perdagangan 1911, SDI berubah jadi Sarekat Islam. Dipimpin HOS. Cokroaminoto * Tokoh lain: H. Agus Salim, Abdul Muis. 3. Indische Partij Didirikan RM. Suwardi Suryaningrat, dr Cipto Mangunkusumo, EFE. Douwes Dekker, 1912, Bandung. * Suwardi Suryaningrat mengkritik perayaan 100 tahun kemerdekaan Belanda dengan tulisan Als ik een Nederlander was [andai aku seorang Belanda] * Kihajar Dewantara, dr.

Ir. karen tidak terbukti bersalah 5. Bandung. Kongres Pemuda II Sumpah Pemuda Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yangsatu bangsa Indonesia Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan. Moh. tetapikembali dibebaskan. Belgia. 6. Hatta dan Syahrir dibuang ke Bandaneira. 1926. Pemimpin PI akhirnya ditangkap Belanda. PNI membahayakan Belanda. 4. Soekarno menulis pidatoIndonesia Menggugat" Ir. Soekarno diganti oleh Mr. Soekarno. Oleh pelajar yang tergabung dalam Algemeene Studie Club dengan ketua Ir. PI menuntut Indonesia Merdeka 1926. bahasa Indonesia * Pada Kongres Pemuda II. Perhimpunan Indonesia [tadinya bernama Indische vereeniging] Didirikan oleh pelajar Indonesia di negeri Belanda 1922. Hatta yang tidak setuju pembentukan Partindo membentuk PNI Baru Ir. Dalam penjara Ir. dengan instrumental . 28 Oktober 1928. Douwes Dekker. Uni Soviet.Cipto Mangunkusumo. Mr. Sartono. dibuang ke Belanda. SUMPAH PEMUDA 1. setelah kelusr dari SI Merah ia mendirikan PKI PKI berkaitan dengan komitern di Moscow. PNI Didirikan tahun 1927. PKI mempengaruhi petani dan rakyat kecil 1926. untuk pertamakali dinyanyikan * Dibentangkan simbol merah putih waktu itu. Supratman. Lagu Indonesia Raya. Indische Sociaal Democratische Vereeniging [ISDV] Dikembangkan Sneevliet ISDV melakukan penetrasi ke tubuh organisasi pergerakan. antara lain SI. Oleh Alimin dan Tan Malaka. pemberontakan PKI di Madiun. SI pecah jadi 2: * SI Merah condong ke paham sosialis * SI putih mempertahankan asas dan tujuan SI Semaun adalah pimpinan SI Merah. Moh. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Endi. Natzir Pamontjak. sartono kemudian membubarkan PNI dan membentuk Partindo. Hatta. WR. Flores. anggota PI mengikuti Kongres Liga Anti Imperialisme di Brussel. Kongres Pemuda I. Maka tokoh-tokoh PNI ditangkap dan dimasukkan dalam penjara Sukamiskin. Soekarno bergabung dengan Partindo. 7. Mendirikan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia[PPPI] 2. Abdul Majid Joyodiningrat. Ahmad Subardjo. Tokoh: Moh. Surabaya. tapi gagal. Bandung. melalui Semaun dan Darsono.

persatuan 2. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. peri kebangsaan 2. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu: 1. internasionalisme dan peri kemanusiaan c. kekeluargaan 5. Rapat pertama diadakan di gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. kebangsaan Indonesia b. Pada rapat pertama ini terdapat 3 orang yang mengajukan pendapatnya tentang dasar negara. mufakat atau demokrasi . Pada tanggal 29 Mei 1945. kesejahteraan rakyat 4. BPUPKI beranggotakan 63 orang yang diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Hibangase Yosio (orang Jepang) dan R. keadilan sosial 4. peri ke Tuhanan 3. Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu:[2] a. Prof. BPUPKI Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau (Jepang: Dokuritsu Junbi Cosakai atau dilafalkan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai) adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara. Mr. Mr. Soeroso. Pada zaman Belanda. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu 1. Dr.8. peri kerakyatan Pada tanggal 31 Mei 1945. lembaga DPR pada jaman kolonial Belanda.P. peri kemanusiaan 5. musyawarah Pada tanggal 1 Juni 1945. mufakat dan demokrasi 3. gedung tersebut merupakan gedung Volksraad.

Trisila tersebut di atas bila diperas kembali disebutnya sebagai Ekasila yaitu merupakan sila gotong royong merupakan upaya Soekarno dalam menjelaskan bahwa konsep tersebut adalah dalam satu-kesatuan. Selanjutnya lima asas tersebut kini dikenal dengan istilah Pancasila. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam . kesejahteraan sosial e. Masa antara Rapat Pertama dan Kedua Sampai akhir rapat pertama. sehingga akhirnya dibentuklah panitia kecil untuk menggodok berbagai masukan. Persatuan Indonesia d. Sosionasionalisme b. Drs.A. Panitia kecil beranggotakan 9 orang dan dikenal pula sebagai Panitia Sembilan dengan susunan sebagai berikut: 1. masih belum ditemukan kesepakatan untuk perumusan dasar negara. Moh. Wachid Hasyim (anggota) 6. Mr. Muhammad Yamin (anggota) 5. Sementara itu. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya b. namun konsep bersikaf kesatuan tersebut pada akhirnya disetujui dengan urutan serta redaksi yang sedikit berbeda. A. Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota) 8. Maramis (anggota) Setelah melakukan kompromi antara 4 orang dari kaum kebangsaan (nasionalis) dan 4 orang dari pihak Islam. Mr. Mr. perdebatan terus berlanjut di antara peserta sidang BPUPKI mengenai penerapan aturan Islam dalam Indonesia yang baru. Kemanusiaan yang adil dan beradab c. Sosiodemokrasi c. Achmad Soebardjo (anggota) 4. Soekarno (ketua) 2. Ir. KH. Agus Salim (anggota) 9. Ketuhanan yang Maha Esa Kelima asas dari Soekarno disebut Pancasila yang menurut beliau bilamana diperlukan dapat diperas menjadi Trisila atau Tiga Sila yaitu: a. H. Hatta (wakil ketua) 3. tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan kembali bertemu dan menghasilkan rumusan dasar negara yang dikenal dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang berisikan: a. Abdul Kahar Muzakir (anggota) 7. Ketuhanan yang berkebudayaan Bahkan masih menurut Soekarno.d.

Sedangkan konsep Undang-Undang Dasar hampir seluruhnya diambil dari alinea keempat Piagam Jakarta. Mr. Soekiman Pada tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. Soekarno. PPKI Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia adalah panitia yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. rancangan Undang-Undang Dasar. Agus Salim 7. Panitia Pembelaan Tanah Air dengan ketua Abikoesno Tjokrosoejoso dan Panitia Ekonomi dan Keuangan diketuai Mohamad Hatta. Achmad Soebardjo 4. Mr. Papua. ditambah dengan Malaya. 9. dan pulau-pulau sekitarnya. rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Maramis 5. Wongsonegoro 3. R. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. Soepomo (ketua merangkap anggota) 2. Mr. pernyataan Indonesia merdeka b. sebelum panitia ini terbentuk. Timor-Portugis.permusyawaratan perwakilan e. pembelaan negara. wilayah negara. batang tubuh UUD Konsep proklamasi kemerdekaan rencananya akan disusun dengan mengambil tiga alenia pertama Piagam Jakarta. akhirnya ditentukan wilayah Indonesia merdeka yakni wilayah Hindia Belanda dahulu. ekonomi dan keuangan. Dengan pemungutan suara.P. A. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Rapat Kedua Rapat kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara. pembukaan UUD c. Mr.[3][4] Pada tanggal 11 Juli 1945 Panitia Perancang UUD membentuk lagi panitia kecil beranggotakan 7 orang yaitu: 1. Dr. kewarganegaraan. H. sebelumnya telah berdiri . Mr. Dr. Borneo Utara. pendidikan dan pengajaran. Prof.A. Singgih 6. Pada tanggal 14 Juli 1945. Dalam rapat ini dibentuk Panitia Perancang Undang-Undang Dasar beranggotakan 19 orang dengan ketua Ir. Soekarno.

