GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK I.

κ SIFAT-SIFAT CAHAYA Teori Al-hasan (965-1038) Pada pertengahan abad ke sepuluh seorang ilmuwan Mesir di Iskandaria yang bernama Al Hasan (965-1038) mengemukakan pendapat bahwa mata dapat melihat benda-benda di sekeliling karena adanya cahaya yang dipancarkan atau dipantulkan oleh benda-benda yang bersangkutan masuk ke dalam mata. Teori ini akhirnya dapat diterima oleh orang banyak sampai sekarang ini. κ Teori Emisi atau Teori Partikel Sir Isaac Newton (1642-1727) merupakan ilmuwan berkebangsaan Inggris yang mengemukakan pendapat bahwa dari sumber cahaya dipancarkan partikel-partikel yang sangat kecil dan ringan ke segala arah dengan kecepatan yang sangat besar. Bila partikel-partikel ini mengenai mata, maka manusia akan mendapat kesan melihat benda tersebut. Alasan dikemukakanya teori ini adalah sebagai berikut:

Karena partikel cahaya sangat ringan dan berkecepatan tinggi maka cahaya dapat merambat lurus tanpa terpengaruh Gaya gravitasi bumi.

Ketika cahaya mengenai permukaan yang halus maka cahaya akan dipantulkan dengan sudut sinar datang sama dengan sudut sinar pantul sehingga sesuai dengan hukum pemantulan Snellius. Peristiwa pemantulan ini dijelaskan oleh Newton dengan menggunakan bantuan sebuah bola yang dipantulkan di atas bidang pantul.

Alasan berikutnya adalah pada peristiwa pembiasan cahaya yang disamakan dengan peristiwa menggelindingnya sebuah 1

bola pada papan yang berbeda ketinggian yang dihubungkan dengan sebuah bidang miring. Dari permukaan yang lebih tinggi bola digelindingkan dan akan terus menggelinding melalui bidang miring sampai akhirnya bola akan menggelinding di permukaan yang lebih rendah. Jika diamati perjalanan bola, maka sebelum melewati bidang miring lintasan bola akan membentuk sudut α terhadap garis tegak lurus pada bidang miring. Setelah melewati bidang miring lintasan bola akan membentuk sudut β terhadap garis tegak lurus pada bidang miring. Jika permukaan atas dianggap sebagai udara dan permukaan bawah dianggap sebagai air serta bidang miring merupakan batas antara udara dan air, gerak bola dianggap sebagai jalannya pembiasan cahaya dari udara ke air, maka Newton menganggap bahwa kecepatan cahaya dalam air lebih besar dari pada kecepatan cahaya dalam udara.
κ

Teori Jean Focault Seorang ahli fisika Prancis, Jean Focault (1819 - 1868) melakukan percobaan tentang pengukuran kecepatan cahaya dalam berbagai medium. Dalam percobaannya Jeans Focault mendapatkan kesimpulan bahwa kecepatan cahaya dalam air lebih kecil dari pada kecepatan cahaya dalam udara.

κ

Teori Gelombang Menurut Christian Huygens (1629-1695) seorang ilmuwan berkebangsaan Belanda, bahwa cahaya pada dasarnya sama dengan bunyi dan berupa gelombang. Perbedaan cahaya dan bunyi hanya terletak pada panjang gelombang dan frekuensinya. 2

• Percobaan seorang ilmuwan berkebangsaan Belanda. κ Teori Elektromagnetik Percobaan James Clerk Maxwell (1831 .1879) seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris (Scotlandia) menyatakan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya yaitu 3×108 m/s. Huygens ini peristiwa pemantulan. Peter Zeeman (1852 .1894) yang membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang tranversal. seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman yang mengungkapkan bahwa medan listrik yang sangat kuat dapat mempengaruhi berkas cahaya. 3 .1943) yang menyatakan bahwa medan magnet yang sangat kuat dapat berpengaruh terhadap berkas cahaya. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa cahaya dapat menunjukkan gejala polarisasi. Pada teori interferensi. oleh karena itu Maxwell berkesimpulan bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.Pada teori ini Huygens menganggap bahwa setiap titik pada sebuah muka gelombang dapat dianggap sebagai sebuah sumber gelombang yang baru dan arah muka gelombang ini selalu tegak lurus tehadap muka gelombang yang bersangkutan. namun dalam teori Huygens ada kesulitan dalam penjelasan tentang sifat cahaya yang merambat lurus. Kesimpulan Maxwell ini di dukung oleh: • Seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman. ataupun difraksi cahaya dapat dijelaskan secara tepat. Heinrich Rudolph Hertz (1857 . pembiasan. • Percobaan Stark (1874 - 1957).

