Resume Manajemen Penyelia 2011

Manajemen penyelia terdiri atas dua kata yaitu manajemen dan penyelia. Manajemen berasal dari kata “to manage” yang berarti mengatur atau mengelola untuk pencapaian tujuan tertentu melalui kegiatan orang. Sementara penyelia adalah pegawai yang mengarahkan, mengatur dan mengontrol pegawai bawahannya dalam pelaksanaan tugas/pekerjaan untuk mencapai kinerja yang ditetapkan perusahaan. Jadi manajemen penyelia adalah suatu cara mengatur pegawai yang berada pada level struktural penyelia dalam rangka pencapaian kinerja yang ditetapkan perusahaan. Penyelia adalah nama lain dari supervisor/pengawas dalam suatu perusahaan. Penyelia dalam struktur perusahaan dipandang berbeda

kedudukannya oleh karyawan dan manajemen. Beberapa pandangan terhadap penyelia adalah : 1. Penyelia adalah “si kecil terjepit” Dalam banyak kenyataan penyelia terjepit antara dua kekuatan yang saling bertentangan, yaitu manajemen dan pekerja. Manajemen menugaskan penyelia mencegah pemborosan, memelihara pekerja, mengontrol produksi dan melaksanakan rencana yang sudah ditentukan manajemen. Manajemen menuntut/menginstruksikan loyalitas dan usaha yang maksimal dari penyelia untuk menggerakkan pekerja sehingga produksi perusahaan melampaui target. Sementara para pekerja (bawahan penyelia) menganggap penyelia merupakan penyalur aspirasi dari pihak buruh dan memahami perasaan para pekerja sehingga penyelia dituntut berlaku baik terhadap para pekerja. 2. Penyelia adalah orang yang disisihkan Penyelia dianggap orang yang “tersisih” karena manajemen menganggap penyelia “mewakili” kelompok pekerja, penyelia sama dengan staff sehingga penyelia tidak dianggap dan pekerja menganggap penyelia sebagai pembawa suara “majikan” dari pihak manajemen.

Mohammad Azhar/7905004-PBS

Page 1

penyelia diharapkan mampu membangun kerja sama dan penyelia diharapkan mampu memotivasi pekerja agar dapat mencapai sasaran dan target organisasi. penyelia masa kini adalah seorang pemimpin yang mengembangkan iklim kerjasama dan harga menghargai. Penyelia termasuk pekerja biasa Penyelia sebenarnya sama saja dengan pekerja lainnya. mewakili manajemen mengelola pekerjaan. mengambil keputusan. melaksanakan pekerjaan. keputusan diambil oleh orang lain sedang penyelia hanya melaksanakan dan penyelia tidak memenuhi syarat manajemen karena cara berfikirnya lebih dekat kepada pekerja dari pada manajemen. 4. Fungsifungsi manajemen yang harus dilaksanakan secara konsisten yaitu : 1. mewakili buruh menghadapi manajemen. mengontrol pekerjaan. Hal-hal yang harus dilakukan dalam Mohammad Azhar/7905004-PBS Page 2 . Penyelia adalah pengatur pekerja Anggapan ini muncul karena penyelia adalah ahlinya mengatur manusia. Untuk pencapaian tujuan organisasi. Tugas pokok manajer yaitu melaksanakan dan menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan secara bersama maupun melalui individu dalam perusahaan. hanya namanya saja yang berbeda.Resume Manajemen Penyelia 2011 3. pandangan ini didasarkan pada pendapat bahwa seorang penyelia tidak memiliki kekuasaan. Dari beberapa anggapan tentang penyelia di atas. 5. Fungsi perencanaan (Planning) Perencanaan merupakan titik tolak dari segala kegiatan yang ada/harus dilaksanakan dalam kelompok kerja. diperlukan manajer yang konsisten menjalankan tugas pokok sebagai manajer. Penyelia adalah poros manajemen Penyelia dipandang sebagai orang yang dapat menginterprestasikan kebijaksanaan atasan.

menganalisa penyimpangan yang terjadi serta mencari sebab-sebabnya. Mohammad Azhar/7905004-PBS Page 3 . Fungsi pelaksanaan (Actuating) Pelaksanaan dalam pengertian manajemen mencakup hal-hal sebagai berikut memberikan instruksi/perintah dan pengarahan. Fungsi pengendalian (Controling) Pengendalian memiliki arti yang lebih luas daripada pengawasan karena pengendalian juga meliputi kegiatan pencegahan yang mencakup beberapa hal sebagai berikut mengumpulkan informasi/data tentang kemajuan pelaksanaan/hasil. 2.Resume Manajemen Penyelia 2011 perencanaan adalah menentukan tujuan/sasaran yang hendak dicapai (kualitas. melihat apakah terjadi penyimpangan. 3. Fungsi pengorganisasian (Organizing) Pengorganisasian adalah mengatur penggunaan sumber daya yang dimiliki melalui kegiatan – kegiatan menentukan uraian tugas untuk para pelaksana. mengembangkan beberapa alternative/pilihan kegiatan serta menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran. memilih alternative kegiatan yang terbaik ditinjau dari sasaran yang ingin dicapai dan kebutuhan sumber dayanya dan menentukan/mempersiapkan langkah-langkah pencegahan dan pemecahan bila terjadi gangguan pada pelaksanaan rencana. mengatur pelaksanaan tugas di antara anggota-anggota kelompok kerja (pembagian tugas) dan mengatur penggunaan alat. memberikan motivasi atau semangat/dorongan kerja dan memberikan bimbingan dan pembinaan. mesin serta fasilitas dan sumber daya yang lain. membandingkan pelaksanaan/hasil dengan sasaran yang telah ditentukan dalam rencana. 4. kuantitas). serta mengambil tindakan yang perlu untuk memperbaiki kesalahan dan mencegah semakin meluasnya penyimpangan ataupun meningkatkan hasil pelaksanaan tugas.

membina dan melatih bawahan. fungsi dan kedudukan penyelia memegang peranan yang penting dalam keberhasilan kinerja perusahaan karena jabatan penyelia terletak pada area tekanan yang kritis di antara manajemen dan karyawan. Pada saat ini. terlatih dan seorang pemimpin yang efisien agar dapat memenuhi tuntutan mencapai kuantitas dan kualitas maksimum dengan biaya terendah. Penyelia/supervisor yang diinginkan pada masa ini adalah penyelia yang terpelajar. mengevaluasi hasil kerja dan membuat SMUK. dibutuhkan 4 (empat) langkah yaitu penempatan karyawan yang tepat. mengatur dan memberikan perintah kerja. memecahkan masalah dan tindak lanjut.Resume Manajemen Penyelia 2011 Dengan menerapkan dan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen diharapkan para penyelia mempunyai perilaku dan berperan sebagai supervisor efektif. merencanakan dan mengendalikan pekerjaan. Penyelia merupakan poros manajemen dan poros karyawan maka pembinaan penyelia menjadi sangat mutlak dilakukan dengan menerapkan manajemen penyelia secara konsisten oleh para manajer. memahami kebijakan perusahaan serta membina K3/K2. Mohammad Azhar/7905004-PBS Page 4 . kepemimpinan dan pelatihan dan pengembangan. Agar membentuk penyelia seperti di atas. pendelegasian tugas. berkomunikasi secara efektif. mengembangkan motivasi bawahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful