PENGARUH TELEVISI TERHADAP MASYARAKAT 3.

1 Kedudukan Televisi dalam Kehidupan sosial Masyarakat Beragam kemajuan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam mengakases informasi dari luar, salah satunya dengan cara menonton siaran televisi. Hal ini menjadikan televisi sebagai salah satu media yang paling banyak di akses oleh masyarakat. Menurut James Lull dalam Mulyana (2008)[3], televisi merupakan medium sosial yang memungkinakan anggota khalayak berkomunikasi dan mengkonstruksi strtegi untuk memperoleh tujuan pribadi dan social secara luas. Karena itu tayangan televisi eken member efek yang lebih kuat daripada media lainnya. Tayangan televisi lebih mempu menembus daya nalar manusia menggerakan manusia untuk melakukan berbagai aksi baik dalam arti positif maupaun negativ. Televisi mampu memberikan informasi atau pesan-pesan kedalam jiwa manusia melalui mata dan telinga. Umumnya orang akan mengingat setiap informasi yang ditayangkan televisi dengan mudah, meskipun tayangan tersebut hanya ditayangkan sekali saja. Kemampuan televisi yang luar biasa terebut sangat bermanfaat bagi banyak pihak baik dari kalangan ekonomi hingga politik. Televisi dijadikan suatu media periklanan yang sngat efektif oleh pengusaha untuk mempromosikan barang/jasa mereka. Sementara bagi kalangan politisi, televisi sering dijadikan sebagai media untuk menggalang massa agar mendukung mereka. Fungsi lainnya yaitu sebagai media publikasi dan sosialisasi dari setiap kebijakan pemerintah seperti penurunan BBM dan kebijakan konversi minyak tanah ke gas. Televisi memiliki kemampuan yang baik untuk menembus batas-batas yang sulit ditembus oleh media lainnya. Televisi lebih bisa menjangkau daerah-daerah yang jauh secara geografis. 3.2 Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Masyarakat Sekarang ini banyak sekali tayangan televisi yang sebenarnya merupakan duplikasi dari acara luar negeri. Dalam hal ini perusahaan televisi swasta di Indonesia hanya membeli lisensi dari luar negeri untuk menyangkan acara yang sama. Melalui acara-acara yang sebagian besar diimpor, televisi memasyarkatkan nilai budaya asing yang longgar dan serba boleh, termasuk kepada masyarakat pedesaan yang sebenarnya memandan sebagian besar acara TV swasta tidak relevan dengan kebutuhan mereka . sehingga karen berondongan pesan yang asing itu, masyarakat pedesaan mengalami geger budaya.

.gaya hidup konsumtif dan melawan kepada orang tua. Sebagai sebuah perusahaan yang berorientasi pada pemaksimalan keuntungan maka stasiun televisi sangat dituntut agar dapat mengembangkan kreativitas mereka untung menjaring iklan sebanyak-banyaknya. Lingkungan yang dihadapi oleh media adalah lingkungan yang dinamis. Sehingga masyarakat pun bisa terpengaruh oleh iklan mereka dan menyaksikan tayangan televisi yang mereka tampilkan.Sinetron remaja[4] yang ramai ditayangkan di televisi Indonesia didominasi oleh konflik-konflik yang tidak menggambarkan kehidupan santun sesuai budaya bangsa. Disisi lain media televisi adalah organisasi profit yang sangat tergantung oleh lingkungan orgganisasinya. sikap hidup konsumtif. Alur cerita yang diisi dengan perebutan pacar. terlebih lagi masyarakat menjadi menggunakan barang/jasa yang diklankan tersebut. Hal ini dapat merusak moral generasi penerus bangsa dan menanamkan nilai tertentu yang mempengaruhi budaya dalam masyarakat. dalam hal ini masing-msaing stasiun televisi memiliki tekniknya masing-masing. sumberdaya kurang persaingan yang ketat sehingga media televisi harus mampu membaca keinginan dan lingkungan pasar.

4 Manfaat Adapun manfaat dari tulisan ini membuka kepada pembaca tentang pentingnya komunikasi massa yang berpengaruh pada sistem komunikasi yang ada. Maka terdapat rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana perkembangan televisi sebagai media massa? 2.Rumusan Masalah Televisi sering kali digunakan dalam kehidupan guna memperoleh sebuah informasi yang sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat tersebut. 1. Apakah televisi berpengaruh terhadap budaya dan sistem komunikasi di Indonesia? 1. Menambah wawasan penulis dalam bidang komunikasi massa dan sebagai salah satu pemenuhan tugas akhir matakuliah Berfikir dan Menulis Ilmiah .3 Tujuan Dalam penyusunan tulisan ini ada beberapa tujuan yaitu untuk mengkaji lebih dalam komunikasi massa dalam masyarakat. untuk mengetahui pengaruh televisi dalam kehidupan masyarakat dan sistem komunikasi yang ada di Indonesia serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi masyarakat pada komunikasi massa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful