1.

Perkembangabiakan Tumbuhan Secara Vegetatif
By chairulumambiob2008

a. Perkembangbiakan vegetatif secara alami Perkebnagbiakan vegetatif secara alami dapat berupa akar tunas (bambu, pisang, gelagah, tebu), tunas adventif (cocor bebek, sukun, kesemek, cemara, pinus), umbi batang (kentnag, gandum, ubi, gembili, wortel), umbi lapis (jenis bawang-bawangan), geragih (stolon) (rumput teki, pegagang, strawberi), umbi akar (dahlia, ketela rambat), dan akar rimpang (rhizoma) (alangalang, bunga kana, kunyit, lengkuas) b.Perkembangbiakan vegetatif buatan 1) mencangkok

perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cara menumbuhkan akar pada bagian batang yang dikelupas dan dibungkus dengan media tanah 2) menempel (okulasi)

perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cara menempelkan mata tunas dari tanaman yang satu dengan tanaman yang lain yang masih dalam satu spesies atau genus. 3) menyambung (kopulasi)

teknin penggabungan dua tanaman dari spesies yang sama, tetapi berbeda sifat dengan cara menyambungkan ujung suatu tanaman dengan tanaman yang lain sebagai pohon utama. 4) Merunduk

Teknik untuk menghasilkan individu baru dengan cara membelokan bagian batang ke tanah untuk menumbuhkan akar pada bagian yang dibelokan.

Perkembangbiakkan Tumbuhan secara Generatif By chairulumambiob2008 Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melibatkan sel kelamin yang dihasilkan oleh bagian khusus pada bunga. ranting. yang memiliki mata tunas. sel kelamin jantan atau spermatozoa pada bunga diproduksi oleh alat kelamin jantan berupa benang sari.5) Stek Teknik perbanyakan tanaman dengan cara menaman potongan batang. sedangkan sel kelamin betina dihasilkan oleh alat kelamin betina berupa putik. Penyerbukan (polinasi) . daun.

Pembuahan (fertilisasi) pembuahan tunggal pembuahan ganda .

Penyebabnya adalah sebagai berikut : a. Putik masak lebih dahulu daripada serbuk sari …. Heterostili : Bila panjang antara tangkai benang sari dan tangkai putik tidak sama dan berbeda jauh. b. Kadang-kadang terjadi kegagalan penyerbukan dan pada beberapa jenis tumbuhan tidak mungkin terjadi autogami. Contoh : vanili Proses Penyerbukan dan Pembuahan Butir serbuk/serbuk sari Þ menempel pada kepala putik Þ membentuk buluh serbuk (2 inti. Menurut asal serbuk sari. inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikropil (pintu kandung lembaga) Þ inti generatif membelah Þ 2 inti sperma Þ sampai di mikropil.Contoh : seledri. kecil dan kering. Autogami (penyerbukan sendiri) Serbuk sarinya berasal dari satu bunga yang sama. Alogami (penyerbukan silang) Bila serbuk sari berasal dari bunga pohon lain yang masih satu spesies. Perantara air disebut hidrogami. Perantara angin disebut anemogami.(protandri). dapat terjadi bila butir serbuknya amat ringan. rumput-rumputan. hal ini disebabkan karena: • • 1. Dikogami : Bila waktu masaknya putik dan serbuk sari tidak bersamaan. Serbuk sari masak lebih dahulu daripada putiknya …. Contoh : kopi. Geitonogami (penyerbukan tetangga) Bila serbuk sari berasal dari bunga lain yang berada dalam satu pohon (satu individu). penyerbukan dibedakan menjadi 4 : a. Contoh : pada tanaman air.Penyerbukan dapat terjadi dengan berbagai perantara : a. bawang Bombay. Contoh : pada pinus. d. • • • • Bila serangga Þ entomogami burung Þ ornitogami siput Þ malakogami kelelawar Þ kiroptorogami d. alat kelamin jantan dan betinanya terpisah Contoh : salak dan melinjo (Gnetum Arremon) c. c. Contoh : penyerbukan vanilli di Indonesia. b. Herkogami : Bila bentuk bunga tidak memungkinkan serbuk sari jatuh ke kepala putik. kina dan kaca piring. Perantara hewan disebut zoogami. damar. jagung 2. b. c. inti vegetatif mati Þ satu inti sperma membuahi . Bila terjadi pada saat bunga belum mekar disebut kleistogami.(protogini). Didesious : Bila pada satu spesies. Perantara manusia disebut antropogami.

yaitu : 1. pinus. Embrio adventif : merupakan embrio yang terbentuk dari sel nuselus. Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis). Contoh : lumut dan tumbuhan paku. Alat reproduksi gymnospermae berupa strobilus jantan dan strobilus betina.Partenogenesis : embrio terbentuk dari sel telur yang tidak dibuahi. Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis) 2. Apogami : embrio yang terbentuk berasal dari kandung lembaga. Reproduksi Seksual / Generatif Proses reproduksi seksual memerlukan gamet jantan dan betina. Sedangkan menyambung dan menempel melibatkan 2 individu tumbuhan. b) Fragmentasi Reproduksi dengan fragmentasi berarti melepaskan sebagian dari tubuhnya untuk tumbuh menjadi individu baru. Reproduksi Aseksual / Vegetatif Dibagi menjadi 2 : 1. 2. Karena pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda. Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga Þ endosperma (makanan cadangan bagi embrio). c. Peristiwa ini sering dijumpai pada nangka. pada dasarnya juga dimulai dari pembelahan sel pada bagian jaringan embrional atau meristematis. disebut poliembrioni. Proses penyerbukan pada gymnospermae umumnya dibantu oleh angin. maka akan terbentuk lebih dari satu embrio dalam satu biji. Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab. Contoh tumbuhan berbiji terbuka ini antara lain : Melinjo. Sekilas Isi : A. yaitu bagian selain kandung lembaga. pakis haji dan cycas. c) Pembentukan tunas. Apomiksis dan amfimiksis dapat terjadi bersamaan. . dimulai dari pembelahan sel pada bagian tertentu dari tumbuhan. Proses perkawinan tumbuhan berbiji diawali oleh proses penyerbukan dan dilanjutkan dengan proses pembuahan. Reproduksi aseksual alami seperti : a) Pembentukan spora. b.sel telur Þ embrio. mencangkok dan merunduk yang merupakan cara pembiakan yang melibatkan satu individu tumbuhan. jeruk dan mangga. Dan terjadi pembuahan tunggal. Penyerbukan pada tumbuhan biji terbuka (gymnospermae) adalah menempelnya serbuk sari ke mikrofil (liang bakal biji). Misalnya : dari sinergid dan antipoda. B. 1. damar. Reproduksi aseksual buatan seperti : Menyetek. yang dapat dibedakan atas: a. dll.

Benang sari berada pada lingkaran sebelah luar dari putik. Bahan terpentin dan plister. kecubung. Bahan damar. misalnya : batang pinus dan batang melinjo c. cabai. Bunga lengkap adalah bunga yang mempunyai kelopak. Misal : bunga sepatu. Bunga meliputi berdasarkan perhiasan bunga dan alat kelamin bunga. a. Bagian alat kelamin bunga terdiri dari benang sari sebagai alat pembiakan jantan dan putik sebagai alat pembiakan betina. Penyerbukan pada tumbuhan biji tertutup (angiospermae) Adalah menempelnya serbuk sari ke kepala putik dan terjadi pembuahan ganda. misalnya juniper dan pinus d. Perhiasan bunga meliputi kelopak dan mahkota bunga. Berdasarkan kelengkapan alat kelamin : a. Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak mempunyai salah satu atau beberapa bagian bunga baik perhiasan maupun alat kelamin. melati. Alat perkembangbiakan angiospermae adalah bunga. Bunga tidak sempurna . mawar. Berdasarkan kelengkapan bagian bunga : a. Alat kelamin bunga (alat perkembangbiakan) Bagian sebelah dalam dari lingkaran perhiasan bunga adalah alat kelamin bunga. benang sari dan putik. mahkota. Bahan industri kertas. misalnya : pohon damar 2. Bunga sempurna b. b. misalnya : biji melinjo b. Bahan obat-obatan. dan jeruk. Bahan makanan. misalnya : tusam/pinus e.• Manfaat gymnospermae a. b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful