P. 1
Kelainan Pada Sistem Saraf

Kelainan Pada Sistem Saraf

|Views: 3,057|Likes:
Published by Iqram Ramadhan

More info:

Published by: Iqram Ramadhan on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2013

pdf

text

original

1.

STROKE
adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Stroke ( istilah lain Cerebrovascular accident ( CVA ) atau Cerebral apoplexy ), adalah kerusakan otak akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah otak.

gejala : Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejala-gejala stroke terbagi menjadi berikut: 1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik 2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial: menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah. 3. Cerebral cortex: aphasia, apraxia, daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan.
penyebab : 80% stroke disebabkan oleh penggumpalan darah (Ischemic Strokes). Sisanya oleh pecahnya pembuluh darah (Hemorrhagic Strokes).
Stroke disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang bisa merusak pembuluh darah, merokok, dan kolesterol yang menyebabkan penggumpalan darah.

pengobatan : pengobatan ´Bekam´ (Hijamah), yaitu mengeluarkan darah kotor/mati dari tubuh sehingga
penggumpalan darah tidak terjadi. Selain itu dengan mengurangi volume darah di tubuh, maka tekanan darah pun berkurang sehingga tekanan darah tinggi yang merusak pembuluh darah bisa dicegah.

pencegahan : Dengan mengatur pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang mengandung kolesterol jahat (LDL) serta olaraga secara teratur. diagnosis : Diagnosis stroke adalah secara klinis beserta pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan antara lain CT scan kepala, MRI. Untuk menilai kesadaran penderita stroke dapat digunakan Skala Koma Glasgow. Untuk membedakan jenis stroke dapat digunakan berbagai sistem skor, seperti Skor Strok Siriraj, Algoritma Stroke Gajah Mada, atau Algoritma Junaedi.

2. EPILEPSI
gejala : -Kejang parsial simplek dimulai dengan muatan listrik di bagian otak tertentu dan muatan ini tetap terbatas di daerah tersebut. Penderita mengalami sensasi, gerakan atau kelainan psikis yang abnormal, tergantung kepada daerah otak yang terkena.Jika terjadi di bagian otak yang mengendalikan gerakan otot

tidak mampu bernafas sebagaimana mestinya dan muatan listrik di . Pada kedua jenis epilepsi ini terjadi kejang sebagai reaksi tubuh terhadap muatan yang abnormal. Kontraksi otot sangat kuat. Biasanya penderita tidak dapat mengingat apa yang terjadi selama kejang. Tidak terjadi kejang dan gejala dramatis lainnya dari grand mal. kelopak matanya bergetar atau otot wajahnya berkedut-kedut selama 10-30 detik. kepala berpaling ke satu sisi. Kebingungan berlangsung selama beberapa menit. tidak mampu memahami apa yang orang lain katakan dan menolak bantuan. -Status epileptikus merupakan kejang yang paling serius. linglung sementara dan merasa sangat lelah. Pada penderita yang mengalami kelainan psikis bisa mengalami d?j? vu (merasa pernah mengalami keadaan sekarang dimasa yang lalu). jika terjadi pada lobus temporalis anterior sebelah dalam. pingsan maupun menyentak-nyentak. gigi dikatupkan kuat-kuat dan hilangnya pengendalian kandung kemih. kejang otot yang hebat dan sentakan-sentakan di seluruh tubuh. maka penderita akan mencium bau yang sangat menyenangkan atau sangat tidak menyenangkan. terjadi penurunan kesadaran sementara. -Kejang Jacksonian gejalanya dimulai pada satu bagian tubuh tertentu (misalnya tangan atau kaki) dan kemudian menjalar ke anggota gerak. dimana kejang terjadi terus menerus. Penderita hanya menatap. grand mal) biasanya dimulai dengan kelainan muatan listrik pada daerah otak yang terbatas. Sesudahnya penderita bisa mengalami sakit kepala. maka lengan kanan akan bergoyang dan mengalami sentakan. tidak berhenti. sejalan dengan penyebaran aktivitas listrik di otak. -Epilepsi primer generalisata ditandai dengan muatan listrik abnormal di daerah otak yang luas. menggerakkan lengan dan tungkainya dengan cara yang aneh dan tanpa tujuan. Penderita tidak memberikan respon terhadap sekitarnya tetapi tidak terjatuh. -Kejang parsial (psikomotor) kompleks dimulai dengan hilangnya kontak penderita dengan lingkungan sekitarnya selama 1-2 menit. biasanya sebelum usia 5 tahun. -Kejang petit mal dimulai pada masa kanak-kanak. dan diikuti dengan penyembuhan total. Muatan listrik ini segera menyebar ke daerah otak lainnya dan menyebabkan seluruh daerah mengalami kelainan fungsi. mengeluarkan suara-suara yang tak berarti. Penderita menjadi goyah. -Kejang konvulsif (kejang tonik-klonik. yang sejak awal menyebabkan penyebaran kelainan fungsi. Pada kejang konvulsif.lengan kanan.

Seseorang dapat dinyatakan menderita ayan jika orang tersebut telah setidaknya mengalami kejang yang bukan disebabkan karena alkohol dan tekanan darah yang sangat rendah. Trileptal. Phenobarbital. 3. Tegretol. Valproic Acid. tremor atau kejang. Gangguan neurologis seperti gerakan yang tidak terkoordinasi. pengobatan : Berikut ini adalah nama-nama obat yang dipakai untuk menyembuhkan ayan. dan sebagainya. Kadang-kadang. penyebab : y y y Kerusakan otak akibat kecelakaan Jatuh Pukulan keras pada kepala . Diastat. Lamictal. penyebab : Umumnya ayan mungkin disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran. Clonazepam. Zarontin. Klonopin. Keppra.dalam otaknya menyebar luas. Dilantin. Tapi penyebab pastinya tetap belum diketahui. Mysoline. Gangguan mengingat peristiwa-peristiwa masa lalu dan informasi sejenis sebelumnya. Phenytoin. Zonegran. diagnosis : Hippocrates adalah orang pertama yang berhasil mengidentifikasi gejala ayan sebagai masalah pada otak. Carbatrol. Jika tidak segera ditangani. Neurontin. Tegretol XR. Phenytek. MRI lebih peka daripada CT Scan. Clobazam. Topamax. AMNESIA gejala : y y y y y Gangguan mempelajari informasi baru. Frisium. baik ingatan yang baru saja ditemukan atau dari memori asli yang salah urutan waktu. Gabitril. ayan mungkin juga karena genetika. tapi ayan bukan penyakit keturunan. pitam otak (strok). Lyrica. Sabril. Tidak menggunakan Sinar-X. Gabapentin. EEG (electroencephalography) alat untuk memeriksa gelombang otak. Depakote. roh jahat. Alat bantu yang digunakan biasanya adalah: y y MRI (Magnetic resonance imaging) Menggunakan magnet yang sangat kuat untuk mendapatkan gambaran dalam tubuh/otak seseorang. Zonisamide pencegahan : Obat anti-kejang bisa sepenuhnya mencegah terjadinya grand mal pada lebih dari separuh penderita epilepsi. Depakote ER. tumor otak. Carbamazepine. Ingatan atau kenangan yang salah. bisa terjadi kerusakan jantung dan otak yang menetap dan penderita bisa meninggal. Kebingungan atau gangguan orientasi. alkohol. Felbatol. Semua obat harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. luka kepala. Depakene.

Jika gangguan mental atau fisik terjadi. Anda bisa menambahkan dengan 1 st mentega atau tidak. jeruk. Dan selain dapat mencegah amnesia. sehingga detik jam saja menyebabkan tidak bisa tidur. pengobatan : Tidak ada pengobatan fisik yang dapat dibuat. Kalau mau menambah kekuatannya tambah dengan 10 gr buah ara atau kismis. lekas merasa payah. Pada tahun 1868 melihat dari fakta yang .y y y y y y Trauma Pemakaian obat tertentu dalam waktu yang lama (biasanya obat penenang) Faktor psikologis Mekanisme pertahanan Depresi. Untuk ini. sukar mengingat dan memusatkan perhatian. penyebab : karena terlalu sering melakukan onani (masturbasi). lalu minum sebanyak satu kali sehari. Sangat sensitif terhadap cahaya dan suara. biji-bijian. terlalu lama menekan perasaan. sebentar-sebentar ingin marah. Makan 20 gr walnut setiap hari. Neurasthenia gejala : seluruh badan letih. mungkin baru memerlukan pengobatan. infeksi dan stress. pencegahan : perbanyak mengkonsumsi kol. acu tak acu. menggerutu dan sebagainya. terlalu banyak mengalami kegagalan hidup. kegelisahan dan stres berlebihan Histeris pengobatan : y y y y y y y y Rosemary adalah pengobatan sempurna untuk amnesia. Kupas kulit coklatnya di pagi hari dan giling hingga menjadi pasta. zat hijau daun. kacang. sulfur dan vitamin C. dengan temanya A. Konsumsi pagi dan sore hari secara teratur. walaupun sedikit tenaga yang dikeluarkan.D. Perasaan tidak enak. Beard. anggur dan kurma bisa meningkatkan kemampuan otak. Kacang almond juga mempunyai khasiat yang besar dalam memperkuat memori atau sistem syaraf. jus buah dan susu sapi. kol juga dapat mencegah jantung. 1 st madu dan 1 gelas susu untuk mengembalikan memori dan memperkuat mental Semua buah yang tinggi kandungan fosfornya seperti buah ara. pertentangan batin. Makanlah 1 buah apel. Campur 5 biji merica hitam dengan 1 st madu. Hal ini dikarenakan kol kaya akan kandungan zat besi. Minum seduhan bunga rosemary sebanyak 1-2 kali sehari.Rockwell memperkenalkan elektroterapi dan kemudian pengobatan eksperimental yang terus meningkat pada seseorang dengan neurasthenia. tidak bersemangat. kecemasan. 4. sebuah pengobatan yang masih controversial. kuning telur. Konsumsi makanan yang mengandung fosfor tinggi seperti sereal. Campur cumin seed dengan 2 st madu murni. rendam 10-12 kacang almond ke dalam air dan biarkan selama semalam. Apatis. Tidak sanggup berpikir tentang suatu masalah.

tidak mampu memindahkan barang. . pengobatan : Pengobatan tergantung pada lokasi cedera. Pembedahan biasanya diperlukan. 5.dipegang oleh Beard s dan Rockwell s dengan metode scientif orang mencurigai bahwa fakta tersebut tidak valid. mati rasa penyebab : karena jatuh. namun beberapa saraf terlalu kecil untuk diperbaiki dengan cara ini. TRANSEKSI gejala : Menjadi lemah. tertebak yang disertai dengan hancurnya tulang belakang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->