P. 1
Proposal Jakarta Bebas Polusi

Proposal Jakarta Bebas Polusi

|Views: 311|Likes:

More info:

Published by: Siti Nurlayla Kautsar on May 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2012

pdf

text

original

Jakarta Bebas Polusi

Tanam Sejuta Pohon dan Konser Hijau

Salinan ke Versi Tanggal Abstrak

:1 : 1.B : 20 MEI 2011 : Proposal ini merepresentasikan penawaran

[Nama_Perusahaan_Anda] selaku Event Organizer (EO) dalam rangka pelaksanaan kegiatan´Jakarta Bebas Polusiµ.

Dibuat oleh: [Nama_Perusahaan_Anda]

Hak Cipta © 2011 [Nama_Perusahaan_Anda] Dokumen ini merupakan hak milik dan hak cipta dari [Nama_Perusahaan_ Anda]. Materi di dalam dokumen ini tidak diperkenankan untuk dibuka sebagian ataupun keseluruhan tanpa persetujuan tertulis dari [Nama_Perusahaan_Anda]. Tidak ada bagian dari proposal kegiatan ´Jakarta Bebas Polusiµ ini yang diperkenankan untuk digandakan dalam bentuk apapun selain dari tujuan untuk mengevaluasi dokumen proposal [Nama_Perusahaan_Anda], dan harus dapat dikembalikan berdasarkan permintaan.

Dokumen ini disajikan untuk membantu [Nama_Client_Anda] dalam menilai penawaran yang diajukan dan merupakan hal yang normal apabila kebutuhan yang diajukan kemungkinan berubah mengikuti perubahan usaha dan perubahan operasi. [Nama_Perusahaan_Anda] percaya bahwa proposal yang diajukan ini dapat menjawab kebutuhan rangka pelaksanaan kegiatan untuk mengkampanyekan isu pamanasan global di wilayah DKI Jakarta. Jangka waktu kesahihan dari dokumen ini adalah satu (1) bulan sejak tanggal penerimaan yang dibuat oleh [Nama_Perusahaan_Anda].

1. LATAR BELAKANG
Suhu di dunia semakin lama semakin panas, hal ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu tingkat polusi udara yang terus meningkat, dimana penggunaan freon dan asap buangan kendaraan bermotor yang makin tinggi, penebangan hutan yang tidak diikuti dengan reboisasi hutan atau penanaman kembali hutan. Masalah ini didunia dikenal dengan ´Global Warmingµ atau ´Pemanasan Globalµ. Pemanasan global menyebabkan perubahan iklam di dunia yang cukup drastis, serta menyebabkan efek rumah kaca. Untuk menyikapi isu global warming (pemanasan global) di dunia international maka Indonesia yang merupakan salah satu paru-paru dunia berusaha untuk menyikapi hal ini dengan cara turut serta perduli terhadap isu Pemanasan Global ini. Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia menjadikannya sebagai cerminan dari bangsa Indonesia dan provinsi Jakarta sebagai tolak ukur bagi provinsi-provinsi lainnya.

2. TEMA ACARA
Tema acara yang dipilih adalah ´Jakarta Bebas Polusiµ, karena target utama dari kegiatan ini adalah warga DKI Jakarta, sebagai warga dari ibu kota negara Indonesia. Diharapkan dengan dipilihnya tema ini kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangat warga DKI Jakarta untuk mendukung kepedulian akan isu pemanasan global dan dapat turut serta secara aktif untuk mengurangi dampak dari pemanasan global ini dalam prilaku keseharian mereka.

3. PENYELENGGARA ACARA
Penyelenggara kegiatan ini adalah Pemda DKI Jakarta & Dinas Kebersihan yang sudah menjadi agenda mereka dalam mensosialisasikan isu dari pemanasan global serta mendukung pengurangan polusi udara sebagai salah satu cara mengurangi efek negatif dari pemanasan global. Pemda DKI Jakarta bekerjasama dengan [Nama_Perusahaan_Anda] dalam melakukan perencanaan, persiapan, sampai dengan pelaksanaan kegiatan.

4. JADWAL KEGIATAN ACARA
Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari, dimana hari pertama merupakan kegiatan yang bersifat formal dan protokoler sedangkan dihari kedua merupakan kegiatan yang bersifat sosial dan kemasyarakatan. Hari Pertama Tema : ´Tanam Sejuta Pohonµ Hari/Tanggal : Sabtu, 22 Desember 2011 Jam : 07.00 WIB s/d 12.00 WIB Tempat : Lapangan Monumen Nasional dan di setiap Kantor kelurahan di DKI Jakarta Hari Kedua Tema : ´Konser Hijauµ Hari/Tanggal : Minggu, 23 Desember 2011 Jam : 10.00 WIB s/d 17.00 WIB Tempat : Lapangan Monumen Nasional

5. KONSEP ACARA
Hari Pertama Tema : ´Tanam Sejuta Pohonµ 1. Pembagian pohon kepada perwakilan masing-masing kelurahan DKI Jakarta oleh Abang dan None DKI Jakarta. 2. Jalan dan Sepeda Santai, melewati jalan protokol DKI Jakarta yang di ikuti oleh sebagian besar warga DKI Jakarta, komunitas Bike To Work DKI Jakarta, Komunitas Pencinta Alam dan lain-lain. 3. Pemberian penghargaan ´Kelurahan Terhijau di Ibu Kota. Hari Kedua Tema : ´Konser Hijauµ 4. Pembagian atribut Jakarta Bebas Polusi ke setiap warga yang melintasi di Bundaran Hotel Indonesia, oleh seluruh panitia dan artis ibu kota. 5. Live musik yang dibawakan oleh artis ibu kota.

6. RINCIAN KEGIATAN ACARA
Hari Pertama Tema : ´Tanam Sejuta Pohonµ 1. Pembagian pohon kepada perwakilan masing-masing kelurahan DKI Jakarta. a. Pohon yang dibagikan akan diantarkan ke masing-masing kantor kelurahan, dan akan diterima oleh setiap lurah. b. Setiap lurah akan menggerakan warganya untuk menanam pohon tersebut disetiap area taman di daerahnya. 2. Jalan dan Sepeda Santai, melewati jalan protokol DKI Yakarta,

a. Start : GOR Senayan yang mana bendera Start akan di angkat oleh Gubernur DKI Jakarta b. Jalan Thamrin c. Jalan Jenderal Sudirman d. Finish : Lapangan Monumen Nasional 3. Pemberian penghargaan ´Kelurahan Terhijauµ se-Ibu Kota. a. Tim Juri akan melakukan pengecekan dan survey ke setiap kelurahan untuk menilai keindahan dan penghijauan yang sudah dilakukan di hari sebelumnya. b. Tim juri akan mengumumkan pemenang atas penghargaan ´Kelurahan Terhijau di Ibu Kotaµ. Hari Kedua Tema : ´Konser Hijauµ 4. Pembagian atribut Jakarta Bebas Polusi ke setiap warga yang melintasi di Bundaran Hotel Indonesia, oleh seluruh panitia dan artis ibu kota. 5. Live musik yang dibawakan oleh artis ibu kota. 6. Penutupan Acara.

7. BENTUK KEGIATAN ACARA
Promosi Acara: 1 Desember 2011 ² 22 Desember 2011: ‡ Spot iklan di RCTI, SCTV, ANTV, TRANS TV , GLOBAL TV, dan JAK TV. ‡ Pemasangan spot iklan di 9 Radio Swasta di DKI Jakarta ‡ Pembagian stiker. ‡ Iklan di beberapa media cetak Nasional dan media cetak Local. ‡ Pemasangan Spanduk di 100 titik di DKI Jakarta ‡ Pembagian selebaran sebanyak 500.000 pcs 23 Desember 2011

‡ Jalan dan Sepeda Santai yang dimulai dari GOR Senayan dan berakhir di Lapangan Monumen Nasional. Jalan dan Sepeda Santai ini dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta. ‡ Pembukaan acara ´Tanam Sejuta Pohonµ yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta yang di lakukan di Lapangan Monumen Nasional ‡ Pencanangan program ´Tanam Sejuta Pohonµ di DKI Jakarta. ‡ Pemberian tugas kepada Abang None DKI Jakarta sebagai duta ´Hijauµ DKI Jakarta, untuk menyerahkan bibit pohon kepada setiap kelurahan di DKI Jakarta. ‡ Pemberian penghargaan Kelurahan terhijau se DKI Jakarta. 24 Desember 2011 ‡ Pembukaan Acara ´Konser Hijauµ yang dibawakan oleh Kepala Dinas Penghijauan DKI Jakarta. ‡ Konser musik yang di isi oleh sejumlah artis dan musisi, yaitu : o Iwan Fals o Slank o Gigi o Padi ‡ Penutupan Acara

8. STRUKTUR PANITA KEGIATAN
Pelindung : Penasihat : Penyelanggara : [Nama_Perusahaan_Anda] [Alamat_Perusahaan_Anda] [Telp&Fax_Perusahaan_Anda] Ketua Penyelenggara : Wakil Ketua : Sekertaris : Seksi Dana :

Operasional : Keamanan : Sponsorship :

9. ANGGARAN KEGIATAN
1. Spot Radio : 2. Talk Show Radio : 3. Iklan (RCTI, SCTV,TRANS TV, GlobalTV dan ANTV) : 4. Baliho : 5. Iklan Media Cetak : 6. Leaflet : 7. Mobil Promo Keliling : 8. Promo SMS : 9. Atribut ´Jakarta Bebas Polusiµ : 10. T-shirt panitia dan peserta : 11. dll : TOTAL : Rp. ««««««««..,-

10. SASARAN KEGIATAN ACARA
Tujuan atau sasaran dari kegiatan acara ini adalah semua warga DKI Jakarta dari bebagai kalangan agar lebih perduli lagi akan penghijauan kota DKI Jakarta dengan tujuan untuk mengurangi tingkat polusi yang ada.

11. SUMBER DANA KEGIATAN
Sumber dana untuk melaksanakan kegiatan ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu : 1. Dana Pemerintah Daerah (20%) 2. Dana Donatur (20%) 3. Dana Sponsorship (60%)

12. SPONSORSHIP KEGIATAN ACARA
Panitia penyelenggara ´Jakarta Bebas Polusiµ mengundang partisipasi perusahaan bapak / ibu dalam program sponsorship sebagai berikut :

SPONSOR UTAMA GOLD
Biaya sponsorship sebesar 40% dari total biaya yang dibutuhkan Keuntungan : - Nama dan Logo Perusahaan ditampilkan pada Spanduk START dan FINISH. - Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop panggung konser Hijau - Logo Perusahaan ditampilkan pada banner / umbul-umbul di jalan Sudirman sebanyak 100 buah. - Logo Perusahaan ditampilkan pada setiap iklan di Media Cetak dan Madia TV. - Logo Perusahaan ditampilkan pada setiap stiker promosi yang dibagikan. - 10 (sepuluh) undangan VIP Konser Hijau.

SPONSOR UTAMA SILVER
Biaya sponsorship sebesar 10% dari total biaya yang dibutuhkan Keuntungan : - Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop panggung Konser Hijau - Logo Perusahaan ditampilkan pada banner / umbul-umbul di jalan Sudirman sebanyak 100 buah. - 5 (lima) undangan VIP Konser Hijau.

CO SPONSOR A
Biaya sponsorship sebesar 5% dari total biaya yang dibutuhkan Keuntungan : - Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop panggung Konser Hijau - 2 (dua) undangan VIP Konser Hijau.

CO SPONSOR B
Biaya sponsorship sebesar 5% dari total biaya yang dibutuhkan Keuntungan : - Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop panggung Konser Hijau - 2 (dua) undangan VIP Konser Hijau.

13.PENUTUP
Akhir kata kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap kesempatan yang telah diberikan oleh [Nama Client] kepada kami untuk dapat turut serta memberikan konsep dan ide acara dalam proposal ini. Besar harapan kami dapat bekerjasama dengan [Nama Client] dalam penyelenggaraan acara tersebut. Atas perhatiannya kami ucapkan tarima kasih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->