Nama Kelas

: Elya Fitriyana : X.5

PERLENGKAPAN KEMAH 1. Ransel, gunakan ransel yang ringan dan anti air. 2. Pakaian perjalanan; bawalah pakaian dengan bahan yang kuat dan mempunyai banyak kantong. 3. Pakaian tidur; selain training pack, bawa juga sarung untuk penahan dingin dan sholat, bagi yang beragama islam. 4. Jaket tebal, dari bahan nilon berlapis kain dan berponco. 5. Kantung tidur (sleeping bag) dan alas tidur (matras). 6. Pakaian cadangan; masukan dalam plastic. 7. Peralatan makan; piring, sendok, garpu, gelas/mug, tempat air. 8. Peralatan mandi; gayung, sabun, sikat gigi, pasta gigi, sandal, handuk. 9. Peralatan masak; misting, kompor spiritus, kompor paraffin. 10. Sepatu; gunakan sepatu yang menutupi mata kaki. 11. Kaos kaki; membawa cadangan kaos kaki dan simpan dalam plastic. 12. Sarung tangan; untuk pelindung dan penahan dingin. 13. Topi. 14. Senter; selain utnuk penerangan, berguna juga untuk memberi isyarat. 15. Peluit; berguna untuk berkomunikasi. 16. Korek api; baik itu korek api gas atau korek api kayu dan simpan dalam tabung bekas film agar aman. 17. Ponco; berguna untuk jas hujan, tenda darurat, alat tidur dan lain-lain. Jika tidak ada ponco, bawalah plastic tebal selebar taplak meja. 18. Obat-obatan pribadi. 19. Tenda dan peralatan untuk membangun tenda seperti molo , pasak,tali.

. Angkat dan tiriskan dan tunggu sampai uap hilang baru gulingkan ke gula bubuk. Tambahkan telur kocok. Caranya buat bola dulu lalu lubangi tengahnyasampai besar gelang sesuai selera Goreng dalam minyak yang banyak dan panas sampai mengembang dan kekuningan. Aduk rata.DONAT SIMPLE Bahan: 2 telur ayam. aduk rata. kocok lepas ½ sdt garam Minyak untuk menggoreng 1 kg ubi . kupas kulitnya dan haluskan segera campur dengan tepung . garam dan vanili. cuci bersih kulitnya 100 gram tepung Taburan: Gula bubuk secukupnya Bubuk kayu manis secukupnya Campur kedua bahan taburan sampai rata Cara Membuat: Kukus ubi sampai matang. Buat bentuk gelang dengan adonan tersebut.

PENYAKIT ² PENYAKIT YANG BELUM ADA OBATNYA 1. Penyebab yang tepat tidak dimengerti dan tidak dapat diobati secara efektif. masih belum ditemukan obat untuk penyakit in. Cara Pencegahan : 1. Setiap pria atau wanita harus setia kepada pasangan masing-masing. Biasanya ditandai dengan bingung. AIDS masih duduk sebagai pembunuh manusia yang paling ampuh. menurut Boyke dipastikan akan tertular penyakit HIV / AIDS ini 2. Hindari penularan melalui transfusi darah dengan cara selektif dan ketat. . 4. Hal ini penting karena sayur dan buah segar mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengikat radikal bebas. Apabila langkah 1 dan 2 tidak dapat dilakukan.Alzheimer Alzheimer adalah gangguan otak degeneratif yang memiliki gejala berbeda di masingmasing penderitanya. di antaranya yaitu y Mengkonsumsi sayur dan buah segar. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah masuknya virus dari pasangan seks mereka. Setiap pasangan harus selalu menjaga hubungan mereka agar harmonis sehingga hubungan seks dengan yang bukan pasangannya dapat dihindarkan. Dianjurkan beberapa cara untuk mencegah penyakit Alzheimer. Antar manusia menular melalui hubungan seks dan penggunaan jarum secara bergantian. Hindari penggunaan jarum suntik secara bergantian khususnya bagi para generasi muda. karena jarum yang digunakan belum tentu seteril. Sehingga tubuh akan lemah dengan segala jenis penyakit ringan. sebaiknya saat melakukan hubungan seks selalu menggunakan kondom. Penyakit ini diduga dimulai dari simpanse dan melompat ke manusia. 5. AIDS Nama aslinya Acquired Immune Deficiency Syndrome alias turunnya kemampuan imun tubuh. 2. Sehingga diharapkan dapat mengurangi masuknya virus HIV yang dapat menghancurkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sejak dua puluh lima tahun sejak pertama kali diidentifikasi. Radikal bebas ini yang merusak sel-sel tubuh. 3. lupa atau pikun sering mempengaruhi kebanyakan orang di usia tua mereka. terutama di negara-negara berkembang. Hindari hubungan seks bebas Seseorang yang sering melakukan hubungan seks bebas.

Cara Pencegahan : y y y y y Kotoran dari burung atau unggas yang terinfeksi dapat membawa virus flu burung. baik saat plak itu mulai terbentuk dan bahkan selama tahap akhir dari perkembangan plak. unggas. Bila anda telah memang burung atau unggas. Sebuah studi di Chicago menunjukkan dengan menambahkan niacin (vitamin B3) pada makanan dapat membantu mencegah alzheimer. Masak dengan benar unggas dan telurnya sebelum dimakan/dihidangkan Bila anda mengalami gejala flu. Usai tertular dari burung. segara cuci tangan dengan sabun cair dan air. polong-polongan. jadi sebaiknya jangan menyentuh burung.. Aktif secara fisik dengan olahraga dan bermain.FluBurung Manusia tidak memiliki kekebalan terhadap virus flu yang kuat dibawa oleh burung. Orang yang menderita penyakit Alzheimer memiliki plak yang melekat di otak disebut "amyloid beta. ikan. atau karena menjadi penyebab langsungnya. Hal ini dapat dilakukan dengan diet yang seimbang. Sejumlah bukti menunjukkan makanan kaya asam lemak omega 3 seperti kedelai dan ikan bukan hanya menyebabkan jantung sehat tetapi juga membantu mencegah hilang ingatan dan kerusakan sel-sel otak yang disebabkan alzheimer. konsultasi ke dokter dan memakai masker untuk menghindari penyebaran penyakit." Beberapa plak juga berkembang karena Alzheimer. Niacin dapat ditemukan dalam produk susu. unggas atau kotorannya. Perlindungan terbaik terhadap influenza adalah dengan memiliki pertahanan tubuh yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa kunyit benar-benar melenyapkan plak-plak ini. memainkan alat. kacang-kacangan. Beberapa studi menunjukkan dansa. 3. virus ini dapat menular antar manusia. membaca atau melakukan permainan kata-kata semuanya dapat menurunkan risiko mengembangkan demensia. Dan tetap berhubungan dengan orang. Selain itu vitamin E dan vitamin C dapat juga mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.y y y y Lakukan pekerjaan yang menantang secara mental dan aktivitas rekreasional di sepanjang hidup. . Tingkat kematian untuk terinfeksi manusia adalah sekitar 50 persen. plak-plak itu secara langsung berkaitan dengan proses degeneratif. daging kurus. telur. Tetapi.

