BAB I PENDAHULUAN

Dasar Teori

Statistika Deskriptif Statistika Deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Rata-rata (mean) Rata-rata (mean) adalah hasil penjumlahan data-data sebuah kelompok (™Xn) dibagi jumlah anggota data kelompok tersebut. Dari semua jenis rata-rata, yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah rata-rata hitung, yang dihitung dengan rumus sebagai berikut.

untuk data tunggal, dan untuk data kelompok rumusnya adalah sebagai berikut.

dimana i=1,2, k (k adalah banyaknya interval kelas) fi adalah frekuensi kelas ke dan xi -I adalah nilai tengah kelas ke- i. Misalnya kita memiliki data nilai hasil ujian 25 orang siswa/i sebagai berikut:

79 36 68 67 91

63 42 73 67 45

72 67 78 48 83

82 51 77 41 71

74 88 96 57 50

Maka, rata-ratanya dapat dihitung dengan cara:

maka makin tinggi tingkat konsentrasi distribusi tengah seluas 50% dari seluruh distribusi. Contoh : .Jadi. Q1 merupakan kuartil pertama. rata-ratanya adalah (x ) = 66. pengukuran deviasi kuartil sebuah sampel dapat dirumuskan sebagai: Selanjutnya dapat dikatakan bahwa deviasi kuartil adalah sebesar +dQ atau ±dQ dari mediannya. maka yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat tabel distribusi seperti dibawah ini: Dengan menggunakan rumus di atas maka kita dapat menentukan rata-rata dengan cara: Kuartil Nilai-nilai Xi yang ordinatnya membagi seluruh distribusi dalam 4 (empat) bagian yang sama dinamakan nilai-nilai kuartil. Secara teoritis. Dalam distribusi kuartil. sedangkan Q3 dinamakan kuartil ketiga. 50% dari semua nilai-nilai observasi seharusnya terletak antara Q1 dan Q3.64 Jika data di atas kita buat dalam bentuk kelompok. Q2 merupakan kuartil kedua dan sama dengan median (Q2 = md). Makin kecil jarak tersebut. Jarak antara Q1 dan Q3 dinamakan jarak inter kuartil (inter-quartilrange).

desil. dengan rumus : Contoh : (data pada contoh median) . sama dengan cara menghitung median. persentil dan kuantil suatu data yang disajikan dalan distribusi frekuensi.Untuk data kelompok pada contoh soal Kuartil. diperoleh : Median Median adalah nilai observasi yang membagi data menjadi 2 bagian yang sama dan juga dikenal sebagai kuartil 2 (Q2) Menghitung nilai-nilai kuartil.

X2. Standar deviasi merupakan akar kuadrat positif dari variansi. maka variansi dapat dihitung sebagai : sedangkan untuk populasi. Secara umum.Xn. dinotasikan sebagai : Contoh : Jika dimiliki data : 210. dan diketahui Xbar adalah rata-rata sampel yang dimiliki. maka variansi dan standar deviasi berturut-turut : . 525. 450. 340. variansi dirumuskun sabagai : Jika kita memiliki n observasi yaitu X1. variansi dihitung sebagai : selanjutnya untuk standar deviasi. 275.«.Variansi merupakan salah satu ukuran sebaran yang paling sering digunakan dalam berbagai analisis statistika.

Sedangkan jika data disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. variansi sampel dapat dihitung sebagai : .

dan di paste pada Ms Word. Menghitung standar deviasi. (Dalam Minitab) Data yang sudah dimasukkan. 2. 6. dengan cara: klik Graph p pilih stem and leaf p klik 2x pada data 1 p pilih µok¶. 4. (Dalam Ms Excel). membuat µStem and Leaf¶ nya. Membuat µBoxplot¶. Membuat satu buah tabel berisi data angka dari 30-40 dengan panjang interval 15.3). dengan formula =MIN(B2:B16). 12. dengan cara: klik Graph p pilih boxplot p klik 2x pada data 1 p pilih µok¶. Membuat µHistogram¶. dibuat µBasic Statistic¶nya dengan cara: klik Stat p pilih basic statistic p pilih display descriptive statistics p klik 2x pada data 1 p pilih µok¶. Menghitung standar deviasi dengan formula =SQRT(D17) 11. Setelah itu. 5.BAB II LANGKAH KERJA Dalam praktikum Statistika Deskriptif. 10.1).2) dan =QUARTILE(B2:B16. langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut. dan kuartil 3 dengan formula =QUARTILE(B2:B16. Menampilkan data dari Minitab ke dalam Ms Word dengan cara menekan tombol µprint screen¶ pada keyboard. 7. 1. Mencari kuartil 1. dengan cara mencari ragam tiap data dengan formula =(B2-$B$17)^2/14 p menjumlahkan ragamnya =SUM(D2:D16) sehingga didapatkan variansi. dan nilai maksimum dengan formula =MAX(B2:B16). Mencari nilai minimum. dengan cara: klik Graph p pilih histogram p klik 2x pada data 1 p pilih µok¶. Memasukkan data ke dalam program Minitab dan Ms Excel. . =QUARTILE(B2:B16. data dihitung rata-ratanya dengan formula =AVERAGE(B2:B16) 9. 8. 3. mean.

Tampilan Data pada Minitab beserta Basic Statisticnya 2.BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Pengolahan Data 1. Tampilan Data pada Ms Excel .

Tampilan Stem and Leaf 4. Tampilan Histogram 5. Tampilan BoxPlot .3.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.