P. 1
Instrument 2

Instrument 2

|Views: 191|Likes:

More info:

Published by: Satriani Erie Ardikall on May 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan Alokasi Waktu : SMAN 3 Kota Sukabumi

: Biologi : X (Sepuluh)/ 2 :3 : 2 × 45 menit perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan Indikator • • • • • Menjelaskan pengertian pencemaran air. Menjelaskan dampak yang diakibatkan oleh pencemaran air Menyebutkan sumber-sumber penyebab pencemaran air. Mengidentifikasi indikator air tercemar. Menyimpulkan pengaruh polutan terhadap kehidupan organisme. I.Tujuan pembelajaran Pada saat praktikum siswa diharapkan mampu: • Menyebutkan dan menjelaskan indikator air tercemar • Mengidentifikasi pengaruh bahan pencemar terhadap organisme • Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan • Menemukan langkah-langkah kerja pada percobaan pencemaran air • Menjelaskan pengaruh berbagai air yang tercemar terhadap ikan seribu • Menarik kesimpulan tentang pencemaran air.

Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,

(Aryulina.II. Meningkatkan radioaktivitas air lingkungan Pencemaran air meliputi pencemaran di perairan darat. misalnya limbah rumah tangga. Sungai yang tercemar kotoran dan sampah yang mengandung bakteri dan virus dapat menimbulkan penyakit. Materi pembelajaran Materi Pokok : pencemaran lingkungan Sub Materi : pencemaran air Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup. pertanian. Limbah Industri . serta perairan laut. Limbah Rumah Tangga Limbah rumah tangga seperti detergen. serta kebocoran kapal tanker pengangkut minyak. Adanya perubahan suhu air. bahan terlarut. Adanya perubahan warna. air tersebut rawan bagi kehidupan biota air seperti ikan. 2. koloidal. Sumber pencemaran air. terutama bagi masyarakat yang menggunakan sungai sebagai sumber kehidupan sehari-hari. 2007: 310) 1. dan kotoran memberikan andil cukup besar dalam pencemaran air sungai. zat. energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya Indikator atau tanda bahwa air lingkungan telah tercemar adalah perubahan atau tanda yang dapat diamati malalui: 1. 3. 5. sampah. 4. industri. Adanya perubahan pH atau konsentrasi ion Hidrogen. seperti danau dan sungai. Sampah dan kotoran juga memerlukan oksigen untuk proses penguraiannya. Timbulnya endapan. Adanya mikroorganisme 6. pertambangan minyak lepas pantai. sehingga kadar oksigen suatu perairan turun sampai kurang dari 5 mg per liter. terutama di daerah perkotaan. 2. bau dan rasa air.

dan herbisida. tembaga (Cu). dan polutan panas yang antara lain berasal dari air pendingin industri. dan herbisida dapat meracuni organisme air. seng (Zn).Limbah indrustri yang mencemarkan air dapat berupa polutan sampah dan kotoran. pestisida. pemerintah membuat aturan bahwa limbah indrustri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai. Limbah Pertanian Kegiatan pertanian dapat menyebabkan pencemaran air terutama karena pengguanaan pupuk buatan. 4. Praktikum dapat dilaksanakan secara berkelompok demi mempertimbangkan keterbatasan alat yang akan digunakan pada saat praktikum serta aspek waktu tersedia. polutan logam berat. Limbah Pertambangan Pencemaran minyak di laut terutama disebabkan oleh limbah pertambangan minyak lepas pantai dan kebocoran kapal tanker yang mengangkut minyak. ikan. pestisida. Minyak yang menempel pada bulu burung dan insang ikan dapat mengakibatkan kematian hewan-hewan tersebut. dan limbah pabrik dapat dibandingkan pengaruhnya terhadap organisme di lingkungan perairan seperti ikan. Pencemaran air oleh pupuk. seperti plankton. Untuk mengendalikan pencemaran air oleh indrustri. polutan tersebut berasal dari pabrik pengolahan hasil ternak. pestisida. Limbah cair yang telah diolah. . Sebagian besar indrustri membuang limbah cairnya ke perairan sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Beberapa jenis pencemar seperti deterjen. timbal (Pb). sisa olahannya pun biasanya masih mengandung bahan beracun dan berbahaya seperti merkuri (Hg). Untuk mengetahui pengaruh dari air yang telah tercemar terhadap organisme di lingkungan perairan misalkan ikan dapat dilakukan dalam suatu pembelajaran dengan metode praktikum. krom (Cr). hewan yang meminum air tersebut. Tumpahan minyak merusak kehidupan di laut diantaranya burung laut dan ikan. Polutan tersebut berasal dari pabrik pengolahan hasil ternak. 3.

Guru membagi siswa ke dalam 5 .Diskusi .Alat & bahan praktikum . 55 menit Guru mengadakan pree test Guru memeriksa kehadiran siswa Disebabkan oleh sa .Lembar observasi Kegiaatan inti (kelas eksperimen) kelompok dan disuruh duduk dalam kelompoknya masing-masing Membagikan LKS yang berisi petunjuk yang mengarah pada model pembelajaran inkuiri terpimpin.LKS .P III. • Guru menanyakan pada siswa maksud dari gambar tersebut.Pengamatan .Motivasi : • Guru menunjukan gambar pencemaran air. Pendekatan pembelajaran Model Metode IV. Wakt u 15 menit : Inkuiri Terpimpin : eksperimen/ praktikum dan diskusi Metode Tanya jawab Pretest Sumber air Soal pretest Gambar pencemaran Langkah-langkah pembelajaran Langkah pembelajaran Kegiatan awal .

dan diskusi dilaksanakan tentang aspek diskusi dari hasil keterikatan dan berbagi siswa oleh Kegiatan inti (Kelas kontrol) Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok dan disuruh duduk dalam kelompoknya masing-masing Membagikan LKS yang didalam nya sudah terdapat langkah-langkah kerja untuk pengamatan. - Melakukan pengkajian dari berbagai sumber atau literatur Melakukan pengamatan. Guru memberikan pengarahan mengenai praktikum yang akan dilaksanakan Peserta didik melakukan pengamatan pencemaran air Melakukan pengkajian dari berbagai literatur. Pada saat praktikum berlangsung pengamatan/observasi observer. Melakukan diskusi hasil pengamatan. Pada saat praktikum berlangsung pengamatan/observasi observer.- Guru memberikan pengarahan mengenai praktikum berbasis inkuiri tepimpin yang akan dilaksanakan - Siswa melakukan pengamatan sesuai penemuan mereka dari berbagai sumber tentang praktikum pencemaran air. dan diskusi dilaksanakan tentang aspek keterikatan dan berbagi siswa oleh .

Penilaian • • • Mengetahui. Bab VIII Sudjadi. 15 April 2011 Guru Inggit C.Angket soal V.Postest . Esis.Lembar postest . Bagad.P . Buku Biologi SMA I kelas X. Yudistira Alat dan bahan praktikum Infocus Gambar pencemaran lingkungan Angket Lembar Observasi LKS Kinerja praktikum siswa Kognitif siswa (Hasil pree test dan post test) Iklim emosional kelas VI.Tanya jawab . . S.Pd Siti N Nurhasanah . Alat/ Bahan/ Sumber • • • • • • • • Buku Biologi SMA I kelas X.20 menit Kegiatan akhir Guru meninjau kembali materi yang telah disampaikan Guru melakukan post test Guru membagikan lembar angket kepada siswa agar diisi Guru menginformasikan bahan pelajaran berikutnya . Kepala Sekolah Sukabumi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->