yang gelombangnya. Kemudian dari seluruh teori-teori cahaya yang muncul dapat disimpulkan bahwa cahaya mempunyai sifat dual (dualisme cahaya) yaitu cahaya dapat bersifat sebagai gelombang untuk menjelaskan peristiwa interferensi dan difraksi tetapi di lain pihak 4 . Akibatnya percobaan Huygens tidak Einstein dengan justru teori pada bertentangan dengan efek pernyataan fotolistrik.1947). Sedangkan menurut teori gelombang seharusnya energi kinetik elektron bergantung pada intensitas cahaya. Fotolistrik adalah peristiwa terlepasnya elektron dari suatu logam yang disinari dengan panjang gelombang tertentu. Dan pada tahun 1901 Planck mempublikasikan teori kuantum cahaya yang menyatakan bahwa cahaya terdiri dari peket-paket energi yang disebut kuanta atau foton. Dalam percobaannya Planck mengamati sifat-sifat termodinamika radiasi benda-benda hitam hingga ia berkesimpulan bahwa energi cahaya terkumpul dalam paket-paket energi yang disebut kuanta atau foton.Pada besarnya intensitas besarnya kecepatan elektron yang terlepas dari logam ternyata bergantung cahaya digunakan untuk menyinari logam tersebut.κ Teori Kuantum Teori kuantum pertama kali dicetuskan pada tahun 1900 oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman yang bernama Max Karl Ernst Ludwig Planck (1858 . Akan tetapi dalam teori ini paket-paket energi atau partikel penyusun cahaya yang dimaksud berbeda dengan partikel yang dikemukakan oleh Newton . Karena foton tidak bermassa sedangkan partikel pada teori Newton memiliki massa Pernyataan Planck ternyata mendapat dukungan dengan adanya percobaan Albert Einstein pada tahun 1905 yang berhasil menerangkan gejala fotolistrik dengan menggunakan teori Planck.

Maxwell mengemukakan hipotesa sebagai berikut: “Perubahan medan listrik dapat menimbulkan medan magnet”.”. Perubahan medan listrik dapat menghasilkan medan Hukum Coulomb mengemukakan : “Muatan listrik statik dapat menghasilkan kaidah tentang kemagnetan dan kelistrikan mendukung konsep gelombang elektromagnetik 5 . medan listrik. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik. b. magnet. Hukum Biot & Savart mengemukakan : “Aliran muatan listrik (arus listrik) dapat menghasilkan medan magnet”. Hipotesa ini sudah teruji dan disebut dengan Teori Maxwell. Cepat rambat gelombang (c) dan permeabilitas (ε ) elektromagnetik tergantung dari permitivitas ( (μ) zat. Inti teori Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik adalah: a. Beberapa yang perkembangan antara lain: 1. Hukum Faraday mengemukakan : “Perubahan medan magnet dapat menghasilkan medan listrik”. 2. 3.cahaya dapat berupa materi tak bermassa yang berisikan paketpaket energi yang disebut kuanta atau foton sehingga dapat menjelaskan peristiwa efek fotolistrik. Berdasarkan Hukum Faraday. Ternyata magnet yang perubahan tidak medan listrik menimbulkan atau medan tetap besarannya berubah-ubah.

Jadi gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dihasilkan dari perubahan medan magnet dan medan listrik secara berurutan. Arah getar vektor medan listrik− bersama dan medan magnet saling tegak lurus. E = medan listrik (menjalar vertikal) B = medan magnet (menjalar horizontal. Bila dalam kawat PQ terjadi perubahan-perubahan tegangan baik besar maupun arahnya. Pola gelombang elektromagnetik sama dengan pola gelombang transversal dengan vektor perubahan medan listrik tegak lurus pada vektor perubahan medan magnet. Perubahan tegangan menimbulkan perubahan medan listrik dalam ruangan disekitar kawat.Sehingga perubahan medan magnet tersebut akan menghasilkan lagi medan listrik yang berubah-ubah. dengan kata lain dalam kawat PQ terjadi getaran listrik. dimana arah getar vektor medan listrik dan medan magnet saling tegak lurus. (GEM) Percobaan-percobaan yang teliti membawa kesimpulan : 1. Proses terjadinya medan listrik dan medan magnet berlangsung secara sama dan menjalar kesegala arah. Perubahan medan listrik dan medan magnet itu merambat ke segala jurusan.) Gejala seperti ini disebut terjadinya gelombang elektromagnetik ( gelombang yang mempunyai medan magnet dan medan listrik). 6 . Karena rambatan perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik maka rambatan perubahan medan listrik dan medan magnet lazim disebut gelombang elektromagnetik. sedangkan perubahan arus listrik menimbulkan perubahan medan magnet. maka dalam kawat PQ elektron bergerak bolak-balik.

difraksi. secara cermat Maxwell membangun teori yang dikenal sebagai teori gelombang elektromagnetik. Hasil-hasil berikut. Hukum Faraday : Perubahan medan magnet (B) dapat menimbulkan medan listrik (E). 3. Gelombang polarisasi seperti halnya pada cahaya. Gelombang elektromagnetik lahir sebagai paduan daya imajinasi dan ketajaman akal pikiran berlandaskan keyakinan akan keteraturan dan kerapian aturan-aturan alam. demikianlah keyakinan Maxwell. c. diteruskan oleh isolator. Menurut perhitungan secara teoritik. teorinya dapat diuji kebenarannya melalui percobaanpercobaan.2. Baru setelah bertahun-tahun Maxwell tiada. a. kecepatan gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada permitivitas ruang hampa ( εo) dan permeabilitas ruang hampa (µo ). Dengan pengetahuan matematika yang dimilikinya. b. Jika perubahan medan magnet dapat menimbulkan perubahan medan listrik maka perubahan medan listrik pasti dapat menimbulkan perubahan medan magnet. Maxwell berpendapat bahwa masih ada kekurangan satu aturan kelistrikan yang masih belum terungkap secara empirik. pembiasan. antara lain sebagai Diserap oleh konduktor dan . 7 percobaan yang mendahuluinya telah mengungkapkan tiga aturan gejala kelistrikan . Didorong oleh keyakinan atas keteraturan dan kerapian hukum-hukum alam. elektromagnetik menunjukkan gejala-gejala pemantulan. Hukum Coulomb : Muatan listrik menghasilkan medan listrik yang kuat. Hukum Biot-Savart : Aliran muatan (arus) listrik menghasilkan medan magnet disekitarnya.

m2 dan− εo= 8.m− μo cahaya. kemagnetan adalah: 1. Medan terhadap magnet yang dapat berubah-ubah menghasilkan waktu GEJALA KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN Dua hukum dasar yang menghubungkan gejala kelistrikan dan teori Huygens tentang cahaya sebagai gerak = 4π. 2.Dengan memasukkan 12 C2/N. Oleh karena itu konsep gelombang elektromagnetik ini merupakan penyokong gelombang.108 m/s. Gejala ini dikenal sebagai gejala induksi elektromagnet. II. Arus listrik dapat menghasilkan (menginduksi) medan magnet. Gejala induksi magnet dikenal sebagai Hukum Ampere. Ini dikenal sebagai gejala induksi magnet. Konsep induksi elektromagnet ditemukan secara eksperimen oleh Michael Michael Faraday Faraday dan dirumuskan secara lengkap oleh 8 . 10 7 Wb/A. Oleh sebab itu Maxwell mempunyai cukup alasan untuk menganggap cahaya adalah gelombang elektromagnetik.85 . Peletak dasar konsep ini adalah Oersted yang telah menemukan gejala ini secara eksperimen dan dirumuskan secara lengkap oleh Ampere. nilai yang sama dengan kecepatan (menginduksi) medan listrik dalam bentuk arus listrik.10 diperoleh nilai c = 3.

Maxwell melihat adanya suatu pola dasar. Gelombang semacam ini 9 . Jadi. Dengan demikian Maxwell mengusulkan bahwa medan listrik yang berubah terhadap waktu dapat menghasilkan ini (menginduksi) menjadi medan hukum magnet. Hukum induksi elektromagnet sendiri kemudian dikenal sebagai Hukum Faraday-Henry. prinsip ketiga adalah medan listrik yang berubah-ubah yang dikemukakan merupakan dikenal terhadap waktu dapat oleh Maxwell pada dari menghasilkan medan magnet. James Clerk Maxwell mengajukan suatu usulan. Usulan yang dikemukakan Maxwell. dengan Hukum Ampere-Maxwell. Medan magnet yang berubah James Clerk Maxwell terhadap waktu dapat membangkitkan medan listrik yang juga berubah-ubah terhadap waktu.Joseph Henry. ketiga Usulan yang Maxwell kemudian menghubungkan antara kelistrikan dan kemagnetan. Oleh karena itu. Dari kedua prinsip dasar listrik magnet di atas dan dengan mempertimbangkan konsep simetri yang berlaku dalam hukum alam. Prinsip ketiga ini dasarnya prinsip ini pengembangan nama rumusan hukum Ampere. Dari ketiga prinsip dasar kelistrikan dan kemagnetan di atas. yaitu bahwa jika medan magnet yang berubah terhadap waktu dapat menghasilkan medan listrik maka hal sebaliknya boleh jadi dapat terjadi. Jika proses ini berlangsung secara kontinu maka akan dihasilkan medan magnet dan medan listrik secara kontinu. Jika medan magnet dan medan listrik ini secara serempak merambat (menyebar) di dalam ruang ke segala arah maka ini merupakan gejala gelombang. dan medan listrik yang berubah terhadap waktu juga dapat menghasilkan medan magnet.

disebut gelombang elektromagnetik karena terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang merambat dalam ruang. sebagaimana telah dibahas di atas. Kenyataan ini menjadikan J C Maxwell dianggap sebagai penemu dan perumus dasar-dasar gelombang elektromagnetik. positif dan negatif yang berdekatan) sebagai pemancar dan dipol listrik lain sebagai penerima. Adalah Heinrich Hertz yang membuktikan adanya gelombang elektromagnetik melalui eksperimennya. Ramalan Maxwell tentang gelombang elektromagnetik ternyata benar-benar terbukti. Teori Maxwell tentang listrik dan magnet meramalkan adanya gelombang elektromgnetik. Antena pemancar dan penerima yang ada saat ini menggunakan prinsip seperti ini: 10 . Eksperimen Hertz sendiri berupa pembangkitan gelombang elektromagnetik dari sebuah dipol listrik (dua kutub bermuatan listrik dengan muatan yang berbeda. Pada mulanya gelombang elektromagnetik masih berupa ramalan dari Maxwell yang dengan intuisinya mampu melihat adanya pola dasar dalam kelistrikan dan kemagnetan.

elektromagnetik Eksperimen ini dan terdeteksi oleh bagian bahwa berhasil membuktikan gelombang elektromagnetik yang awalnya hanya berupa rumusan teoritis dari Maxwell. induksinya menyebabkan telepon mendemonstrasikan penemuannya kepada Royal Society pada 1880 tapi hanya dibilang itu cuma merupakan induksi. berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865. Pada 1878 David E.Diagram Skematik Eksperimen Hertz Melalui eksperimennya ini Hertz berhasil membangkitkan gelombang penerimanya. benar-benar ada sekaligus mengukuhkan teori Maxwell tentang gelombang. 11 . EKSPERIMEN ELEKTROMAGNETIK Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Cahaya tampak adalah salah satu bentuk radiasi radiasi elektromagnetik. Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (A dynamical theory of the electromagnetic field). Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan menemukan gangguan ke dan bahwa menerima gelombang Dia radio ketika dia keseimbangan buatannya. sub-bidang elektromagnetisme. III. disebut Penelitian teoritis tentang elektromagnetik PENEMUAN GELOMBANG elektrodinamik.

dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya).Adalah Heinrich Rudolf Hertz yang. dan frekuensi. gelombang atau elektromagnetik partikel. dan masing-masing frekuensi −34 mempunyai ditunjukan energi oleh berhubungan dengan gelombang hubungan Planck E = Hν. Bergantung bersifat pada situasi. Ephoton = hν. J·s — dan ν adalah frekuensi Einstein kemudian memperbarui rumus ini menjadi 12 . Kalau dipertimbangkan sebagai partikel. Waktu kawat (atau panghantar seperti antena) menghantarkan arus bolak-balik. Gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Hertz. dan dapat persamaan elektromagnetik diformulasikan ke persamaan turunan partial disebut persamaan gelombang.626 × 10 gelombang. antara 1886 dan 1888. dapat seperti gelombang seperti Sebagai gelombang. Heinrich Hertz mencoba untuk membuktikan keberadaan gelombang elektromagnetik itu. pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen. memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang menemukan (sekarang bahwa disebut gelombang Hertzian). saat itu belum dapat dibuktikan. Maxwell menyatakan persamaannya yang cukup mengejutkan dunia Fisika. Salah satunya menyatakan adanya gelombang elektromagnetik. panjang gelombang. di mana E adalah energi foton. Namun. Karna itu. Setiap muatan listrik yang memiliki percepatan memancarkan radiasi elektromagnetik. radiasi elektromagnetik dirambatkan pada frekuensi yang sama dengan arus listrik. mereka diketahui sebagai foton. IV. H ialah konstanta Planck — 6. PERSAMAAN MAXWELL Sekitar abad ke 19.

Ini membuktikan ada listrik yang mengalir melalui radiasi suatu benda. Persamaan Maxwell adalah himpunan empat persamaan diferensial parsial yang mendeskripsikan sifat-sifat medan listrik dan medan magnet muatan dan listrik hubungannya dan arus dengan sumberteori 13 sumbernya. Begitu pula dengan arah geraknya. listrik. Alhasil. ternyata muncul percikan listrik pada gap-nya. yang diharapkan akan ada radiasi gelombang gelombang elektromagnetik yang akan dipancarkan. Karena ada arus pergeseran pada gap pemancar. menurut . pada rangkaian loop penerima yang hanya berupa kawat berbentuk lingkaran yang tanpa diberikan sumber tegangan apapun. elektromagnetik Maxwell.Secara teori.yang akhirnya terhantarkan ke loop. Karena gelombang tersebut mengantung gelombang listrik. Karena merasa belum puas. Percobaan Hertz ini juga memicu penemuan telegram kabel oleh Rangkaian ini ada dalam kaca quartz untuk menghindari sinar UV. Hertz mencoba membuat rangkaian pemancar sederhana dengan bantuan trafo untuk memperkuat tegangan dan kapasitor sebagai penampung muatannya. maka Hertz mencoba membuktikan keberadaan gelombang elektromagnetik tersebut melalui keberadaan gelombang listriknya yang diradiasikan oleh rangkaian pemancar. Hertz menyadari bahwa gelombang elektromagnetik yang dinyatakan Maxwell merupakan gabungan dari gelombang listrik dan gelombang magnetik secara saling tegak lurus. Ini artinya listrik pada loop berasal dari pemancar itu sendiri. Hertz mencoba untuk menghitung frekuensi pada loop. Dengan ini terbuktilah tanpa adanya dan radiasi radio gelombang Marconi. Karena secara teori. Ternyata frekuensi yang dihasilkan sama dengan frekuensi pemancar. dari percikan muncul dihasilkan elektromagnetik.

dan perubahan medan magnet ini menciptakan medan listrik yang mendorong arus listrik yang kemudian disalurkan melalui jala-jala listrik. • Hukum Gauss menerangkan bagaimana muatan listrik dapat menciptakan dan mengubah medan listrik. Ini merupakan prinsip operasi banyak generator listrik. Medan listrik cenderung untuk bergerak dari muatan positif ke muatan negatif. 14 . keempat persamaan ini masing-masing disebut sebagai Hukum Gauss.elektrodinamika klasik. Hukum induksi Faraday. Hukum Gauss adalah penjelasan utama mengapa muatan yang berbeda jenis saling tarik-menarik. dan yang sama jenisnya tolakmenolak. yang ditanggapi oleh muatan lain melalui gaya listrik • Hukum Gauss untuk magnetisme menyatakan tidak seperti listrik tidak ada partikel "kutub utara" atau "kutub selatan". Keempat persamaan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik. Hukum Gauss untuk magnetisme. dan Hukum Ampere. Keempat persamaan ini dengan Hukum Lorentz merupakan kumpulan hukum lengkap dari elektrodinamika klasik. Kutub-kutub utara dan kutub-kutub selatan selalu saling berpasangan. Secara terpisah. Gaya mekanik (seperti yang ditimbulkan oleh air pada bendungan) memutar sebuah magnet besar. • Hukum induksi Faraday mendeskripsikan bagaimana mengubah medan magnet dapat menciptakan medan listrik. Muatan-muatan tersebut menciptakan medan listrik.

Keempat persamaan Maxwell ini mendeskripsikan gelombang ini secara kuantitatif. meskipun tidak ada muatan listrik atau arus listrik. Dengan demikian. dan sebaliknya. Maxwell memadukan dua bidang yang sebelumnya terpisah. dan lebih lanjut lagi meramalkan bahwa gelombang ini mestilah memiliki laju tertentu yang universal. Dengan demikian. Cahaya memang merupakan salah satu bentuk radiasi elektromagnetik (seperti juga sinar X. elektromagnetisme dan optika. dan dengan mengubah medan listrik (tambahan Maxwell).Memori inti magnetik An Wang (1954) adalah penerapan Hukum Ampere. Meskipun bentuk umumnya tetap. Selain satuan SI (yang umum digunakan dalam rekayasa). hukum ini menyatakan bahwa perubahan medan listrik dapat menimbulkan medan magnet. Tiap inti magnetik merupakan satu bit • Hukum Ampere menyatakan bahwa medan magnet dapat ditimbulkan melalui dua cara: yaitu lewat arus listrik (perumusan awal Hukum Ampere). berbagai definisi berubah dan tetapan yang berbeda-beda muncul di tempat yang berbeda-beda pula. Laju ini dapat dihitung cukup dari dua konstanta fisika yang dapat diukur (konstanta elektrik dan konstanta magnetik) Laju yang dihitung untuk radiasi elektromagnetik tepat sama dengan laju cahaya. Perumusan umum persamaan Maxwell dalam bagian ini ditulis dalam satuan SI. Tidak seperti persamaan dalam mekanika misalnya. masih dimungkinkann buat memiliki gelombang osilasi medan magnet dan medan listrik yang stabil dan dapat menjalar terus-menerus. gelombang radio dan lain-lainnya). Koreksi Maxwell terhadap Hukum Ampere cukup penting: dengan demikian. sistem satuan lain yang umum digunakan adalah satuan Gauss 15 . perumusan persamaan Maxwell berubahubah tergantung pada sistem satuan yang digunakan.

Perumusan pertama memisahkan muatan terikat dan arus terikat (yang muncul dalam konteks dielektrik dan/atau bahan magnet) dari muatan bebas dan arus bebas. Kedua-duanya ekivalen. Lambang dicetak tebal mewakili besaran vektor. Elektromagnetik GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK Pengertian Gelombang Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat diukur. menggabungkan baik muatan bebas dan terikat ke dalam muatan total (dan hal yang sama juga berlaku untuk arus). sedangkan lambang dicetak miring mewakili besaran skalar [1] ). Perumusan kedua memperlakukan semua muatan secara setara. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Ini adalah pendekatan yang lebih mendasar atau mikroskopis. satuan Lorentz-Heaviside (biasa digunakan dalam fisika partikel) dan satuan Planck (digunakan V. frekuensi. Amplitudo adalah tinggi gelombang. sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa yaitu: amplitudo/amplitude. kecepatan. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya 16 . a. Pemisahan ini berguna untuk perhitungan yang melibatkan bahan dielektrik dan magnet. dan terutama berguna bila tidak ada bahan dielektrik atau magnet. Energi elektromagnetik panjang gelombang/wavelength.(didasarkan pada sistem CGS dan dianggap memiliki keuntungan teoretis dibandingkan SI dalam fisika teori). yang dibeberkan di bawah. Ada dua perumusan umum persamaan Maxwell. walau tidak ada medium.

semakin rendah frekuensinya. dan semakin pendek suatu gelombang semakin tinggi frekuensinya. Seperti halnya gelombang pada umumnya. gelombang elektromagnetik pembiasan mengalami peristiwa pemantulan (refleksi). dan semakin tinggi frekuensinya. 2. Perbedaan karakteristik energi energi gelombang digunakan untuk mengelompokkan elektromagnetik. dan lenturan (difraksi). Juga mengalami peristiwa pengkutuban (polarisasi) karena termasuk gelombang transversal. Dapat merambat dalam ruang hampa. semakin rendah panjang gelombang dari energi yang dihasilkan. panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik.gelombang. 4. 17 . Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya. perpaduan (interferensi). Karena kecepatan energi elektromagnetik adalah konstan (kecepatan cahaya). b. Energi elektromagnetik dipancarkan. (refraksi). Ciri-Ciri Gelombang Elektromagnetik Ciri gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut: Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan. sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama. Merupakan gelombang transversal. 3. Semakin panjang suatu gelombang. Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang. oleh semua masa di alam semesta pada level yang berbedabeda. Semakin tinggi level energi dalam suatu sumber energi. atau dilepaskan. 1. 5.

yang sanggup menghasilkan dan menemui kedua gelombang yang tampak oleh mata yang diramalkan oleh Maxwell itu. Gambar spectrum elektromagnetik di bawah disusun berdasarkan panjang gelombang (diukur dalam satuan _m) mencakup kisaran energi yang sangat rendah. Inti atom yang tidak stabil menghasilkan sinar gamma. Beberapa tahun kemudian Guglielmo Marconi memperagakan bahwa gelombang yang tak terlihat mata itu dapat digunakan buat komunikasi tanpa kawat sehingga menjelmalah apa yang namanya radio itu. sinar X. sinar ultraviolet adalah contoh-contoh dari radiasi elektromagnetik. Lampu merkuri → menghasilkan ultra violet. bisa saja ada. sinar infra. Kini. Penembakan elektron dalam tabung hampa pada keping logam → menghasilkan sinar X (digunakan untuk rontgen). VI. Semuanya bisa dipelajari lewat hasil pemikiran Maxwell. dengan 18 . c. Osilasi listrik. 3. Pendapat James Clerk Maxwell menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik lain. 1. berbeda dengan cahaya yang tampak oleh mata dalam dia punya panjang gelombang dan frekuensi. Sinar matahari → menghasilkan sinar infra merah. kita gunakan juga buat televisi. 4. Kesimpulan teoritis ini secara mengagumkan diperkuat oleh Heinrich Hertz. 2.Cahaya yang tampak oleh mata bukan semata jenis yang memungkinkan radiasi elektromagnetik. sinar gamma. Susunan berdasarkan SPEKTRUM ELEKTROMAGNETIK semua panjang bentuk gelombang gelombang dan elektromagnetik disebut frekuensinya GELOMBANG Sumber Gelombang Elektromagnetik spektrum elektromagnetik.

panjang gelombang tinggi dan frekuensi rendah. Gelombang AM (amplitudo modulation) dapat mencapai tempat yang sangat jauh di belahan bumi karena gelombang ini dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer. seperti gelombang radio sampai ke energi yang sangat tinggi. Lapisan ionosfer merupakan lapisan udara yang banyak mengandung partikel-partikel listrik. Laju gelombang elektromagnetik sama dengan laju cahaya di ruang hampa. panjang gelombang dan frekuensi tidak dan sama dengan cahaya. Adapun gelombang FM (frequency modulation) banyak digunakan pada pemancar 19 . frekuensi panjang gelombang elektromagnetik antara elektromagnetik adalah sebagai berikut: c = fλ Keterangan: c = cepat rambat gelombang elektromagnetik (3 x 108 m/s) f = frekuensi (Hz) λ = panjang gelombang (m) a.  Contoh spektrum elektromagnetik Gelombang Radio Gelombang radio meliputi daerah frekuensi antara 104 Hz sampai 108 Hz dan panjang gelombangnya dari 10 m sampai 104 m. dengan panjang gelombang rendah dan frekuensi tinggi seperti radiasi Xray dan Gamma Ray. Gelombang radio banyak digunakan dalam dunia telekomunikasi. Gelombang radio dapat dibedakan menjadi dsua. yaitu gelombang radio FM dan gelombang radio AM. gelombang Hubungan Namun.

yaitu untuk mendeteksi adanya pesawat terbang abtau benda angkasa lainnya yang tempatnya sangat jauh.radio FM dan pemancar televisi. dan radar. radar sangat penting untuk keamanan lalu lintas udara. Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda. Gelombang FM mempunyai kelebihan dibandingkan gelombang AM karena gelombang FM tidak terganggu oleh perubahan kelistrikan di udara sehingga suara menjadi jernih. Radar tidak dapat mendeteksi pesawat yang terbang rendah karena radar tidak dapat menjangkau tempat yang rendah. lalu lintas udara dapat diketahui meskipun dalam suasana cuaca buruk. Jika waktu pancaran dan pantulan gelombang radar diketahui. Gelombang mikro biasanya juga dihasilkan oleh alat-alat elektronika dan dapat digunakan untuk alat-alat komunikasi. posisi pesawat dapat ditentukan dengan: s= 1 (c × ∆t ) 2 Misalnya. pesawat musuh yang Selain itu. Gelombang ini diteruskan oleh lapisan ionosfer. posisi maupun jenis benda yang dideteksi dapat ditentukan. maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. memasuki suatu daerah. Untuk mengatasi digunakan stasiun relai. misalnya hujan atau kabut. Jika makanan menyerap 20 . Akan tetapi. Radar (radio detection and ranging) banyak digunakan dalam pertahanan dan keamanan.  Gelombang mikro Gelombang mikro (mikrowaves) adalah gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi yaitu diatas 3 GHz. Gelomabang radar. Hal ini disebabkan arah radar condong keatas (tidak mendatar). Dengan radar. memasak. gelombang FM tidak dapat mencapai tempat-tempat yang jauh karena gelombang ini tidak dipantulkan oleh lapisan ionosfer. dalam dunia penerbangan.

Sinar inframerah meliputi daerah frekuensi 1011Hz sampai 1014 Hz atau daerah panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm.3 × 10-6 m). Proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwave oven untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis. medis. jika kamu memeriksa spektrum yang dihasilkan oleh sebuah lampu pijar dengan detektor yang dihubungkan pada miliampermeter.radiasi gelombang mikro. Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada pesawat RADAR (Radio Detection and Ranging) RADAR berarti mencari dan menentukan gelombang jejak mikro. dan inframerah jauh dengan rentang panjang gelombang (10-3 m – 3 × 10-5 m). Pemotretan permukaan bumi dari pesawat udara maupun satelit biasanya menggunakan sinar inframerah karena tidak banyak dihamburkan oleh partikel-partikel udara. × 10-5 m . Jadi setiap benda panas pasti memancarkan sinar inframerah. maka jarum ampermeter sedikit diatas ujung 21 . yaitu inframerah dekat dengan rentang panjang gelombang (3 × 10-6 m – 7. maka dengan mengamati selang waktu antara pemancaran dengan penerimaan. maka makanan menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat. Jumlah sinar inframerah yang dipancarkan bergantung pada suhu dan warna benda. Pesawat radar memanfaatkan sifat pemantulan rambat elektromagnetik c = 3 X 108 m/s.  Sinar Inframerah Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekulmolekul yang bergetar karena benda diipanaskan yang dapat dimanfaatkan dalam bidang industri. Sinar infrmerah dapat dibedakan ke dalam tiga daerah. sebuah Karena benda cepat dengan menggunakan glombang gelombang mikro. dan astronomi.8 inframerah sedang dengan rentang panjang gelombang (3 × 10-7 m).

Perbedaan sensasi pada mata akibat cahaya yang berbeda frekuensi atau panjang gelombangnya akan menimbulkan warna yang berbeda.  Sinar ultraviolet Sinar Ultraviolet atau ultraungu dihasilkan oleh atom-atom dan molekul-molekul dakam loncatan listrik. sterilisasi.spektrum merah.577 nm) (577 nm – 597 nm) (597 nm – 622 nm) (622 nm – 780 nm) Spektrum warna cahaya berdasarkan urutan kenaikan panjang gelombang adalah: Kegunaan cahaya salah satunya adalah penggunaan laser dalam serat optik pada bidang telekomunikasi dan kedokteran. Berlubangnya lapisan ozon dapat meningklatkan sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan Bumi. Sinar ultraviolet dari matahari dapat mengionisasi partikel-partikel di atmosfer yang berada pada ketinggian sekitar 80 km yang disebut lapisan ionosfer. Matahari merupakan sumber utama dari sinar ultraviolet. Ungu Biru Hijau Kuning Jingga Merah (390 nm – 455 nm) (455 nm – 492 nm) (492 nm. ultraviolet Lapisan ozon (O3) di atmosfer dapat menyerap sinar sehingga tidak sampai ke permukaan bumi. Sinar ultraviolet dapat dimanfaatkan dalam bidang industri terutama dalam proses 22 . Sinar yang tidak dilihat tetapi dapat dideteksi di atas spektrum merah itu disebut radiasi inframerah.  Sinar Tampak (Cahaya) Cahaya tampak sebagai radiasi elektromagnetik yang paling dikenal oleh kita dapat didefinisikan sebagai bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia.

asal terjadinya. Sinar gamma merupakan bentuk radioaktif yang dikeluarkan oleh inti-inti atom tertentu. sinar-X dihasilkan akibat tumbykan elektron berke4cepatan tinggi pada Sinar-X memiliki daya tembus yang kuat karena panjang gelombangnya sangat pendek (10-9 m – 6 banyak digunakan dalam bidang × 10-12 kedokteran (diagnosis dan terapi medis) maupun dalam bidang industri (analisis struktur bahan). yaitu dari 10 13 m sampai 10-10 m.  Sinar Gamma Sinar gamma ( γ ) merupakan gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang paling pendek. Energi dalam Gelombang EM Hubungan antara kuat medan listrik dg medan magnetik : Em E =− =c Bm B 23 . m). permukaan logam. tidak stabil. terutama sinatr gamma tingkat tinggi yang dilepaskan oleh reaksi nuklir. Sinar_X Pada umumnya. Daya tembus sinar Sinar gamma dihasilkan oleh atom-aton gamma besar sekali. Perbedaan sinar gamma dengan sinar-X terletak pada Sinar-X berasal dari aktivitas elektron atom. sedangkan sinar gamma berasal dari aktivitas inti atom. atau frekuansi tertinggi. yaitu dapat menembus logam sampai beberapa sentimeter. Sinar X Sinar X ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen sehingga sinar-X sering disebut sinar Rontgen. b. Keberadaan sinar gamma dapat dideteksi dengan detektor Geiger-Muller. Sinar ini sangat berbahaya dan dapat membunuh sel hidup.

ωt) Bx = Bm cos (kx . Bm c = = nilai max amplitudo medan listrik dan magnetik cepat rambat cahaya c.Dimana : E y = Em cos (kx .85 x 10-12 C2 N-1m-2 = kuat medan listrik (N/C) = besar induksi magnetik (Wb/m2) uB = rapat energi magnetik (J/m3) μ0 = 4π x 10-7 Wb/A d. Intensitas Gelombang EM 24 .ωt) Dengan : Em. Rapat Energi Listrik dan Magnetik Rapat energi listrik dan magnetik dinyatakan dengan : ue = 1 ε 0 E 2 2 uB = B2 2 µ0 Dengan : ue ε0 E B = rapat energi listrik (J/m3) = 8.

Hubungan Rata-rata Dengan dan Intensitas Gelombang dengan Energi menggunakan B= E c c= 1 hubungan µ0ε 0 Rapat energi magnetik adalah B2 E 2 / c 2 E 2 µ 0ε 0 1 uB = = = = ε 0 E 2 = ue 2µ0 2µ0 2µ0 2 Rapat energi total adalah u = u B + ue = 2u B = B2 µ0 25 .  1  S = ExB µ0 S= EB Em Bm cos 2 (kx − ωt ) = µ0 µ0 Dengan intensitas rata-rata : S = Em Bm 2 µ0 e.Intensitas GEM atau laju energi yg dipindahkan melalui GEM disebut pointing (S).

S = cu S =I = P Em Bm E cB = = m = m A 2µ0 2µ 0 c 2 µ0 2 2 Dengan : I = intensitas radiasi (W/m2) S = intensitas gelombang = laju energi rata2 per m2 (W/m2) P = daya radiasi (W) A = luas permukaan (m2) VII. 26 PENERAPAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI . Radar berguna untuk mempelajari pola cuaca. Penggunaan paling banyak adalah komunikasi. badai. Rapat energi total rata-rata adalah  E B u= m m 2 µ0 c Intensitas gelombang (laju energi rata2 per m2) yg dipindahkan melalui GEM sama dg rapat enrgi rata2 dikalikan dengan cepat rambat cahaya.f. terendah. untuk meneliti luar angkasa dan sistem radar. CONTOH Radio Radio energi adalah bentuk level energi elektromagnetik dengan kisaran panjang gelombang dari ribuan kilometer sampai kurang dari satu meter. a.

Infrared kesehatan dapat didiagnosis dengan menyelidiki pancaran inframerah dari tubuh. sehingga kita dapat menyalakan TV dari jarak jauh dengan menggunakan remote control.3 – 300 cm. Sinar X kandungan intensitas hujan. mengukur curah hujan. Pada sistem PJ aktif. 27 . Microwave Panjang gelombang radiasi microwave berkisar antara 0. Kondisi-kondisi mengukur mengukur radiasi microwave yang dipancarkan air di awan dari dan Spektrum elektromagnetik Energi elektromagnetik atmosfer bumi penguapan. b. Radiasi inframerah dapat juga digunakan dalam alarm pencuri. dan sistem PJ aktif. Seorang pencuri tanpa sepengetahuannya akan menghalangi sinar dan menyembunyikan alarm. Penggunaannya terutama dalam bidang komunikasi dan pengiriman informasi melalui ruang terbuka. Ultraviolet Sinar UV diperlukan dalam asimilasi tumbuhan dan dapat membunuh kuman-kuman penyakit kulit. Remote control berkomunikasi dengan TV melalui radiasi sinar inframerah yang dihasilkan oleh LED ( Light Emiting Diode ) yang terdapat dalam unit. Sebagai contoh aplikasi adalah Tropical Rainfall Measuring Mission’s (TRMM) Microwave Imager (TMI). Panjang gelombang radar berkisar antara 0. radang sendi dan kanker.membuat peta 3D permukaan bumi. memasak. Foto inframerah khusus disebut termogram digunakan untuk mendeteksi masalah sirkulasi darah. d. yang untuk c. pergerakan es di daerah kutub dan memonitor lingkungan. pulsa microwave ditembakkan kepada sebuah target dan refleksinya diukur untuk mempelajari karakteristik target. e.8 – 100 cm.

Sinar X ini biasa digunakan dalam bidang kedokteran untuk memotret kedudukan tulang dalam badan terutama untuk menentukan tulang yang patah. 28 . Akan tetapi penggunaan sinar X harus hati-hati sebab jaringan sel-sel manusia dapat rusak akibat penggunaan sinar X yang terlalu lama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful