P. 1
RPP Wujud Zat (SMP)

RPP Wujud Zat (SMP)

|Views: 686|Likes:
Published by DeviNofitaPhysics

More info:

Published by: DeviNofitaPhysics on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Sekolah Kelas/ Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : : : : : : SMP IX/Semester I IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) 1 Jam Pelajaran ( 1 x 35 menit) Memahami Wujud Zat dan Perubahannya. Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Indikator : Menyelidiki terjadinya perubahan wujud zat

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat :
1. Menyebutkan 6 jenis perubahan wujud zat ( Aspek Kognitif ) 2. Menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat (Aspek Kognitif) 3. Menggunakan thermometer dalam mengamati pengaruh kalor terhadap

perubahan wujud zat. ( Aspek Phisikomotor )
4. Siswa bersedia mendiskusikan hasil praktikum pengaruh kalor terhadap

perubahan wujud zat. (Aspek Afektif)

A. Materi Pembelajaran

PERUBAHAN WUJUD ZAT

tetapi.hal ini disebabkan oleh gaya tarik –menarik antarpartikel zat cair kurang kuat. a.dan di lihat dari letak paritkel.Zat di defenisikan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.menarik antarpartikel yang sangat kuat.cair dan gas. Gas : sifat gas adalah bentuk dan volumenya selalu berubah sesuai wadah yang di tempatinya. Pada saat tertentu. . Zat padat: bentuk dan volumenya selalu tetap.di lihat dari partikelnya.teraturdan bergerak di tempatnya.partikel zat padat yang saling berdekatan dan terikat kuat itu menebabkan volume tidak dapat dimampatkan dan bentuknya tetap. Zat cair : sifat zat cair adalah bentuknya berubah sesuai wadah yang di tempati nya dan volumenya tetap. c. zat berubah dari wujud yang satu ke wujud yang lain.yakni padat.bahwa bentuk dan volumenya selalu berubah karna gaya tarik menarik antar partikel gas sangat lemah.bahwa bentuk zat cair selalu berubah dan volumenya sealu tetap.dan dilihat dari partikelnya.pada prinsipnya ada tiga wujud zat.bahwa partikel – partikel zat padat selalu berdekatan. umumnya zat berada dalam satu wujud zat saja. b. Hal ini disebabkan oleh gaya tarik.

Perubahan padat menjadi gas disebut menyublim. Perubahan wujud padat menjadi cair disebut melebur atau meleleh. Zat dapat mengalami perubahan wujud karena energi. Perubahan gas ke padat. Pernahkah kamu memperhatikan ibumu memasak air ? Jika air sudah mendidih dan dibiarkan dalam selang waktu tertentu. contohnya adalah embun di pagi hari. maka air akan berkurang dan lama kelamaan akan habis. Perubahan wujud zat cair menjadi padat disebut membeku. tetapi zat dapat berubah dari wujud yang satu ke wujud yang lain. contohnya adalah es mencair dan mentega berubah menjadi minyak ketika dimasukkan kedalam penggorengan yang panas. A. Model : Cooperative Learning . Kemanakah air itu ? Air itu menguap menjadi gas. contohnya adalah air menjadi es ketika didalam kulkas dan coran besi yang dimasukkan ke dalam cetakan menjadi keras.Wujud zat terbagi menjadi tiga yaitu padat. Perubahan dari gas menjadi cair disebut mengembun. contohnya penguapan kapur barus. contohnya jelaga yang merupakan hasil pembakaran pada lampu minyak. Pada saat tertentu umumnya zat hanya berada dalam satu wujud saja. cair dan gas.Perubahan wujud cair menjadi gas disebut menguap contohnya adalah air menjadi uap dan spiritus menjadi gas. Metode Pembelajaran 1.

Guru meminta peserta didik berkumpul dalam kelompok yang sudah ditetapkan sebelumnya. (Fase I) d.2. Kegiatan Inti ( ± 25 menit ) a. Pembakar spiritus dan korek api. (Fase I) b. seperti sebuah Gelas beker.Ceramah .Diskusi kelompok . (Fase II) b. Metode : . dan Es batu. (Fase I) 1. (Fase IV) . Kasa dan kaki tiga. guru menuliskan PERUBAHAN WUJUD ZAT. dan apa yang terjadi ketika kapur barus di biarkan selama berhari hari. Guru memberi ceramah (informasi) yang dikuti Tanya jawab mengenai perubahan wujud zat. Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik. (Fase III) c. Langkah – Langkah Kegiatan 1. Prasyarat pengetahuan Menanyakan 3 jenis wujud zat (Fase I) c.Eksperimen A. Kegiatan Pendahuluan ( ± 5 menit ) a. Motivasi Bertanya kepada peserta didik pernahkah memasukkan kapur barus kedalam lemari. Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alat dan bahan eksperimen. Pada papan tulis. Termometer.

Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.Mikrajuddin. 2006. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar. (Fase VI) b. (Fase VI) A. (Fase IV) h. Peserta didik (dibimbing oleh guru) membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar. Sumber Belajar / Alat dan Bahan 1.d.. Jakarta: Esis. 2. guru dapat langsung memberikan bimbingan. Beberapa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil eksperimen dan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menangggapi. (Fase V) c. Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan. Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (Fase IV) e. Abdullah. (Fase IV) 1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kesimpulan dan penyajian terbaik.dan Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. (Fase VI) Guru memberikan tugas rumah tentang contoh perubahan wujud dalam kehidupan wujud zat. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari. Guru memberikan komentar terhadap presentasi dan diskusi 2 arah tersebut. IPA FISIKA 1 SMP dan MTs untuk kelas VII. (Fase IV) f. LKS ”Mengamati Terjadinya Perubahan Wujud Zat” . (Fase IV) g. Kegiatan Penutup ( ± 5 menit ) a.

– – LEMBAR KERJA SISWA Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Wujud Zat Kelompok Nama Siswa : : …………………………………. Alat-alat praktikum : Gelas beker. Kasa dan kaki tiga. Tes uraian. Teknik Penilaian : -Tes tertulis -Tes unjuk kerja -Tes Phisikomotor b.3. 1) …………………………… . Pembakar spiritus dan korek api. A. Instrumen – : tes isian singkat. Penilaian Hasil Belajar a. dan Es batu. Termometer. Bentuk Instrumen c. tes Phisikomotor : Isian singkat Perubahan wujud zat dari es menjadi air disebut… Uraian Jelaskan pengaruh pemberian kalor terhadap perubahan wujud zat ! Tes phisikomotor Jika kamu menggunakan thermometer maka bagian manakah yang kamu pegang dalam pengukurannya.

Setelah thermometer keluar dari tempatnya. catat suhu dan wujud zat di dalam gelas beker. 6. . Panaskan gelas beker yang berisi es tersebut di atas nyala api pemanas spiritus sambil mulai menghidupkan stopwatch. Kemudian lakukanlah pengukuran kepada benda yang ingin kita ukur. 4. catat suhu dan wujud zat di dalam gelas beker. kita goyang-goyangkan sampai kita rasakan suhunya tidak berubah dan lebih kurang sama dengan lingkungan sekitar. Ketika lama pemanasannya 30 sekon. Agar suhunya stabil dengan lingkungan sekitar. catat suhu dan wujud zat di dalam gelas beker. Ketika lama pemanasannya 60 sekon.2) …………………………… 3) …………………………… Tujuan Menyelidiki hubungan antara kalor dan perubahan wujud zat Alat dan bahan • • • • • Gelas beker Kasa dan kaki tiga Pembakar spiritus dan korek api Termometer Es batu Stopwatch • Langkah kerja 1. 4. Keluarkanlah thermometer dari tempatnya 2. Masukkan es batu ke dalam gelas beker dan ukurlah suhunya dengan termometer 2. 5. Ketika lama pemanasannya 90 sekon. 3. Cara Penggunaan Thermometer 1. Catat hasil pengamatan dalam tabel. dengan cara menyentuhkan bagian ujung thermometer (yang berwarna merah) kepada benda.peganglah ujung thermometer. 3.

apa yang dapat kamu simpulkan? .5. Perubahan wujud apakah yang terjadi dari percobaan di atas? _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ ____ 2. TABEL PENGAMATAN PERUBAHAN WUJUD ZAT Bahan Waktu (s) 30 Suhu (0C) Wujud Zat ES 60 90 Pertanyaan 1. Berdasarkan hasil kegiatan kamu. Buatlah grafik hubungan antara lama pemanasan dengan suhu! 3. agar tidak terjadi kekeliruan maka lihatlah skala sejajar dengan pandangan mata kita. Lihatlah skala suhu yang tertera pada thermometer.

_______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ ____ .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->