Kata Muqaddimah diganti dengan kata Pembukaan. Sidang tersebut memutuskan hal hal berikut: 1. Pada pembukaan alenia keempat anak kalimat "Menurut kemanusiaan yang adil dan beradab" diganti menjadi "kemanusiaan yang adil dan beradab". 2.BPUPKI namun karena dianggap terlalu cepat ingin melaksanakan proklamasi kemerdekaan. membentuk Komite Nasional untuk membantu tugas presiden sebelum DPR/MPR terbentuk. Dokuritsu Junbi Iinkai?. Pada pembukaan alenia keempat anak kalimat Ketuhanan. 4. mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945. Soekarno. Soekarno sebagai presiden RI dan Drs. M. memilih dan mengangkat Ir.menterinya.gubernurnya. yang dianggap merupakan alat buatan Jepang. Membentuk 12 departemen dan menteri . 2. PPKI tidak dapat bertugas karena para pemuda mendesak agar proklamasi kemerdekaan tidak dilakukan atas nama PPKI. Menetapkan pembagian wilayah Republik Indonesia atasa delapan provinsi beserta gubernur . antara lain: 1. terdapat perubahan dari bahan yang dihasilkan oleh BPUPKI. PPKI memutuskan antara lain: 1. Setelah pertemuan tersebut. Membentuk KNIP 2. Komite Persiapan Kemerdekaan) pada tanggal 7 Agustus 1945 yang diketuai oleh Ir. 3. 3. lit. Berkaitan dengan UUD. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diundang ke Dalat untuk bertemu Marsekal Terauchi. pada tanggal 18 Agustus 1945. Pada pasal 6:1 yang semula berbunyi Presiden ialah orang Indonesia Asli dan beragama Islam diganti menjadi Presiden adalah orang Indonesia Asli PPKI mengadakan sidang kedua pada tanggal 19 Agustus 1945. dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya diganti dengan Ketuhanan yang Maha Esa. Soekarno. Setelah proklamasi. Hatta sebagai wakil presiden RI. Bahkan rencana rapat 16 Agustus 1945 tidak dapat terlaksana karena terjadi peristiwa Rengasdengklok. 3. sebagai pimpinan PPKI yang baru. Tanggal 9 Agustus 1945. . maka Jepang membubarkannya dan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) (独 立 準 備 委 員 会 .

sedangkan Belanda ingin menjadikan Papua bagian barat negara terpisah karena perbedaan etnis. Karena itu pasal 2 menyebutkan bahwa Papua bagian barat bukan bagian dari serahterima. Belanda dari 23 Agustus hingga 2 November 1949. Belanda dan Indonesia kemudian mengadakan beberapa pertemuan untuk menyelesaikan masalah ini secara diplomasi. Hasil Konferensi Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah: • Serahterima kedaulatan dari pemerintah kolonial Belanda kepada Republik Indonesia Serikat. dan Konferensi Meja Bundar. dan bahwa masalah ini akan diselesaikan dalam waktu satu tahun.[1] Usaha untuk meredam kemerdekaan Indonesia dengan jalan kekerasan berakhir dengan kegagalan.[2][3][4][5] • Dibentuknya sebuah persekutuan Belanda-Indonesia. pemerintahan sementara negara dilantik. dengan monarch Belanda sebagai kepala negara • Pengambil alihan hutang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat Pembentukan RIS Tanggal 27 Desember 1949. perjanjian Renville. lewat perundingan Linggarjati. Indonesia Serikat telah dibentuk seperti republik federasi berdaulat yang terdiri dari 16 negara yang memiliki persamaan persekutuan dengan Kerajaan Belanda. Belanda mendapat kecaman keras dari dunia internasional. kecuali Papua bagian barat. Indonesia ingin agar semua bekas daerah Hindia Belanda menjadi daerah Indonesia. Soekarno menjadi Presidennya. Konferensi ditutup tanpa keputusan mengenai hal ini. perjanjian Roem-van Roijen. PENGAKUAN KEDAULATAN INDONESIA / RIS 27 DESEMBER 1949 OLEH BELANDA .Konferensi Meja Bundar (KMB) Latar Belakang Konferensi Meja Bundar adalah sebuah pertemuan antara pemerintah Republik Indonesia dan Belanda yang dilaksanakan di Den Haag. dengan Hatta sebagai Perdana Menteri membentuk Kabinet Republik Indonesia Serikat.

Moehammad hatta tersebut benar-benar luar biasa sehingga berhasil membuat Republik Indonesia diakui kedaulatannya (versi Indonesia. wakil tertinggi mahkota Belanda (dulunya disebut Gubernur Jendral) AHJ. diduduki oleh Belanda pada tanggal 19 Desember 1949 dengan sebutan "Trase Baru" ingin merangkul para wakil "Negara-Negara Federal" itu dalam suatu front bersama menghadapi Belanda di Meja perundingan. Kebijakan yang dirumuskan pimpinan RI ( Bung Karno dan Bung Hatta ) ketika berada dalam tahanan Belanda di Pulau Bangka setelah ibukota perjuangan RI. . Lovink menyerahkan tanggungjawab pemerintahan kepada Republik Indonesia Serikat yang diwakili oleh Menteri Pertahanan Sri Soeltan Hamengkoeboewono IX. karena Belanda hanya bersedia mengakui kedaulatan dan menyerahkan tanggungjawab pemerintahan kepada RIS. Usia kemerdekan yang baru empat tahun dan pemerintahan yang masih balita ternyata tidak menyebabkan kita kalah dalam diplomasi melawan Belanda sebaliknya hasil diplomasi beberapa bulan oleh para pemimpin pemerintahan Indonesia dibawah pimpinan Wapres Drs. Yogyakarta. Republik Indonesia Serikat (RIS) merupakan suatu kesepakatan antara RI dan negara-negara bagian yang didirikan di daerah pendudukan Belanda.Sebagai pelaksanaan Persetujuan Konferensi Meja Bundar yang ditandatangani di Den Haag. Hasilnya adalah kesepakatan mendirikan RIS. versi Belanda adalah penyerahan Kedaulatan) walau dengan nama Republik Indonesia serikat / RIS. Belanda pada tanggal 2 November 1949.

pihak RI berhasil mendudukkan Ir. dispakati bahwa masalah itu akan diselesaikan melalui perundingan dalam masa waktu satu tahun (kemudian ternyata. Konsesi yang terpaksa diberikan pihak Indonesia adalah beberapa ikatan di bidang ekonomi/finansial dan pihak Belanda masih menguasai " Residensi" Irian Barat yang dinyatakan sebagai masalah sengketa. Ia mengenakan seragam militer TNI dengan pangkat kehormatan Letnan Jendral. Dan tentara Belanda di Indonesia yang dikenal dengan nama KNIL dibubarkan dalam waktu enam bulan. segi-segi tidak begitu menguntungkan dari persetujuan KMB itu seperti tidak merupakan beban pada tanggal 27 Desember 1949. Yang penting. tetapi kesatuan yang ikut upacara di samping pasukan Belanda dipimpin oleh Letnan Poniman (kemudian pernah menjadi Menteri Pertahanan dan Keamanan). Pada hari itu mereka ikut bangga menyaksikan para perwira TNI ikut tampil seperti Letnan Kolonel Daan Yahya ( Gubernur Militer Jakarta Raya ) dan Kolonel Tahi Bonar Simatupang ( Pejabat Kepala Staf Angkatan Perang RIS ). rakyat jakarta selama bertahun-tahun dibawah pemerintahan Belanda jarang melihat tokoh-tokoh TNI dalam seragam militer. Yang paling membanggakan bagi rakyat Jakarta adalah kehadiran Pasukan Batalyon Kala Hitam dari Divisi Siliwangi di depan Istana Merdeka dalam upacara penurunan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) dan dikibarkannya Sang Saka Merah Putih. sengketa Irian Barat baru dapat diselesaikan setelah 12 tahun KMB berlalu). namun. Namun. yaitu Bung Soeltan Hamengkoeboewono IX. Soekarno sebgai Presiden RIS dan Drs. Batalyon Kala Hitam dipimpin oleh Mayor Kemal Idris. Kemenangan strategis yang berhasil dicapai dalam Konferensi Meja Bundar ( KMB ) ini adalah keputusan bahwa inti angkatan perang RIS adalah TNI.Namun. . Belanda menyerahkan tanggungjawab pemerintahan kepada pihak Indonesia yang diwakili oleh tokoh populer pada waktu itu. Moehammad Hatta sebagai Perdana Menteri.

