P. 1
Teknik Mesin Budidaya Pertanian

Teknik Mesin Budidaya Pertanian

|Views: 116|Likes:
Published by Arifk08

More info:

Published by: Arifk08 on May 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

TEKNIK MESIN BUDIDAYA PERTANIAN MESIN PEMUPUK Pak Radite 1.

Mesin aplikasi bahan kimia tepung /butiran Frieder (pemupukan tebu) 2. SUBFA (sub soiler fertilizer applicator) Traktor 80 hp Penjatahan manual oleh operator dengan gayung Arak antar chisel 6ocm Kapasitas lapang efektif sebesar 0.203 ha/jam 3. Bajak Getar (pemupuk mekanis) 4. GPS Antenna position Rise time 2 second Ground speed 0.5 m/s 5. Alat ukur di amerika Liquid fertilizer Kenapa namanya 1 bahu dapat karena dikerjakan 1 keluarga petani Pembagian blok di Amerika=25 ha. Pesan dari Pak Radite Apa yang akan anda pelajari Metode dan peralatan utuk aplikasi bahan kimia berbentuk kimia 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Apa dan untuk apa bahan kimia? Bahan untuk menyediakan atau menambah unsure hara bagi tanaman, mengendalikan Berbedntuk tepung/butiran dan ada yang berbentuk cairan. Fungsinya: pupuk, pestisida dan bahanpnegatu tumbuh Bahan pembasmi gulma: herbisida Bahan pembasmi jamur:fungisida Bahan pembasmi insekta:insektisida

gulma, insektisida,da penyakit tanaman.

Apa keuntungan penggunaan bahan bentuk tepung 1. Tidak memrlukan air untuk melarutkan

4 hingga 3. Tidak banyak terjadi drift atau pelayangan 4. dengan tersedianya bahan aktif 20-50% ada tren untuk memperkecil dosis aplikasi 3. Pintu geser digunakan untuk mengendalikan bukaan dan untuk menutup aliran saat membelok. Pupuk butiran (granular) dapat disebarkan secara seragan di seluruh lahan . Baha kimia tepung biasanya lebih mahal dibandingkan dengan bahan kimia cari 2. dan pompa Kekuerang 1. banded application= dalam alur 1.2. Penebar tipe rotary .12 kg/ha 5.7 m lubang bukaan pupuk di dasar hopper yang cukup rapat. Beberapa formula baru ada yang 70-80 persen bahan aktifnya dengan rekomendasi 4. siebut broadcast application= acak 2. poros putar di dalam dekat dasar hoper dilengkapi pengaduk (agitator) untuk membantu aliran bahan. Pencampuran beerapa jenis bahan dan kelembaban menyebabkan Tingkat aplikasi bahan 1. pengduk. Pupuk: 100-300 kg/ha Ada peluang penggunaan pupuk organic Transportasi dan mesin pupuk Metode aplikasi 1. peralatan tipe gravitasi unit yang ditarik traktor dapat memilki panjang kotak pupuk(hopper)2. berjarak 150mm. Tidak memerlukan proses pencampuran dengan air 3.Pestisida tepung diaplikasikan dalam dosis 12-24 kg/ha dan 5-15% baha aktif 2. Rendahnya akurasi dalam pengaturan dosis 3. Peralatannya lebih sederhana dan murah karena tidak memrlukan bagian pencampur. dosis aplikasi 1. 2.

Aplikasi dengan pesawat terbang . Memungkinkan pengisisan tangki di tengah.Memilki satu atau dua buah piringan berputar dengan beberapa sudut untuk menyalurkan energy kepada butiran dan cocok untuk aplikasi sebar acak 3. Beban maksimum 500-1100 kg pada kecepatan kerja 130-190 km/jam. serta disebar dan diarahkan plat deflector. Dapat digunakan untuk sebar acak atau aplikasi dalam alur Untuk penebaran pupuk (sebar acak) pada are yang terlalu luas atau terlalu sulit (permukaan bergelembong.ulir rapt 4. sebuah venture di mana bahan diumpankan. Penebar dengan hembusan udara berada di bawah badan pesawat dan terdiri dari sebuah sekop udara (air scoop). dan mudah dlam transgportasi untuk penebar yang digandeng. Hembusan udar dihasilkan dari hembusan propeller Pola distribusi trapezoidal dgn aplikasi yang cukup seragam Kapan aplikasi pupuk dilakukan Sebelum tanam saat tanam dan masa petumbuhan tanaman. persawahan padi) untuk operasi di perukaan tanah. Ketinggian aplikasi 9-15 m. dan sebuah bagian penyear dengan pembagi yang memberikan komponen kecepatan dibawah leh hembusan udar. lebih mudah dipasang pada implement pengolahan tanah . Penear tipe pneumatic Memiliki hper di tengan dimana butiran pupuk dijatah disebarkan denga hembusan udara pada tabung-tabung pada lebar alat. distiribusi yang lebih baik. Bahan Penjatah (matering) Penyebar Penjatah Roda bintang -digunakan pada beberpa grain dill Peirngan berputar (rotating bottom) Ulir (auger).

mencakup kisaran yang besar dari tingkat kemudhan pupuk mengalir (drillabillities) Amplitduo dair siklus pengeluaran pupuk harus kecil Laju aliran pupuk tidak terantung pada ketinggian pupuk dengan inklinasi yang memadai dari distubutor .Speedpnya sama cenderung Tipe ulir longgar Rotor bercelah (dege-cell) Sabuk berputar -digunakan pada saat diperlukan pemberian aplikasi Duster Alat penghembus bahan pestisida berbendurk Hand duster -Hand suter dibedakan berdsarkan penghembusnya Plunger Bellow Blower Drift (pergeseran daerah aplikasi) Persyaratan perancangan Mesin aplikasi pupuk harus dirancang untuk memenuhi persyaratan A=1m2 M=0.1 (Dxa) gram Misalkan aplikasi 150 Cv < 5% sangat presisi Cv= standar deviasi/rata2 x100% 5-10 Presisi 10-15 baik Distribusi yang seragam baik pada pemberian jumlah pupuk yang kecil atau besar Karakteristik mesin aplikasi pupuk (pertimbangan desain) Pengluaran pupuk harus positfi.

2 dalam 1 meter M1=0.2)=18 gram Dosis pupuk pertaama Bila jarak PR Tugas desain presentasi alat penebar bahan kimia UUD pembagian lahan-kira2 5 ha .15-20 cukup Cv(coefiesien variabel) Kalibarasi M=.1(150x1.1(Dxj) Misakan 150 kg/ha Jarak antar alur pupuk 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->