LAPORAN OBSERVASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik

Semester II

Dosen Pengampu : Murfiah Dewi Wulandari, M.Psi Disusun Oleh : KELOMPOK 3 / IIE 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Shinta Febri W. Ela Suryani Diana Paramita Rasyiid Nur Hasan Mayrina Andika P. Fitri Widihastuti Rinda Astika Sari Yuliana (A510100204) (A510100213) (A510100215) (A510100230) (A510100231) (A510100243) (A510100248) (A510100251)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2011

dari mulai dibuahinya sel telur oleh sperma kemudian dari sel yang sama bentuk dan fungsinya berkembang menjadi sel yang bersifat khusus seperti sel syaraf. sel tulang.BAB I PENDAHULUAN A. norma maupun etika dengan disertai konsekuensi fisik ataupun hidonistik (kepuasan). Selanjutnya pada perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun sudah menunjukkan proses berpikir yang lebih jelas (preoperational). perkembangan sosial dan perkembangan bahasa. Pada anak usia 5-6 tahun memiliki perkembangan fisikmotorik yang baik (perkembangan badan. otot kasar dan otot halus). mata. kami melakukan observasi kepada Dian Tri Utami agar jelas mengenai aspek-aspek perkembangan yang meliputi . telinga dan kaki. jaringan otot. sel darah. jaringan darah. sel otot. Pada usia 0-8 tahun merupakan usia keemasan bagi anak dengan perkembangan mental maupun fisik yang berlangsung secara pesat khususnya pada anak usia 5-6 tahun kami mengobservasi yang sudah menginjak pendidikan formal awal yaitu di TK. jaringan epitel. Dengan demikian. jantung. LATAR BELAKANG Perkembangan pada anak dimulai sejak dalam kandungan. perkembangan moral yang ditandai kemampuan anak untuk memahami aturan. untuk dapat mengetahui karakteristik atau aspek-aspek perkembangan dari anak usia 5-6tahun. Kumpulan dari organ-organ tersebut akan membentuk sistem organ akhirnya menjadi organisme yang utuh di dalam kandungan seorang ibu yang siap dilahirkan ke dunia. Aspek-aspek perkembangan yang selanjutnya adalah perkembangan emosional anak (emosi positif dan emosi negatif). dan jaringan tulang. Kemudian jaringan-jaringan tersebut membentuk organ seperti otak. Sel-sel tersebut membentuk jaringan seperti jaryang ingan saraf.

Untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun . maka tujuan dari observasi ini antara lain : a. TUJUAN OBSERVASI Berdasarkan rumusan masalah yang telah dituliskan di atas. Bagaimana perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun? 4. Untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun 3. maka dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun 4. RUMUSAN MASALAH Dari latar belakang di atas. Bagaimana perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun? C. perkembangan Emosional. B. Untuk mengetahui perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun 5. Bagaimana perkembangan moral anak usia 5-6 tahun? 6. perkembangan sosial.perkembangan fisik-motorik. Tujuan Umum 1. dan perkembangan moral Di dalam perkembangan anak usia 5-6 tahun sebaiknya dimanfaatkan oleh orang tua maupun orang-orang sekitar untuk memberikan bimbingan dan pengajaran yang dapat menjadikan mereka anak yang baik. Untuk mengetahui perkembangan moral anak usia 5-6 tahun 6. Untuk mengetahui perkembangan fisik-motorik anak usia 5-6 tahun 2. Bagaimana perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun? 5. Bagaimana perkembangan fisik-motorik anak usia 5-6 tahun? 2. perkembangan Bahasa. Bagaimana perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun? 3. perkembangan kognitif.

b. Tujuan Khusus Tujuan khusus dilakukannya observasi serta penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan Peserta Didik semester II. 3. objek yang diobservasi adalah anak usia 5-6 tahun yaitu Dian Tri Utami pada hari minggu tanggal 1 Mei 2011. Metode Wawancara Merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada nara sumber (anak orang tua) yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. D. 2. METODE PENULISAN Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan laporan hasil observasi ini. antara lain : 1. Metode Observasi Merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati objek secara langsung. Metode Studi Pustaka Merupakan metode pengumpulan data dengan mencari informasi melalui berbagai literatur kepustakaan (buku-buku) . Dalam hal ini.

Semarang : Tukimin : Dati : Wiraswasta : Ibu Rumah Tangga :3 : Anak Kandung . Kaliwungu. IDENTITAS SUBJEK Nama Tempat Tanggal Lahir Umur Alamat Sekolah Nama Ayah Nama Ibu Pekerjaan Ayah Pekerjaan Ibu Anak ke Status : Dian Tri Utami : Semarang. Kaliwungu. Udanwuh. Udanwuh. Semarang : TK. Gumuk Rejo. 30 Oktober 2005 : 5 tahun 7 bulan : Gumuk Rejo.BAB II DATA DAN PEMBAHASAN A.

masakan dengan alat masak mainan ). Perkembangan Kognitif  sudah bisa menunjukan proses berfikir dengan jelas. perkembangan fisik-motoriknya baik (normal). mewarnai. si anak sudah mampu bernyanyi.  memiliki keseimbangan yang baik. Misalnya : Si anak sudah mampu menghitung jari-jarinya.  tidak mudah sakit walaupun banyak melakukan aktifitas-aktifitas yang dapat membuatnya merasa lelah. HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN Setelah kita melakukan observasi kepada Dian Tri Utami (umur 5 tahun 7 bulan) maka didapatkan suatu gambaran mengenai perkembangannya yaitu: 1. .  lincah dan tidak bisa diam (ingin selalu beraktivitas) Jadi.B. dan melakukan permainan simbolis (contoh : masak . 2. Perkembangan Fisik-Motorik  dapat mengangkat beban sesuai dengan kemampuannya. untuk memindahkan beban tersebut dari tempat satu ketempat yang lain.  cepat menanggapi rangsang yang diberikan oleh orang lain. Misal : Ibunya menyuruhnya mengambilkan sesuatu maka dengan cepat dia merespon perintah ibunya dan mengambilkan apa yang dimaksud ibunya tersebut.

berhitung sederhana dan membaca.  Sudah mengetahui angka dan huruf-huruf abjad  mampu menulis. norma. Misal : diajarkan pada waktu makan menggunakan tangan kanan bukan tangan kiri dan dia telah mengerti.  sudah dapat membedakan antara yang baik dan buruk.  sudah mulai menghormati orang-orang disekitarnya. perkembangan kognitifnya mengalami peningkatan atau normal namun dari pihak orangtua harus memperhatikannya agar potensi yang ada pada Dian Tri Utami lebih terasah. misalnya pada saat disekolah guru menawarkan kepada siswanya ³ siapa yang berani untuk bernyannyi ³ si anak dengan cepat mengacungkan tangannya. Perkembangan Moral  sudah mampu untuk memahami aturan. selain itu setiap sore dia pergi ke TPA untuk belajar membaca iqra¶. Misal : Disekolah anak-anak tidak boleh membuang sampah sembarangan. dan dia sudah mengerti kalau membuah sampah itu ditempat sampah. 3. Berdasarkan hasil di atas. dan etika yang berlaku di lingkungan sekitarnya.  Kadang bertindak menentang dan tidak sopan  rajin mengajak ke mushola pada saat adzan sudah berkumandang. dapat merespon rangsang tertentu dengan cepat. .

Dengan demikian. apabila dia melakukan sesuatu kemudian dia merasa gagal dia cenderung putus asa dan menyalahkan orang lain. dengan sesama teman sebayanya si anak menggunakan bahasa jawa ngoko sedangkan dengan orang tua si anak sudah sedikit-sedikit menggunakan bahasa jawa krama yang terkadang masih bercampur ± campur. perkembangan moralnya mengalami perkembangan sangat baik. setelah itu si anak kembali menggunakan bahasa jawa. Artinya anak ingin bebas dalam bermain. telah tertanam pada dirinya sikap dan perilaku yang baik. Perkembangan Emosional  Si anak mulai menunjukkan sikap mulai lepas dari orang tua. dia cenderung tidak mau ditungguin oleh orang tuanya. dia hanya ingin bermain dengan teman-temannya saja tanpa ada orang tua disampingnya.  Sering marah apabila permintaannya ditunda  Senang apabila diberi sesuatu . 4. Perkembangan Bahasa  Sudah lancar dalam berbicara  Dalam kehidupan sehari-hari si anak menggunakan bahasa jawa.  Di sekolah si anak biasa menggunakan bahasa indonesia tetapi hanya pada saat belajar ± mengajar saja. 5.  Si anak cenderung lebih sensitif.

Perkembangan Sosial  Senang berteman  Telah mengenal lingkungan tempat tinggalnya  Mulai berinteraksi dengan orang-orang di sekitar yang telah dikenal  Anak mulai bermain bersama teman-temannya  Si anak mudah berkenalan atau akrab dengan teman sebayannya  Si anak sudah mampu menghormati orang-orang yang lebih tua darinya . Memprotes apabila dilarang keinginannya 6.

perkembangan sosial. perkembangan kognitif. perkembangan bahasa dan perkembangan emosional. . Anak usia 5-6 tahun tersebut harus mendapat perhatian khusus dari pihak orangtua mengenai pengembangan bakat dan minat (potensi) yang dimiliki oleh anak supaya dilatih sejak dini. Dian Tri Utami secara keseluruhan mengalami perkembangan yang baik meliputi perkembangan fisik-motorik. Berdasarkan hasil observasi yang kita lakukan.BAB III PENUTUP Perubahan-perubahan pada diri individu merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan. perkembangan moral.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful