1

1.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar Indikator Pencapaian Kompetensi 3.2) siswa dapat menghitung luas layanglayang (Pertemuan 2) 3.1.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang 3.1. jarak.2 Mengutung luas trapesium dengan menggunakan rumus 3.4 Mengutung luas layang-layang dengan menggunakan rumus 3.1 Dengan menggunakan alat peraga luas trepesium dengan pendekatan segitiga (AP 1.1.1 Dengan menggunakan LTS (LTS 1. Menyelesaiakan masalah luas trapesium 2 .2) siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas layang-layang (Pertemuan 3) Materi Ajar 1.1.1.1. Mengitung luas layang-layang dengan menggunakan rumus 5.1.1) siswa dapat menghitung luas trapesium (Pertemuan 1) 3. Luas trapesium 2. Dengan menggunakan alat peraga luas layang-layang dengan pendekatan segitiga (AP.2. Menggunakan pengukuran waktu.1.3 1.RPP 01 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran: Matematika Kelas/Semester: V/1 Jumlah Pertemuan: 4 × (2 JP) Standar Kompetansi 3.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas trapesium 3. sudut. dan kecepatan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar 3.1) siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas trapesium (Pertemuan 3) 3.2 Dengan menggunakan LKS (LKS 1.3 Dengan menggunakan LTS (LTS 1.2) siswa dapat menemukan rumus luas layang-layang dengan cara yang lain (Pertemuan 2) 3.1.1.2.1 Dengan menggunakan kartu masalah (KM1.1) siswa dapat menemukan rumus luas trapesium dengan cara yang lain (Pertemuan 1) 3.2 Dengan menggunakan kartu masalah (KM1.2.2. Luas layang-layang 3.3.1) siswa dapat menemukan rumus luas trapesium (Pertemuan 1) 3.2) siswa dapat menemukan rumus luas layang-layang (Pertemuan 2) 3.3 Menemukan rumus layang-layang 3. Mengitung luas trapesium dengan menggunakan rumus 4.1.2 Dengan menggunakan LKS (LKS 1.2.4.2.2.1 Menemukan rumus luas trapesium 3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas layang-layang Tujuan Pembelajaran 3.1.

1 6. Secara individual siswa mengerjakan soal Quis 1.1) siswa dapat menemukan rumus luas trapesium (Pertemuan 1) 3. sisi-sisi sejajar trapesium dan tinggi trapesium. Kegiatan Penutup 1. tanya jawab. Secara individu siswa diberi tugas untuk mengitung luas trapesium yang diketahui panjang sisi-sisi sejajarnya dan tingginya dengan mengunakan LTS 1. 3 .1. Guru menyiapkan psikis dan memotivasi siswa tentang kegunaan mempelajari luas trapesium 2.2 Dengan menggunakan LKS (LKS 1.1 Dengan menggunakan LTS (LTS 1. Keguiatan Inti : 1.1) di papan gabus/papan magnet.1) siswa dapat menemukan rumus luas trapesium dengan cara yang lain (Pertemuan 1) 3.1.1 Dengan menggunakan alat peraga luas trepesium dengan pendekatan segitiga (AP 1.1) siswa dapat menghitung luas trapesium (Pertemuan 1) Kegiatan Pendahuluan 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.1. Secara kelompok siswa diberi kesempatan untuk menemukan luas trpesium dengan menggunkan LKS 1. penugasan.. Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran dan uraian kegiatan. Guru menginformasikan kegiatan belajar yang akan dilalui siswa. 3. 6. ceramah. Menyelesaiakan masalah luas layang-layang Aslokasi Waktu : 6 × 35 menit Metode Pembelajarab : Demonstrasi.1 dengan pendekatan luas persegipanjang.6.1.1. Guru memberi umpan balik dan penghargaan terhadap hasil kerja siswa. Guru menginformasikan kelompok-kelompok belajar.1. Siswa dengan bimbingan membuat rangkuman/kesimpulan.2 Mengutung luas trapesium dengan menggunakan rumus Tujuan Pembelajaran: 3.1. diskusi kelompok. 3. 5. 2. Hasil pekerjaaan masing-masing individu dibawa ke kelompok untuk saling diperiksa.1 4. Siswa menjawab serangkaian pertanyaan guru untuk menemukan rumus luas trapesium dengan pendekatan luas segitiga.1.2. 4. Kegiatan Pembelajaran: Pertemuan ke-1: 2× 35 menit Indikator Pencapaian Kompetensi: 3. Guru memasang alat peraga luas trapesim (AP 1. Apersepsi dengan tanya jawab untuk menggali pengetahuan prasyarat tentang pengertian trapesium. Menemukan rumus luas trapesium 3. 5.

5.4 Mengutung luas layang-layang dengan menggunakan rumus Tujuan Pembelajaran 3. Siswa dengan bimbingan membuat rangkuman/kesimpulan.3.2 Dengan menggunakan LKS (LKS 1. 2. Pertemuan ke-2: 2 × 35 menit Indikator Pencapaian Kompetensi: 3. Apersepsi dengan tanya jawab untuk menggali pengetahuan prasyarat tentang pengertian layang-layang .1. Dengan menggunakan alat peraga luas layang-layang dengan pendekatan segitiga (AP. dengan pendekatan luas persegipanjang. dan panjang diagonal-diagonalnya Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran dan uraian kegiatan. Kegiatan Inti: 1.2) siswa dapat menemukan rumus luas layang-layang (Pertemuan 2) 3.1.3 Dengan menggunakan LTS (LTS 1. 6.. Secara kelompok siswa diberi kesempatan untuk menemukan luas layang-layang dengan menggunkan LKS 1.2) siswa dapat menghitung luas layanglayang (Pertemuan 2) Kegiatan Pendahuluan: 1. 4. Guru menginformasikan kelompok-kelompok belajar.1. 1. Guru menyiapkan psikis dan memotivasi siswa dengan menyanyi “layanglayang” dan tentang kegunaan mempelajari luas layang-layang Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membahasa soal PR 1. Kegiatan Penutup: 1.2) di papan gabus/papan magnet.3 Menemukan rumus layang-layang 3. 3.1 Hasil pekerjaaan masing-masing individu dibawa ke kelompok untuk saling diperiksa. Guru menyampaiakn rencana belajar matematika pada pertemuan berikutnya. 3. 7.3 1. Guru memberikan PR.4. 6. 5. Secara individu siswa diberi tugas untuk mengitung luas layang-layang yang diketahui panjang diagonal-diagonalnya dengan mengunakan LTS 1.2 Guru memberi umpan balik dan penghargaan terhadap hasil kerja siswa. 3.1 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.1.2) siswa dapat menemukan rumus luas layang-layang dengan cara yang lain (Pertemuan 2) 3. Guru memasang alat peraga luas layang-layang (AP 1.2.1 4. Guru menginformasikan kegiatan belajar yang akan dilalui siswa.1. 4 . Secara individual siswa mengerjakan soal Quis 1. Guru membimbing siswa melakukan refleksi. Siswa menjawab serangkaian pertanyaan guru untuk menemukan rumus luas layang-layang dengan pendekatan luas segitiga.1. 4. 2.2.

3. 7. Kegiatan Inti: 1.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas trapesium 3. Guru membimbing siswa melakukan refleksi.2. Kegiatan Penutup: 1. Secara kelompok siswa diberi kesempatan untuk menyelesaiakn masalah yang berkaitan dengan luas layang-layang dengan menggunkan LTS 1. 4. dan panjang diagonal-diagonalnya Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran dan uraian kegiatan. 3. Guru menyiapkan psikis dan memotivasi siswa Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membahasa soal PR 1.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas layang-layang Tujuan Pembelajaran: 3. 2. 3. 2. Guru menginformasikan kegiatan belajar yang akan dilalui siswa. Guru membimbing siswa melakukan refleksi.2 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 4.2.2. Secara individual siswa mengerjakan soal Quis 1. Apersepsi dengan tanya jawab untuk menggali pengetahuan prasyarat tentang pengertian layang-layang . Secara kelompok siswa diberi kesempatan untuk menyelesaiakn masalah yang berkaitan dengan luas trapesium dengan menggunkan LTS 1.2 Secara individu siswa diberi keempatan untuk memecahkan masalah lain tentang luas layang-layang dengan menggunakan Soal Latihan (SL 1. 2. 6. 3.2 Dengan menggunakan kartu masalah (KM1. 7. Siswa dengan bimbingan membuat rangkuman/kesimpulan. 5.1 Hasil pekerjaaan masing-masing individu dibawa ke kelompok untuk saling diperiksa. Guru memberikan PR.2 Guru menyampaiakn rencana belajar matematika pada pertemuan berikutnya Pertemuan ke-3: 2 × 35 menit Indikator Pencapaian Kompetensi: 3. 5.1 Dengan menggunakan kartu masalah (KM1.1) siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas trapesium 3. 4.1) Hasil pekerjaaan masing-masing individu dibawa ke kelompok untuk saling diperiksa.3 Guru memberi umpan balik dan penghargaan terhadap hasil kerja siswa.2. 6.2.3 5 . Guru memberikan PR.2. 1. Guru menginformasikan kelompok-kelompok belajar.2.2) siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas layang-layang Kegiatan Pendahuluan: 1. 1.

Lembar Kegiatan Siswa tentang luas trapesium pendekatan persegipanjang (LKS 1. 2.Penilaian selama proses belajar di tiap pertemuan.2) 7.1) 2. Pertemuan ke-1. 1. 3 Penilaian pada proses belajar di pertemuan ke-1 dilakukan dengan pengamatan terhadap kinerja siswa saat kerja individu dan kelompok pada kegiatan inti.2) 3. kelancaran siswa dalam menyelesaiakan tugas. Lembar Tugas Siswa tentang luas layang-layang pendekatan persegipanjang (LTS 1.1) 5. .1. Alat peraga luas trapesium pendekatan segitiga (AP. Penilaian selama proses belajar di tiap pertemuan.1. Alat peraga luas layang-layang pendekatan segitiga (AP. 1. kerjasama. 2. Penilaian hasil belajar pertemuan ke-1 dilakukan dengan tes tulis.3 SUMBER BELAJAR 1. Kartu masalah tenatang luas layang-layang (KM 1 2) 6 . Kartu masalah tenatang luas trapesium (KM 1 1) 8. Quis 1. Penilaian hasil belajar kompetensi dasar dilakukan dengan menggunakan Quis 1.1) 6.2 dan Quis 1. Aspek pengamatan: kegigihan.1) 4. Lembar Kegiatan Siswa tentang luas trapesium pendekatan persegipanjang (LKS 1. Lembar Tugas Siswa tentang luas trapesium pendekatan persegipanjang (LTS 1.