P. 1
ANGIN TOPAN

ANGIN TOPAN

1.0

|Views: 3,931|Likes:
Published by Rasyid Clasic'

More info:

Published by: Rasyid Clasic' on May 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2016

pdf

text

original

ANGIN TOPAN

Angin topan adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis di antara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa. Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem Angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis ini umumnya berpusar dengan radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatan sekitar 20 Km/jam. Angin topan tropis dapat terjadi secara mendadak, tetapi sebagian besar badai tersebut terbentuk melalui suatu proses selama beberapa jam atau hari yang dapat dipantau melalui satelit cuaca. Monitoring dengan satelit dapat untuk mengetahui arah angin topan sehingga cukup waktu untuk memberikan peringatan dini. Meskipun demikian perubahan sistem cuaca sangat kompleks sehingga sulit dibuat prediksi secara .. Strategi Mitigasi dan Upaya Pengurangan Bencana 1. 2. Membuat struktur bangunan yang memenuhi syarat teknis untuk mampu bertahan terhadap gaya angin. Perlunya penerapan aturan standar bangunan yang memperhitungkan beban angin khususnya di daerah yang rawan angin topan Penempatan lokasi pembangunan fasilitas yang penting pada daerah yang terlindung dari serangan angin topan. Penghijauan di bagian atas arah angin untuk meredam gaya angin. Pembuatan bangunan umum yang cukup luas yang dapat digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi orang maupun barang saat terjadi serangan angin topan. Pengamanan/perkuatan bagian-bagian yang mudah diterbangkan angin yang dapat membahayakan diri atau orang lain disekitarnya. Kesiapsiagaan dalam menghadapi angin topan, mengetahui bagaimana cara penyelamatan diri. Pengamanan barang-barang disekitar rumah agar terikat/dibangun secara kuat sehingga tidak diterbangkan angin Untuk para nelayan, supaya menambatkan atau mengikat kuat kapal-kapalnya.

3. 4. 5.

6. 7. 8. 9.

dan puncak awan bisa berupa es.ciri dari angin topan/puting beliung. Awan itu ketebalannya bisa mencapai 9 kilometer. sesaat sebelum kejadian puting beliung. yaitu: y y y y y y Terjadi terutama di daerah yang kurang vegetasi dan kota yang banyak gedung-gedung penyebab panas di daratan. setelah itu diikuti angin kencang yang kecepatannya berangsur melemah. tapi terkadang pada malam hari. Terjadi di tempat dengan radius jangkuan 5 hingga 10 km. lebih sering terjadi pada peralihan musim kemarau ke musim hujan. lebih sering terjadi pada siang atau sore hari. Ini adalah topan terburuk yang pernah terjadi di Australia selama 100 tahun .Adapun ciri . biasanya berembus angin sepoi yang berasa dingin disekitar tempat kita berdiri. antara 3 hingga 10 menit. Ciri-ciri selanjutnya. Kejadiannya singkat.

GAMBAR .GAMBAR ANGIN TOPAN .

Kondensasi berhenti.Proses terjadinya Angin Puting Beliung Terjadinya puting beliung sangat terkait erat dengan fase tumbuh awan Cumulonimbus (Cb) sbb : y y y Fase Tumbuh. Karakteristik Puting Beliung y y y y y y Puting berliung merupakan dampak ikutan awan Cumulonimbus (Cb) yang biasa tumbuh selama periode musim hujan. Terkadang disertai hujan deras yang membentuk pancaran air (water spout). Udara yang turun melemah hingga berakhirlah pertumbuhan awan Cb. Pusaran puting beliung mirip belalai gajah/selang vacuum cleaner. titik-titik air maupun Kristal es masih tertahan oleh arus udara yang naik ke atas puncak awan. Fase Dewasa/Masak. tetapi tidak semua pertumbuhan awan CB akan menimbulkan angin puting beliung. Kehadirannya belum dapat diprediksi. Fase Punah. mirip sebuah siklon yag "menjilat" bumi sebagai angin puting beliung. Antara arus udara yang naik dan turun dapat timbul arus geser memuntir. Temperatur massa udara yang turun ini lebih dingin dari udara sekelilingnya. Tidak ada massa udara naik. Jika kejadiannya berlangsung lama. Lebih sering terjadi pada siang hari dan lebih banyak di daerah dataran rendah. Titik . Hujan belum turun. membentuk pusaran. lintasannya membentuk jalur kerusakan. Arus udara ini berputar semakin cepat. Massa udara yang turun meluas di seluruh awan. Terjadi secara tiba-tiba (5 -10 menit) pada area skala sangat lokal. Hujan turun menimbulkan gaya gesek antara arus udara naik dan turun.titik air tidak tertahan lagi oleh udara naik ke puncak awan. Dampak dan antisipasi terhadap angin puting beliung Apa dampak angin putting beliung? . Dalam awan terjadi arus udara naik ke atas yang kuat.

2. 4.Dampak yang ditimbulkan akibat angin puting beliung dapat menghancurkan area seluas 5 km dan tidak ada lagi angin puting beliung susulan. Akibatnya. penduduk di kawasan yang diramalkan akan dilanda puting beliung hanya mempunyai masa yang sangat terhad untuk pergi ke tempat perlindungan. Mengadakan penghijauan dilingkungan kita agar udara tidak terlalu panas sehingga tidak terjadi perbedaan panas yang dapat menimbulkan adanya angin puting beliung. Puting beliung amat sukar diramal dan ia hanya dapat diramalkan apabila titik tekanan rendah di dalam awan kumulonimbus dikesan oleh radar Doppler. mahluk hidup bisa sampai mati karena terlempar atau terbentur benda keras lainnya yang ikut masuk pusaran angin. 3. Membuat tempat perlindungan di bawah tanah apabila tempat tinggal sering terjadi angin puting beliung.bulan pancaroba di tempat kita. Rumah akan hancur dan tanaman akan tumbang diterjang angin puting beliung. Kawasan tersebut dikenali sebagai Lembah Puting Beliung (Tornado Alley). . 5. Kenali bulan . Bagaimana cara mengantisipasi Angin Puting Beliung ? Antisipasi terhadap kemungkinan munculnya Angin Puting Beliung dapat dilakukan dengan cara sbb : 1. Apabila terjadi angin puting beliung menghindar dari pepohonan tinggi yang sudah rapuh karena bisa tertimpa pohon. cari tempat yang aman dan kuat atau menghindar jauh. Membuat rumah yang permanen dan kuat. Kawasan yang paling kerap dilanda ribut petir di Amerika Syarikat ialah di kawasan lembangan yang dilindungi Banjaran Rocky dan Banjaran Appalachian. Amerika serikat adalah negara yang paling banyak mengalami bencana puting beliung tetapi ini tidak bermakna negara-negara lain tidak akan mengalami bencana ini. Puting beliung boleh terjadi di mana-mana tempat di dunia termasuklah Malaysia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->