dulunya Hindia Belanda. tanggal 27 Desember 1949 itu. "Ah. Namun ketika seorang wartawan Belanda selesai upacara tersebut bertanya. Ia pernah ditahan dan dibawa ke pengadilan karena dituduh sebagai aktivis Organisasi Perhimpunan Indonesia ( PI ) yang telah menimbulkan keonaran. yakni kota yang didirikan Belanda pada tahun 1619 di tempat yang sebelumnya bernama Jayakarta. Bung Hatta menjawab. Menarik sekali pandangan kesejarahan Kolonel Tahi Bonar Simatupang yang hadir dalam upacara di Jakarta pada tanggal 27 Desember 1949 seperti dituliskannya dalam bukunya "Laporan Dari Banaran". Upacara khidmat itu dihadiri oleh oleh Ratu Belanda. Oleh sebab itulah daerah tersebut sampai sekarang masih terkenal dengan nama Mataraman ( Matraman ). di istana Dam di Amsterdam. Balatentara Sultan Agung tidak berhasil mengusir Belanda dari Batavia dan dari Batavia inilah Belanda meluaskan daerah kekuasaannya sehingga pada akhirnya . Belanda diselenggarakan serah terima (pihak Indonesia menyebutnya Pengakuan Kedaulatan) kedaulatan atas wilayah Indonesia. Ia sudah bahagia dan tanpa pamrih memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran bagi bangsa dan negaranya. biasa saja". Juliana dan RIS diwakili sebuah delegasi yang dipimpin oleh Perdana Menteri Moehammad Hatta. Sudah pasti upacara 27 Desember 1949 itu merupakan pengalaman bahagia dan unik bagi Bung Hatta.Pada saat yang bersamaan. Daerah sekitar Kali Ciliwung itu dijadikan pangkalan oleh balatentaraMataram tadi untuk meancarkan serangan atas Batavia. Padahal dari peristiwa ini Indonesia kemudian diakui sebagai sebuah negara yang berdaulat sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka. bagaimana perasaannya. Sungguh sebuah ungkapan merendah dari diplomat ulung yang juga merupakan salah satu Proklamator kemerdekaan RI tersebut. Ia menulis " Syahdan pada tahun 1629 maka tibalah di tepi Kali Ciliwung balatentara Kerajaan Mataram yang telah memperoleh perintah dari Sultan Agung Hanyokrokusumo untuk mengusir penjajah Belanda dari Batavia. Ia bertahun-tahun bermukim di negara Belanda sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Rotterdam.

. Kebetulan delegasi yang menghadiri upacara peresmian berakhirnya kekuasaan belanda atas Indonesia itu berada di bawah pimpinan Sri Soeltan Hamengkoeboewono IX dari Mataram.seluruh tanah air Indonesia meringkuk dibawah penjajahan Belanda. maka makna "Paleis Rijswijk" digantilah menjadi "Istana Merdeka". ke "Paleis Rijswijk" untuk menghadiri upacara peresmian berakhirnya kekuasaan Belanda atas Indonesia. Sejak pengakuan kedaulatan. keturunan dari Sultan Agung Hanyokrokusumo". yakni pada tanggal 27 Desember 1949 sore. Syahdan tigaratus dua puluh tahun kemudian. maka berangkatlah sebuah delegasi dari Gedung Proklamasi Pegangsaan Timur 56 Jakarta ( sekarang Jalan Proklamasi ) yang terletak di daerah Mataraman.

wikipedia.1_SANUSI_FATTAH http://id. serah Terima Tanggung Jawab Pemerintahan Dari BelandaKe RIS ) http://www.com/humanities/history/2138991-sejarah-organisasi-budi-utomo/ .crayonpedia. 27 Desember 2004 dengan Judul "55 tahun lalu di Jakarta.org/mw/PERISTIWAPERISTIWA_POLITIK_DAN_EKONOMI_INDONESIA_PASCA_PENGAKUAN_KEDAULAT AN_9.org/wiki/Konferensi_Meja_Bundar http://id.shvoong.REFERENSI *) Disadur dari tulisan wartawan senior Sabam Siagian di harian Kompas.