P. 1
UNDANG-UNDANG KOPERASI

UNDANG-UNDANG KOPERASI

|Views: 105|Likes:
Published by Bae Kusmara Ge

More info:

Published by: Bae Kusmara Ge on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2012

pdf

text

original

UNDANGUNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO.

25 TAHUN 1992
TENTANG

PERKOPERASIAN

orangKoperasi sekunder adalah Koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan Koperasi. next . Koperasi primer adalah Koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang-seorang.KETENTUAN UMUM Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan oranghukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

LANDASAN DAN TUJUAN Koperasi berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta berdasar atas asas kekeluargaan. dan makmur berlandaskan pancasila dan UndangUndangUndang Dasar 1945 next . Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakan pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju. adil.

c) Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan Koperasi sebagai sokogurunya. next .FUNGSI DAN PERAN KOPERASI a) Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. b) Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. d) Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

PRINSIP KOPERASI a) Keanggotaan bersifat sukarela dan b) c) d) e) terbuka. Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. Pengelolaan dilakukan secara demokratis. next . Kemandirian. masingPemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.

next .SYARAT PEMBENTUKAN KOPERASI Koperasi primer dibentuk oleh sekurangsekurangkurangnya 20 (dua puluh) orang. Koperasi sekunder dibentuk oleh sekurangsekurang-kurangnya 3 (tiga) koperasi.

JENIS KOPERASI BERDASARKAN PADA KESAMAAN KEGIATAN DAN KEPENTINGAN EKONOMI ANGGOTANYA Koperasi Simpan Pinjam Koperasi Konsumen Koperasi Produsen Koperasi Pemasaran Koperasi Jasa next .

PERANGKAT ORGANISASI KOPERASI Perangkat Organisasi Koperasi terdiri dari : Rapat Anggota Pengurus Pengawas next .

Rapat Anggota dihadiri oleh anggota yang pelaksanaannya diatur dalam Anggaran Dasar. next .RAPAT ANGGOTA Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.

susunan dan nama pengurus dicantumkan dalam akta pendirian.PENGURUS Pengurus dipilih dari dan oleh anggota koperasi. next . Masa Jabatan Pengurus paling lama 5 (lima) tahun. Persyaratan untuk dapat dipilih dan diangkat menjadi anggota pengurus ditetapkan dalam Anggaran Dasar. Pengurus merupakan pemegang kuasa Rapat Anggota. Untuk pertama kali.

TUGAS PENGURUS Mengelola Koperasi dan usahanya. Menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventaris secara tertib. Mengajukan laporan keuangan dan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas. Menyelenggarakan Rapat Anggota. next . Mengajukan rancangan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi. Memelihara daftar buku anggota dan pengurus.

Melakukan tindakan dan upaya bagi kepentingan dan kemanfaatan koperasi sesuai dengan tanggung jawabnya dan keputusan Rapat Anggota next .WEWENANG PENGURUS Mewakili koperasi di dalam dan di luar pengadilan. Memutuskan penerimaan dan penolakan anggota baru serta pemberhentian anggota sesuai dengan ketentuan dalam Anggran Dasar.

PENGURUS BERTANGGUNG JAWAB MENGENAI SEGALA KEGIATAN PENGELOLAAN KOPERASI DAN USAHANYA KEPADA RAPAT ANGGOTA ATAU RAPAT ANGGOTA LUAR BIASA (PASAL 31) next .

Pengawas bertanggiung jawab kepada Rapat Anggota. next .PENGAWAS Pengawas dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam Rapat Anggota.

next .TUGAS PENGAWAS Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi. Membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasan.

Mendapatkan segala keterangan yang diperlukan. ³PENGAWAS HARUS MERAHASIAKAN HASIL PENGAWASANNYA TERHADAP PIHAK KE TIGA´ next .WEWENANG PENGAWAS Meneliti catatan-catatan yang ada dalam catatankoperasi.

2. Modal sendiri dapat berasal dari : ± ± ± ± Simpanan Pokok Simpanan Wajib Dana Cadangan Hibah Cat : modal sendiri mengandung resiko . pinjaman.MODAL KOPERASI 1. Modal Koperasi terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->