ETIKA KEPERAWATAN

KELOMPOK 3 IC : 

Desy Ridha Mulyani  Erni Apriani  Evi Pebriyantini Khotimah  Fita Juwita  Irfan Maulana  Gugum Gumilar  Rahmat Nugraha  Wiwit Meilisa Rahmawati
Pandangan Agama Islam Terhadap Etika - Etika Kerja Dalam Islam Pengertian Kerja Pengertian kerja dalam Islam dapat dibagi dalam dua bagian : Pertama, kerja dalam arti luas (umum), yakni semua bentuk usaha yang dilakukan manusia, baik dalam hal materi atau nonmateri, intelektual atau fisik, maupun hal-hal yang berkaitan dengan masalah keduniaan atau keakhiratan. Jadi, dalam pandangan Islam pengertian kerja sangat luas, mencakup seluruh pengerahan potensi yang dimiliki oleh manusia. Kedua, kerja dalam arti sempit (khusus), yakni kerja untuk memenuhi tuntutan hidup manusia berupa makanan, pakaian, dan tempat tinggal (sandang, pangan dan papan) yang merupakan kewajiban bagi setiap orang yang harus ditunaikannya, untuk menentukan tingkatan derajatnya, baik di mata manusia, maupun dimata Allah SWT. Dalam melakukan setiap pekerjaan, aspek etika merupakan hal mendasar yang harus selalu diperhatikan. Seperti bekerja dengan baik, didasari iman dan taqwa, sikap baik budi, jujur dan amanah, kuat, kesesuaian upah, tidak menipu, tidak merampas, tidak mengabaikan sesuatu, tidak proporsional, ahli dan professional, serta tidak melakukan pekerjaan yang bertentangan dengan hukum Allah atau syariat Islam (al-Quran dan Hadits).
1

dan kedalaman ilmunya. Jika Allah S ingin menyeru kepada orang -orang mukmin dengan nada panggilan seperti "Wahai orang-orang yang beriman." (QS. Artinya : "Hai orang-orang yang beriman. "Keluarkanlah sebagian dari apa yang telah Kami anugerahkan kepadamu. Dalam Hadits Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya Allah mencintai salah seorang di antara kamu yang melakukan suatu pekerjaan dengan baik (ketekunan). Beliau juga selalu mengajak mereka agar tekun dalam menunaikan pek erjaan. makanlah di antara rezki yang baik -baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah." biasanya diikuti oleh ayat yang berorientasi pada kerja dengan muatan ketakwaan. Di antaranya. Al-Mu'minuun [23] : 51). keutamaan. dan kerjakanlah amal yang saleh. jika benar -benar kepada-Nya kamu menyembah. di antaranya dilihat dari segi keahlian." (QS.u an Allah S   © be firman: ¨ ¦¢ §¦ ¦¢¢ ¦¢ ¢¥ ¤¢£¢¡ y Pe   me kuk peke j   de baik 2 . y Kedua.Artinya : "Hai rasul-rasul."(HR. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Al-Quran banyak sekali mengajarkan kita agar takwa dalam setiap perkara dan  pekerjaan. Rasulullah saw melakukannya secara selektif. Al Baihaqi). makanlah dari makanan yang baik-baik."    Di dalam al. Dalam memilih seseorang untuk diserahi suatu tugas. takwa dalam melakukan pekerjaan. Al-Baqarah [2] : 172).

y Perawat memikul tanggung jawab atas pertimbangan dan tindakan perawatan yang dijalankan masing-masing individu. y Perawat melindungi hak klien akan privasi dengan memegang teguh informasi yang bersifat rahasia. tidak etis atauillegal. C e ted b : Fit Ju it . yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda -tanda kekuasaan Allah. Kerja mempunyai etika yang harus selalu diikutsertakan didalamnya. adanya sikap baik budi. atribut personal atau corak masalah kesehatan. y Ketiga. oleh karena kerja merupakan bukti adanya iman dan parameter bagi pahala dan siksa." (QS. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. mudah-mudahan mereka selalu ingat.Artinya : "Hai anak Adam. karena tujuan utama kerja adalah demi i memperoleh keridhaan Allah SWT sekaligus berkhidmat kepada umat. Al-A'raf [7] : 26). sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. merampas.05200I 10101        KO E ETIK KEPERA ATAN MENURUT AMERICAN NURSES ASSOCIATION (ANA) y Perawat memberikan pelayanan dengan penuh hormat bagi martabat kemanusiaan dan keunikan klien yang tidak dibatas oleh pertimbangan status sosial atau i ekonomi. Etika bekerja yang disertai dengan ketakwaan merupakan tuntunan Islam. dalam arti bukan sekedar memperoleh upah dan mbalan. Hendaknya para pekerja dapat meningkatkan tujuan akhirat dari pekerjaan yang mereka lakukan. jujur dan amanah. mengabaikan sesuatu. y Perawat melindungi klien dan publik bila kesehatan dan keselamat nnya terancam a oleh praktek seseorang yang tidak berkompoten. tidakmenipu. 3  . kesesuaian upah.

4 . London dan direvisi pada tahun 1973. perawat harus meyakini bahwa : a. y Perawat turut serta beraktivitas dalam membantu pengembangan pengetahuan profesi. y Perawat bekerja sama dengan anggota profesi kesehatan atau warga masyarakat lainnya dalam meningkatkan upaya-upaya masyarakat dan nasional untuk memenuhi kebutuhan kesehatan public. Perawat melaksanakan pertimbangan yang beralasan dan menggunakan kompetensi dan kualifikasi individu sebagai kriteria dalam mengusahakan konsultasi. memelihara kesehatan dan mengurangi penderitaan. y Perawat turut serta dalam upaya-upaya profesi untuk melindungi publik terhadap informasi dan gambaran yang salah serta mempertahankan integritas perawat. y Perawat turut serta dalam upaya-upaya profesi untuk membentuk dan membina kondisi kerja yang mendukung pelayanan keperawatan yang berkualitas. Tanggung jawab utama perawat : Tanggung jawab utama perawat adalah meningkatkan kesehatan. Created by : Evi Pebriyantini Khotimah Kode Etik Keperawatan Menurut International Caouncil Nursing (ICN) ICN adalah suatu federasi perhimpunan perawat di seluruh dunia yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1899 oleh Mrs. Untuk melaksanakan tanggung jawab utama tersebut.y y Perawat memelihara kompetensi keperawatan.Bedford Fenwich di Hanover Square. Adapun kode etiknya adalah sebagai berikut : 1. menerima tanggung jawab dan melimpahkan kegiatan keperawatan kepada orang lain. y Perawat turut serta dalam upaya-upaya profesi untuk melaksanakan dan meningfkatkan standar keperawatan.Kebutuhan terhadap pelayanan keperawatan di berbagai tempat ada lah sama. mencegah timbulnya penyakit.

bila dalam masa perawatannya merasa terancam. Tanggung jawab utama perawat adalah melaksanakan asuhan keperawatan sesuai dengan kebutuhan masyuarakat. baik tenaga keperawatan maupun tenaga profesi lain di keperawatan. dalam menjalankan tugas. kelompok dan masyarakat yang menjadi pasien atau kliennya. dan dapat berperan serta secara aktif dalam menentukan masalah kesehatan dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. perawat perlu meningkatkan keadaan lingkungan kesehatan dengan menghargai nilai-nilai yang ada di masyarakat. keluarga.Pelaksanaan praktik keperawatan dititik beratkan pada penghargaan terhadap kehidupan yang bermartabat dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.b. ! 5 . Perawat dapat melindungi dan menjamin seseorang. 5.Perawat dan pelaksanaan praktik keperawatan Perawat memegang peranan penting dalam menentukan dan melaksanakan standar praktik keperawatan untuk mencapai kemampuan yang sesuai dengan standar pendidikan keperawatan.Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dan keperawatan kepada individu. c. l eh karena itu . kelompok dan masyarakat. Perawat dan sejawat Perawat dapat menopang hubungan kerja sama dengan teman kerja. tanggap. individu. Perawat dapat memegang teguh rahasia pribadi (privasi) dan hanya dapat memberikan keterangan bila diperlukaan oleh pihak yang berkepentingan atau pengadilan. Perawat sebagai anggota profesi. menghargai aadat kebiasaan serta kepercayaan individu. 4. dan anggota kelompok masyarakat. Perawat. Perawat dan lingkungan masyarakat Perawat dapat memprakarsai pembaharuan. setiap saat dapat mempertahankan sikap sesuai dengan standar profesi keperawatan. Perawat dapat mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya secara aktif untuk menopang perannya dalam situasi tertentu. 2. keluarga. mempunyai inisiatif. perawat mengikutsertakan kelompok dan instansi terkait. 3.

Dua hal dasar yang harus dipenuhi. Perawat diharapkan ikut aktif dalam mengembangkan pengetahuan dalam menopang pelaksanaan perawatan secara profesional. akan tetapi perawat berhak mengakses segala informasi mengenai kesehatan klien. rganisasi profesi kesehatan yang lain. Hak Perawat Dalam melaksanakan asuhan keperawatan yang merupakan salah satu dari praktik keperawatan tentunya seorang perawat memiliki hak dan kewajiban. Memperoleh perlindungan hukum dan profesi sepanjang melaksanakan tugas sesuai standar profesi " " dan Standar perasional Prosedur (S P) merupakan salah satu hak perawat yang mempertahankan kredibilitasnya dibidang hukum serta menyangkut aspek legal atas dasar peraturan perundang-undangan dari pusat maupun daerah. karena yang berhadapan langsung dengan klien tidak lain adalah perawat itu sendiri. Jadi kepada klien dan keluarga yang berada dalam lingkup keperawatan tidak hanya memberikan informasi kesehatan klien kepada salah satu profesi kesehatan lainnya saja. lembaga legislatif serta elemen pemerintahan lain yang berkepentingan. Perawat sebagai anggota profesi berpartisipasi dalam memelihara kestabilan sosial dan ekonomi sesuai dengan kondisi pelaksanaan praktik keperawatan. Hal ini seperti dipaparkan pada materi sebelumnya sedang dipertimbangkan oleh berbagai pihak. perawat berhak untuk memperoleh informasi yang lengkap dan jujur dari klien dan atau keluarganya agar mencapai tujuan keperawatan yang maksimal. Selain mendapatkan perlindungan hukum secara legal.6. baik " dari PPNI. dimana ada keseimbangan antara tuntutan profesi dengan apa yang semestinya didapatkan dari pengembanan tugas secara maksimal. 6 . Created by : Erni Apriani Hak dan Kewajiban Perawat A. Perawat dan profesi keperawatan Perawat memainkan peran yang besar dalam menentukan pelaksanaan standar praktik keperawatan dan pendidikan keperawatan.

Memperoleh kesempatan untuk mengembangkan diri melalui pendidikan formal sampai jenjang spesialisasi & pendidikan non formal 7. Mendapatkan jaminan perlindungan terhadap resiko kerja yang berkaitan dengan tugasnya. Standar profesi === pedoman yang harus digunakan sebagai petunjuk dalam menjalankan profesi secara baik 2. Perawat berhak untuk dapat memperoleh penghargaan sesuai dengan prestasi. klien/pasien dan atau keluarganya. Mendapat hak cuti & hak kepegawaian lainnya sesuai peraturan yang berlaku. 5. 10. dedikasi yang luar biasa dan atau bertugas di daerah terpencil dan rawan. Ini dimaksudkan agar perawat dapat melaksanakan tugasnya hanya yang sesuai dengan ilmu pengetahuan yang didapat berdasarkan jenjang pendidikan dimana profesi lain tidak dapat melakukan jenis kompetensi ini. standar profesi & kode etik profesi 7 .Hak perawat yang lain yaitu melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi dan otonomi profesi. Mendapatkan perlakuan adil & jujur oleh Pimpinan sarana kesehatan. Menjaga hak privasi personal sebagai seorang perawat 8. Menuntut jika nama baiknya dicemarkan oleh klien/pasien atau tenaga kesehatan lainnya. Menerima imbalan jasa pelayanan keperawatan yang telah diberikan.Hak Perawat Meliputi : 1. 6. Hak. 4. Memperoleh perlindungan hukum yang melaksanakan tugas sesuai dengan standar profesi. Mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan secara rutin 9. 3. Menolak pihak lain yang memberi anjuran atau permintaan tertulis untuk melakukan tindakan yang bertentangan dengan perundang -undangan.

standar praktek dan kode etik tersebut ditetapkan oleh organisasi profesi dan merupakan pedoman yang harus diikuti oleh setiap tenaga keperawatan. Perawat yang melaksanakan tugasnya diwajibkan untuk merujuk klien dan atau pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan yang mempunyai keahlian atau kemampuan yang lebih baik. Dilibatkan secara aktif dalam penyusunan/penetapan kebijakan sesuai pengembangan kesehatan di sarana kesehatan 13. kode etik. sedangkan untuk daerah yang jauh dari pelayanan kesehatan modern tentunya perawat kebanyakan menggunakan 8 # . pelaksanaan gawat darurat yang sangat membutuhkan pertolongan segera dapat dilaksanakan dengan baik yaitu di rumah sakit yang tercipta kerja sama antara perawat serta tenaga kesehatan lain yang berhubungan langsung. B. saya hanya bisa menjelaskan seperti ini.11. standar praktek keperawatan. kecuali bila ia yakin ada orang lain yang bertugas dan mampu melakukannya. Jika dalam konteks ini memang agak membingungkan. Hal ini juga tergantung situasi. Perawat wajib untuk merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang klien dan atau pasien. kecuali untuk kepentingan hukum. Memperoleh kesempatan mengembangkan karier sesuai bidang profesinya di sarana kesehatan. Hal ini menyangkut privasi klien yang berada dalam asuhan keperawatan karena disis lain perawat juga wajib menghormati hak-hak klien dan atau pasien dan profesi lain sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Perawat wajib melakukan pertolongan darurat atas dasar perikemanusiaan. Kewajiban Perawat Dalam melaksanakan praktik keperawatan perawat berkewajiban untuk memberikan pelayanan keperawatan sesuai dengan standar profesi. apabila tidak mampu melakukan suatu pemerikasaan atau tindakan. Mendapat informasi yang jujur dan lengkap dari klien atas pelayanan keperawatan yang diberikan 12. jika lingkungan kita juga tidak memungkinkan maka kita sebagai perawat dapat menerangkan alasan yang tepat. dan S P serta kebutuhan klien atau pasien dimana standar profesi.

Mematuhi standar profesi & kode etik perawat Indonesia dalam melaksanakan praktik profesi keperawatan 9 $ . Perawat wajib menghormati hak-hak pasien. Perawat wajib memberikan informasi kepadapasien / keluarga yang sesuai batas kewenangan perawat 6. b. Kewajiban lain yang jarang diperhatikan dengan serius yaitu menambah ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan ilmu keperawatan dalam meningkatkan profesionalsme. 3. Kewajiban Perawat Meliputi : 1. Meminta persetujuan setiap tindakan yang akan dilakukan oleh perawat sesuai dengan kondisi pasien baik secara tertulis maupun secara lisan 7. sebagai bukti tertulis pemberian k ewenangan untuk menjalankan pekerjaan keperawatan diseluruh wilayah Indonesia. sebagai bukti tertulis yang diberikan kepada perawat untuk melakukan praktek keperawatan di sarana kesehatan c. demi keselamatan jiwa klien. Mencatat semua tindakan keperawatan ( dokumentasi asuhan keperawatan ) secara akurat sesuai peraturan & S P yang berlaku 8. Perawat menyimpan rahasia pasien sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku 5. Surat Ijin Praktek Perawat ( SIPP ) .seluruh kemampuannya untuk melakukan tindakan pertolongan. sebagai bukti tertulis yang diberikan kepada perawat untuk menjalankan praktek perawat perorangan / kelompok 2. Surat Ijin Perawat ( SIP ) . Surat Ijin Kerja ( SIK ) . Perawat wajib memiliki : a. Beberapa faktor-faktor yang membuat kita malas mengembangkan ilmu keperawata banyak sekali. Perawat wajib merujuk kasus yang tidak dapat ditangani 4.

Posting by : Desy Ridha Mulyani (05200ID10093) HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN DI RS : HAK PASIEN : y Pasien berhak memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit. Pasien berhak memperoleh pelayanan medis yang bermutu sesuai dengan standar profesi kedokteran / kedokteran gigi dan tanpa diskriminasi . Melakukan pertolongan darurat yang mengancam jiwa pasien sesuai batas kewenangan &S P 11. Melaksanakan program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat 12. Mentaati semua peraturan perundang-undangan 13. sepengetahuan dokter yang merawat. y Pasien berhak meminta konsultasi kepada dokter lain yang terdaftar di rumah sakit tersebut (second opinion) terhadap penyakit yang dideritanya. y Pasien berhak keperawatan y Pasien berhak memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di rumah sakit.9. y y Pasien berhak atas pelayanan yang manusiawi. memperoleh asuhan keperawatan dengan standar profesi % 10 . Menjaga hubungan kerja yang baik antara sesama perawat maupun dengan anggota tim kesehatan lain. Mengumpulkan angka kredit profesi dalam rangka memenuhi persyaratan untuk memperoleh SIK ulang & SIPP 14. adil dan jujur. Meningkatkan pengetahuan berdasarkan perkembangan Iptek keperawatan & kesehatan 10. y Pasien berhak dirawat oleh dokter yang secara bebas menentukan pendapat klinis dan pendapat etisnya tanpa campur tangan dari pihak luar.

y Pasien berkewajiban memberikan informasi dengan jujur dan selengkapnya tentang penyakit yang diderita kepada dokter yang merawat. y Pasien atau penanggungnya berkewajiban untuk melunasi semua imbalan atas jasa pelayanan rumah sakit / dokter. 11 .y Pasien berhak atas privacy dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk datadata medisnya. perbaikan atas perlakuan perlakuan rumah sakit terhadap dirinya. KEWAJIBAN PASIEN y Pasien dan keluarganya berkewajiban untuk mentaati segala peraturan dan tata tertib rumah sakit y Pasien berkewajiban untuk mematuhi segala instruksi dokter dan perawat dalam pengobatannya. y Pasien berhak atas keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di rumah sakit. y Pasien berhak mendapat informasi yang meliputi : Penyakit yang diderita tindakan medik apa yang hendak dilakukan kemungkinan penyakit sebagai akibat tindakan tsb sebut dan tindakan untuk mengatasinya alternatif terapi lainnya prognosanva. y Pasien berhak menolak tindakan yang hendak dilakukan terhadap dirinya dan mengakhiri pengobatan serta perawatan atas tanggung jawab sendiri sesudah memperoleh informasi yang jelas tentang penyakitnya. y y Pasien berhak didampingi keluarganya dalam keadaan kritis. saran. y Pasien berhak menerima atau menolak bimbingan moril maupun spiritual. Perkiraan biaya pengobatan & y Pasien berhak menyetujui/memberikan i in atas tindakan yang akan dilakukan oleh dokter sehubungan dengan penyakit yang dideritanya. Pasien berhak menjalankan ibadah sesuai agama/ kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya. y Pasien berhak mengajukan usul.

kekejaman dan eksploitasi Dididik dalam semangat persahabatan di tengah masyarakat ' Created by : Wiwit Meilisa Rahmawati 12 . pengertian dan keamanan Menerima pendidikan dan mengembangkan kemampuannya Yang pertama mendapat pertolongan ketika ada bencana Dilindungi dari pengabaian. rumah.y Pasien dan atau penanggungnya berkewajiban memenuhi hal-hal yang telah disepakati / perjanjian yang telah dibuatnya. rekreasi dan yankes yang cukup Mendapat perawatan khusus jika mengalami cacat Menerima cinta. HAK PERAWAT TERHADAP ANAK HAK DAN KEWAJIBAN ANAK y y y y y y y y y Bebas dari diskriminasi Berkembang secara fisik dan mental Mempunyai nama dan bangsa Mendapat gi i.