P. 1
Persentasi SNMP_MRTG Monitoring Traffic Jaringan

Persentasi SNMP_MRTG Monitoring Traffic Jaringan

|Views: 338|Likes:

More info:

Published by: Andika Setia-Ji ❷❼ on May 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2014

pdf

text

original

NETWORK MANAGEMENT ² SNMP AND MRTG

Kelompok : Abdurrahman AlFaiz Agus Setiawan Deni Agus K Fatimah Hari Sulistyono Rahmad Yudi W Retisa H Trihastuti Yuniati (M0507002) (M0507003) (M0507014) (M0507020) (M05070 (M05070 (M0507036) (M0507047)

2. 3. Apakah yang dimaksud dengan Simple Network Management Protocol? Sebutkan tools yang bekerja menggunakan protokol SNMP yang dapat digunakan untuk menganalisa traffic didalam suatu jaringan komputer! Sebutkan tools lain yang dapat digunakan untuk menangalisa traffic pada router selain MRTG! .SOAL PENDAHULUAN : 1.

SIMPLE NETWORK MANAGEMENT PROTOCOL Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah standar manajemen jaringan pada TCP/IP. . Gagasan di balik SNMP adalah bagaimana supaya informasi yang dibutuhkan untuk manajemen jaringan bisa dikirim menggunakan TCP/IP. Protokol tersebut memungkinkan administrator jaringan untuk menggunakan perangkat jaringan khusus yang berhubungan dengan perangkat jaringan yang lain untuk mengumpulkan informasi dari mereka. dan mengatur bagaimana mereka beroperasi.

dan lain-lain. Pertama adalah Managed Nodes yang merupakan node biasa pada jaringan yang telah dilengkapi dengan software supaya mereka dapat diatur menggunakan SNMP. demikian juga dengan perangkat pintar seperti router. sepanjang diprogram dengan software SNMP. .Ada dua jenis perangkat SNMP. Perangkat yang ´tidak konvensionalµ juga bisa diatur sepanjang mereka terhubung ke jaringan TCP/IP: printer. bridge. scanner. SNMP didesain supaya host biasa dapat diatur. Pada jaringan harus ada satu atau lebih NMS karena mereka adalah perangkat yang sebenarnya ´menjalankanµ SNMP. Managed nodes bisa berupa perangkat jaringan apa saja yang dapat berkomunikasi menggunakan TCP/IP. dan switch. Mereka biasanya adalah perangkat TCP/IP biasa. Kedua adalah Network Management Station (NMS) yang merupakan perangkat jaringan khusus yang menjalankan software tertentu supaya dapat mengatur managed nodes. mereka juga kadang-kadang disebut managed devices. hubs.

.Masing-masing perangkat dalam manajemen jaringan yang menggunakan SNMP menjalankan suatu software yang umumnya disebut SNMP entity. dan SNMP Management Information Base (MIB): yang menentukan jenis informasi yang disimpan tentang node yang dapat dikumpulkan dan digunakan untuk mengontrol managed nodes. SNMP entity pada managed nodes terdiri atas SNMP Agent: yang merupakan program yang mengimplementasikan protokol SNMP dan memungkinkan managed nodes memberikan informasi kepada NMS dan menerima perintah darinya. Komponen SNMP entity pada suatu perangkat bergantung kepada apakah perangkat tersebut managed nodes atau network management station. Masing-masing entity terdiri dari dua komponen utama. Informasi yang dikirim menggunakan SNMP merupakan objek dari MIB. SNMP entity bertanggung jawab untuk mengimplementasikan semua beragam fungsi SNMP.

. Software MRTG ini dapat diperoleh dengan gratis (Gnu GPL).MRTG ² MULTI ROUTER TRAFFIC GRAPHER Multi Router Traffic Grapher (MRTG) adalah software yang biasa digunakan untuk memantau trafik dalam suatu jaringan. MRTG dapat memantau besarnya trafik yang melewati interface suatu perangkat jaringan. MRTG ditulis dalam bahasa Perl dan bekerja menggunakan protokol Simple Network Management Protocol (SNMP).

empat minggu terakhir. Hal ini memungkinkan karena MRTG menyimpan log dari semua data yang telah dikumpulkan dari peralatan yang diamati. Untuk tambahan tampilan harian. dan 12 bulan terakhir. Semua ini dilakukan dengan cara yang efisien. MRTG dapat memonitoring 50 atau lebih interface pada jaringan. tetapi masih terdapat semua data yang berhubungan untuk semua trafik yang terlihat selama dua tahun terakhir. sehingga data log tersebut besarnya tidak membludak. Data log ini secara otomatis digabungkan dan dianalisa. . MRTG juga membuat representasi visual dari trafik yang terlihat selama tujuh hari terakhir.

PERCOBAAN Alat dan Bahan : Laptop Router Windows OS SNMP dan MRTG software FireDaemon Pro v 1.9 .

4. Buka control panel 2. Pilih Add Remove Programs. dan double click. scroll down ke bawah dan pilih "Management and Monitoring Tools´. . lalu klik Next dan proses instalasi akan berlangsung. Akan terlihat beberapa menu checklist. pilih add/remove windows components.Cara Kerja : INSTALASI SNMP 1. Sampai ini anda telah berhasil melakukan instalasi SNMP di Windows XP Professional. Setelah Control Panel terbuka. 3.

6. 4. lalu pilih di sebelah kanan anda menu "SNMP Servicesµ Klik Kanan pada menu "SNMP Service" dan pilih properties. 5. Buka control panel Lakukan Double Click pada Administrative tools untuk melakukan setting pada SNMP. Setelah itu pilih "Computer Management´ Setelah itu pilih menu disebelah kiri anda dan pilih menu "Services´. Traps Digunakan untuk melakukan setup "Community Name" Security Digunakan untuk mengecek dan accept SNMP message dari host yang lain.Administrasi SNMP 1. 2. Terdapat 3 Option yang dapat di setup yaitu: Agent Dalam agent ini dapat disetup informasi dari pengguna dan nama komputer itu. 3. .

. 2. Note: Anda harus menambahkan dua buah port untuk membuat SNMP dapat berjalan melalui windows firewall. jangan lupa pilih option UDP.. 1.1 dengan SNMP Out dan no.2 isikan port UDP yang akan digunakan dalam hal ini Port 161. contoh SNMP In.1 isikan nama port yang ingin dibuka. dan terakhir klik Ok. 4.2 dengan port number 162. Begitu juga untuk setting SNMP Out isikan no.. Buka Firewall setting pada windows XP anda Klik kanan lalu pilih "Change Windows Firewall Settings´ Pilih menu "Exceptions" untuk melakukan setup pada windows firewall. Klik "Add Port. 3. Lalu untuk no." untuk menambahkan port untuk SNMP. Lalu klik ok.Troubleshoot SNMP Jika ternyata komputer anda Windows Firewallnya dalam keadaan ON maka dapat mengikuti langkah berikut untuk melakukan setting. Untuk setting dari server ke agent gunakan Port UDP 161 Untuk setting dari agent ke server gunakan Port UDP 162 Untuk point no.

. Instalasi Perl Instal software Perl yang telah didownload.INSTALASI MRTG Langkah pertama.2 Langkah kedua. Instalasi software MRTG cukup dengan mengekstrak file .16. IP dan SNMP perangkat yang akan dimonitor. Pastikan juga trafik untuk SNMP (UDP port 161) tidak terhalang oleh suatu firewall atau access-list.zip yang telah kita download sebelumnya. Pastikan SNMP pada perangkat yang akan dimonitor sudah dikonfigurasi dengan benar. Instalasi Software MRTG. Langkah ketiga. Ekstrak ke dalam folder ´C:\MRTG-2.

2\bin\µ dan ketikkan perintah: perl cfgmaker <community name>@<IP address> ±global ³WorkDir:<nama folder>´ ±output <nama file>.cfg akan muncul pada direktori ´C:\MRTG-2.125 ± global ³WorkDir: c:\file-mrtg\devices´ ± output coba.cfg untuk router dengan IP 123.2\bin\ . ´WorkDirµ merupakan folder yang akan menampung file-file grafik dan HTML yang dihasilkan oleh MRTG. SNMP community ´publicµ dengan work dir ´c:\file-mrtg\devicesµ berarti kita harus ketik: perl cfgmaker public@123.cfg Parameter yang dimasukkan di atas disesuaikan dengan perangkat yang akan dimonitor.cfg) MRTG Dari command prompt masuklah ke dalam direktori ´C:\MRTG-2.123.cfg Setelah itu maka file coba.123. Langkah keempat.123. konfigurasi file config (.16.125. Contoh bila kita ingin membuat file coba.16.123.

Langkah kelima. Untuk menghasilkan file grafik dan HTML dan meng-update file-file tersebut secara otomatis setiap 5 menit sekali. Perintah yang harus ditambahkan adalah: RunAsDaemon:yes Pastikan kalimat: WorkDir: C:\file-mrtg\devices ada pada file coba.cfg. MRTG harus dijalankan sebagai service atau daemon dengan cara menambahkan satu baris perintah dalam file coba.cfg dengan program text editor.cfg. Buka file coba. . membuat MRTG berjalan terus-menerus.

menjalankan file . Dalam beberapa menit trafik sudah mulai dapat dilhat pada file html untuk interface yang aktif.16.2\bin\µ ketikkan perintah: perl mrtg coba.cfg Perintah tersebut akan menghasilkan file html dan gambar pada ´workDirµ (C:\filemrtg\devices). Pada awal-awal perintah di atas dijalankan akan muncul log-log error. hal tersebut adalah wajar).cfg Pada direktori ´C:\mrtg-2. . Langkah keenam.

Hal tersebut dapat diperiksa pada windows services. jalankan firedaemon. Dari console utama pilih: ´file > new serviceµ. . instalasi firedaemon Perintah ´perl mrtg coba. Agar MRTG dapat terus berjalan secara otomatis digunakan software firedaemon yang berfungsi membuat MRTG berjalan menjadi sebuah windows services. Setelah firedaemon diinstal. Setelah itu. kemudian isi kolom-kolom yang ada seperti pada gambar dibawah. MRTG akan menjadi berjalan sebagai proses dari Windows.cfgµ harus terus berjalan secara otomatis. Langkah ketujuh.

.

Jika ingin membuat grafik bergerak dari kiri ke kanan atau ingin membuat dalam satuan bit. .´optionµ seperti apakah yang harus ditambahkan kedalam konfigurasi file coba. 2. 4.SOAL LATIHAN 1. 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan back up jaringan! Bagaimana cara mem-backup server? Sebut dan jelaskan jenis-jenis pesan yang terdapat pada SNMP! Grafik pada gambar yang dihasilkan oleh MRTG bergerak dari kanan ke kiri dan satuannya dalam Byte (bukan bit).cfg? Sebut dan jelaskan macam-macam scanning (minimal 5)! 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->