BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG Ilmu pengetahuan selalu mengalami perkembangan sejalan dengan

perkembangan zaman. Salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang adalah kimia organic. Kimia organic adalah ilmu yang mempelajari sifat, susunan dan struktur senyawa organic. Sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan mengenai senyawa organic, para ahli mulai menyusun rumusan strukturnya. 1.2 RUMUSAN MASALAH Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah bagaimana perkembangan ilmu kimia organic sejak 1860? 1.3 TUJUAN Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan kimia organic sejak 1860.

1

1 KIMIA ORGANIK SEJAK 1860 Pada tahun 1858.´. Gethardt adalah sosok terkenal yang meninggal pada 1856. Pada 1869 Vladimir Vasil¶evich Markovnikoff (1838-1904). Dalam kalimatnya ´jika sebuah hidrogen disusun tak simetris dengan suatu asam hidrohlogen.BAB II PEMBAHASAN 2. Dia tidak bermaksud untuk mengusulkan keadaan fisik. seorang siswa dari Butlerov mengusulkan aturan penambahan hidrogen halida untuk hidrogen tak jenuh. karena Frankland mengadopsinya dalam buku Lecture Notes for Chemical Students. menyarankan bahwa semua atom dalam molekul adalah kopolar. ahli kimia sekarang mengusulkan rumusan strukturnya...2 TEORI STRUKTUR Alexander Mikhailovich Butlerov (1828-1886) yang menjelaskan tentang teori struktur. yang iagunakan untuk diilustrasikan pada perkuliahan yang ia berikan di institut Royal tahun itu. dan bergantung pada sifat kimia dalam struktur kimia´. dari model bola dan pasak. Bagaiamanapun akibat dari pekerjaan Couper dan Kerukle. penambahan halogen menurunkan hidrogenasi atom karbon. Dalam tulisannya pada tahun 1861 yang mana ia mengemukakan bahwa ´hanya ada satu rumusan rasional yang mungkin untuk setiap senyawa. Rumusan tersebut dengan cepat dan baik diterapkan sebagian di inggris. yang mempertahankan bahwa struktur suatu molekul tidak akan diketahui. Couper dan Kerukle melanjutkan teori atom karbon tetravalen dan idenya bahwa atom karbon dapat berikatan dengan atom lain dalam bentuk rantai. sekarang pendapat ini dipertanyakan dan sebagai akibat dari ilmu pengetahuan mengenai senyawa organik. tetapi hanya posisi atom kimia. Aturan ini 2 . 2. Crum Brown. diterbitkan pada tahun 1866. Pada 1865 Hofman membuat beberapa model rumusan Crum Brown.

Pada tahun yang sama ia menggambarkan benzena dari suatu heksagonal sederhana.2 disubstitusi benzena.menetapkan ramalan pertama dari ketentuan laju reaksi dalam hubungan dengan satu sturktur reaktan. Ia membuat tujuh model benzena. Tapi ide dari ikatan rangkap yang bergetar sering kali dipakai pada konsep resonansi modern. Konsep valensi dapat dihubungkan dengan tumbukan atom yang biasanya tidak disetujui. Kemudian Krekule menglaimkan konsep dan struktur benzena dan kemampuan atom untuk berikatan. dari Krekule membuat kontribusi vital lainnya untuk dikembangkan dalam kimia organik. Bagaimanapun adanya struktur benzena menimbulkan kesulitan yang serius. Atom karbon menunjukan bahwa untuk saling melengkapi dengan tetangganya pada satu sisi dengan dua unit aktifitas. beberapa diantaranya jelas aneh. James Dawer (1842-1923) mengajukan beberapa model untuk mengilustrasikan struktur yang mungkin dari beberapa hidrokarbon terjenuh. Pada tahun 1867. dan pada tahun 1866 ia menerbitkan sebuah diagram dari suatu model benzena yang ditunjukan sacra selang seling antara ikatan tunggal dan ikatan rangkap. dan disisi lainnya hanya dengan satu aktifitas. 2. Tulisan yang pertama tentang struktur siklik benzena diperlihatkan pada 1865. Krekule mengajukan satu saran bahwa atom dalam molekul bergetar dengan cepat dan bertabrakan dengan tetangganya. Tabrakan ini dihasilkan dari suatu atom pada unit yang sama untuk valensinya. Beberapa percobaan yang dilakukan untuk merumuskan persamaan dari 6 posisi cincin benzena dengan konsep dari atom karbon tetra valen. 3 . Selanjutnya peranan benzena yang penting adalah untuk meramalkan 1. Tetapi mengandung struktur yang menggunakan namanya.3 CINCIN BENZENA Sedikit permasalahan dengan adanya hidrokarbon alifatik tidak jenuh dalam hubungan struktur dengan ikatan Crum Brown menunjukan satu ikatan rangkap pada etana pada tahun 1864.

2. kemampuan mereka makin bertambah dalam menulis rumus struktur.5 SINTESIS ORGANIK Tahun 1860 diputuskan suatu pokok pikiran dalam sintesis kimia organik. tetapi yang menjadi persoalan adalah suatu struktur yang memiliki tiga isomer. Suatu reaksi yang penting yang mana banyak senyawa aromatik baru ditemukan pada 1877 oleh Charles Friedel (1832-1899) dan James Mason Crafts (1839-1917). Reaksi ini 4 . Kemampuan dari aldehida.2. Pada pertengahan tahun 1870-an suatu hasil dari kerja Cannizzaro ahli-ahli kimia memperoleh kepercayaan bahwa mereka merumuskan rumus molekul yang benar pada senyawa-senyawa. Frenchmen Marcelin Berthelot (1827-1907) menerbitkan bukunya chimie organique fondee sur la syinthese. Disini karbon diduga menjadi reaktif dengan hidrogen dan digabungkan ke karbon karbonil dari molekul lain. Akibat dari sebagian argument pada metode sintesis. Pada tahun itu. Mereka menemukan bahwa suatu alkil atau gugus asil dapat terdisubstitusi kedalam suatu cincin benzena dengan suatu reaksi hidrokarbon aromatik dengan suatu alkil atau asil halida falam katalis alumunium klorida.4 RUMUS STRUKTUR DERIVAT BENZENA Struktur cincin heksagonal benzena memberikan suatu penjelasan dari peristiwa benzena-benzena yang terdistribusi tiga. Pada tahun 1867 Carl Grabe (1841-1927) membuktikan bahwa asam-asam benzena dikarboksil merupakan suatu bentuk yang mudah membentuk anhidrida yang memiliki dua gugus karboksil pada atom-atom karbon yang berdekatan. Berhelot merupakan orang pertama yang menggunakan kata ´sintesis´ dan menunjukan bagaimana senyawa organik dapat dibuat dari unsur unsurnya. keton dan eter bereaksi dengan dirinya sendiri atau senyawa-senyawa yang sama pada kondisi standar telah diteliti pada waktu itu oleh Ludwig Claisen. Salah satu tujuannya adalah untuk mendemonstrasikan bahwa senyawa organik dari beberapa tipe dapat dibuat dari organik pendahulu.

2. Barbier melaporkan bahwa suatu percobaan yang menggunakan reaksi Saytzeff pada perubahan metal pentana menjadi dimetil heptanon yang artinya Zink dan iodometan tidak berhasil. Salah satu perbedaan yang diketahui pada sifat 5 . mendemonstrasikan kemampuan yang sangat besar dari alkil dan fenil magnesium halida pada sintesis. Agustin Jean Frensel berpendapat bahwa aktivitas optik dari kuarsa pantas untuk sebuah susunan helikal dari molekul-molekul kristal. Pada 1899. Dalam tulisannya beliau mendeskripsikan bagaimana menyiapkan logam magnesium iodida dengan mereaksikan magnesium dan logam iodida dilarutkan dalam eter anhidrous. Dan suatu hidrokarbon dari reaksi Grignard bereaksi langsung dengan air. tapi hal itu jelas bahwa sifat. suatu asam dikarboksil dihasilkan. Ditemukan bahwa reagen Grignard bereaksi dengan golongan senyawa lain. Ia kemudian menambahkan suatu aldehida atau keton yang menghasilkan suatu larutan yang sangat halus dan diperoleh suatu alkohol sekunder atau alkohol tersier dengan hasil yang bagus. keton dan aldehid dengan mereaksikan Zink dari suatu alkil iodida.dibuktikan pada aplikasi yang luas yang digunakan dalam preparasi aromatik keton dan dalam pembentukan suatu cincin baru dari suatu proses intra molekular. Selanjutnya Grignard. Pada tahun 1875 Alexander Mikhailovich Saytzeff (1841-1910) menemukan suatu metode sintesis alkohol primer dan sekunder dari ester. Baptiste berpendapat bahwa kristal kuarsa akan mengelilingi pesawat terbang dari polarisasi cahaya pesawat. Dengan karbondioksida. dua tahun kemudian ia menemukan sifat yang sama yang telah diperlihatkan dengan macam-macam produk organik alami seperti cairan minyak turpetin dan minyak lemon dan dengan sebuah larutan dari Champort dalam metanol. Sifat ini diketahui sebagai aktivitas optik yang ditemukan untuk menghilangkan masalah kuarsa saat kristal melebur.6 AKTIVITAS OPTIK Pada 1813. Dalam sebuah tulisan oleh Mitscherlich mengatakan bahwa zat garam tartar dan zat asam paratartar merupakan isomer.sifat materi ditunjukan dengan zat dalam cairan.

dokumen dalam dua bulan dari tiap-tiap selain yang 6 . Selanjutnya untuk memisahkan atau memunculkan pada asam paratartar dengan bentuk sebuah zat garam dengan aktivitas optik yang muncul secara alami. Oleh karena itu. Pasteur mempertimbangkan bahwa kristal asimetris khas dari materi aktivitas secara optik dan terwujud dari molekul molekul asimetris. Pasteur mengangap bahwa kemampuan untuk menghasilkan sebuah molekul asimetris marupakan sifat dari organisme hidup dan aktivitas materi secara tidak pernah diperoleh dari tanda ketidakaktifan dalam laboratorium. Mitscherlich melaporkan bahwa kristal-kristal dari zat garam sodium. Ia berpikir bahwa seluruh gabungan aktifitas optik yang diperlukan memiliki meso isomer yang tidak aktif. Pasteur meyakinkan bahwa ada beberapa perbedaan molekul diantara dua zat garam dan menemukan bahwa seluruh kasus kristal adalah asimetris dan memperlihatkan bentuk hemihedral. 2.7 STEREOKIMIA Jacob Henricus vandt Hoff (1852-1911) dan Joseph Achille Le Bel (18471903) mempublikasikan dokumen. susunannya. Metode yang ketiga juga ditemukan oleh Pasteur yang digunakan untuk organisme kecil yang dikonsumsi salah satu dari enantiomer dan bukan yang lainnya. tapi pada prcobaan yang diteliti dua tipe kristal yang muncul. amonium dari tartar dan zat asam paratartar merupakan isomer. Pasteur membuktian bahwa zat asam paratartar terdiri dari jumlah zat asam tartar yang sama dan asamlaevo rotasi yang baru. dan jaraknya sama pada perbandingan kedua zat tersebut. ia menyimpulkan bahwa atom dan jumlah atom. Ia kemudian menemukan kristal dari ketidakaktivan optik sodium amonium paratartar yang juga memperlihatkan hemihedral. Dua zat garam ditandai dengan perbedaan daya larutnya dan akan dipisahkan dengan kristalisasi. Ia mengemukakan bahwa dua isomer membentuk kristal-kristal yang merupakan bayangan cermin satu sama lain.dari zat asam dan zat garam dimana tartar beraktivitas secara optik sedangkan paratartar sebaliknya. Salah satunya merupakan bayangan dari cermin yang lain.

Ia menunjukkan bagaimana kimia dan asam fumarad dijelaskan dengan baik jika dengan isomer geometri. Konsekuensi dari teori atom karbon tetrahedral adalah sudut ikatan pada sebuah ikatan tunggalatom karbon harus memiliki sudut 109. Van¶t Hoff secara luas membicarakan molekul-molekul yang mengandung karbon-karbon dengan ikatan rangkap.mereka usulkan. Ia menunjukkan isomer dari asam fumarad yang dijelaskan oleh kedua molekul yang mempunyai bentuk HOOCHC=CHCOOH. Tahun 1936 K. Adolf van Baeyer (1835-1917) memperkenalkan teori ketegangan dimana perbandingan cincin yang stabil dari ukuran yang lain sebab penyimpangan dari sudut tetrahedral sagat kecil dalam kasus inni. Setelah Van Hoff mempublikasikan teorinya pada atom karbon tetrahedral dan adaoptikal dan isomer geometri di tahun 1874. Lebih lanjut mereka menunjukkan model tetrahedral yang dijelaskan mengapa satu isomer yang ada dari molekul tipe CH2R¶R´akan menjadi prediksi jika semua empat ikatan langsung berada dalam taraf yang sama. a Van Hoff menyimpulkan pengamatannya mengenai senyawa yang mengandung kabonkarbon ikatan tripel akan digambarkan oleh dua tetrahedral dengan rupa yang biasa. banyak pekerjaan yang dikerjakan untuk memperkuat idenya oleh Johanes Adolf (1835-1902). tetap itu i 7 . tetapi dalam satu kasus kelompok karboksil keduanya terletak pada sisi yang sama dari ikatan rangkap. Yang mana optikal molekul aktif yang terkandung dalam sebuah atom karbon terikat langsung oleh ikatan tetrahedral menjadi 4 kelompok atom yang berbeda.28S. Baeyer membuat asumsi bahwa atom karbon senyawa siklik semuanya planar. Di dalam diagramnya.S Pitzer memberi dasar energy yang terbawa berotasi di sekitar ikatan karbon di dalam etana yang disebabkan penolakan antara atom hydrogen. Di tahun 1885. ia menggambarkan molekul dengan 2 etrahedral dengan tepi pada keadaan yang biasa. Konsekuensinya perbedaan penyusunan dari atom dengan jarak yang disebut koformasi dari senyawa oleh Walter Norman Haworth (1883-1950) di tahun 1929. Van Hoff mengapresiasi rotasi bebas yang terjadi pada ikatan tunggal. dan sebaliknya pad sisi yang lain.

Barton juga menekankan reaktifitas dari subtituen akan bergantung pada aksial atau ekuatorial. menerangkan bagian prinsip dasar dari analisis konformasi mengunakan derivate sikloheksana. Difraksi X-ray menegaskan keberadaan bentuk kursi dan difraksi electron menyatakan cincin sikloheksana yang bergerak kesana kemari dengan cepat diantara bentuk yang mungkin. Ia memberikan dasar molekul dengaan subtituen ekuatorial akan lebih stabil dibandingkan subtituen aksial. 2. Pada tahun1950 Derek H. menjelaskan ketegangan pada cincin yang mengikuti Baeyer dengan teori ketegangannya yang akan mengeliminasi semua jika 6 suku (dan lebih besar) cincin teradopsi pada sebuah susunan liputan. pada tahun 1884. Di tahun 1930. berada pada tempat subtituen akan stabilkan konformasi bentuk kursi dimana bentuk subtituennya adalah ekuatorial. Metode ini membedakan anatar dua tipe yang telah ditemukan oleh Hermsann von Fehling pada tahun 1812-1885 dan Bernhard pada tahun 1841-1918. Mereka mengemukakan bahwa gula aldehida mengurangi tembaga dan silver kompleks sedangkan gula keton tidak dikurangi. Model molekul ditunjukkan dengan dua susunan (biasanya menyerupai bentuk perahu/ kapal dan kursi) yang mungkin untuk molekul kloro heksana. Hal tersebut menunjukkan bahwa enam karbon gula yaitu polihidroksi tertutup dan sama dengan molekul formula C6 H12O6.dipelajari pada sikloheksana dan derivatnya yang mana tekanan penting untuk analisis konformasi. ditemukan pada abad ke oleh -19 ahli kimia bernama Emil Herman Fischer pada tahun 1852-1919. Odd hassel (1897-1981) mempelajari geometri dari derivate sikloheksana dengan dasar difraksi X-ray dan difaksi electron.R. Di tahun 1890 Ulrich Sachse. Barton.8 EMIL FISCHER DAN PRODUKSI BAHAN KIMIA ALAMI Prosedur sintesis terbesar dan bahan organik. Semua sikloheksana memiliki energy kecil yang dibawa untuk memutar antara konformasi yang mungkin. dia mulai meneliti gula sederhana yang memiliki fungsi aldehida dan keton. Fischer mengasumsikan sebuah susunan 8 .

Hiirst menyelidiki bahwa glukosa sendiri ada 2-6 bentuk (alfa dan beta glukosa) dalam keseimbangan dengan aldehida terbuka. Kompleks tertinggi alami dariprotein itu sendiri tidak menunjukkan formulasi dari molekul. seharusnya 2 atau 16 isomer. Meskipun sintesis sekarang 9 . ada 8 pasang enantiomer. Fischer menyarankan bahwa amino harus dibentuk dalam ± CONH. Kemudian 5-karbon gula dapat masuk ke dalam 2-6 gula karbon karena simetrik baru telah bertambah. Golongan lain yang diselidiki oleh Fischer adalah purin. 2. bahan yang telah dia temukan pada tahun 1875. Ia juga menunjukkan fungsi dari protein. Produksi bahan kimia alami banyak memberikan keuntungan. menguraikan fungsi karbonil ke kelompok hidroksil dan memperbaiki siklik ester dari mono karboksil. Selama abad ke-19 amino telah diisolasi dan strukturnya stabil. untuk analisis basis eleme. Fischer juga mengoksidasi gula ke mono dan dikarboksida.9 SINTESIS ORGANIK PADA ABAD KE-20 Pada awal abad ke-20 secara umum diterima bahwa sintesis dari hasil alam akhirnya ditetapkan dan konfirmasi penting dari strukturnya.dan ia berhasil dalam sintesis polipeptida yang erisi 18 asam amino residu. Namun pandangan ini tidakbertahan lama. Fischer juga menggunakan reaksi yang ditemukakan oleh Heinrich Kiliani pada tahun 1855-1945 yang menjelaskan bahwa karbon dari gula dapat meluas. menyediakan penjelasan dari fenomena aldehida mutarotasi dari glukosa. Salah satu hl penting yang diterima sejak perang dunia ke-II adalah sintesis vitamin B12 sebagai hasil usaha perpaduan yang dipimpin oleh Robert Burns Woodward (1917-1979) adan Albert Eschenmoser. Permasalan mengingatkan bahwa struktur glukosa. Ia mensitesis beberapa purin dan menyelidiki hubungannya. Sekitar tahun 1926 Haworth dan Etmund L. namun tidak ada yang melanjutkan pengkajian dari Fischer. Fischer menyebarluaskan penggunaan dari reaksi gula dengan fenilhidrazine.umum untuk gula aldehida pada basis dan teorinya Van¶t Hoff bahwa empat atom C 4 akan enjadi tidak simetris oleh karena itu.

Sejak 1950 telah disadari bahwa beberapa proses reaksi melalui mekanisme tidak memerlukan serangan dari elektrofilis atau reaksi nukleofilis. Corey (1928). dan Frankland berusaha untuk membuat radikal-radikal bebas. Kolbe. Ia mencoba mengabungkan 5 golongan organik untuk atom fosfor. Pengembangan khusus lainnya memperkenalkan reaksi yang mengandung boron atau fosfor. senyawa senyawa temuan baru telah dipersiapkan pada angka yang belum pernah terjadi. Pada tahun 1953 George Friederich (1897-1987) memperkenalkan kegunaan untuk menegaskan kegunaan prosedur sintesis senyawa organofosfor yang disebut slide. Kemajuan kimia organik sejak 1930 telah dibantu dengan aplikasi dari teori elektro ikatan kimia dan penjelasan mekanisme reaksi. Reaksi ini telah dibuktikan sangat bemanfaat dan digunakan pada produksi komersial dari karoten dan komponen lainnya. seperti halnya. Radikal bebas menghasilkan fotokimia atau dengan dekomposisi senyawa yang tidak stabil seperti dibenzolperoksida. 10 . Suatu reaksi bangunan cincin diumumkan pada 1928 oleh Otto Diel (1876s 1954) dan Kurt Albeer (1902-1958). proses electron tidak berpasangan. Suatu pendekatan baru dalam sintesis organik telah dipelopori pada tahun terakhir oleh Elias J. tetapi memerlukan radikal bebas. Ia juga menemukan bahwa reaksi slide dengan senyawa karbonil menghasikan suatu alkena. Bunsen. melakukan percobaan membuat heksafeniletana mendapatkan radikal trifenilmetil yang sangat reaktif. Kemudian pada tahun 1990 Moses Gomberg (1866-1947).tidak sering lagi digunakan untuk menegaskan struktur dari produk alami. Pada jenis ini. tetapi setelah berat molekul dan atom dari system Cannizaro pada tahun 1860 ini memungkinkan bahwa semua disebut radikal bebas merupakan fakta yang kabur. Penelitian mereka dimulai dengan studi tambahan reaksi ester asam dikarboksilat. Pendekatan retrosintetik menggunakan strategi umum untuk menetukan kemungkinan suatu senyawa dalam urutan sintesis seperti bagian dari rute secara menyeluruh.

plastic dan lainnya. meupakan orang pertama yang menunjukkan bagaimana senyawa organik dapat dibuat dari unsur-unsurnya. Selain itu juga memeriksa struktur glukosa dan beberapa gula yang lain. Selanjutnya Pateur menanggap bahwa kemampuan unik sebuahmolekul merupakan sifat dari organism hidup dan aktivitas materi. agrokimia.BAB III PENUTUP KESIMPULAN Berdasarkan pembahasan makalah ini. senyawa-senyawa temuan baru telah dipersiapkan pada angka yang belum pernah terjadi. Meskipun sintesis sekarang tidak sering lagi digunakan. 11 . ahli-ahli kimia memperoleh kepercayaan bahwa mereka merumuskan rumus molekul yang benar pada senyawa-senyawa. Prosedur sintesis terbesar dari bahan organik ditemukan pada abad ke oleh -19 seorang ahli kimia yang bernama Emil Fischer. Pada awal abad ke-20 secara umum diterima bahwa sintesis dari hasil alam akhirnya ditetapkan. Tahun 1860 Frenchmen Marcelin Berthelot. Adanya struktur menimbulkan kesulitan yang serius. maka dapat disimpukan bahwa: Perkembangan kimia organik pada tahun 1860 dimulai dari teori struktur yang dikemukakan oleh Alexander Mikhaillovich. Pada pertengahan tahun 1870-an. Kemudian Kekule merumuskan struktur siklik benzene pada tahun 1865. Banyak golongan baru dari senyawa telah ditemukan dan memungkinkan digunakan sebagai obat. Beliau mengemukakan bahwa hanya ada satu rumusan rasional yang mungkin untuk setiap senyawa. dan ini membuat kemampuan mereka makin bertambah dalam menulis rumus struktur. Beliau meneliti gula sederhana yang memiliki fungsi aldehida dan keton.

com 12 .DAFTAR PUSTAKA www.wikipedia .

ia mencari kemampuan metode kimia yang dibutuhkan agar ia bisa meneliti secara ekstensif dan meneliti pigmen tanaman dan hewan yang lebih rumit. Untuk melakukan semua ini. hingga di awal tahun 1802. Thiele sebag rofesor Luar ai Biasa. awalnya sebagai mahasiswa. kemudian bekerja di Departemen Kimia di bawah bimbingan Baeyer dan meneta di sana untuk lima belas tahun berikutnya. Ketika ia berusia 18 tahun. ia pergi ke Uni ersitas Munich di mana ia belajar Sains. ia mempelajari dasar-dasar struktur dan sintesis alkaloid tanaman seperti stropin dan kokain. ada hal ini. Sebagai seorang anak muda. kemudian dari tahun 1896 bekerja sebagai dosen sambil melakukan penelitiannya sendiri secara independen. pada saat yang sama ia menderita ketidakberuntungan secara pribadi dan sering menyendiri. seperti penelitian berikutnya mengenai kuinon dan senyawa tie kuinon yang menjadi struktur dasar zat pewarna. dan bersekolah dasar di kota kelahirannya dan kemudian. Inilah alasannya ia datang ke Federal Technical College (Kampus Tekhnik Federal) Zurich. Ia menikmati penelitiannya di Zurich sehingga ia tidak berpikir pada tahuntahun tersebut adalah masa tunggu hingga ia dipanggil kembali ke Jerman pada tahun 13 . ia menggantikan J. fasilitas bekerja yang ada di laboratorium munich terlalu terbatas dan ia begitu senang untuk menerima tawaran pertama dari Ketua rofesor yang ia terima pada musim panas tahun 1905. ketika kedua orangtuanya pindah rumah. Selama tujuh tahun di Swiss inilah masa terbaik dan mas paling nyata baginya. ia melanjutkan ke Technical School (Sekolah Tekhnik) di Nuremberg.LAMPIRAN PE E BEL T ichard Willstätter Ri M ti ill tätt il i i l i Baden pada tanggal 13 gustus 1872. a Tapi ketika penelitian dan dunia pengajaran memberikannya kepuasan yang luar biasa.

ia mencapai sintesis pertama untuk senyawa siklooktatetraena dan membandingkannya dengan benzena. Heinrich Wieland. dan badan ini telah mendirikan Institut Kimia di Berlin/Dahlem. tepat ketika ia telah memutuskan untuk menerima panggilan ke Universitas Munich. metode dikembangkan sejauh mendapatkan konzentrat enzim melalui adsorpsi tidak memungkinkan untuk mendapatkan enzim dalam bentuk kristal. sehingga ia melanjutkan percobaan untuk menghasilkan siklobutadiena. mahasiswanya. Jadi. ia bersama dengan timnya. Dalam hal ini. Ia lalu ditawarkan sebuah laboratorium penelitian yang bersamaan dengan beasiswa kehormatan untuk profesor di Universitas Berlin. Tawaran mengejutkan baik dari dalam dan luar negeri ditolak olehnya. yang juga mendapat nominasi Nobel. Stoll 14 . khususnya pada klorofil. ia melakukan studi pada antosianin. mendapat penghargaan Hadiah Nobel Kimia (1915). hidrogel dan asam silikat. Ungkapan kepercayaan diri oleh fakultas. Penelitian pada pigmen tanaman ini. ia pun mengumumkan pemberhentian dirinya pada tahun 1924. Pada dua tahun sebelum pecahnya perang dunia I. sekarang dikenal sebagai prestasi seorang pionir. Kaiser Wilhelm telah mendirikan sebuah organisasi untuk meningkatkan pengetahuan sains. ia sangat berkonsentrasi pada masalah kimia teoretis. Penelitian tentang fotosintesis dan pada alam dan aktivitas enzim yang menjadi awal biokimia modern. Willst tter melakukan penelitian penting ada adsorben. Pada periode ketika Willst tter melanjutkan pada garis kepentingan mendasar. Pada saat itu. dan penelitiannya yang brilian dan berhasil. bahan pewarna pada buah dan bunga. Pada tahun 1938. Society for the Promotion of scientific Knowledge. Ia memencilkan diri di Munich. dansekali lagi menjadi pengganti gurunya. logam hidroksida.1912. dan teta berhubungan dengan beberapa murid-muridnya yang teta berada di Institut dan dengan penggantinya. Untuk hari peringatan Universitas Berlin. bekerjasama sehingga mampu melakukan penelitian pada klorofil dan hubungannya untuk menyelesaikan penelitian pada hemoglobin dan pada pergantian berikutnya. Karis Willst tter berakhir tragis. Sebagai tambahan. ketika melakukan gerakan melawan antisemitisme yang sedang memuncak. Adolf von Baeyer. dan mengambil peranan aktif dalam pengajaran universitas . ia melarikan diri dari Gestapo dengan bantuan mahasiswanya A. dan Menteri gagal untuk mengguncangkan keputusan seorang ahli sains berusia 53 tahun untuk berhenti.

Verlag Chemie. New York. dan meninggalkan semua kecuali barang barang yang dipakainya. 1965) hingga ia wafat pada tanggal 3 Agustus 1942 karena serangan jantung. Di masa tuanya. 1949. Benjamin.dan diusahakan untuk beremigrasi ke Swiss. ia lewati tiga tahun terakhirnya di Muroalto dekat Lucarno sambil menulis biografinya (Aus meinem Leben. Weinheim. edisi berbahasa Inggris From my Life. Stoll. 15 . diedit oleh A.