TUGAS MAKALAH BURSA KOMODITI KELOMPOK III

OLEH :
KETUA :
JULIAN ANUGRAH

ANGGOTA :
      HADI PRABOWO M.IDHAM . E TRI WAHYUNI CITRA DEWI LISNAWATI RISKA . A

SMA YPI TUNAS BANGSA TAHUN AJARAN 2010 – 2011

emas. ataupun kontrak derivatif pengangkutan. ada pula pedagang perantara yang dikenal dengan komisioner dan makelar. Pasar barang berjangka atau Bursa Berjangka adalah badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk kegiatan jual beli Komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka dan Opsi atas Kontrak Berjangka. logam (emas. Perdagangan berjangka adalah suatu perjanjian untuk membeli atau menjual suatu komoditi atau aset yang dijadikan sebagai subyek kontrak dengan spesifikasi yang jelas berkaitan dengan : jumlah. Komoditi yang umumnya ditransaksikan adalah kopi. mutu tertentu untuk penyerahan atau penyelesaian pada waktu tertentu di kemudian hari dengan harga yang telah disepakati di suatu bursa berjangka. Pihak penjual dan pihak pembeli barang-barang komoditas bertemu di bursa tersebut. Komisioner mengambil posisi sendiri. kapas. gandum. jenis. perak. instrumen lingkungan hidup. katun. Perdagangan di dalam bursa komoditi dapat dilakukan dengan cara-cara berikut : a. tembaga. sedangkan makelar tidak dapat memegang posisi. Indonesia juga memiliki bursa komoditi berjangka yang dikenal dengan Bursa Berjangka Jakarta (BBJ)yang baru mendapat ijin resmi sejak 21 November 2000 dan memulai kegiatan transaksi secara resmi pada tanggal 15 Desember 2000. gula. kontrak berjangka dan opsi berjangka ataupun suku bunga. kakao. Perdagangan Fisik (Lelang) yang bersifat efektif • Transaksi perdagangan yang segera diikuti dengan penyerahan barang secara tunai dari penjual kepada pembelinya b. minyak sawit mentah). nikel) dan juga kontrak berjangka yang menggunakan komoditi sebagai aset acuannya. kontrak serah. Kontrak berjangka ini mencakup harga spot. Selain pembeli dan penjual. dan CPO (crude palm oil.BURSA KOMODITI Bursa komoditi merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran komoditas dan derivatifnya. Perdagangan berjangka yang bersifat spekulatif . susu. jagung. swap. selain Bursa Efek. kedelai. lada.

Dalam hal ini maka pasar berjangka bermanfaat bagi petani produsen dan pihak-pihak yang memerlukan harga sebagai referensi untuk kepentingan usahanya. Sehingga ketika tiba waktu panen. di antaranya adalah : 1.per ton. Dalam hal ini.. Penyerahan barang biasa dilakukan beberapa bulan kemudian. Sebagai tempat pembentukan harga yang transparan (price discovery) sehingga dapat dijadikan sebagai harga referensi yang terpercaya.000. eksportir atau pedagang sebagai alat untuk melindungi dirinya dari risiko fluktuasi harga. sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam kontrak. 2. seorang produsen komoditi cengkeh menjual hasil komoditi yang belum dipanennya dengan membuat kontrak berjangka di pasar komoditi dengan harga Rp 50. Pasar berjangka menjanjikan kestabilan pendapatan bagi produsen karena harga komoditinya dapat diprediksi dan dikunci dengan baik. harga cengkeh tidak akan mengalami perubahan yang diakibatkan oleh jumlah stok yang melimpah. karena penentuan harga dilakukan berdasarkan mekanisme pasar.000. 3. Sebagai sarana pengalihan risiko (transfer of risk) melalui kegiatan lindung nilai (hedging).• Perdagangan atau transaksi yang telah dilakukan namun tidak segera diikuti dengan penyerahan barangnya. yaitu berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran di pasar. Keuntungan Dari Pasar Barang Berjangka Mengidentifikasi Keuntungan dari Pasar Berjangka Pada dasarnya perdagangan berjangka dapat memberikan beberapa manfaat bagi perekonomian. dalam hal ini maka pasar berjangka bermanfaat bagi produsen. Sebagai contoh. Sebagai alternatif investasi (investment enhancement). kehadiran pasar berjangka dapat dimanfaatkan oleh mereka yang berani mengambil risiko yang mengharapkan keuntungan dari perubahan harga .

Chicago Board of Trade (CBOT). pengguna bahan baku (seperti pabrik. Hal inilah yang mendorong terbentuknya suatu pasar yang memungkinkan para pedagang komoditas biji-bijian (grain).demikian pula sebaliknya. Misalnya. perusahaan yang bergerak di bidang agro bisnis ( misalnya untuk keperluan ekspor) untuk melakukan suatu transaksi “masa mendatang” atau “pembayaran di depan” atau yang dikenal dengan istilah kontrak serah (forward contract) untuk melindungi mereka terhadap risiko perubahan harga yang merugikan dan memungkinkan dilakukannya lindung nilai (hedge). adalah merupakan suatu pusat transportasi. Kontrak serah inilah yang kelak berkembang menjadi kontrak berjangka (futures contract) Pada saat itu kontrak serah masih berbentuk sangat sederhana. Pasar kontrak serah sangat tidak likuid dan dibutuhkan suatu bursa (dimana dimungkinkan terjadinya transaksi antar lawan transaksi yang tidak perlu tahu lawannya) untuk mempermudah transaksi antara pembeli atau penjual dari suatu komoditi. dll). Perdagangan masih dalam bentuk kontrak serah dan pada tanggal 13 Maret 1851 dibuatlah kontrak serah yang pertama untuk komoditi jagung. apabila seorang pembeli kontrak serah jagung yang telah berjanji untuk membeli jagung pada suatu waktu yang disepakati dimasa mendatang namun pada saat waktu penyerahan tiba ternyata harga jagung lebih rendah dari harga kontrak serah maka si pembeli mengingkari kontrak tersebut. Namun banyak kontrak serah yang tidak dipatuhi baik oleh pihak pembeli maupun pihak penjual. Pada tahun 1848 . dibentuklah sebuah bursa berjangka yang pertama di dunia. .SEJARAH BERDIRI BURSA BERJANGKA ( Bursa komoditi ) Walaupun praktik perdagangan berjangka telah berlangsung sejak zaman dahulu kala pada masa Yunani kuno ataupun Fenisia namun sejarah perdagangan berjangka modern dimulai pada awal abad ke 18 di Chicago Amerika. distribusi dan perdagangan hasil pertanian oleh karena letak Chicago yang berdekatan dengan pusat pertanian dan peternakan dari wilayah barat Amerika Midwest Melimpahnya panenan dan kekurangan sediaan senantiasa mengakibatkan fluktuasi harga di pasaran. Chicago yang terletak dekat danau Great Lakes. Pada tahun 1865 diperkenalkan standarisasi kontrak serah.

Ada beberapa 5ias5a5 yang membentuk Indonesia. New York Stock Exchange bersama-sama dengan London Exchanges “Euronext” melaksanakan perdagangan berjangka secara elektronik untuk membentuk suatu bursa perdagangan berjangka dan opsi lintas benua yang pertama.754. sebuah pasar regional dibentuk yaitu di kota Minneapolis.[1] Kelak di tahun 1970 an dikembangkan kontrak berjangka keuangan dimana dapat diperdagangkan nilai masa depan dari suku bunga.Chicago Produce Exchange didirikan pada tahun 1874. dollar Kanada. yaitu : . yen Jepang. mark Jerman.215 transaksi pertahunnya. dengan jumlah transaksi perdagangan harian pada bulan Mei 2007 mencapai 1. di 5ias5a bagian Minnesota dan pada tahun 1883 diperkenalkanlah perdagangan berjangka untuk pertama kalinya dan sejak saat 5ias5a55i menerus diperdagangkan hingga hari ini dan Minneapolis Grain Exchange (MGEX) adalah merupakan satu-satunya pasar opsi dan perdagangan berjangka bagi gandum jenis hard red spring.864. yang kemudian pada tahun 1898 diubah namanya menjadi Chicago Mercantile Exchange (CME). dengan tujuan untuk menawarkan kontrak serah dalam bentuk valuta asing yaitu : pound sterling. and frank Swiss. Pada tahun 1972 dibentuklah sebuah divisi dari CME yang diberi nama “Pasar Moneter Internasional” (International Monetary Market –IMM).442 atau 143. Pada tahun 1981 diperkenalkan kontrak Eurodollar ( khususnya kontrak Eurodollar berjangka 90 hari) yang memiliki pengaruh besar terhadap pengembangan pasar swap suku bunga. New York Mercantile Exchange (NYMEX) adalah merupakan bursa perdagangan komoditi berjangka dan forum perdagangan fisik utama untuk produk 5ias5a dan logam. Bursa Komoditi Indonesia Pemerintah membentuk Bursa Komoditi Indonesia yang secara teknis bursa ini berada di bawah pengawasan Komoditi Bursa Departemen Indonesia Komoditi Perdagangan. Pada tahun 1881 di wilayah Midwestern Amerika. sedangkan untuk masalah keuangan berada di bawah naungan mendasari Departemen pemerintah Keuangan. peso Meksiko. Indonesia Bursa melakukan perdagangan berjangka. 5.[2] Pada tahun 2006.

