RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP

)

1 2 3 4 5 6 7 8

Nama Dosen Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Kelas/semester Pertemuan Alokasi waktu

: : D IV Fisioterapi : FIS10821 : Fisika Kedokteran :2 : : Ke 1 dan 2 : 200

I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mengetahui dan memahami hukum dasar dalam biomekanika, gaya pada tubuh dan di dalam tubuh, analisa gaya dan kegunaannya di klinik

II. Kompetensi Dasar :
1. 2. 3. Memahami hukum dasar dalam biomekanika Memahami gaya pada tubuh dan di dalam tubuh menganalisa gaya dan menerapkan kegunaannya dalam klinik

III. Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. 2. 3. Menjelaskan tentang Hukum Newton I, II, dan III Menjelaskan Gaya pada tubuh dan di dalam tubuh menganalisa gaya dan kegunaannya dalam klinik

IV. Materi Ajar
1. 2. 3. Hukum Dasar dalam Biomekanika (Hukum Newton I, II, dan III) Gaya pada tubuh dalam keadaan statis Analisa Gaya

4. Kegunaan gaya dalam klinik

V. Metode/Strategi Pembelajaran :

-

Ceramah Diskusi Tutorial

V. Tahap Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :  Dosen membuka pelajaran dan melakukan ceking tentang materi yang telah diterima pada mata kuliah anatomi dan fisioogi yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan Kegiatan Inti :  Dosen memberikan penjelasan materi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi  Mahasiswa mendengarkan dan mencatat materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen  Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas  Mahasiswa aktif dalam diskusi C. Kegiatan Akhir Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi perkuliahan  Dosen memberika tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas

VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar
A. Alat/Media B. Sumber Buku Ajar : : OHP, LCD, Mapping Anatomi, Laptop

Gabriel, J.F. 1996. Fisika Kedokteran. Penerbit Buku KEdokteran, EGC Cameron, J, et al., 2006. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit Buku Kedokteran , EGC.

VII. Penilaian
Tehnik dan instrumen penilaian : Hasil diskusi (dinilai dosen) Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)

Jelaskan tentang bunyi hukum Newton I.Contoh soal : a. Kriteria Penilaian 2 pt+3ps +5Tt = Nf 10 Keterangan : Pt : portofolio Ps : Proses Tt : Test tulis Nf : Nilai formatif . Jelaskan penerapan hukum Newton I dalam bidang fisioterapi ! B. II dan III ! b.

RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP) 1. 5. Fisika Olah raga Pusat Gravitasi tubuh . Menjelaskan tentang pusat gravitasi tubuh dan menganalisanya Menjelaskan tentang keseimbangan tubuh Menelaskan tentang momentum dan kegunaannya di bidang olah raga IV. 6. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang fisika olah raga II. 3. 4. 7. 3. Nama Dosen Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Kelas/semester Pertemuan Alokasi waktu : : : : : : : D IV Fisioterapi FIS10821 Fisika Kedokteran 2 Ke 3 : 100 I. 3. 2. 2. Kompetensi Dasar : 1. 2. 8. Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Mengerti dan Memahami Pusat gravitasi tubuh Menganalisa pusat gravitasi tubuh Mengerti dan Memahami keseimbangan tubuh Mengerti dan memahami momentum dan kegunaannya dalam bidang olah raga III. 2. Materi Ajar 1. 4.

Tahap Pembelajaran A. Fisika Tubuh Manusia. Sumber Buku Ajar : : OHP. EGC. et al. Laptop Gabriel.3. Metode/Strategi Pembelajaran : - Ceramah Diskusi Tutorial V.F. 1996. 4.. Kegiatan Awal :  Dosen membuka pelajaran dan melakukan kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya Kegiatan Inti :  Dosen memberikan penjelasan materi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi  Mahasiswa mendengarkan dan mencatat materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen  Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas  Mahasiswa aktif dalam diskusi E. Penerbit Buku Kedokteran . Kegiatan Akhir Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi perkuliahan Dosen memberika tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas VI. Penerbit Buku KEdokteran. Mapping Anatomi. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar A. Alat/Media B. J. LCD. 2006. Keseimbangan Momentum V. J. VII. EGC Cameron. Penilaian Tehnik dan instrumen penilaian : Hasil diskusi (dinilai dosen) Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai) Contoh soal : . Fisika Kedokteran.

a. Kriteria Penilaian 2 pt+3ps +5Tt = Nf 10 Keterangan : Pt : portofolio Ps : Proses Tt : Test tulis Nf : Nilai formatif . D.

Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang hidrodinamika II. 3. 8. 3. Hidroninamika Aliran zat cair melalui pembluh Laju endap dan gaya buoyansi Aliran laminer dan turbulensi . 2. 2. Nama Dosen Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Kelas/semester Pertemuan Alokasi waktu : : : : : : : D IV Fisioterapi FIS10821 Fisika Kedokteran 2 Ke 4 : 100 I. 2. 4. 6. 7. 4. 3.RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP) 1. Menjelaskan Menjelaskan Menjelaskan Menjelaskan tentang pengertian hidrodinamika tentang aliran zat cair melalui pembuluh Laju endap dan gaya buoyansi tentang aliran laminer dan turbulensi IV. 5. Kompetensi Dasar : 1. 4. Memahami dan memiliki wawasan tentang hidrodinamika III. Materi Ajar 1.

et al. Alat/Media B.V. Fisika Tubuh Manusia. EGC Cameron. Jelaskan mekanisme peningkatan energi pernapasan pada penyakit paru obstrutif ! b. EGC. Penerbit Buku Kedokteran . 2006. VII.. Kegiatan Akhir Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi perkuliahan Dosen memberika tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas VI.F. Penilaian Tehnik dan instrumen penilaian : Hasil diskusi (dinilai dosen) Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai) Contoh soal : a. Penerbit Buku KEdokteran. Tahap Pembelajaran A. LCD. Metode/Strategi Pembelajaran : - Ceramah Diskusi Tutorial V. Sumber Buku Ajar : : OHP. Fisika Kedokteran. J. J. 1996. Jelaskan mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif! . Laptop Gabriel. Kegiatan Awal :  Dosen membuka pelajaran dan melakukan kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya Kegiatan Inti :  Dosen memberikan penjelasan materi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi  Mahasiswa mendengarkan dan mencatat materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen  Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas  Mahasiswa aktif dalam diskusi G. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar A. Mapping Anatomi.

Jelaskan mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru obstruktif ! Kriteria Penilaian 2 pt+3ps +5Tt = Nf 10 Keterangan : Pt : portofolio Ps : Proses Tt : Test tulis Nf : Nilai formatif . c.F.

Menjelaskan tentang manfaat energi dingin dalam bidang kedokteran . Nama Dosen Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Kelas/semester Pertemuan Alokasi waktu : : : : : : : D IV Fisioterapi FIS10821 Fisika Kedokteran 2 Ke 5 dan 6 : 200 I. Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : Menjelaskan tentang Hukum termodinamika I. II dan III 2. Kompetensi Dasar : 1. 6. Memahami dan memiliki wawasan tentang Hukum termodinamika dan metabolisme Memahami dan memiliki wawasan tentang pengaturan suhu tubuh Memahami dan memiliki wawasan tentang energi panas dalam bidang kedokteran Memahami dan memiliki wawasan tentang energi dingin dalam bidang kedokteran III. 3. 2. 4. 3. 8. Menjelaskan tentang pengaturan suhu tubuh 3. Menjelaskan tentang manfaat energi panas dalam bidang kedokteran 4. 7. 2. 4.RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP) 1. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang energi panas dan dingin II. 5.

Laptop Gabriel.F. EGC. Kegiatan Awal :  Dosen membuka pelajaran dan melakukan kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya Kegiatan Inti :  Dosen memberikan penjelasan materi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi  Mahasiswa mendengarkan dan mencatat materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen  Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas  Mahasiswa aktif dalam diskusi I.IV. Tahap Pembelajaran A. J. 2. 1996. 2006. et al. 3. Alat/Media B. Sumber Buku Ajar : : OHP. Kegiatan Akhir Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi perkuliahan Dosen memberika tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas VI. Fisika Tubuh Manusia. Fisika Kedokteran. EGC Cameron. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar A. Metode/Strategi Pembelajaran : - Ceramah Diskusi Tutorial V. Materi Ajar 1. Penerbit Buku KEdokteran.. 4. J. LCD. Penerbit Buku Kedokteran . . Mapping Anatomi. 5. Hukum-hukum termodinamika dan metabolisme Pengaturan suhu tubuh Enerdi panas dalam bidang kedokteran Energi dingin dalam bidang kedokteran Termografi V.

Jelaskan mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif! c.VII. Kriteria Penilaian 2 pt+3ps +5Tt = Nf 10 Keterangan : Pt : portofolio Ps : Proses Tt : Test tulis Nf : Nilai formatif . Jelaskan mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru obstruktif ! H. Penilaian Tehnik dan instrumen penilaian : Hasil diskusi (dinilai dosen) Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai) Contoh soal : a. Jelaskan mekanisme peningkatan energi pernapasan pada penyakit paru obstrutif ! b.

2. Kompetensi Dasar : 1. 2. 6. 4.RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP) 1. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang bioakustik II. 2. Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan Menjelaskan Menjelaskan Menjelaskan tentang tentang tentang tentang bunyi. 5. frekens. intensitas. Materi Ajar 1. 3. dan sifat gelombang bunyi) Ultrasonik dalam bidang kedokteran . 3. ultrasonic dalam bidang kedokteran mekanisme pembentukan suara vibrasi dan manfaatnya IV. Bunyi ( sumber. Nama Dosen Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Kelas/semester Pertemuan Alokasi waktu : : : : : : : D IV Fisioterapi FIS10821 Fisika Kedokteran 2 Ke 7 dan 8 : 200 I. 4. Memahami dan memiliki wawasan tentang Bunyi Memahami dan memiliki wawasan tentang ultrasonic dalam bidang kedokteran Memahami dan memiliki wawasan tentang mekanisme pembentukan suara Memahami dan memiliki wawasan tentang vibrasi dan manfaatnya III. 3. 2. 4. 8. 7.

3. Metode/Strategi Pembelajaran : - Ceramah Diskusi Tutorial V. J. et al. J. EGC Cameron. 4. Alat/Media B. Penilaian Tehnik dan instrumen penilaian : Hasil diskusi (dinilai dosen) . Fisika Kedokteran.F. Mapping Anatomi. LCD. Penerbit Buku Kedokteran . Kegiatan Awal :  Dosen membuka pelajaran dan melakukan kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya Kegiatan Inti :  Dosen memberikan penjelasan materi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi  Mahasiswa mendengarkan dan mencatat materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen  Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas  Mahasiswa aktif dalam diskusi b. 2006. Fisika Tubuh Manusia. VII. 1996. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar A. Kegiatan Akhir Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi perkuliahan Dosen memberika tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas VI. Suara (mekanisme pembentukan suara) Alat pendengaran Vibrasi V. Penerbit Buku KEdokteran. EGC. Tahap Pembelajaran A. 5.. Laptop Gabriel. Sumber Buku Ajar : : OHP.

Jelaskan mekanisme peningkatan energi pernapasan pada penyakit paru obstrutif ! b.Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai) Contoh soal : a. Kriteria Penilaian 2 pt+3ps +5Tt = Nf 10 Keterangan : Pt : portofolio Ps : Proses Tt : Test tulis Nf : Nilai formatif . Jelaskan mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif! c. Jelaskan mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru obstruktif ! J.

4. Kompetensi Dasar : 1. Memahami dan memiliki wawasan tentang Hukum-hukum dalam biolistrik Memahami dan memiliki wawasan tentang kelistrikan dan kemagnetan yang timbul dalam tubuh III. 4. 8. 2. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang biolistrik II. Materi Ajar 1. 3. 5.RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP) 1. Hukum-hukum dalam biolistrik 2. Nama Dosen Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Kelas/semester Pertemuan Alokasi waktu : : : : : : : D IV Fisioterapi FIS10821 Fisika Kedokteran 2 Ke 9 dan 10 : 200 I. 6. 3. Macam-macam gelombang arus listrik 3. Kelistrikan dan kemagnetan yang timbul dalam tubuh . Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. 6. 2. Menjelaskan tentang hukum-hukum dalam biolistrik Menjelaskan tentang macam-macam gelombang arus listrik Menjelaskan tentang kelistrikan dan kemagnetan yang timbul dalam tubuh Menjelaskan tentang isyarat magnet jantung dan otak Menjelaskan penggunaan listrik/magnet pada permukaan tubuh Menjelaskan tentang shock listrik IV. 7. 5. 2.

Alat/Media B. EGC. Penilaian Tehnik dan instrumen penilaian : Hasil diskusi (dinilai dosen) .F. Shock listrik V. LCD. 1996. Laptop Gabriel. VII. J. Penerbit Buku Kedokteran . Penggunaan listrik/magnet pada permukaan tubuh 6. Kegiatan Akhir Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi perkuliahan Dosen memberika tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas VI. Sumber Buku Ajar : : OHP. Fisika Kedokteran. et al. Fisika Tubuh Manusia. Kegiatan Awal :  Dosen membuka pelajaran dan melakukan kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya Kegiatan Inti :  Dosen memberikan penjelasan materi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi  Mahasiswa mendengarkan dan mencatat materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen  Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas  Mahasiswa aktif dalam diskusi b. 2006. J. Metode/Strategi Pembelajaran : - Ceramah Diskusi Tutorial V. Penerbit Buku KEdokteran. Isyarat magnet jantung dan otak 5.4. EGC Cameron. Mapping Anatomi. Tahap Pembelajaran A.. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar A.

Jelaskan mekanisme peningkatan energi pernapasan pada penyakit paru obstrutif ! b. Kriteria Penilaian 2 pt+3ps +5Tt = Nf 10 Keterangan : Pt : portofolio Ps : Proses Tt : Test tulis Nf : Nilai formatif . Jelaskan mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru obstruktif ! L. Jelaskan mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif! c.Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai) Contoh soal : a.

Menjelaskan tentang mikroskop dan . 6. Memahami dan memiliki wawasan tentang optika geometris dan optika fisis 2. 7. Menjelaskan tentang hubungan antara indeks bias kecepatan rambat 3. Menjelaskan tentang lensa dan mata 4. Memahami dan memiliki wawasan tentang hubungan antara indeks bias dan kecepatan rambat 3. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang biooptik II. 8. Nama Dosen Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Kelas/semester Pertemuan Alokasi waktu : : : : : : : D IV Fisioterapi FIS10821 Fisika Kedokteran 2 Ke 11 dan 12 : 200 I. 4. 3. Memahami dan memiliki wawasan tentang mikroskop III.RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP) 1. Memahami dan memiliki wawasan tentang cahaya 5. Memahami dan memiliki wawasan tentang laser 6. Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan tentang laser 7. Menjelaskan tentang optika geometris dan optika fisis 2. Kompetensi Dasar : 1. Memahami dan memiliki wawasan tentang lensa dan mata 4. 5. Menjelaskan tentang cahaya 5. 2.

Fisika Kedokteran. EGC. 2. Kegiatan Akhir Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi perkuliahan Dosen memberika tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas VI. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit Buku Kedokteran . Sumber Buku Ajar : : OHP. J. et al. Tahap Pembelajaran A. Mapping Anatomi. Alat/Media B. 2006.. 3. Metode/Strategi Pembelajaran : - Ceramah Diskusi Tutorial V. . Laptop Gabriel.IV. 4. 1996. Kegiatan Awal :  Dosen membuka pelajaran dan melakukan kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya Kegiatan Inti :  Dosen memberikan penjelasan materi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi  Mahasiswa mendengarkan dan mencatat materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen  Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas  Mahasiswa aktif dalam diskusi b.F. J. Penerbit Buku KEdokteran. 6. 5. LCD. optika geometris dan optika fisis Hubungan antara indeks bias dan kecepatan ram Lensa dan mata Cahaya Laser Mikroskop V. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar A. EGC Cameron. Materi Ajar 1.

VII. Penilaian Tehnik dan instrumen penilaian : Hasil diskusi (dinilai dosen) Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai) Contoh soal : a. Jelaskan mekanisme peningkatan energi pernapasan pada penyakit paru obstrutif ! b. Jelaskan mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru obstruktif ! N. Kriteria Penilaian 2 pt+3ps +5Tt = Nf 10 Keterangan : Pt : portofolio Ps : Proses Tt : Test tulis Nf : Nilai formatif . Jelaskan mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif! c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful