BIOKIMIA

Semenjak tahun 1940 biokimia berkembang dengan pesatnya berkat pengembangan ilmu lain yang mampu menciptakan alat alat analitik yang sangat peka dan menghasilkan bahan-bahan pelacak isotopik sehingga memungkinkan para ahli unyuk lebih mendalami dan dapat menerangkan fenomena fenomena biologik. Tiga perkembangan yang menyebabkan biokimia diakui sebagai ilmu yang berdiri sendiri dan bukan ilmu yang merupakan cabang ilmu yang lain. Pertama adalah pengakuan tentang sistem multi enzim yang yang bertindak katalitik pada jalur metbolisme. Kedua ialah bahwa selama proses metabolesme terjadi pemindahan enersi dalam sel hidup. Ke tiga adalah sifat turun menurun merupakan suatu proses biologik yang dapat diterangkan secara molekular. Menurut para ahli sekurang kurangya ada tiga ciri ciri yang dapat diidentifikasi yaitu: 1 sangat terorganisasi dan sangat komplek 2 mempunyai kemampuan untuk mengextrak enersi dari sekelilingnya 3 dapat menurunkan sifat atau dapat mereplikasikan drinya sendiri dengan tepat dan terencana. Pertama yang akan dibahas adalah ciri hidup pertama yaitu bahwa jasad hidup itu sangat komplexs sangat terorganisasi dan mengorganisasi diri sendiri . makna organisasi adalah bahwa organ kesatuan aktivitas terkecil bahkan senyawa yang menyusun jasad hidup mempunyai fungsi khusus dan bersama sama melakukan tugasnya. Kemampuanuntuk menurunkan diri sendiri dengan tepat dan terencana dapat diterangkan sebagai berikut: seingat nenek moyang kita dan turun temurun secara terus menerus selalu menyatakan sapi tiada ubahnya. Hal itu berarti bahwa jasad hidup mempunyai kamempuan untuk menurunkan atau mereplikasi drinya sendiri dengan tepat BIOMOLEKUL DAN SEL HIDUP. Untuk mengetahui unsur apa saja yang ada dan menyusun jasad hidup maka perluadanya analisa. Komposisi kimia jasad hidup(dalam% berat) orang ayam jagung beras bayam ragi air 59 56 76 12 93 72 karbohidrat Sedikit Sedikit 0 80 03 13 protein 18 21 02 07 02 12 lemak 18,0 19,0 00,7 00,3 00,3 1. abu 4,0 3,0 1,3 0,4 1,5 2,0

retikulum.00% 0. Enzim sebagaimana protein pada umumnya disintesa peda permukaan endoplasmik retikulum.001% Kalsium Fosfor Kalium Belerang Natrium magnesium 1. Molekuler sederhana terutama CO2.35% 0. Padahal jumlah jenis asam aminonya yang diisolasi ada sekitar seratus. .000% 3.kalau pada jasad hidup dikenal organ yang mempunyai kesatuan fungsional terbesar .006% 0. membran sel.35% 0. Dinding sel.15% Satu hal lagi yang menarik adaah bahwa dalam rangka penyusunan polinmer seperti protein.200% 0. ORGANISAI MOLEKULAR SEL HIDUP Dalam sel hidup senyawa dasar secara bertahap diubah ke dalam senyawa yang lebih kompleks baik fungsi maupun strukturnya. mitokondria. maka sel pun mempunyai kesatuan fungsional terbesar dalam sel yang disebut organel. kloroplas dan banyak lagi Organisasi struktural zarah zarah tersebut di dalam sel hampir tidak ada bedanya antara yukariotik dan prokariotik. Akan tetapi yang diambil oleh jasad hidup hanyalah sekitar sebelas.000% 10. sitoplasma. yang dipergunakan sebagai bahan atau senyawa dasar hanyalah 20 jenis asam amino. H2O dan Nitrogen atmosferik diubah melalui senyawa dasar menjadi satuan penyusunan oleh jasad hidup. Kebutuhan enersi untuk sintesa diperoleh dari mitokondria yang letaknya dekat dengan endoplasmik retikulum.000% 0.Sebagaimana diketahui unsur unsur yang terdapat dalam kerak bumi lebih dari seratus. ribosom. Terahir ini bergabung melalui ikatan kovalen menjadi makromolekul yang selanjutnya membentuk molekul yang lebih besar lagi ialah supra molekular.003% 0. vakuola. Atas dasar fungsinya maka benda benda sel itu dibedakan menjadi inti sel. Komposisi keunsuran jasad hidup Oksigen Karbon Hidrogen Nitrogen Khlor Besi Seng tembaga 65.50% 1. Hasilnya disalurkan keluar sel setelah dipekatkan dan disimpan. ORGANEL DALAM SEL HIDUP Kesatuan fungsional terbesar yang ada dalam sel adalah organe. Penggabungan senyawa dasar sehingga terbentuk supra molekulardan selanjutnya menjadi organel diatur dalam suatu sistem multi enzim.000% 18.

MONOSAKARIDA .mngndung 2 smpai 10 manometer danpolisakarida. yg mempunyai rumus molekul umum(CH2O)n yg pertama lbh dikenal sbgai gol.disakarida.trisakarida dan strusnya smpai polisakarida.FUNGSI Karbohidrat atau sakarida mempunyai dua fungsi yaitu sebagai bahan bakar dan sebagi bahan struktur sel¸contoh glukosa pati dan glikogen.tiga dan banyak untk mudahnya biasanya lalu dbagi mnjadi 3 golongan yaitu monosakarida.n o 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 6 Nama organel PROKARIOTI K Dinding sel Daerah inti Ribosom Granula Sitosol YUKARIOTIK Pelindung sel membran Inti Mitokondria Badan golgi Endo[lasmik retikulum kloroplas Sifat fungsi KARBOHIDRAT 1.maka krbohidrat dgolongkan menjadi : monosakarida.KLASIFIKASI DAN TATANAMA Karbohidrat adalah polihidruksi aldehida dan polihidruksi keton. 2. bilamana jmlah manometer yg menyusun brturut2 ADALAH : satu<dua. Aldosa dan yg kadua gol.oligosakarida. 3.ketosa.dari jumlah monomer yg menysun polimer itu.

KLASIFIKASI DAN TATANAN protein .aldotetrosa. laktosa dan sukrosa. 5. Mengingat bahwa sdut2 ikatan tdk 180 atau 90. maka senyawa yg satu memutr bdang polarisasi ke knan dan memutar ke kiri. amylum) dan glikogen. Bila gugus OH brada disisi kanan maka senyawa bekonfigurasi D dan sbaliknya jika gugus yg dmaksud brada di sisi kiri maka senyawa trsebut trmasuk gol L(LEVO).4. Dapatlah dpastikan bahwa mkin pnjng rantai. Dari data sdut ikatan .kemungkinan adanya intraksi antr gugus yg ada dlm snyawa itu sndiri dan hsil analisis kimiawi. yaitu trminal cabang dan trminal rantai pokok. Perlu dicatat griseraldehida dan jg senyawa lain pd umumhya tdk terlatak pd suatu bdang datar. Perbedaanya ialah bahwa trminal tak brgugus reduksi. dngan jmlah atom C sbagai pokok maka monosakarida ini trbagi mnjadi gol.pati umumnya trdiri dari dua fraksi yaitu amilosa dan amilupektin.POLISAKARIDA Senyawa ini bnyak mngandung poli satuan2 monosakarida yg ikat mngikat melalui oksigen.dari bngun molekul trsebut diatas dpatlah dketahui bahwa pati dan glikogen wlaupun trdiri dari bnyak glukosa akn tetepi daya mereduksinya sangatlah kecil klau tdk dpt dikatakan tdak ada. PROTEIN 1.golongan monosakarida yg kdua adlah ketosa dngan nama2 barawalam keto.karena adanya prbedaan warna ion/garam yg yg mngandung ion trsebut maka pristiwa reduksi bsa diikuti dngn jelas.dari dret sepantaran gol aldosa dan ketosa tmpak bahwa di dpn nama senyawa dtuliskan huruf D(DEXTER). PATI(starch. sellobiosa. Bedanya dngan maltosa ialah bahwa macam ikatanya adalah 1. Trutama bngun molekulyg diatas trlihat ada dua trminal. tanda lain yg djumpai adlah tanda (+) dan (-) yg mnyatakan kmampuan suatu senyawa dlm zat pelarut untk memeutar bdang snar polarisasi ke knan atau kekiri. maka senyawa ini trdiri dari dua stuan monosakarida glukosa. Sperti halnya dngan maltosa. Aldosa dngan nama aldo-triosa. Oleh karena itulah maka maka snyawa2 tersbut dkenal sbagai gula pereduksi.FUNGSI Fungsi protein diantaranya adalah biokatalisator (enzim). SELLOBIOSA brasal dari hidrolis sellulosa. Senyawa yg mempunyai dua satuan sakarida yg bnyak dibicarakan ialah maltosa. Sakarida gol aldosa dan ketosa mempunyai daya daya mereduksi.aldo pentrosa dan strusnya . stuktural dan protektif. maka senyawa yg tdinya terbuka mnjadi tertutup. Contohnya ialah . Bilamana kmampuan senyawa memutar bdanf snar polarisasi itu dilhat dlm sbuah polarimeter. cadangan . biomol pentranspor bahan. sedangkan rantai pokok brgugus reduksi. 2.Monosakarida yg umum trdapat dlm alam ialah yg atom C nya brkisar antra 3 smpai 7.

maka protein ini direaksikan dngan dinitrofluorobenzena.Golongan asam amino dngan R yg tdk polar. Kesimpulanya ialah bahwa slain molekul itu kompak. Protein dapatdigolongkan atas dasar konformasinya mnjadi dua golongan yaitu.R brmuatan negatif 4. yg satu atom hidrogen dgantikan oleh gugus amino(-NH2).ASAM AMINO Bilamana protein itu dihirolisis dngan bantuan asam maka hasilnya adalah asam amino. asam laktat. Berdasarkan hasil pnelitian. Scara umum denaturasi adalah pristiwa pnyimpangan dri sifat alamiah senyawa yg . ikatan peptida (dibatasi oleh kotak bergaris tebal) trletak dlm satu bdang datar. KLASIFIKASI ASAM AMINO Klasifikasi asam amino atas dasar gugus R-nya.R brmuatan positif Hidrofobik adalah sifat fobi trhadap air dan bilamana asam amino itu terdapat pd rantai polimer protein maka asam trsebut cenderung melipat dlm gumpalan protein itu.untuk dapat mnggolongkan amino ke dlm bntuk L atau D. Protein serabut/bnang dan gol. Brdasarkan rumus bngunnya asam amino dpat dpandang sbagai turunan asam karboksilat. Untuk lbih mngetahui noda asam amino yg trdapat pd kertas sering dgunakan zat warna antara lain ialah ninhidrin. 4. bila direaksikan dngan alkohol dngan bantuan katalisator asam.delapan hngga sepuluh diantaranya tergolong dalam asam amino esensial.Bila ditinjau dari konfarmasinya maka protein bsa dbagi mnjadi dua golongan yaitu: bntul serabut atau benang (FIBROUS) dan globular. hidrofobik. 5. alanin. Ikatan antara N dan C karbonil tdak dpat mngadakan rotasi pada sumbunya. Jenis asam amino yg umum trdapat dlm alam ada 20. gol. Asam amino yg satu dngan yg lainya ikat mngikat mlalui peptida. Untuk mngatahui adanya dan jenis asam amino terminal pd suatu rantai polipeptida. gugus R yg polar trletak di dibagian luar dan mngalami hidrasi. menjadi 4 golongan: 1. Asam amino merupakan satuan pnyusun protein.DENATURASI Struktur primer protein di atas tdk mngalami prubahan. Contoh yg prtama ialah karatin dan kolagen. (tdk ska air) 2.STRUKTUR PROTEIN Polimer ini trdiri dari asam amino yg jumlahnya skitar seratus pada sitokrom C dan lbih dari seribu pd laktat dehidogrenase. maka perlulah ada satu senyawa pembanding yaitu gliseraldehida.R tdk bermuatan tetapi polar 3. SIFAT DAN REAKSI ASAM AMINO Asam amino dapat membebentuk ester. sedang golongan kdua ialah mioglobin. 3. Sedangkan contoh struktur tersier adalah protein globular. Globular. Protein yg bentuknya sperti bola.

Asam lemak jenuh adalah yg beratom C 16 dan 18 dan yg tdak jenuh adalah C 18.FUNGSI Lipida mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalah 1.komponen struktural membran 2.bahan bakar 3. Spingolipida yg bnyak trdapat dlm alam ialah sfingomielin yg mngandung fosforiletanomalin atau fosforikolin sbgai kpla yg polar.bersangkutan. Senyawa ini trdiri dari gliserol -3-P sbagai kerangka dasarnya. Senyawa induk fosfolipida adalah asam fosfatidat. FOSFOLIPIDA Nama lain golongan ini ialah fosfogliserida atau gliserol fosfatida. taraf kejenuhan dan tingkat esensealitasnya. alam linoleat dan asam linolenat. SPINGOLIPIDA DAN GLIKOSFINGOLIPIDA Senyawa ini berkerangka dasarsfingosin atau basa yg sejenis.LIPIDA KOMPLEKS Lipida ini dbagi mnjadi a) triasil gliserol. Oleh karena itu fosfogliserida pd umumnya disebut mnurut gugus induknya atau fosfatidiletanolamin dan fosfatidilkholin. 1 molekul spingosin. TRIASIL GLISEROL Nama lain dari golongan senyawa ini adalah lemak netral dan trigliseri-da. asam fosfatidat dinamakan gugus fosfatidil. c) sfingo lipida dan d) lilin.lapisan pelindung dan 4. Senyawa ini trdiri dari gliserol dan tiga molekul asam lemak yg trikat scra ester.KLASIFIKASI DAN TATA NAMA Pada umumnya klasifikasi lipida didaarkan ats krangka dasarnya mnjadi lipida kompleks dan lipida sderhana 3. Ada dua jenis sfingoglikolipida yg trdapat dalam alam yaitu yg netral dan asam. Spingolipida terdiri dari 3 komponan yaitu . Taraf denaturasi sehub. Senyawa ini trdiri dari “ ekor “ yg tdak bermuatan dan “ kepala”. 2. 1 molekul asam lemak 1 kepala polar. dan trdapat dalam membran sel hewan dan saraf dan otak. Dngan intensitas dan jumlah dan jenis ikatan yg trputus sekurang2nya ada dua yaitu flokulasi dan koagulasi. b) fosfolipida. Jenis yg kdua sfingolipida asam dkenal sbagai gangliosida mempunyai ekor saramida . Sbagai gugus.vitamin dan hormon. Asam lemak yg ada dlm alam dpt dikelompokan ats dsar jumlah atom C. Jenis asam lemak yg tdak jenuh adalah asam lemak beratom C sbanyak 18 yaitu asam oleat. LIPIDA 1.

sebaliknya RNA sekurangnya ada tiga buah msing2 Bernama m-RNA. deoksi sitidin. deoksi timidin. dan sitosin.Steroida yang banyak terdapat dalam kehidupan adalah sterol .MONONUKLEOTIDA DAN BAGIAN-BAGIANYA Bagian dari senyawa ini adalah basa nitrogen.FUNGSI Asam nukleat berfungsi sebagai penyimpan sifat keturunan . gula yg beratom C sbanyak lima buah dan asam fosfat. sdangkan yg kdua adalah deoksi adenosin. Senyawa turunan purin yg umum trdapat adalah adenindan guanin. sdangkan RNA kandngan basa N-adalah adenin. yaitu urasil.dan sitosin. r-RNA dan t-RNA. Tiga turunan pirimidin yg umum trdapat dlm nukleutida. Perbedaan antara dua asam trsebut adalah bahwa DNA mngandung basa N-BASA N adenin. guanin. guanin dan sitosin. timin. LILIN Adalah senyawa yg brbentuk ester asam lemak dngan alkohol bkan gliserol. 3. Berbeda dngan DNA yg trutama trdapat dlm inti sel. adenosin guanosin.LIPIDA SEDERHANA Lipida yang dibicarakan diatas semuanya dapat dihidrolisis dengan alkali dalam keadaan panas yang selanjutnya menghasilkan sabun. urasil.Miko sterol adalah sterol yang terdapat dalam jamur dan ragi misalnya ergosterol yang merupakan bahan baku vitamin D. semaua bagian dihasilkan dari hidrolisis mononukletida. deoksi guanosin.DI-DAN POLINUKLOTIDA Sesuai dngan namanya maka polimer itu mngandung dua atau lbih satuan pnyusun yg dikenal sbagai mononukleotida.KLASIFIKASI DAN TATANAMA Senyawa ini adalah suatu polimer. DNA jenisnya hanya sebuah. sitidin.penyimpan energi dan beberapa diantaranya bekerja sebagai ko-enzim. uridin. Nukleosida difosfat dan trifosfatnya trgolong snyawa energi tnggi. 4. asam fosfat yg trikat brikutnya adalah anhidrida. .Oleh karena itu asam nukleat juga dinamakan polinukleotida.RNA pd umumnya trdapat dlm sitoplasma.senyawa itu termasuk steroida dan terpena.Satuan penyusunannya disebut mononukleotida.dan berkepala oligosakaridayg mngandung bag. Nukleosida yg prtama ada bebrapa yaitu. Yg brmuatan negatif yaitu asam sialat. timin. 4. ASAM NUKLEAT 1. Lanolin ialah campuran aster asam lemak dan ianosterol yg trmasuk golngan sterol. 2.Ada golongan lipida lain yang tidak dapat diubah menjadi sabun. Polinukleotida prtama adalah asam deoksiribonukleat (singkatan teteap DNA) dan yg kdua adalah asam ribonukleat (RNA).suatu alkohol yang berintikan perhidrosiklopentano fenantren.

Engelhardt dan M. Mayerhof dinyatakan bahwa senyawa trsebut trbentuk pd proses pemecahan anerobik glukosa menjadi asam laktat dlm jar. LYUBIMOVA mnjlaskan bahwa ATP dihidrolisis mnjadi ADP olh miosin dlm suatu proses yg membthkan enrgi.REAKSI OKSIDO REDUKSI DAN AF Dalam ilmu biokimia bnyak dijumpai reaksi oksidasi dan reduksi. H. yg disingkat F. Untuk mngetahuibsarnya perubahan potensial redoks suatu sistem maka dipergunakanlah sbuah pngukur. yaitu salah satu monomer dlm asam nukleat. Waburg dan O. Oleh O. Oleh karena itulah maka proses itu dbri nama proses oksido-reduksi. Balitzur (uni soviet) dpat membuktikan bahwa ATP jg tmbul dari ADP dlam suatu proses yg dnamakan fosforilasi oksidatif. Frits lippman (pd tahun 1940) brhasil disusun sbuah lingkaran yg mnggambarkan prjalanan dan fungsi ATP dlm sel hidup.N. 2. Oleh karena dapat menyimpan .LINGKARAN ADENOSIN TRIFOSFAT Adenosin tri-fosfat adalah senyawa yg trmasuk dalam golongan mononukleotida. yg potensialnya redoksnya sama dngan 0. transpor aktif (kerja osmotik). Bila suatu sistem brbah dari satu ke lain keadaan maka trjadilahprubahan energi bebas yg akn mncapai minimum apabila sistem trsebut mncapai keseimbanganya. atau pd pembentukanya memerlukan energi yang bsar dinamakan senyawa energi yang tinggi. Senyawa sprti ATP. Otot. Pengukur yg dmaksud pd umumnya ialah elektrode H.0 vol. SEJARAH . 3. Pd prubahan itu trjadilah prubahan energi bebas yg bsarnya AF=FB-FA Dalam ilmu biokimia senyawa yg pnting di dlm sel hidup adalah senyawa fosfat organik. Kedua proses itu sbenarnya tdk dpt dipisahkan satu sama lain. Kalau dlm suatu sistem atau suatu proses ada senyawa yg dioksidasi maka sebaliknya tntu ad senyawa yg tereduksi.ENERGI BEBAS Bagian energi dlm bhan makanan yg dpt dipergunakan untk mlakukan krja sprti biosintesa (kerja ilmiah). oleh karena dapat mnyimpan energi yg bsar. ENZIM 1.ENERGI BIOKIMIA DAN LINGKARAN ATP 1. Kalkacar (denmark) dan V. kontraksi muskular (kerja mekanik) dan lain2nya dsebut enrgi bebas.

biasa dsebut dngan karboksilasi. Bagian proteinnya dnamakan apo-enzim dan bgian nir-proteinya dsebut koenzim. transferase.KLASIFIKASI DAN TATANAMA Dasar untuk mngklasifikasi enzim ada beberapa yaitu ats dasar nama substrat yg dikatalisis. liase. Senyawa inipun mnjadi bagian dari koenzim yg mngangkat CO2. Sedangkan pada tahun 1872 E. Oleh karena reaksi itu bnyak sekali maka biokatalisator yg dbentuk jmlah maupun jnisnya tak trhitung bnyaknya. Pada tahun 1866 louis pasteur mndapatkan bahwa cairan anggur bergula dpt mngalami perubahan mnjadi alkohol dan CO2 oleh karena adanya ragi yg tmbuh didlmnya. Koenzim lain yg mngandung vitamin yg bekerja pd reaksi oksidoreduksi adalah flavin adenin dinukleotida dan flavin monokleutida msing2 dsingkt dngan FAD dan FMN. Nama yang diberikan senyawa diatas tdak tepat karena mononukleotida yg satu bkan ribosa melainkan ribiol.vitamin yg tremasuk dalam B kompleks lain yg ikt aktif adalahn vitamin B1 atau dkenal sbgai tiamin. isomerase. 2. 3. nama jasad hdup yg mnghasilkan enzim dan jenis reaksi yg dikatalisa. yg bsa brupa senyawa organik dngan berat molekul ckup tnggi atau logam.Enzim adalah protein yg khusus disintesis oleh sel hidup untk mngkatalisis reaksi yg berlngsung di dlamnya.STUKTUR TIGA DIMENSI DAN SIFAT KATALITIK .KOFAKATOR Uutuk aktifitasnya kadang2 enzim ini membthkan kofakator. Biotin dkenal sbagai vtamin atau faktor tumbuh. Dari nama tersebut diketahui bhwa koenzim (lbih tepak disebut gugus protesis) ini adalahsebuah nukleutida. Buchner dpt mngekstrak zat yg trdapat dlm ragi yg selanjutnya senyawa itu dpt mlangsungkan fermentasi alkohol tanpa brhubungan dng struktur sel ragi itu sendiri. 4. hidrolase. ligase. Atas dasar jenis reaksinya maka enzim dbagi mnjadi 6 golongan yaitu Oksidoreduktasa. Apabila enzim itu trdiri dari bgian sprti yg dterangkan di atas maka keseluruhan enzim itu dinamakan holo-enzim.