ban bekas. konsultasi ke dokter anda dan ceritakan perjalanan anda selama ini. Lipatlah pakaian/kain yang bergantungan dalam kamar agar nyamuk tidak hinggap disitu 6. Penularan virus dari babi ke manusia tidak umum dan tidak selalu menyebabkan influenza manusia . Tutuplah lubang-lubang pagar pada pagar bambu dengan tanah atau adukan semen 5. taburkan bubuk ABATE ke dalam genangan air tersebut untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. dan lain-lain agar dibakar bersama sampah lainnya 4. tempurung kelapa. kenapa dingin merangsang batuk hingga akar penyebab sakit kepala. Demam Kalangan medis masih sedikit tahu soal apa sebenarnya demam itu. Cara Pencegahan: 1.y olahraga yang teratur. botol-botol pecah. istirahat yang cukup. kurangi stress. Potongan bamboo. drum. bukan resep antibiotik yang bisa membantu penyakit ini reda. . seperti tampayan. Bersihkan (kuras) tempat penyimpanan air (seperti : bak mandi / WC. dan lain-lain yang dapat menampung air hujan. Ulangi hal ini setiap 2-3 bulan sekali Takaran penggunaan bubuk Abate adalah sebagai berikut: Untuk 10 liter air cukup dengan 1 gram bubuk Abate. sering dihasilkan hanya dalam produksi antibodi dalam darah. Kubur atau buanglah pada tempatnya barang-barang bekas. perangkap semut dan lain-lain sekurang-kurangnya seminggu sekali 2. 4. Untuk tempat-tempat air yang tidak mungkin atau sulit dikuras. agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk. hal itu disebut zoonosis flu . seperti kaleng bekas.Flu Babi Virus influenza babi adalah umum di seluruh populasi babi di seluruh dunia. dan tidak merokok. drum. namun menunggu hingga reda sendiri dan makan sup ayam. Jika pengiriman tidak menyebabkan influenza manusia. Hindari tempat umum padat yang bersirkulasi udara buruk Bila anda mengalami gejala demam dan pernafasan setelah kembali dari negara yang dilaporkan ada wabah flu burung. dan lain-lain agar nyamuk tidak dapat masuk dan berkembang biak di tempat itu 3. tempat minum burung. Gantilah air di vas kembang. dokter masih tahu sedikit tentang hidung meler. Bahkan walau satu miliar kasus diperkirakan di Amerika Serikat setiap tahun. dan lain-lain) sekurang-kurangnya seminggu sekali. Tutuplah rapat-rapat tempat penampungan air. Sering kali.

babi. hanya saja sikap jari-jari lebih direnggangkan lagi. Mendorong sama sesama manusia disekitarnya TOLAK PELURU Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik. Daging hewan yang terinfeksi tidak menimbulkan risiko infeksi ketika dimasak dengan benar. Untuk orang yang berjari kuat dan panjang. Menggunakan akal sehat tindakan ntuk melindungi diri sendiri 3. Gejala flu babi zoonosis pada manusia mirip dengan influenza dan seperti penyakit influenza pada umumnya. Ini strain flu babi jarang lulus dari manusia ke manusia. Teknik Dasar Tolak Peluru Terdapat beberapa teknik dasar dalam tolak peluru. Cocok untuk orang yang tangannya pendek dan jari-jarinya kecil. nyeri otot . Sejak saat itu. . sedangkan letak jari kelingking berada di belakang peluru. ibu jari di samping. yaitu menggigil . Jari-jari agaka rapat. demam . hanya 50 transmisi tersebut telah dikonfirmasi. sehingga diagnosis yang akurat penularan ke manusia. sakit tenggorokan . Berat peluru: y y y y Untuk senior putra = 7. Orang dengan paparan reguler ke babi mengalami peningkatan risiko infeksi flu babi. Cara Pencegahan : 1. jari kelingking berada di samping belakang peluru. Biasa dipakai oleh para juara. Seperti cara diatas. kelemahan dan ketidaknyamanan umum. Selama pertengahan abad ke-20. batuk. identifikasi subtipe influenza menjadi mungkin. sedang ibu jari dalam sikap sewajarnya. Menjaga system kekebalan tubuh kuat 2. diantaranya : Teknik Memegang Peluru Ada 3 teknik memegang peluru : Jari-jari direnggangkan sementara jari kelingking agak ditekuk dan berada di samping peluru.257 kg Untuk senior putri = 4 kg Untuk yunior putra = 5 kg Untuk yunior putri = 3 kg A. berat sakit kepala. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin.

Dipangil selama 3 menit belum menolak . Bahu kanan lebih rendah dari bahu kiri. Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Teknik Tolak Peluru Cara memegang Awalan Gerakan Tolakan Sikap badan saat menolak Ketentuan diskualifikasi/kegagalan peserta tolak peluru : . Bersamaan dengan ayunan kaki kiri. Sudut lemparan kurang dari 40o. tanpa berhenti harus segera diikuti dengan gerakan menolak peluru.Peluru jatuh di luar sektor lingkaran . Bersamaan dengan mendaratnya kaki kanan.Menyentuh tanah di luar lingkaran .Peserta gagal melempar sudah 3 kali lemparan Beberapa hal yang disarankan : Bawalah tungkai kiri merendah Dapatkan keseimbangan gerak dari kedia tungkai.Menyentuh balok batas sebelah atas . Teknik Menolak Peluru Pengenalan peluru Peluru dipegang dengan satu tangan dipindahkan ke tangan yang lain Peluru dipegang dengan tangan kanan dan diletakkan di bahu dengan cara yang benar Peluru dipegang dengan dua tangan dengan sikap berdiri akak membungkuk. Siku yang memegang peluru agak dibuka ke samping dan tangan satunya rileks di samping kiri badan. Cara menolakkan peluru Dari sikap penolakan peluru. dengan tungkai kiri memimpin di belekang Menjaga agar bagian atas badan tetap rileks ketika bagian bawah bergerak Hasilkan rangkaian gerak yang cepat dan jauh peda tungkai kanan Putar kaki . badan dalam keadaan makin condong ke samping kanan. kaki kanan ditempatkan di muka batas belakang lingkaran. membuat gerak lompatan untuk menukar kaki kanan ke depan. letakkan peluru pada bahu dan menempel pada leher bagian samping.Keluar lewat depan garis lingkar .Keluar masuk lingkaran dari muka garis tengah . Sikap akhir setelah menolak peluru Sesudah menolak peluru. Sewaktu kaki kaki kanan mendarat. Jalannya dorongan atau tolakan peda peluru harus lurus satu garis. kaki kiri di tarik ke belakang demikian pula dengan lengan kiri untuk memelihara keseimbangan.Peluru di taruh di belakang kepala .Menginjak garis lingkar lapangan . Lengan kiri masih pada sikap semula. kaki kanan menolak ke arah lemparan dan mendarat di tengah lingkaran.Keluar lingkaran tidak dengan berjalan tenang . kaki kiri diletakkan di samping kiri selebar badan segaris dengan arah lemparan. B. kemudian kedua tangan yang memegang peluru diayunkan ke arah belakang dan peluru digelindingkan ke depan Sikap awal akan menolak peluru Mengatur posisi kaki.Teknik Meletakkan Peluru Pada Bahu Peluru dipegang dengan salah satu cara diatas.

Untuk senior putri = 4 kg c. sehingga lebih kokoh.Bendera Kecil . o Diameter bagian dalam lingkaran tolak adalah 2.2 cm. bagian atasnya harus rata dengan permukaan tanah luarnya.75 m pada kanan kiri lingkaran garis ini dibuat dari cat atau kayu. . Lapangan Tolak Peluru Konstruksi : o Lingkaran tolak peluru harus dibuat dari besi.Kapur / Tali Rafia .211. Untuk senior putra = 7.Peluru a.Obrient : gaya membelakangi arah tolakan Ortodox : gaya menyamping D. o Balok penahan dibuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dalam sebuah busur/lengkungan sehingga tepi dalam berhimpit dengan tepi dalam lingkaran tolak. o Lebar balok 11. Permukaan dalam lingkaran tolak harus datar anatara 20 mm sampai 6 mm lebih rendah dari bibir atas lingkaran besi. Tebal besi lingkaran tolak minimum 6 mm dan harus di cat putih.Rol Meter . baja ata bahan lain yang cocok yang dilengkungkan. Untuk yunior putra = 5 kg d.23 m di dalam. Bagian dalam lingkaran tolak dibuat dari emen . tebal 9. aspal atau bahan lain yang padat tetapi tidak licin.kanan ke arah dalam sewaktu melakukan luncuran Pertahankan pinggul kiri dan bahu menghadap ke belakang selama mungkin Bawalah tangan kiri dalam sebuah posisi mendekati badan Tahanlah sekuat-kuatnya dengan tungkai kiri Beberapa hal yang harus dihindari : Tidak memiliki keseimbanagn dalam sikap permulaan Melakukan lompatan ketika meluncur dengan kaki kanan Mengangkat badan tinggi ketika melakukan luncuran Tidak cukup jauh menarik kaki kanan di bawah badan Mendarat dengan kaki kanan menghadap ke belakang Menggerakkan tungkai kiri terlalu banyak ke samping Terlalu awal membuka badan Mendarat dengan badan menghadap ke samping atau ke depan C. panjangnya 1.135 m.257 kg b. o Garis lebar 5 cm harus dibuat di atas lingkaran besi menjulur sepanjang 0. Peralatan Alat yang di gunakan : .8-10. Untuk yunior putri = 3 kg .2-30 cm.