Manfaat Bursa Komoditi Indonesia yang dibentuk pemerintah sejak tahun 1986 : Sarana Pengelolan Risiko Salah satu 6ias6 barang komoditi yang diperdagangkan di bursa adalah harga komoditi yang bersangkutan sering mengalami gejolak. jenis. AFTA. mutu.Perubahan lingkungan strategis seperti globalisasi. Sarana Pembentukan Harga Selama belum terbentuk Bursa Komoditi Indonesia. harga jual barang komoditi kopi mengacu pada bursa yang ada di luar negeri. dengan sehingga untuk menjaga kelangsungan kontrak usaha maka kontrak diperlukan 6ias6a66iv pengelolaan risiko harga yang efisien yaitu menggunakan 6ias6a66iv forward. berjangka. Tetapi setelah terbentuk Bursa Komoditi Indonesia diharapakan . Berkurangnya peran perjanjian komoditi Internasional. Kopi merupakan salah satu komoditi pertanian yang memiliki sifat tersebut. Berubahnya kebijakan deregulasi dan debirokratisasi oleh pemerintah. Dalam rangka merangsang produktivitas komoditi dan meningkatkan kegiatan ekspor non migas agar 6ias bersaing di pasar global. swap dan bond pada skema pasar. Instrumen yang sering digunakan adalah kontrak berjangka. Fluktuasi harga barang komoditi karena perubahan kondisi perekonomian membuat para pelaku bursa ini melakukan mekanisme hedging dengan tujuan melindungi aktiva dan/atau kewajiban agar posisi mereka tetap berada di kondisi Break Event Point (BEP). 2. APEC. Kesepakatan dalam jangka WTO. Kontrak berjangka adalah suatu perjanjian yang mengikat secara 6ias6 dua belah pihak untuk membeli dan menjual komoditi dalam jumlah. dan tempat tertentu yang telah ditetapkan. opsi. Pemerintah menganggap perlu adanya berbagai fasilitas penunjang yang dapat menjembatani kepentingan produksi dan kepentingan ekspor. Sedangkan waktu penyerahan di kemudian hari.

kualitas. Informasi Pasar Informasi pasar yang dibutuhkan para pelaku pasar berjangka komoditi antara lain informasi tentang harga. dan lain-lain. para pemakai/pengguna Bursa 7ias mudah melakukan transaksinya. konsumsi. Setiap komoditi yang kontraknya diperdagangkan di Bursa. produksi. Penetapan harga kopi di bursa juga harus memperhatikan infomasi pasar perdagangan fisik. Pasar berjangka menjanjikan kestabilan pendapatan bagi produsen. Selain hal tersebut. sehingga akan terwujud pasar yang aktif dan likuid. akan membuat mereka mampu mengantisipasi pembentukan harga kopi di pasar. harga komoditi primer sering berfluktuasi karena ketergantungannya pada 7ias7a-faktor yang sulit dikuasai seperti kelainan musim. karena harga komoditinya dapat diprediksi dan di”kunci” dengan baik. Lindung Nilai Pada dasarnya. sehingga dapat membuat bursa semakin transparan dan bersaing. volume perdagangan dan juga perkiraan (ekspektasi) pasar dari kopi yang diperdagangkan di bursa komoditi tersebut. Komoditi pertanian termasuk kopi menjadi salah satu subjek Kontrak Berjangka yang diperdagangkan di Bursa. mereka dapat mengurangi sekecil mungkin dampak (resiko) yang diakibatkan gejolak harga tersebut. spesifikasinya ditetapkan secara jelas. Para produsen dan konsumen menggunakan Kontrak Berjangka sebagai alat untuk melindungi dirinya dari resiko fluktuasi harga. . Dengan kegiatan lindung-nilai menggunakan Kontrak Berjangka. menyangkut jumlah.Indonesia 7ias menjadi price maker dalam perdagangan global komoditi kopi. Efisiensi Pasar Ukuran efisiensi pasar pada bursa komoditi adalah Kecilnya perbedaan antara harga bid dan offer dari komoditi kopi yang diperdagangkan di bursa. dan waktu penyerahan. cepat dan mudahnya pelaksanaan transaksi di bursa juga menjadi ukuran efisiensi pasar. Dengan demikian. Semakin banyak informasi diketahui orang. bencana alam.

dilakukan Hal dimungkinkan. mewakili nasabah atau dirinya sendiri. Manfaat bursa komoditi kopi juga dapat diperoleh pihak lain seperti eksportir yang harus melakukan pembelian komoditi kopi di masa yang akan 8ias8a. Margin yang telah ditetapkan berlaku untuk periode waktu tertentu. pada saat memenuhi kontraknya dengan pembeli diluar negeri. untuk melakukan transaksi di pasar fisik.Dengan memanfaatkan Kontrak Berjangka. tidak mereka dapat oleh memperoleh terpengaruh kenaikan/ penurunan harga jual kopi di pasar fisik (tunai). Harga yang terjadi di Bursa umumnya dijadikan sebagai harga acuan (reference price) oleh dunia usaha. yang mencerminkan dari karena kondisi pasokan yang hanya dan permintaan yang ini sebenarnya komoditi kopi diperdagangkan. Pembentukan harga Sebagai sarana pembentukan harga yang transparan dan wajar. pada harga yang telah dipastikan atau “dikunci” sekarang (sebelum jaminan panen). dan dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Selain itu ada biaya komisi yang dikenakan oleh Pialang Berjangka. Atau pengolah yang harus melakukan pembelian kopi secara berkesinambungan. persetujuan (BAPPEBTI) yang besaran minimumnya ditetapkan Bursa atas Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Perbedaan bursa berjangka dan bursa saham Kontrak perdagangan berjangka tidak diterbitkan sebagaimana dalam penerbitan saham tetapi “terbentuk” sewaktu ada pihak pembeli (disebut dengan istilah long) dan ada . transaksi oleh/melalui Anggota Bursa. Artinya. termasuk petani dan produsen/pengusaha kecil. seorang produsen kopi dapat menjual kopi yang baru akan mereka panen beberapa bulan kemudian. harga Dengan sehingga demikian. antara pembeli dan penjual Kontrak Berjangka tidak saling kenal/mengetahui secara langsung.

sedangkan pembeli hanya akan merealisasikan rugi atau labanya pada waktu menjual. pasti pihak penjual akan menjadi short. baik waktu membeli maupun menjual. Investor di pasar modal hanya akan mungkin merealisasi rugi atau laba pada waktu menjual saham yang dimilikinya. pasti ada pihak yang short. investor mungkin merealisasi rugi atau laba. Penjual. bila transaksi pembelian ataupun penjualan itu ditutup posisinya. karena di pasar modal penjual harus memiliki atau meminjam efek. Sedangkan pada pasar modal. sebelum boleh menjualnya. penjual tidak boleh short. dimana ada pihak yang memiliki posisi long. jumlah efek yang terdaftaradalah terbatas. dan seorang produsen makanan ringan serealia membeli kontrak tersebut saat ini dan mendapatkan jaminan bahwa harga tidak akan naik pada waktu barang . dimana ada pihak yang memiliki posisi long. Kemungkinan laba hanya ada pada penjual. sehingga terjadi serah terima saham secara fisik dengan kewajiban membayar senilai 100% dari transaksi. tidak dapat menciptakan saham itu. Di pasar berjangka. pasti ada pihak yang short. Kalau bukan untuk menutup posisi long sebelumnya. pihak pembeli dan penjual kontrak menciptakan kontrak baru setiap kali mereka mencapai kesepakatan. Dipasar modal yang terjadi adalah perdagangan fisik di mana jual beli saham dilakukan secara fisik. Short dan long selalu berpasangan. pasti pihak penjual akan menjadi short. Kalau bukan untuk menutup posisi long sebelumnya. kecuali emiten. Sebagai penjual atau pembeli dalam pasar berjangka wajib menyerahkan sejumlah dana hanya sekitar 5 – 10% dari nilai komoditi yang ditransaksikan sebagai itikad baik (good faith) yang disebut margin . sedangkan dalam perdagangan berjangka yang diperdagangkan adalah kontrak/janji atau kesepakatan untuk menyerahkan atau menerima suatu barang tertentu di kemudian hari. Di Bursa saham. Seorang petani yang menanam jagung dapat menjual kontrak berjangka jagung yang baru akan dipanennya beberapa bulan kemudian dan mendapatkan jaminan harga yang akan diterimanya kelak pada saat barang akan diserahkan setelah panen dilakukan. Baik pembeli maupun penjual mungkin tidak merealisasikan rugi atau laba kalau pembelian atau penjualan 9ias9a99i membuka posisinya. Short dan long selalu berpasangan.pihak penjual (yang disebut short) Pihak pembeli dan penjual kontrak menciptakan kontrak baru setiap kali mereka mencapai kesepakatan. Bursa komoditi biasanya memperdagangkan kontrak berjangka atas komoditi. Sedangkan pada bursa berjangka.

dikirimkan kelak. Plastics . Precious Metals Emissions Agricultural. Industrial Metals. Biofuels. Bursa komoditi di seluruh dunia Bursa komoditi yang tersebar diseluruh dunia antara lain : Exchange Australian Securities Exchange Brazilian Mercantile and Futures Exchange Bursa Malaysia Central Japan Commodity Exchange Chicago Board of Trade Chicago Climate Exchange Chicago Mercantile Exchange Dalian Commodity Exchange CBOT CCX CME DCE Abbreviation Location ASX BMF MDEX Sydney Brasil Malaysia Nagoya Chicago Chicago Chicago China Product Types Agricultural Agricultural. Biofuels Agricultural. Rubber Agricultural. Precious Metals Biofuels Energy. Biofuels. Hal ini akan melindungi petani dari kejatuhan harga dan melindungi pula pembeli dari kenaikan harga. Spekulator juga melakukan pembelian dan penjualan kontrak berjangka untuk mendapatkan keuntungan dan menyediakan likuiditas terhadap 10ias10a perdagangan berjangka.

Industrial Metals. industrial Metals Energy. Agricultural Energy Agricultural Agricultural Agricultural NCDEX Derivatives Exchange New York Board of Trade NYBOT New York Mercantile Exchange NYMEX Risk Management Exchange RMX Shanghai Futures Exchange SFE Singapore Commodity Exchange SICOM Tokyo Commodity Exchange TOCOM U. Biofuels Energy. Agricultural All Agricultural. Futures Exchange Tokyo Grain Exchange Winnipeg Commodity Exchange Zhengzhou Commodity Exchange USFE TGE WCE CZCE • . Plastics Memphis Agricultural Minneapolis Agricultural India Karachi Mumbai New York New York Hannover Shanghai Singapore Tokyo Chicago Tokyo Winnipeg China Precious Metals. Industrial Metals. Industrial Metals. Rubber Energy. Precious Metals.S. Agricultural. Rubber Agricultural. Precious Metals Agricultural Energy. Emissions Agricultural Kansas City Agricultural London Industrial Metals.Dubai Mercantile Exchange DME Dubai Gold & Commodities DGCX Exchange Euronext European Climate Exchange ECX HedgeStreet Exchange Intercontinental Exchange ICE Kansai Commodities KANEX Exchange Kansas City Board of Trade KCBT London Metal Exchange LME Memphis Cotton Exchange Minneapolis Grain Exchange Multi Commodity Exchange MCX National Commodity Exchange Limited National Commodity and Dubai Dubai Eropa Eropa California Osaka Energy Precious Metals Agricultural Emissions Energy.

000*0.005 Nilai $12.10/ons CBOT 5.000*1/128 $100.00 $12.00 $1.000001 MP 500.0001 €125.25 $10.00 $5.835 $15.025 5.000*0.0001 ¥12.50 A$100.000025 NZ100.50 $25. Daftar nilai kode Produk berjangka E-Mini S&P 500 E-Mini Nasdaq CME Australian Dollar British Pound Canadian Dollar CME Euro FX CME Japanese Yen Mexican Peso New Zealand Dollar Swiss Franc 30 hari FED fund 5 Tahun Treasury Note 2 Tahun Treasury Note 30 Tahun Treasury Bond CBOT emas CBOT perak Perak New York E-Mini miNY crude miNY Natural Gas Ukuran kontrak $50*Indeks 0.50 $20.500. Minimum fluktuasi ini dikenal sebagai “kode” atau “tick” atau commodity tick.000*0.000*0. Ukuran ini amat penting oleh karena mencerminkan kemungkinan harga yang tersedia.000 BTU * $0.0001 C$100.0001 £62.50 $10.00 .0001 $5.000ons*$0.625 $31.50 $12. Setiap kontrak berjangka memiliki ukuran yang berbeda-beda.000*0.000*0.50 $10.00 $12. penilaian dan lain-lain. sehingga setiap “ukuran kode” yang digunakan dalam kontrak berjangka amat tergantung pada 12ias12a1212 tersebut.00 $12.000*0.00 $6.000.00 $10.000*1/64 $200.001/ons 0.• Nilai kode komoditi Bursa berjangka menentukan suatu nilai minimum dimana harga komoditi dapat bergerak naik maupun turun.000*1/32 CBOT 100 ons * $ 0.25 $10.500*0.625 $15.000*0.25 $20*Indeks 0.001/ons 500 Barrels * $0. jumlah.000 ons * $0.0001 125.005 $100.50 $12.

transaksi derivative sebenarnya dimulai dari bursa komoditi. karena dapat diterapkan di pasar uang. Namun. karena dapat diterapkan di pasar uang. Namun.CONTOH BARANG SERTA PENJELASANNYA Kelapa sawit Bursa komoditi berjangka HCMC yang baru berumur 8 bulan berjalan tersendat dan terancam gagal karena kurangnya minat pedagang dan peraturan yang mendukung … 31 Jan 2011 2) Bursa berjangka komoditi yang ada di Indoensia saat ini adalah bursa berjangka komoditi utuk sector kopi dan sawit padahal bursa ini Menurut sejarahnya. maka yang dijadikan patokan harga untuk berdagang. produk derivative di pasar Negara Republik Indonesia melakukan penambahan penyertaan modal ke dalam modal saham Perusahaan Perseroan (PERSERO) PT Kliring dan Jaminan Bursa Komoditi Karena Indonesia masih belum mempunyai Bursa Komoditi. apalagi Bursa Perdagangan Berjangka Komoditi. produk derivative di pasar Negara Republik Indonesia melakukan penambahan penyertaan modal ke dalam modal saham Perusahaan Perseroan (PERSERO) PT Kliring dan . transaksi derivative sebenarnya dimulai dari bursa komoditi. BPBK membentuk Badan Pelaksana Bursa Komoditi ( Bapebti ) yang tugasnya : Pedagang Komoditi adalah anggota bursa yang mempunyai hak melakukan transaksBursa komoditi berjangka HCMC yang baru berumur 8 bulan berjalan tersendat dan terancam gagal karena kurangnya minat pedagang dan peraturan yang mendukung … 31 Jan 2011 2) Bursa berjangka komoditi yang ada di Indoensia saat ini adalah bursa berjangka komoditi utuk sector kopi dan sawit padahal bursa ini Menurut sejarahnya.

” Selain memberikan kemudahan 14ias14a1414ive14ve dan menghemat biaya perdagangan.00 dan ditutup lebih lama. apalagi Bursa Perdagangan Berjangka Komoditi. dan Amerika.” demikian keterangan BKDI sebagaimana yang disampaikan dalam siaran pers.” KEDELAI . Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) telah memperpanjang jam perdagangan kontrak berjangka emas (GOLDGR). Eropa.Jaminan Bursa Komoditi Karena Indonesia masih belum mempunyai Bursa Komoditi. yakni pukul 04. kapan saja dan dimana saja. Mulai akhir 14ias14 lalu. Kamis (24/2). BKDI menilai perpanjangan waktu perdagangan akan membuat investor maupun trader lebih mudah dan leluasa karena pergerakan harga emas 14ias langsung direspon di pasar 14ias14 melalui transaksi di BKDI. “Perubahan ini sudah seiring dengan jam perdagangan emas internasional di pasar Asia. maka yang dijadikan patokan harga untuk berdagang.30 pada pagi hari berikutnya. Sesi perdagangan dibuka lebih awal ke pukul 07. BPBK membentuk Badan Pelaksana Bursa Komoditi ( Bapebti ) yang tugasnya : Pedagang Komoditi adalah anggota bursa yang mempunyai hak melakukan transaks Emas AKARTA.”BKDI yakin perpanjangan jam perdagangan akan memperkuat daya saing di wilayah regional. “Pihak-pihak yang berkepentingan dengan harga emas 14ias14 14ias langsung melihat transaksi secara real time. perubahan ini juga bakal menarik investor maupun trader yang biasanya berdagang di bursa luar negeri untuk mengalihkan perdagangan ke BKDI.

. Harga gula terlihat anjlok ke level yang paling bontot dalam dua minggu ini seiring dengan meningkatkan panenan gula di Brasil.412 per ton di Bursa komoditi Tokyo. KARET JAKARTA. persisnya sejak Juni 2009. Harga kedelai juga anjlok dari level tertingginya sepanjang 16 bulan terakhir ini. Harga karet terus melar. kemarin (21/2). Pemicunya adalah dolar AS yang mulai menunjukkan penguatan yang menggiring permintaan kedelai sebagai investasi 15ias15a1515ive. Seperti yang dikutip Bloomberg. Penguatan kontrak gandum ini terjadi untuk pertama kalinya dalam tiga hari belakangan. mengikis pamor maupun harga komoditi. Seiring dengan relinya si hijau. Harga kapas anjlok dari level tertingginya lantaran dolar AS mulai reli.Ada sejumlah berita komoditi yang harus dicermati dalam pergerakan di bursa komoditi sepanjang hari ini. Kontrak gandum menunjukkan penguatan di Chicago seiring cuaca kering yang diprediksi akan mengancam panenan AS. Harga minyak mentah dunia terlihat anjlok ke level yang cukup rendah dalam dua minggu terakhir seiring dengan penguatan dolar AS. Nasib yang serupa menimpa kopi dan kakao. Salah satu penyebabnya lantaran penurunan produksi karet dari 15ias15a-negara produsen karet. 15ias15a penghasil gula terbesar di dunia. harga karet sempat menembus angka US$ 6.

tahun ini produksi karet ditargetkan sebesar 3.” jelasnya. Lantaran gangguan cuaca.08 juta ton.8 juta ton.” kata SuhartoSe. Suharto. tahun 2010 ekspor karet Indonesia sebesar 1. “Sehingga terjadi penurunan produksi.09 juta ton. produksi karet Indonesia sebanyak 2. jika tidak ada halangan cuaca. bahwa setiap 16ias16a yang dilalui khatulistiwa pada bulan Februari hingga September akan mengalami masa gugur daun. Targetnya tahun ini ekspor karet 16ias naik hingga 10%.9 juta ton. Asal tahu saja.8 juta ton. Artinya.termasuk Indonesia. . Walaupun begitu.” katanya. Mengikuti tingginya permintaan. ia tetap optimis.000 ton. sepanjang tahun ini Suharto tetap optimis produksi karet akan naik hingga 10%. maka produksi karet dalam negeri dapat turun 30% dari bulan-bulan normal. “Dan itu artinya. Pada 2010. produksi karet mencapai 2. Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) bilang. Tahun lalu. maka sejak tahun 2010 dunia mengalami 16ias16a16 pasokan karet sebanyak 455. Setelah mengalami pemulihan dari krisis global di tahun 2009. “Artinya tahun ini ekspor karet kita 16ias sampai 2. Suharto menjelaskan ekspor karet tahun ini juga akan tetap mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. memberikan kenaikkan permintaan ekspor bagi 16ias16a-negara eksportir karet termasuk Indonesia.

Jakarta 13740 . ekonomi : Penerbit . wikipedia . ERLANGGA .DAFTAR PUSTAKA Sumber dari internet : Situs google . ciracas . gudang ilmu Buku panduan belajar .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful