P. 1
Anatomi Ricinus communis

Anatomi Ricinus communis

|Views: 661|Likes:
Published by Ade Suherman

More info:

Published by: Ade Suherman on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

ANATOMI JARAK

Bagian Daun
• Epidermis

:

Terdapat dua epidermis yaitu epidermis atas dan epidermis bawah. Pada kedua epidermis terdiri dari satu lapis sel berbentuk segi empat persegi panjang. Besarnya tidak sama dan terdapat stomata pada kedua epidermis. Epidermis bawah memiliki rambut kelenjar. • Mesofil Meliputi jaringan palisade terdiri dari satu lapis sel, bentuknya kecil dan ramping. Jaringan palisade yang dekat tulang daun terdiri dari dua lapis sel. • Jaringan Bunga Karang Terdiri dari beberpa lapis sel, bentuk selnya bulat. Mengandung butir-buitr klorofil dan habur kalsium oksalat bentuk roset. Sel sekresi juga terdapat pada jaringan ini • Jaringan Palisade Mempunyai butir-butir klorofil seperti pada jaringan bunga karang dan juga mengandung habur kalsium oksalat bentuk roset. • Tulang Daun Terdiri dari berkas pembuluh tipe kolateral, menganung banyak hablur kalsium oksalat . jaringan kolenkim terdapat pada bagian atas dan bawah berkas pembuluh.

Bagian Batang :

sel parenkim.  Endodermis Merupakan lapisan terdalam dari korteks dan mengalami penebalan seperti pita yang disebut pita kaspari  Silinder pembuluh . Berfungsi menyerap air dan garam mineral dari tanah  Epidermis Adalah jaringan pelindung dan terdiri dari satu lapisan sel yang tersusun padat  Korteks Terletak di bawah epidermis dan relative tebal. dan sistem berkas pembuluh yang terdiri atas xilem dan floem. Xilem dan floem tersusun melingkar pada tumbuhan dikotil dan tersebar pada tumbuhan monokotil.Secara umum batang tersusun atas epidermis yang berkutikula dan kadang terdapat stomata. sistem jaringan dasar berupa korteks dan empulur. tersusun dari sel-sel yang tidak terspesialisasi secara structural. Xilem dan floem tersusun berbeda pada kedua kelas tumbuhan tersebut. dengan ruang antar sel yang luas. Bagian Akar :  Rambut-rambut akar Merupakan perpanjangan epidermis dan terletak dekat dengan dengan ujung akar.

anggota pembuluh (trakea).com . dan jaringan penyalur makanan (floem)  Xylem Terdiri atas sel-sel penyalur (trakeid). sel pengiring. Material Medika.Merupakan bagian tengah dari akar yang terdiri dari jaringan penyalur air (xylem). 429-433 • www. serat. serat dan sel parenkim  Floem Terdiri dari anggota pembuluh tapis.wikipedia. dan sel parenkim SUMBER : • Anonim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->